8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Pencak Silat

8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Pencak Silat - Di Indonesia pada umumnya terdapat beberapa jenis olahraga bela diri yang dapat diterapkan. Salah satunya adalah pencak silat. Apa itu pencak silat? Pencak silat merupakan sebuah seni beladiri tradisional yang asalnya dari kepulauan Nusantara. Jenis olahraga yang satu ini memang banyak dikenal masyarakat Indonesia dalam lingkup yang luas. Bahkan pencak silat juga dikenal di negara lain seperti Brunei, Filipina selatan, Malaysia, Thailand, dan Singapura. 

Pencak silat secara umum bertujuan untuk melindungi orang yang kesusahan atau melindungi diri dari penjahat. Pencak silat ini tidak hanya menjadi seni beladiri saja, namun juga dijadikan salah satu jenis olahraga di sekolah. Di Indonesia terdapat induk organisasi pencak silat yang dinamakan dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia atau IPSI. Pendirian IPSI pertama kali terjadi di Surakarta Jawa Tengah pada tanggal 18 Mei 1948.

Dalam pencak silat pada umumnya terdapat beberapa jenis sikap berdiri yaitu sikap berdiri kuda kuda, sikap pasang dan sikap berdiri tegak. Selain itu pencak silat juga memiliki beberapa jenis teknik dasar. Salah satu jenis teknik dasar pencak silat adalah teknik kuncian. Apa yang dimaksud kuncian dalam pencak silat? Apa saja jenis jenis kuncian pencak silat? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis teknik kuncian dalam pencak silat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Pencak Silat

Seperti yang kita tahu bahwa pencak silat memiliki beberapa jenis teknik dasar. Teknik dasar tersebut memiliki cara pelaksanaan yang berbeda beda. Apakah anda tahu apa saja teknik dasar dalam pencak silat itu? Olahraga pencak silat memiliki beberapa teknik dasar seperti di bawah ini:
  • Teknik sikap pasang
  • Teknik kuda kuda
  • Teknik delapan atau arah penjuru mata angin
  • Teknik pukulan
  • Teknik kuncian
  • Teknik pola langkah
  • Teknik tangkisan
  • Teknik tendangan
Salah satu jenis teknik dasar dalam pencak silat yang akan saya bahas adalah teknik kuncian. Apa yang dimaksud kuncian dalam pencak silat? Kuncian adalah usaha untuk menguasai atau melumpuhkan lawan dengan menguasai persendiannya. Dengan teknik kuncian ini kita dapat menahan gerakan lawan. Penguncian persendian ini dilakukan dengan memegang sedemikian rupa agar dapat mencengkeram posisi tubuh tertentu sehingga gerakan lawan tidak dapat dilakukan. Agar teknik ini tidak menyebabkan cedera, maka teknik kuncian pencak silat tersebut harus dilakukan dengan hati hati dan dilatih dengan baik.
Jenis Jenis Teknik Kuncian Dalam Pencak Silat
Teknik Kuncian Pencak Silat

Jenis Jenis Kuncian Pencak Silat

Teknik kuncian dalam pencak sikat merupakan teknik pencak silat yang berguna untuk menghentikan pergerakan lawan selanjutnya. Hal yang paling penting dalam teknik kuncian adalah ketepatan dan kecepatan. Hal ini dikarenakan teknik kuncian ini mengarah pada organ vital lawan sehingga agar berjalan dengan sukses maka membutuhkan kecepatan dan ketepatan tubuh. Di bawah ini terdapat macam macam teknik kuncian pencak silat yaitu meliputi:

Teknik Kuncian I

Teknik kuncian I tersebut mengarah pada lengan lawan bagian atas. Saat pukulan lawan mengarah dari depan, maka tangkap lengan atas lawan untuk segera menghindarinya. Lalu kunci pukulan tersebut agar lawan tidak dapat melakukan gerakan.

Teknik Kuncian II

Jenis teknik kuncian dalam pencak silat ini mengarah pada leher lawan. Ketika pukulan dilayangkan lawan, maka tangkap leher lawan dengan segera menggunakan salah satu tangan. Kemudian tangan yang lainnya menangkap pukulan lawan. Cara menangkap leher lawan adalah dengan memaksa kepala lawan agar berputar ke arah yang berlawanan.

Teknik Kuncian III

Teknik kuncian pencak silai ini menargetkan pinggul atau pinggang lawan. Cara melakukan kuncian tersebut adalah menggunakan kaki untuk menekan lutut lawan, lalu bahu atau lengan lawan ditarik ke arah belakang.

Teknik Kuncian IV

Teknik kuncian yang satu ini mengarah pada pergelangan kaki lawan sehingga dapat dilakukan dengan mudah. Pergelangan kaki lawan memang cukup mudah disepak sehingga lawan akan terjatuh secara langsung.

Teknik Kuncian V

Jenis teknik kuncian dalam pencak dilat ini bertujuan untuk mencegah kaki kita ditangkap oleh lawan. Teknik kuncian V dapat dilakukan dengan cara menekuk kaki lawan, lalu bahu atau tangan lawan ditangkap. Kemudian bahu atau tangan lawan diputar agar lawan dapat dibanting ke bawah. 

Teknik Kuncian VI

Teknik kuncian pencak silat ini mengarah pada lengan lawan bagian atas sehingga dapat ditangkap dan diputar ke arah belakang. Dengan begitu lawan tidak lagi dapat bergerak. 

Teknik Kuncian VII

Kuncian dalam pencak silat ini hampir sama dengan kuncian IV, karena mengarah pada kaki lawan sehingga dapat dikunci dengan kaki kita sendiri. Dengan begitu lawan tidak dapat melangkah kemana mana atau tidak dapat bergerak. 

Teknik Kuncian VIII

Jenis kuncian dalam pencak silat ini mengarah pada lengan lawan bagian bawah. Tangkap lengan bagian bawah ketika lawan melakukan serangan, lalu putar dan banting lawan.

Teknik kuncian pencak silat memang merupakan gerakan tangkapan pencak silat yang sempurna untuk membuat lawan tidak berdaya. Tujuan kuncian pencak silat ini adalah menguasai persendian dan melumpuhkan lawan. Maka dari itu lawan tidak dapat bergerak, lawan tidak berdaya, serta melucuti senjata lawan. Macam macam kuncian tersebut memang menggunakan huruf romawi untuk penamaannya.

Cara Melakukan Teknik Kuncian

Seperti yang kita tahu bahwa kuncian menargetkan beberapa bagian tubuh tertentu seperti tangan, kaki, leher dan punggung atau pinggang. Kuncian dalam pencak silat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mematikan gerak sendi menggunakan lipatan dan menahan gerakan lawan yang mungkin terjadi. Selain jenis jenis teknik kuncian dalam pencak silat di atas, adapula pembahasan mengenai cara melakukan kuncian pencak silat yaitu sebagai berikut:

Kuncian Tangan
  • Kita harus fokus pada serangan lawan.
  • Kemudian bergerak ke samping dan elak ketika datang serangan dari lawan.
  • Tangkap lengan atas lawan ketika mengelak ke arah samping, lalu lakukan kuncian.
Kuncian Leher
  • Kita harus fokus pada serangan lawan.
  • Kemudian elak dan tangkap serangan menggunakan dua atau satu tangan.
  • Tangkap lengan atas lawan ketika mengelak ke arah samping, lalu lakukan kuncian.
Sekian penjelasan mengenai jenis jenis teknik kuncian dalam pencak silat. Teknik dasar pencak silat ini digunakan untuk mempertahankan diri dari datangnya serangan lawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Pencak Silat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel