Ukuran, Berat, dan Bahan KOK Shuttlecock Bulutangkis (Badminton)

Ukuran, Berat, dan Bahan KOK Shuttlecock Bulutangkis (Badminton) - Badminton menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain asik, permainan ini ternyata sangat menyehatkan badan. Mengapa demikian? karena tubuh akan dipaksa melakukan berbagai gerakan mulai dari pukulan, tangkisan, sampai smash. Di lain isi, sebagai pemain kita pun dituntut harus menguasai beberap teknik dasar bulu tangkis terlebih dulu.

Badminton sendiri dimainkan pada lapangan berbentuk persegi dengan kok atau shuttlecock dan raket sebagai medianya. Berapa ukuran shuttlecock? pertanyaan ini pasti sering terbesit di benak kalian. Pembahasan terkait ukuran, berat, dan bahan kok bulutangkis sebenarnya bisa kita jumpai di buku LKS penjaskes.

Shuttlecock pada Permainan Badminton

Apa itu Shuttlecock? Kok adalah bola yang terbuat dari bulu angsa dan disusun berbentuk kernet terbuka untuk dimainkan dalam olahraga bulutangkis. Kok tersebut mempunyai pangkal yang berasal dari gabus dan berbentuk setengah bola. Untuk standar ukuran shuttlecock, standar berat shuttlecock dan standar bahan shuttlecock telah ditetapkan oleh BWF atau PBSI.

Ukuran, Berat, dan Bahan KOK Shuttlecock Bulutangkis (Badminton)

Kata shuttlecock berasal dari bahasa Inggris yakni "Cock" yang artinya ayam jantan. Pembuatan kok sendiri dulunya menggunakan bulu ayam. Tapi seiring berjalannya waktu, bahan kok badminton berganti menjadi bulu angsa. Pergantian tersebut berlandaskan kualitas yang lebih baik serta bisa menciptakan alur pukulan yang lebi presisi.

Lantas berapa ukuran dan berat shuttlecock bulutangkis standar internasional? Sebenarnya material yang dipakai untuk membuat kok bulu tangkis adalah sama dan tidak memandang tingkat kejuaraan. Di jenjang sekolah khususnya SMP dan SMA materi satu ini pasti sudah diberikan oleh guru secara teori.
Baca juga : 5 Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis

Jika kalian sedang mendapat tugas untuk mencari berapa berat, bahan, dan ukuran shuttlecock bulutangkis. Maka simaklah artikel kali ini sampai selesai karena saya sudah merangkumnya secara singkat.
 

Bahan Shuttlecock

Terbuat dari apa bahan kok bulutangkis? mengacu pada BWF, shuttlecok harus berasa dari bulu angsa putih. Selain memiliki panjang berkisar antara 60mm - 70mm, jumlah bulu angsa pun harus sebanyak 16 helai. Bulu dari angsa dipilih karena kualitasnya yang lebih baik daripada hewan unggas lainnya. 

Semua bulu harus menyatu dan terpasang sebagai satu kesatuan dengan kuat agar tahan terhadap pukulan. Sedangkan ujung shuttlecock bulutangkis terbuat dari bahan busa karet berbentuk setengah bola. Biasanya pabrik menggunakan material bertipe medium compound agar tak terlalu lunak dan tak terlalu keras.

Ukuran Shuttlecock

Standar ukuran shuttlecock ialah memiliki diameter berkisar antara 58 - 68 mm yang berbentuk setengah bola. Kemudian bulu bulu pada shuttlecock harus memiliki panjang yang ukurannya 62 - 70 mm. Bulu bulu tersebut harus dapat digabung menjadi satu kesatuan yang kuat dan utuh. Jumlah bulu yang tertancap mengelilingi bola dalam kok ialah 16 bulu angsa sesuai dengan standar Internasional.
Baca juga : Lambang Induk Organisasi Olahraga Nasional Beserta Internasional
Bulu yang berjumlah 16 tersebut bertujuan agar daya kecepatan pada shuttlecock lebih cepat, simetris dan stabil ketika dilambungkan. Kemudian pangkal kok yang bentuknya setengah bola mempunyai ukuran diamater sekitar 25 - 28 mm.
 

Berat Shuttlecock

Berapa berat kok bulutangkis? mungkin sebagian siswa tak akan memperdulikannya. Tapi faktanya, pertanyaan tersebut justru sering muncul sebagai butir soal ujian. Akibatnya banyak yang kesulitan menjawabnya dengan benar.

Pada dasarnya berat shuttlecock standar internasional maupun nasional sama saja. Yakni sekitar 4,47 gram sampai 5,50 gram untuk semua tingkatan. Acuan berat tersebut ditetapkan tanpa memandang gender pemain maupun tingkat kejuaraan.

Sekian penjelasan mengenai standar ukuran, berat, dan bahan shuttlecock badminton yang dapat saya sampaikan. Standar ukuran shuttlecock, standar berat shuttlecock dan standar bahan shuttlecock telah ditetapkan oleh BWF atau PBSI. Standar yang ditetapkan pada kok tersebut bertujuan untuk menciptakan bola bulutangkis yang berkualitas sehingga saat dimainkan dapat melambung ke udara dengan sempurna. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Belum ada Komentar untuk "Ukuran, Berat, dan Bahan KOK Shuttlecock Bulutangkis (Badminton)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel