8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap

Advertisement

8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap - Apa pengertian senam menurut para ahli dan secara umum? Siapa yang tidak kenal dengan olahraga senam. Senam adalah jenis olahraga yang banyak sekali manfaatnya, baik untuk menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Senam sendiri merupakan nama dari salah satu cabang olahraga. Olahraga senam dapat digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuan dan perkembangan anak melalui aktivitas jasmani. Maka dari itu komponen kebugaran jasmaninya dapat dirangkai dengan menggunakan gerakan senam sehingga dapat berkembang. Misalnya daya tahan dan kekuatan otot yang ada di bagian tubuh.

Olahraga Senam
Kemudian senam juga berpotensi dalam pengembangan gerak keterampilan dasar dan sebagai landasan suatu cabang olahraga dalam menguasai keterampilan teknik yang ada. Dalam bahasa Indonesia, kata senam tersebut dikenal sebagai salah satu cabang olahraga. Kemudian dalam bahasa Belanda berarti "gymnastiek". Dalam bahasan Greka berarti "ghymnastiek" yang berasal dari kata "gymnos". Sedangkan dari bahasa Inggris berarti "gymnastics". Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa pengertian senam menurut para ahli terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap

Definisi senam dapat dijelaskan menurut pendapat atau pernyataan beberapa ahli yang telah ada dalam beberapa sumber. Namun pengertian dari senam sendiri tidak hanya menurut para ahli namun juga secara umum. Adapun penjelasan mengenai pengertian senam menurut para ahli dan secara umum yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli

Pengertian Senam

Menurut bahasa Inggris, kata senam berarti "gymnastics" yang artinya salah satu cabang olahraga yang berkaitan dengan performa gerakan seperti keserasian gerakan fisik, kekuatan dan kecepatan yang teratur. Adapun definisi senam secara umum yaitu cabang olahraga yang digunakan untuk membentuk dan melatih tubuh secara sengaja dan dipilih dengan terencana serta sadar, kemudian disusun secara sistematis agar kesegaran jasmani meningkat, menanamkan mental nilai spiritual dan mengembangkan keterampilan. Selain itu adapula pengertian senam menurut para ahli yang akan saya jelaskan selanjutnya.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa pengertian senam menurut para ahli. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Mahendra (2000:14)
Pengertian senam menurut Mahendra (2000:14) ialah bentuk aktivitas yang dimanfaatkan dalam pengembangan kemampuan gerak (motorability) dan komponen fisik.

Madijono (2010:1)
Pengertian senam menurut Madijono (2010:1) ialah bentuk latihan jasmani yang dilakukan dengan gerakan fisik yang teratur, sistematis dan terencana sehingga dapat memperoleh manfaat yang baik untuk tubuh.
Baca juga : Jenis Jenis Senam Lengkap Dengan Pengertian dan Manfaatnya
Khadafi dan Sutrisno (2010:60)
Pengertian senam menurut Khadafi dan Sutrisno (2010:60) ialah bentuk latihan fisik yang menggunakan gerakan sistematis dan terencana agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai.

Margono (2009:19)
Pengertian senam menurut Margono (2009:19) ialah latihan gerakan tubuh yang diciptakan secara terencana, telah disusun dan dipilih secara sistematis sehingga dapat mengembangkan dan membentuk pribadi yang harmonis.

Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)
Pengertian senam menurut Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9) ialah bentuk latihan tubuh yang telah didesain dan dipilih secara sengaja, terencana dan sadar dilakukan untuk disusun dengan sistematis sehingga dapat digunakan untuk menanamkan nilai mental spiritual, meningkatkan kesegaran jasmani dan mengembangkan keterampilan.

Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)
Pengertian senam menurut Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70) ialah bentuk latihan tubuh menggunakan lantai dan alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan kelincahan, daya tahan tubuh, kontrol diri, kekuatan, koordinasi dan kelenturan tubuh.

Muhajir (2006:71)
Pengertian senam menurut Muhajir (2006:71) ialah sebuah aktivitas utama yang digunakan untuk pengembangan komponen gerak dan komponen fisik.

Sekian penjelasan mengenai beberapa pengertian senam menurut para ahli. Definisi senam secara umum adalah cabang olahraga yang digunakan untuk membentuk dan melatih tubuh secara sengaja dan dipilih dengan terencana serta sadar, kemudian disusun secara sistematis agar kesegaran jasmani meningkat, menanamkan mental nilai spiritual dan mengembangkan keterampilan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar