Pukulan Servis Bulutangkis Yang Melambung Tinggi ke Belakang Disebut

Pukulan Servis Bulutangkis Yang Melambung Tinggi ke Belakang Disebut - Apa yang dimaksud permainan bulutangkis itu? Bulutangkis adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh pemain tunggal (satu lawan satu) ataupun ganda (dua lawan dua) menggunakan raket dan kok yang terbuat dari bulu angsa. Bulutangkis sendiri termasuk salah satu permainan yang banyak disukai oleh pria maupun wanita, mulai dari anak anak hingga dewasa. 

Dalam artikel sebelumnya saya telah membahas tentang teknik dasar bulutangkis. Salah satunya adalah teknik servis. Servis sendiri memang terdiri dari beberapa macam. Misalnya saja servis lob. Jenis servis ini digunakan untuk menembak bola setinggi mungkin saat mengenai baseline. Kita dapat mencapai teknik servis lob menggunakan teknik backhand ataupun forehand. Yang membedakan antara backhand dan forehand tersebut adalah posisi tangan ketika memukul bola. Lalu pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut apa?

pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut
Teknik Servis Lob

Kemudian dalam permainan bulutangkis adapula teknik servis panjang dan teknik servis pendek. Cara melakukan servis panjang dan pendek bulutangkis tersebut dapat anda pelajari pada artikel sebelumnya. Bulutangkis sendiri termasuk dalam permainan bola kecil yang bisa dimainkan dengan cara tim maupun individu. Permainan bulutangkis dilakukan pada lapangan tertutup dengan ukuran lapangan dan bentuk tertentu. Permainan ini bertujuan untuk membunuh bola yang terdapat di lapangan lawan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pukulan Servis Bulutangkis Yang Melambung Tinggi ke Belakang Disebut

Ketika bermain bulutangkis tentunya kita juga harus mempelajari teknik dasar bulutangkis di dalamnya. Seperti halnya teknik servis ini. Pengertian teknik servis adalah teknik memukul bola yang dilakukan di awal permainan serta mengirimkannya menuju lapangan lawan. Teknik servis dalam permainan bulutangkis ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut:
  • Servis drive
  • Servis pendek
  • Servis flick
  • Servis panjang (lob)
Kita tahu bahwa pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut lob. Servis bulutangkis ini dapat digunakan untuk mengecoh lawan dan membuat arah bola menjadi sulit sehingga gerakan pemain lawan untuk mengejar bola dapat menuju arah belakang ujung. Hal ini dikarenakan kontrol yang diperlukan untuk melakukan teknik ini cukup banyak. Servis lob bertujuan untuk mengarahkan shuttlecock pada titik lemah lawan.

Ketika melakukan permainan bulutangkis tentunya kita memang harus melakukan teknik servis. Hal ini dikarenakan servis biasanya digunakan untuk meningkatkan mental pemain dan menentukan poin pertamanya. Pemain akan memperoleh poin, jika servis lobnya berhasil masuk ke area lawan. Akan tetapi jika servis tidak dilakukan dengan benar atau gagal, maka lawan yang akan memperoleh poin tersebut.

Jika membahas lebih lanjut mengenai materi servis bulutangkis tersebut pastinya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah servis lob.

Servis lob memang sangat efektif ketika digunakan untuk bermain tunggal, karena gerakannya memiliki komposisi yang inisiatif dan power sehingga dapat mengembalikan bola serta dapat menguras tenaga lawan dengan mudah. Kemudian servis lob juga memberikan keuntungan lainnya yaitu melambungkan shuttlecock  dengan tinggi setelah dipukul, jatuhnya cenderung menukik dan hampir tegak lurus ke bawah, serta mengurangi daya lajunya. Maka dari itu lawan akan kebingungan saat mengembalikan shuttlecock.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pukulan servis bulutangkis yang melambung tinggi ke belakang disebut pukulan servis lob. Pukulan lob tersebut merupakan satu dari sekian jenis pukulan bulutangkis yang perlu anda pelajari sebelum memainkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Pukulan Servis Bulutangkis Yang Melambung Tinggi ke Belakang Disebut"