Pengertian Permainan Tenis Meja, Sejarah, Sarana dan Prasarana

Advertisement

Pengertian Permainan Tenis Meja, Sejarah, Sarana dan Prasarana - Permainan tenis meja tergolong jenis olahraga populer di dunia, bahkan terdaftar dalam olahraga indoor paling atas. Tidak heran jika dari kalangan anak muda hingga dewasa sangat menyukai permainan olahraga ini. Jenis olahraga ini tentunya memiliki sarana dan prasarana tenis meja didalamnya. Aksesoris tenis meja ini diperlukan untuk mendukung berlangsungnya pertandingan agar berjalan dengan lancar. Sebagai seorang atlet tenis meja harus memahami tentang pengertian tenis meja dan sejarah ternis meja terlebih dahulu. Untuk itu apa pengertian permainan tenis meja? Bagaimana sejarah permainan tenis meja?

Permainan Tenis Meja
Permainan tenis meja dapat dinamakan dengan permainan pingpong. Pengertian tenis meja secara umum ialah olahraga yang dimainkan oleh dua pasangan berlawanan atau dua orang. Jenis olahraga ini menggunakan raket sebagai pemukul bola pingpong. Raket tenis meja tersebut berasal dari papan kayu yang dilapisi dengan bet berbahan dasar karet. Permainan tenis meja memiliki lapangan yang berbentuk persegi empat dengan ukuran tertentu. Kemudian di bagian tengah lapangan tenis meja terdapat pembatas area pertahanan lawan bernama net. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian permainan tenis meja, sejarah permainan tenis meja serta sarana dan prasarana permainan tenis meja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Permainan Tenis Meja, Sejarah, Sarana dan Prasarana

Secara umum terdapat pengertian permainan tenis meja yakni salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) secara berlawanan. Seperti yang telah saya katakan bahwa permainan tenis meja menggunakan alat bernama raket atau sering disebut bet, lapangan yang bentuknya meja dan bola pingpong. Pertama kali perlombaan tenis meja di Indonesia digelar dengan nama Pekan Olahraga Nasional (PON) yang bertempat di Solo.
Baca juga : Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja
Tenis meja memiliki organisasi induk di Indonesia bernama Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). Untuk organisasi induk tenis meja di dunia bernama International Table Tennis Federation (ITTF) dengan jangkauan 217 negara. Sejak tahun 1961, PTMSI mulai terdaftar dalam anggota ITTF. Dibawah ini terdapat pengertian permainan tenis meja menurut para ahli yakni meliputi:

Margajaya
Pengertian tenis meja menurut Margajaya ialah suatu cabang olahraga yang dimainkan dalam tempat pemantul bola berbentuk meja. Di bagian tengah lapangan dipasang net sehingga para pemain harus memukul bola sampai melewati net tersebut. Olahraga tenis meja dapat dimainkan oleh tunggal putra, ganda putra ataupun ganda campuran.

Sunarto dan Sarjana
Pengertian permainan tenis meja menurut Sunarto dan Sarjana ialah olahraga bola tangkis yang dimainkan oleh dua sampai empat orang di atas meja dengan menggunakan bola pingpong dan bet atau raket dari kayu diselimuti dengan karet. Lapangan tenis meja dipasangi dengan net di bagian tengah mejanya untuk memisahkan bidang permainan di antara pemain pemiannya.

Hutasuhud
Pengertian tenis meja menurut Hutasuhud ialah jenis permainan olahraga di atas meja yang bolanya dipukul secara bolak balik. Tenis meja dapat dimainkan dengan pertandingan cepat ataupun pertandingan hidup. Pertandingan cepat ialah permainan tenis meja dilakukan dengan secepat mungkin agar terjadi bola mati terhadap lawan. Sedangkan pertandingan hidup ialah permainan tennis meja yang dimainkan selama mungkin.

Abdoellah
Pengertian permainan tenis meja menurut Abdoellah ialah permainan yang menggunakan tempat pemantul bola berbentuk meja dan harus dipukul oleh pemain sampai melewati net. Net tersebut dipasang di bagian tengah mejanya. Jika bola melewati net, maka keadaannya harus memantul di meja lawan terlebih dulu. Setelah itu bola dapat dikembalikan lawan ke posisi semula. Pengembalian bola tersebut juga harus melewati net bagian atas.

Salim
Pengertian tenis meja menurut Salim ialah permainan yang membutuhkan kostum dan alat berupa seragam, sepatu, raket atau bet (pemukul bola), meja, bola dan net.

Scharff
Pengertian permainan tenis meja menurut Scharff ialah cabang olahraga yang dimainkan secara ganda (dua pasangan berlawanan) atau tunggal (dua orang berlawanan) menggunakan raket.
Baca juga : Peraturan Tenis Meja Lengkap Dengan Penjelasan
Selain pengertian tenis meja di atas, adapula beberapa manfaat melakukan olahraga tenis meja. Adapun manfaat manfaat tenis meja yaitu sebagai berikut:
  1. Untuk mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.
  2. Untuk membuat peredaran darah menjadi lancar.
  3. Untuk menghindari penyakit Stroke.

Sejarah Permainan Tenis Meja

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang sejarah permainan tenis meja. Tenis meja pertama kali muncul pada abad ke 19 di Inggris. Permainan ini pada awalnya hanya dilakukan untuk orang orang kalangan kelas atas saja. Tenis meja sendiri merupakan olahraga yang dimainkan sesudah makan malam di dalam sebuah ruangan (indoor). Olahraga tenis meja tersebut mempunyai beberapa nama julukan seperti "Whiff Whaff" dan masih banyak lagi. Dikala itu meja lapangan tenis meja dipasangi net berbentuk susunan barisan buku. Kemudian pemukul bola pingpongnya menggunakan dua buku tertentu.
Sejarah Tenis Meja
Sejarah permainan tenis meja tersebut terus mengalami perkembangan. Pada tahun 1901, perusahaan Son Ltd dan J. Jaques memunculkan peralatan tenis meja dengan merk dagangnya sendiri. Saat itulah tenis meja mulai populer dengan nama "Ping Pong". Nama ping pong tersebut mulai menyebar dan populer, bahkan merupakan sebutan untuk permainan tenis meja yang menggunakan alat dari perusahaan J. Jaques dan perusahaan lainnya. Kemudian seorang pecinta tenis meja bernama James W. Gibb melakukan inovasi dalam perjalannya ke Amerika Serikat pada tahun 1901. Akhirnya Jame W. Gibb berhasil menemukan bola yang cocok untuk permainan tenis meja yakni berupa bola seluloid.

Kemudian sejarah tenis meja berlanjut ditahun yang sama yakni E. C. Goode menciptakan raket modern yang di pasangi selembar kertas yang berbintik. Bintik bintik ini diasah dalam kayu bahan dasar dari raket tersebut. Kemudian pada tahun 1901, permainan tenis meja mulai populer karena turnamen turnamen yang telah diselenggarakannya. Bahkan terdapat sebuah buku yang mencatat pertandingan tenis meja dunia secara tidak resmi pada tahun 1902 dan hal hal yang berkaitan dengan tenis meja. 

Setelah itu sejarah permainan tenis meja berlanjut dengan pengembangan raket pada tahun 1950an. Permainan tenis meja mulai berubah dramatis karena raket yang digunakan ditambah dengan lapisan spons pada dasarnya dan disatukan dengan lembaran karet. Dengan menggunakan raket tersebut, bola yang dipukul akan berputar dan memiliki kecepatan yang tinggi. Perkembangan raket tersebut diperkenalkan oleh perusahaan S. W. Hancock Ltd. sebagai perusahaan alat olahraga di Inggris. Pada tahun 1988, permainan tenis meja mulai diperkenalkan sebagai cabang olahraga dalam tingkat Olimpiade.

Sarana dan Prasarana Permainan Tenis Meja

Setelah membahas tentang pengertian permainan tenis meja dan sejarah permainan tenis meja. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa sarana dan prasarana permainan tenis meja. Sarana dan prasarana tenis meja ini dapat disebut sebagai aksesoris tenis meja. Adapun beberapa aksesoris tenis meja yakni meliputi:
Baca juga : Teknik Dasar Futsal Beserta Penjelasan dan Gambarnya
Lapangan Tenis Meja
Sarana dan prasarana permainan tenis meja yang pertama dapat berupa lapangan tenis meja. Lapangan tenis meja tersebut memiliki ukuran tertentu sesuai dengan peraturan yang ada. Adapun ukuran ukuran lapangan tenis meja yakni sebagai berikut:
  • Panjang lapangan tenis meja ialah 274 cm.
  • Lebar lapangan tenis meja ialah 152,5 cm.
  • Tinggi mejanya ialah 76 cm yang diukur dari dasar lantai lapangannya.
  • Tebal garis sisi lapangannya ialah 2 cm.
  • Luas lapangannya ialah 4,1785 m².

Jaring dan Tiang Net
Sarana dan prasarana permainan tenis meja selanjutnya dapat berupa jaring dan tiang net. Jaring dan tiang net tenis meja tersebut memiliki ukuran tertentu sesuai dengan peraturan yang ada. Adapun ukuran ukuran jaring dan tiang net tenis meja yakni sebagai berikut:
  • Net tenis meja memiliki panjang = 183 cm.
  • Net tenis meja memiliki tinggi atau lebar = 15,25 cm.
  • Jarak tiang ke meja ialah 15,25 cm
  • Luas net pada permainan tenis meja yaitu 0,279075 m².

Bola Tenis Meja
Sarana dan prasarana permainan tenis meja selanjutnya dapat berupa bola. Bola tenis meja tersebut memiliki ukuran tertentu sesuai dengan peraturan yang ada. Adapun ukuran bola tenis mejanya yaitu sebagai berikut:
  • Bola tenis meja memiliki diameter 40 mm.
  • Bola tenis meja memiliki berat 25 gram.
  • Bola tenis meja memiliki warna orange atau putih yang tidak mengkilap.

Bet Tenis Meja
Sarana dan prasarana permainan tenis meja selanjutnya dapat berupa bet atau raket. Bet tenis meja tersebut memiliki ukuran tertentu sesuai dengan peraturan yang ada. Adapun ukuran bet tenis meja yakni sebagai berikut:
  • Tenis meja memiliki bet dengan berat 150 gram.
  • Tenis meja memiliki bet yang terbuat dari kayu 85% dan permukaannya datar.
  • Tenis meja memiliki bet dengan tebal busa karet 2 mm.
  • Tenis meja memiliki bet dengan tebal karet bintik maksimal 4 mm.
Sekian penjelasan mengenai pengertian permainan tenis meja, sejarah permainan tenis meja serta sarana dan prasarana permainan tenis meja. Tenis meja adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasangan (ganda) secara berlawanan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Pengertian Permainan Tenis Meja, Sejarah, Sarana dan Prasarana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar