Pukulan Servis yang Dilakukan Dengan Menggunakan Gerak Tipu Adalah

Pukulan Servis yang Dilakukan Dengan Menggunakan Gerak Tipu Adalah - Dalam bulutangkis terdapat pukulan pembuka yang disebut dengan servis atau dalam Bahasa Inggris dinamakan "Service". Servis merupakan teknik dasar permainan bulutangkis yang perlu kita pahami dan kuasai. Pukulan pembuka atau service tersebut memang sangat penting. Hal ini dikarenakan servis yang baik dan benar tidak hanya berguna sebagai pukulan pembuka, tetapi juga untuk memperoleh poin. Servis bulutangkis menurut cara memegang raket dapat dilakukan dengan teknik backhand ataupun forehand.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang teknik dasar bulutangkis. Dalam teknik tersebut tentunya kita mengenal adanya teknik forehand dimana termasuk pukulan yang dilakukan dari belakang badan dengan mengayunkannya ke arah depan. Telapak tangan dan raket memiliki posisi yang menghadap suttlecock. Kemudian untuk pukulan backhand adaah pukulan yang telapak tangan diposisikan memegang raket menghadap ke belakang ketika memukul shuttlecock. Kedua jenis pukulan ini dapat digunakan untuk melakukan servis dalam pertandingan badminton atau bulutangkis. Lantas pukulan servis yang dilakukan dengan menggunakan gerak tipu adalah apa?

Pukulan Servis yang Dilakukan Dengan Menggunakan Gerak Tipu Adalah
Teknik Servis Bulutangkis

Seperti yang kita tahu bahwa tujuan servis forehand adalah melambungkan shuttlecock ke arah lawan bagian belakang. Sedangkan tujuan servis backhand adalah membuat lawan agar tidak dapat menyerang kembali. Teknik dasar servis bulutangkis pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti long service (servis panjang), short service (servis pendek), dan flick service. Cara melakukan servis panjang dan pendek ini telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pukulan servis yang dilakukan dengan menggunakan gerak tipu adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pukulan Servis yang Dilakukan Dengan Menggunakan Gerak Tipu Adalah

Servis panjang dan servis pendek merupakan dua jenis servis yang banyak digunakan dalam bulutangkis. Kegunan servis panjang ini biasanya dalam pertandingan tunggal, dimana shuttlecock dipukul menggunakan tenaga penuh dari bawah menuju bagian belakang atas lawan. Kemudian untuk servis pendek, arah shuttlecock berasal dari belakang menuju depan lawan dibagian area permainannya. Kebanyakan servis pendek memang menggunakan teknik backhand karena shuttlecock dibuat jatuh mendekati garis serangan lawan. Biasanya servis pendek dimanfaatkan dalam pertandingan ganda

Setelah itu kita juga mengenal adanya servis flick yaitu teknik servis menggunakan gerak tipu. Lantas pukulan servis yang dilakukan dengan menggunakan gerak tipu adalah apa? Flick service memang merupakan kombinasi dari servis panjang dan servis pendek. Apa itu flick service? Flick service adalah servis yang dilaksanakan dengan tiba tiba atau cepat menuju arah belakang lawan agar dapat mengecoh lawan. Pelaksanaan flick service ini biasanya menggunakan teknik backhand, namun pemukulan shuttlecock harus mengarah setengah tinggi dengan tepat.

Flick service memang menghasilkan pukulan shuttlecock yang melambung kencang menuju belakang lawan. Materi servis bulutangkis tersebut pada dasarnya tidak hanya dijadikan sebagai bahan ajar saja. Tetapi materi ini juga menjadi salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Pukulan servis yang dilakukan dengan menggunakan gerak tipu adalah . . .
A. Servis flick
B. Servis lob
C. Shorts servis
D. Servis drive

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Servis flick.

Hasil dari flick servis memang berupa jatuhnya shuttlecock di bagian belakang lawan sehingga dapat mengecoh lawan. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa pukulan servis yang dilakukan dengan menggunakan gerak tipu adalah flick servis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pukulan Servis yang Dilakukan Dengan Menggunakan Gerak Tipu Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel