Apa Itu Bounce Pass Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya

Apa Itu Bounce Pass Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya - Basket merupakan salah satu materi yang wajib kita pelajari. Selain menyehatkan, ternyata olahraga satu ini cukup menyenangkan dilakukan bersama. Setiap anggota tim harus menguasai berbagai macam teknik dasar mulai dari dribbling, passing, sampai shooting.

Secara garis besar, ada banyak sekali teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain basket. Penguasaan yang sempurna akan membantu kita melakukan pola serangan dan pertahanan lebih efektif. Nah, salah satunya adalah teknik dasar bounce pass yang notabenya banyak dipakai untuk melewati musuh. Gerakannya sekilas mirip seperti passing atau mengoper kepada teman satu tim.

Apa yang dimaksud bounce pass bola basket? inilah yang sering ditanyakan oleh sebagian siswa. Berbagai penjelasan terkait teknik dasar basket sebenarnya bisa kita pelajari sendiri di buku pedoman penjas. Teknik passing ini memang sangat penting untuk menunjang permainan basket agar berjalan dengan lancar. Bounce passing merupakan teknik melempar bola dengan cara memantulkannya ke lantai terlebih dahulu sebelum diberikan kepada teman satu tim. 

Sehingga pelaksanaannya tidak langsung dilempar ke atas melainkan dari bawah. Bounce pass secara teori dapat dilakukan dalam posisi target teman di titik 2/3 pantul. Bounce pass ini termasuk dalam teknik mengumpan yang bertujuan agar lawan dapat dikelabui atau dihindari sehingga bola tidak dapat direbut atau dikuasai lawan.

Apa Itu Bounce Pass Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya

Teknik dasar bounce pass memang tak diajarkan ketika kegiatan praktikum. Tapi tak jarang kita menjumpai model pertanyaan apa itu bounce pass dan bagaimana cara melakukannya. Inilah yang sering membuat siswa kebingungan menjawab pertanyaan ketika ujian.

Ketika pemain tau cara melakukan bounce pass pada sasaran backdoor cut maka ia sangat pintar. Sehingga lawan yang menghadang tidak dapat menuju passing line dengan mudah. Masalahnya tak semua orang bisa menguasai operan pantul begitu saja. Walaupun terlihat mudah tapi faktanya kalian butuh banyak latihan serta akurasi tinggi.\

Apa Itu Bounce Pass

Apa definisi bounce pass bola basket? pertanyaan ini sudah sering diajukan. Bounce pass dapat diartikan sebagai teknik pelemparan bola dengan memantulkannya ke lantai terlebih dahulu sebelum diberikan kepada teman satu tim. Teknik bounce pass digunakan untuk mengelabui atau menghindari lawan saat mengoper sehingga bola tidak dapat direbut lawan.
Baca juga : Pengertian Dribbling Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya

Bisa disimpulkan bahwa gerakannya mirip seperti operan pantul yang dilakukan dari bawah. Saat pelaksanaan operan atau passing tersebut sebenarnya harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu seperti: 

  • Bola harus diarahkan dengan tepat menuju teman sehingga lawan tidak dapat menyerobot.
  • Harus tepat timingnya.
  • Perasaan
  • Menghindari jenis lemparan menyilang.

Fungsi Bounce Pass

Kegunan bounce pas atau operan pantulan ialah untuk menerobos lawan dengan memantulkan bola ke arah samping kiri ataupun kanan lawan. Jenis passing ini hampir sama dengan chest pass atau operan dada, meskipun pelaksanaan bounce pass tersebut menggunakan metode pemantulan terlebih dahulu.

Gerakan passing yang dilakukan dengan memantulkan bola menuju daerah pinggul dari penangkap bolanya sehingga dapat diterima baik. Jika kalian menguasai teknik tersebut tentu sangat bermanfaat untuk menyerang lawan.

Kalian bisa memakai satu atau kedua tangan untuk melakukan operan pantul. Penggunaan teknik bounce pass dilakukan saat bola akan diberikan kepada kawan namun tidak ada ruang maupun terdapat pemain lawan. Untuk itu bola dipantulkan terlebih dahulu menggunakan teknik bounce pass tersebut.
Sebelum melakukan bounce passing tentunya pemain membutuhkan beberapa pemahaman terlebih dahulu mengenai cara melakukan teknik ini sehingga teman dapat menerima bola dengan baik. Di bawah terdapat cara melakukan teknik bounce pass yang benar yaitu sebagai berikut:
  1. Badan diposisikan dalam keadaan tegak lurus.
  2. Kemudian tekuk siku ke samping badan dan bola diposisikan ke depan badan.
  3. Setelah itu majukan salah satu kaki ke depan.
  4. Tekuk lutut dan berat badan ditumpukan di antara dua kaki.
  5. Badan dicondongkan ke depan, rilekskan tubuh supaya lebih seimbang.
  6. Lalu bola didorong ke arah lantai menuju 1/4 sasaran.
  7. Kemudian bola dilempar menuju dada dengan sedikit menariknya sehingga pergelangan tangan dapat dilecutkan di awal dan akhir menuju ke arah luar menggunakan telapak tangan.
Pengertian Bounce Pass Bola Basket Beserta Cara Melakukan
Teknik Bounce Pass Bola Basket
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian bounce pass bola basket beserta cara melakukan bounce pass. Bounce pass merupakan teknik pelemparan bola dengan memantulkannya ke lantai terlebih dahulu sebelum diberikan kepada teman satu tim. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Bounce Pass Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel