Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap

Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap - Sepakbola adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati masyarakat. Permainan berbasis kompetisi ini dilaksanakan oleh dua tim yang akan saling bertanding memperebutkan skor. Masing-masing tim memiliki 11 pemain utama dengan tugas serta posisi berbeda-beda.

Selain menuntut penguasaan teknik yang handal, semua anggota tim harus saling bekerjasama. Inilah alasan kenapa kita harus melakukan latihan koordinasi dalam sepak bola. Melalui koordinasi yang baik akan menciptakan komunikasi yang harmonis. ketika keharmonisan tercipta maka tempo permainan, pola serangan, maupun strategi pun bisa berjalan lancar.

Latihan Teknik Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola

Pemain juga harus memperlajari berbagai bentuk latihan kombinasi sepak bola. Kombinasi sendiri merujuk pada kemampuan untuk menggabungkan dua teknik dasar. Sehingga teknik yang dihasilkan mampu membantu kalian membuat pola serangan serta pertahanan menjadi lebih efektif. Misalnya kombinasi menggiring dan mengoper sehingga menciptakan teknik baru yakni operan cepat.

Tentunya kedua aspek baik kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola menjadi parameter kemenangan. Maka dari itu, pada artikel singkat kali ini saya akan membahas keduanya secara mendetail.

Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap

Dalam konteks pendidikan, materi sepakbola bisa kita jumpai hampir di semua jenjang mulai dari sekolah dasar sampai tingkat SMA sekalipun. Hampir semua siswa menyukainya karena selain menyehatkan olahraga ini juga menyenangkan meski sifatnya kompetitif. Tak hanya menyampaikan secara teori, guru pun juga pasti sering mengajarkan materi ini lewat kegiatan praktikum.

Setiap pemain harus menguasai teknik dasar yang terdiri dari menggiring, mengoper, menembak, dan mengumpan. Mempelajari pengetahuan yang meliputi peraturan, strategi, pola penyerangan, dan pertahanan juga tak kalah penting. Untuk mendapatkan kedua aspek tersebut maka kalian harus latihan rutin serta giat belajar.

Sayangnya tak semua siswa tau ketika diminta menjelaskan bentuk latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola. Padahal materi serta pertanyaan tersebut sering muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung. Tapi, secara garis besar kalian bisa membaca materinya sendiri di buku pedoman penjas maupun LKS.
Baca juga : Teknik Dasar Futsal Beserta Penjelasan dan Gambarnya
Apa saja bentuk latihan latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola? Inilah yang menjadi inti pertanyaan. Pada pembahasan di bawah akan saya jabarkan beberapa gerakan yang memerlukan kedua aspek tersebut.

Teknik Menahan Operan Menggiring dan Mengoper ke Teman

Teknik menahan serta memotong operan menjadi salah satu modal utama untuk melakukan pertahanan. Sedangkan menggiring lalu mengoper ke teman merupakan teknik penyerangan. Masing-masing memerlukan gerakan kombinasi serta koordinasi yang baik antar anggota tim.

Di lain sisi, kita pun tak bisa menampik fakta bahwa sepakbola memerlukan kerjasama yang kuat. Saling berkomunikasi dan memberi operan adalah strategi terbaik untuk mengecoh serta membawa bola semakin dekat ke gawang. Maka dari itu, diperlukanlah bentuk latihan koordinasi sepak bola khusus.

Latihan kombinasi dan koordinasi yang pertama pertama yakni menahan operan, menggiring dan mengoper bola kepada teman. Adapun cara melakukannya yaitu meliputi:
  1. Membentuk kelompok yang tersusun oleh empat orang pemain.
  2. Kemudian lakukan gerakan menggiring bola yang dilakukan oleh anggota kelompok terdepan sejauh kurang lebih 15 meter.
  3. Kemudian pada barisan tadi bola ditahan dan di putar posisi arahnya. Lalu lakukan gerakan menggiring bola dan bola dioper menuju anggota terdepan setelah jaraknya sekitar 5 m eter.
  4. Setelah bola dioper kemudian lakukan gerakan berlari menuju barisan dibelakangnya. Latihan ini dapat dilakukan hingga giliran semua anggota telah dilaksanakan atau setiap pemain telah menguasainya.

Kombinasi Teknik Menendang dan Menyundul Bola

Menyundul adalah teknik dasar yang dilakukan ketika bola berada di atas kepala pemain. Gerakan satu ini bisa dimaksudkan untuk mencetak angka ataupun menahan serangan lawan. Tapi jika tim sedang dalam posisi menyerang maka sundulan bisa diarahkan menjadi umpan atau operan. Maknanya kalian harus menjalin koordinasi yang baik agar teman mampu menerima operan sundul.

Sebenarnya untuk berlatih kombinasi serta koordinasi sepak bola khususnya gerakan menyundul cukup mudah. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  1. Membentuk barisan melingkar yang terdiri dari 6 orang pemain.
  2. Dalam barisan lingkaran tersebut lakukan teknik menendang bola serta menyundul bola.
  3. Usahakan agar bola tidak jatuh ke tanah.
Baca juga : Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap

Latihan Menggiring Bola Sambil Menembak Bola ke Gawang

Latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola selanjutnya ialah latihan menggiring bola sambil menembak bola ke arah gawang. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  1. Buat kelompok yang terdiri dari 5 orang pemain.
  2. Pemain pertama bertugas untuk mengumpan bola yang akan ditendang ke arah gawang.
  3. Bola diusahakan agar masuk ke gawang melalui sundulan bola yang dilakukan oleh pemain kedua, ketiga, maupun keempat.
  4. Kemudian untuk pemain kelima bertugas untuk menjaga gawang sendiri.
Sekian penjelasan mengenai bentuk latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola terlengkap. Latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola tersebut dapat berupa teknik menahan operan, menggiring dan mengoper bola kepada teman, latihan kombinasi teknik menyundul dan menendang bola, latihan teknik menggiring dan menendang bola ke arah gawang lawan, serta menendang dan menyundul bola ke arah gawang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel