Peraturan dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Gambarnya

Advertisement

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Gambarnya - Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga atletik nomor lempar. Cabang olahraga ini memiliki teknik dasar seperti halnya jenis olahraga lainnya. Adapun teknik dasar lempar lembing yaitu awalan, teknik melempar, dan teknik pasca melempar atau gerakan lanjutan setelah melakukan lemparan. Selain teknik adapula peraturan lempar lembing yang harus dipatuhi. Selain itu ukuran lapangan lempar lembing juga harus sesuai dengan standar internasional. Olahraga ini dilakukan dengan melemparkan lembing sejauh mungkin dengan jarak tertentu. Para pelempar harus memadukan kecepatan, teknik dan kekuatan sekaligus agar hasil lemparannya lebih maksimal.

Olahraga lempar lembing merupakan cabang olahraga yang memadukan tiga hal keseimbangan sekaligus, yaitu kecepatan, teknik dan kekuatan. Teknik melemparnyapun harus dilakukan dengan gerakan mendorong dan menolak lembing agar lemparannya jauh. Dalam olahraga ini terdapat reaksi pentransferan aliran tenaga dari tangan sampai ke lembing yang ingin dilempar. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang peraturan lempar lembing dan ukuran lapangan lempar lembing lengkap dengan gambar lapangan lempar lembingnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Gambarnya

Lempar lembing merupakan gerakan mendorong dan melepaskan lembing dari tangan menggunakan tenaga sekuat mungkin hingga menuju arah yang sesuai dengan sasaran yang dituju. Namun dalam perlombaan lempar lembing terdapat peraturan lempar lembing yang harus dipatuhi. Selain itu adapula ukuran lapangan lempar lembing yang juga harus sesuai dengan standar internasional yang ada.

Peraturan Lempar Lembing

Hal pertama yang akan saya bahas ialah peraturan lempar lembing. Untuk perlombaan intrenasional standar olimpiade, semua alat lembing telah disediakan oleh panitia penyelenggara sesuai dengan kelasnya. Semua alat tersebut telah diperiksa dan sesuai dengan standar internasional. Tetapi untuk perlombaan standar lokal atau daerah, para atlet diperbolehkan untuk membawa lembingnya masing masing. Lembing tersebut harus sesuai dengan ketetapan panitia.
Baca juga : Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Gambar
Dibawah ini terdapat beberapa peraturan lempar lembing yang harus dipatuhi oleh masing masing atlet, yakni:
  • Dalam perlombaan, setiap atlet hanya boleh melakukan awalan pada area yang telah disediakan.
  • Pelemparan dinyatakan tidak sah jika melemparnya lebih dari batas yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Apabila lembing jatuh dalam posisi mata lembing menancap (atau hanya menggores) ketanah atau area yang disediakan sebelumnya maka pendaratan lembing dinyatakan sah dan memiliki nilai.
  • Ketika melakukan awalan, lembing tidak boleh menyentuh tanah. Jika hal ini terjadi maka atlet tersebut akan dinyatakan diskualifikasi atau sejajar dengan atlet yang melakukan pelemparan di luar area yang telah disediakan.
  • Setiap atlet memiliki satu kali kesempatan melempar untuk memperebutkan jarah terjauh yang dapat dicapai.

Ukuran Lapangan Lempar Lembing

Ukuran lapangan lempar lembing harus sesuai dengan standar ketetapan IAAF. Lapangan tersebut juga harus sesuai dengan spesifikasi lapangan lembing berstandar internasional. Berikut gambar lapangan lempar lembingnya:
Lapangan Lempar Lembing
Berdasarkan gambar lapangan lempar lembing diatas, dapat kita peroleh ukuran lapangan lempar lembing sebagai berikut:
  • Garis lintasan awal memiliki ukuran 5 cm dan dipisahkan dengan jarak 4 m. Panjang lintasan minimun ialah 30 m dan panjang lintasan maksimum ialah 36,5 m.
  • Lengkungan lemparan berwaran putih dengan lebar 7 cm dan berasal dari logam atau kayu. Permukaan lengkungan tersebut rata tanah dan memiliki busur membentuk lingkaran berdiameter 8 m. Kemudian terdapat garis yang terlilit dengan titik gravitasi pusat lembing sekitar 1,5 m.
Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional
  • Pertemuan dua garis yang membentuk pusat lengkungan memiliki sudut yang besarnya 30 derajat. Selain itu memiliki tebal ujung pemotongan lengkungan sekitar 5 cm.
  • Panjang awalannya 40 m dan lebar awalan 4 m.
Selain gambar dan ukuran lapangan lempar lembing diatas. Adapula ukuran tongkat lembing yang digunakan. Ukuran lembing tersebut harus sesuai dengan standar ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya. Lembing terbagi menjadi tiga bagian yakni tali pegangan, mata lembing dan badan lembing.
Tongkat Lembing
Berikut ukuran tongkat lembing yang sesuai dengan standar IAAF:
  • Berat lembing putra 800 gr (28 Oz) dengan panjang 2,6 - 2,7 m.
  • Berat lembing putri 600 gr (21 OZ) dengan panjang 2,2 - 2,3 m.
  • Lebar pegangan lembing mempunyai ukuran 150 mm.
  • Lembing putra mempunyai letak pusat gravitasi dengan ujung lembing sekitar 0,9 - 1,06 m (2 ft 11 ke 3 ft 6 in).
  • Lembing putri mempunyai letak pusat gravitasi dengan ujung lembing sekitar 0,8 - 0,92 m (2 kaki 7 hingga 3 ft 0 in).
Sekian penjelasan tentang peraturan lempar lembing dan ukuran lapangan lempar lembing lengkap dengan gambar lapangan lempar lembingnya. Saya juga menyertakan ukuran tongkat lembing yang sesuai dengan standar ketetapan IAAF. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Gambarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar