Standar Ukuran, Berat dan Bahan Shuttlecock Badminton

Advertisement

Standar Ukuran, Berat dan Bahan Shuttlecock Badminton - Badminton (bulutangkis) ialah salah satu cabang olahraga raket yang dimainkan dengan menggunakan raket dan kok (shuttlecock). Raket dan shuttlecock ini adalah peralatan penting yang harus ada dalam pertandingan bulutangkis. Raket dalam badminton berguna untuk memukul bola. Sedangkan shuttlecock atau kok digunakan sebagai bola bulutangkis yang akan dipukul. Shuttlecock sendiri memiliki standar ukuran, berat dan bahan yang digunakan untuk pembuatannya. Lalu berapa standar ukuran shuttlecock yang benar? Berapa standar berat shuttlecock? Berapa standar bahan shuttlecock yang benar?

Shuttlecock pada Permainan Badminton
Apa itu Shuttlecock? Shuttlecock atau kok adalah bola yang terbuat dari bulu angsa dan disusun berbentuk kernet terbuka untuk dimainkan dalam olahraga bulutangkis/badminton. Kok tersebut mempunyai pangkal yang berasal dari gabus dan berbentuk setengah bola. Untuk standar ukuran shuttlecock, standar berat shuttlecock dan standar bahan shuttlecock telah ditetapkan oleh BWF atau PBSI. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang standar ukuran, berat, dan bahan dari shuttlecock pada permainan badminton. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Standar Ukuran, Berat dan Bahan Shuttlecock Badminton

Kata shuttlecock berasal dari bahasa Inggris yakni "Cock" yang artinya ayam jantan. Pembuatan kok sendiri dulunya menggunakan bulu ayam. Namun sekarang telah diganti menggunakan bulu angsa agar istilah shuttlecock nantinya tidak menyebabkan kesalahpahaman arti yang menimbulkan unsur arti yang negatif. Di bawah ini terdapat penjelasan standar ukuran shuttlecock, standar berat shuttlecock dan standar bahan shuttlecock menurut ketetapan BWF yaitu sebagai berikut:
Baca juga : 5 Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis
Bahan Shuttlecock
Standar bahan shuttlecock menurut BWF ialah berasal dari bulu angsa putih. Bola bulutangkis tersebut berasal dari bulu angsa yang tertancap pada setengah bola dari busa karet. Jenis bulu yang digunakan memang harus bulu angsa karena bulu ini lebih bagus daripada jenis bulu lainnya.

Ukuran Shuttlecock
Standar ukuran shuttlecock ialah memiliki diameter yang panjangnya 58 - 68 mm yang berbentuk lingkaran. Kemudian bulu bulu pada shuttlecock harus memiliki panjang yang ukurannya 62 - 70 mm. Bulu bulu tersebut harus dapat digabung menjadi satu kesatuan yang kuat dan utuh. Jumlah bulu yang tertancap mengelilingi bola dalam kok ialah 16 bulu angsa sesuai dengan standar Internasional. Bulu yang berjumlah 16 tersebut bertujuan agar daya kecepatan pada shuttlecock lebih cepat, simetris dan stabil ketika dilambungkan. Kemudian pangkal kok yang bentuknya setengah bola mempunyai ukuran diamater sekitar 25 - 28 mm.
Baca juga : Lambang Induk Organisasi Olahraga Nasional Beserta Internasional
Berat Shuttlecock
Standar berat shuttlecock yaitu sekitar 4,47 gram sampai 5,50 gram.

Sekian penjelasan mengenai standar ukuran, berat, dan bahan dari shuttlecock pada permainan badminton. Standar ukuran shuttlecock, standar berat shuttlecock dan standar bahan shuttlecock telah ditetapkan oleh BWF atau PBSI. Standar yang ditetapkan pada kok tersebut bertujuan untuk menciptakan bola bulutangkis yang berkualitas sehingga saat dimainkan dapat melambung ke udara dengan sempurna. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Standar Ukuran, Berat dan Bahan Shuttlecock Badminton Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar