Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap

Advertisement

Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap - Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang dimainkan secara beregu. Permainan sepak bola terdiri dari dua tim/regu yang masing masing tim terdiri dari 11 orang pemain. Tujuan permainan sepak bola ialah untuk menghalangi/menahan bola agar lawan tidak dapat memasukkannya ke dalam gawang sendiri dan untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Dalam permainan ini terdapat beberapa bentuk latihan kombinasi sepak bola dan latihan koordinasi sepak bola di dalamnya. Lantai bagaimana latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola itu?

Latihan Teknik Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola
Sepak bola dimainkan dengan waktu 2 x 45 menit atau dua babak permainan, dimana setiap babak diberikan 15 menit istirahat. Agar permainan sepak bola dapat berjalan dengan baik maka setiap pemain harus menguasai beberapa teknik dasar didalamnya. Adapun beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola yakni teknik menggiring bola (dribbling), teknik menendang bola, dan teknik menghentikan/menahan bola. Dalam permainan sepak bola juga terdapat beberapa variasi pelaksanaan teknik dasarnya seperti menendang atau mengumpan bola disertai gerakan menyamping dan maju mundur, baik berpasangan, perorangan ataupun kelompok. Untuk itulah tercipta bentuk latihan kombinasi sepak bola dan latihan koordinasi sepak bola

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bentuk latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola terlengkap. Dalam pembahasan ini saya akan menjelaskan tentang bentuk latihan kombinasi dalam permainan sepak bola maupun latihan koordinasi dalam permainan sepak bola. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap

Sebelum menjelaskan tentang bentuk latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai maksud latihan latihan kombinasi dalam sepak bola maupun latihan koordinasi dalam sepak bola. Kombinasi dalam permainan sepak bola maksudnya ialah menggunakan beberapa cara dalam menggabungkan gerakan gerakan dalam teknik dasar sepak bola. Misalnya menendang, menahan, mengumpan, menyundul dan menggiring bola di tempat sambil bergerak menyamping, maju mundur, maupun bergerak zig zag.
Baca juga : Teknik Dasar Futsal Beserta Penjelasan dan Gambarnya
Pelaksanaan latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola dapat berupa teknik menahan operan, menggiring dan mengoper bola kepada teman, latihan kombinasi teknik menyundul dan menendang bola, latihan teknik menggiring dan menendang bola ke arah gawang lawan, serta menendang dan menyundul bola ke arah gawang. Adapun beberapa bentuk latihannya yaitu sebagai berikut:

Teknik Menahan Operan, Menggiring dan Mengoper ke Teman
Latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola yang pertama ialah kombinasi teknik menahan operan, menggiring dan mengoper bola kepada teman. Adapun cara melakukannya yaitu meliputi:
  • Membentuk kelompok yang tersusun oleh empat orang pemain.
  • Kemudian lakukan gerakan menggiring bola yang dilakukan oleh anggota kelompok terdepan sejauh kurang lebih 15 meter.
  • Kemudian pada barisan tadi bola ditahan dan di putar posisi arahnya. Lalu lakukan gerakan menggiring bola dan bola dioper menuju anggota terdepan setelah jaraknya sekitar 5 m eter.
  • Setelah bola dioper kemudian lakukan gerakan berlari menuju barisan dibelakangnya. Latihan ini dapat dilakukan hingga giliran semua anggota telah dilaksanakan atau setiap pemain telah menguasainya.

Kombinasi Teknik Menendang dan Menyundul Bola
Latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola selanjutnya ialah latihan kombinasi gerakan menendang bola dan menyundul bola. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  • Membentuk barisan melingkar yang terdiri dari 6 orang pemain.
  • Dalam barisan lingkaran tersebut lakukan teknik menendang bola serta menyundul bola.
  • Usahakan agar bola tidak jatuh ke tanah.
Baca juga : Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap
Latihan Menggiring Bola Sambil Menembak Bola ke Gawang
Latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola selanjutnya ialah latihan menggiring bola sambil menembak bola ke arah gawang. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  • Buat kelompok yang terdiri dari 5 orang pemain.
  • Pemain pertama bertugas untuk mengumpan bola yang akan ditendang ke arah gawang.
  • Bola diusahakan agar masuk ke gawang melalui sundulan bola yang dilakukan oleh pemain kedua, ketiga, maupun keempat.
  • Kemudian untuk pemain kelima bertugas untuk menjaga gawang sendiri.
Sekian penjelasan mengenai bentuk latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola terlengkap. Latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola tersebut dapat berupa teknik menahan operan, menggiring dan mengoper bola kepada teman, latihan kombinasi teknik menyundul dan menendang bola, latihan teknik menggiring dan menendang bola ke arah gawang lawan, serta menendang dan menyundul bola ke arah gawang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar