Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Renang Lengkap

Advertisement

Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Renang Lengkap - Renang dalah jenis olahraga yang dilakukan dalam air. Jenis olahraga ini berguna untuk melatih kecepatan para atlet renang. Selain itu renang juga dimanfaatkan untuk kesehatan badan. Renang sendiri memiliki beberapa gaya yang digunakan seperti gaya punggung, gaya bebas, gaya dada dan gaya kupu kupu. Selain itu adapula nomor nomor yang diperlombakan dalam renang. Nomor renang ini digunakan untuk membedakan macam macam renang yang dipertandingkan. Lantas apa saja nomor perlombaan renang itu? Perlombaan renang dapat diketahui pemenangnya jika dalam jarak lintasan tertentu terdapat perenang yang menyelesaikannya dengan paling cepat. Pemenang dalam babak penyisihan akan menuju ke babak semifinal sampai ke babak final.

Nomor Perlombaan Dalam Olahraga Renang
Olahraga renang juga memiliki peraturan yang diatur oleh FINA (Federasi Renang Internasional) seperti halnya olahraga polo air, renang indah, loncat indah dan renang perairan terbuka. Meski peraturan yang ditetapkan sama sama di atur oleh FINA, namun nomor perlombaan renang berbeda dengan nomor perlombaan olahraga lainnya. Maka dari itu para atlet renang harus benar benar memahami nomor renang yang diperlombakannya. Di Indonesia terdapat organisasi induk cabang olahraga renang yang bernama PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nomor nomor yang diperlombakan dalam renang lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Renang Lengkap

Sebelum membagikan tentang nomor perlombaan renang atau nomor renang, saya akan menjelaskan tentang sejarah renang singkat terlebih dahulu. Nomor nomor yang diperlombakan dalam renang ini sangat penting untuk diperhatikan dan dipahami. Sekitar tahun 1800 terdapat penyelenggaraan perlombaan renang yang berada di Eropa. Dikala itu banyak perenang yang menggunakan gaya dada ketika sedang melakukan olahraga renang. Kemudian munculah “Gaya Trudgen” yang diperkenalkan pertama kali oleh John Arthur Trudgen pada tahun 1873 dalam perlombaan renang karena meniru gaya renang suku Indian yakni gaya bebas. Kemudian Trudgen mengganti gerakan kaki pada gaya bebas karena banyak orang Inggris yang tidak menyukainya. Akhirnya kaki gaya renangnya berubah menjadi gerakan kaki gunting yakni melecutkan kaki ke atas dan ke bawah seperti halnya renang gaya samping.
Baca juga : Teknik Renang Gaya Punggung yang Benar Beserta Penjelasan
Sejarah Olahraga Renang
Sejarah Olahraga Renang
Sejak tahun 1896 pada Olimpiade Athena, olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Untuk itulah muncul nomor nomor yang diperlombakan dalam renang, baik nomor perlombaan renang putra maupun putri. Pada tahun 1912 mulai diperlombakan nomor renang putri dalam Olimpiade Stockhom. Kemudan renang gaya bebas diperkenalkan oleh Richard Cavill pada tahun 1902. Pada tahun 1908 mulai dibentuklah Federasi Renang Internasional. Setelah itu pada tahun 1930an terdapat pengembangan gaya kupu kupu yang pertama kali. Gaya kupu kupu pada awalnya merupakan variasi dari gaya dada, namun pada tahun 1952 sudah dianggap sebagai gaya renang sendiri.

Peralatan dan Fasilitas Renang

Selanjutnya saya akan menjelaskan peralatan dan fasilitas renang sebelum membagikan beberapa nomor yang diperlombakan dalam renang, baik nomor perlombaan renang putra ataupun putri. Olahraga renang tersebut memiliki beberapa peralaan dan fasilitas didalamnya seperti berikut ini:

Kolam Renang
Kolam renang merupakan peralatan dan fasilitas renang yang memiliki ukurannya sendiri. Kolam renang memiliki panjang lintasan yakni 50 m dan 25 m untuk lintasan pendeknya. Namun untuk ukuran kolam renang menurut Federasi Renang Internasional ialah kolamnya memiliki panjang 50 m dan lebar 25 m. Kolam tersebut memiliki minimal kedalaman 1,35 meter dari lintasan pertama 1 meter sampai dinding kolam sekitar 6 meter dan disertai dengan balok start. Kolam renang dalam nomor perlombaan renang juga memiliki bagian lain yang kedalaman minimumnya 1 meter.
Baca juga : Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas
Lintasan
Peralatan dan fasilitas renang juga dapat berupa lintasan yang digunakan. Lintasan renang memiliki lebar minimal yakni 2,5 meter dengan jarak minimum sejauh 0,2 meter yang terdapat diluar lintasan akhir dan lintasan pertama. Di setiap lintasan terdapat tali lintasan yang memisahkannya dengan panjang yang sama seperti panjang lintasan. Tali lintasan tersebut tersusun dari beberapa pelampung kecil yang dirangkai pada seutas tali. Jika pelampung tersebut terkena gelombang air maka akan berputar putar. Cara membedakan tali lintasan tersebut ialah dengan warnanya yakni lintasan 1 dan 8 berwarna hijau, lintasan 4 dan 5 berwarna kuning serta lintasan 2, 3, 6, dan 7 berwarna biru.

Apapun nomor perlombaan renangnya tentunya memiliki peralatan dan fasilitas yang hampir serupa. Penempatan lintasan untuk para perenangnya ditentukan oleh catatan waktu perenang ketika babak penyisihan. Perenang yang unggul dalam kecepatan ditempatkan dalam kolam berlintasan ganjil di bagian paling tengah. Misalnya untuk kategori perlombaan renang dengan 8 lintasan kolam. Maka dari itu perenang yang catatan waktunya paling cepat ditempatkan pada lintasan 4. Kemudian untuk perenang yang memiliki waktu catatan dibawahnya akan ditempatkan secara berurutan seperti lintasan 5, lintasan 3, lintasan 6, lintasan 2, lintasan 7, lintasan 1, dan lintasan 8.

Pengukur Waktu
Peralatan dan fasilitas renang juga dapat berupa pengukur waktu. Untuk perlombaan renang Internasional telah dipasang papan sentuh pengukur waktu secara otomatis di kedua sisi pada dinding kolamnya. Papan sentuh tersebut memiliki tebal 1 cm. Waktu berenang akan dicatat oleh para perenang sendiri ketika pembalikan dan finish dengan menyentuh papan pengukur waktu. Papan pengukur waktu renang pertama kali di gunakan di Winnipeg Kanada pada tahun 1967 untuk pertandingan di Pan American Games. Papan sentuh ini diproduksi oleh Omega. Selain itu papan pengukur waktu tersebut juga digunakan dalam setiap nomor perlombaan renang, baik nomor renang putra maupun putri.

Balok Start
Selain nomor nomor yang diperlombakan dalam renang(baik nomor perlombaan renang putra dan nomor renang putri), adapula peralatan dan fasilitas renang berupa balok start. Di setiap balok start dilengkapi dengan sensor pengukur waktu ketika perenang meloncat agar waktunya dapat dicatatat dan dilengkapi dengan pengeras suara agar tembakan pistol start dapat di suarakan. Balok start memiliki tinggi sekitar 0,5 – 0,75 m dari permukaan air. Balok start memiliki ukuran sekitar 0,5 m x 0,5 dan dilapisi bahan antilicin di bagian atasnya. Balok start ini memiliki kemiringan yang lebih dari 10⁰.

Nomor Nomor Yang Diperlombakan Dalam Renang

Nomor perlombaan renang disusun berdasarkkan jenis kelamin, gaya renang (gaya dada, gaya kupu kupu, gaya punggung dan gaya bebas) serta jarak tempuhnya. Adapun nomor putra dan nomor putri dalam perlomaan renang Olimpiade yaitu sebagai berikut:
  • Nomor renang gaya bebas terdiri dari 50 m, 200 m, 800 m (putri), 100 m, dan 1500 m (putra).
  • Nomor renang gaya punggung terdiri dari 100 m dan 200 m.
  • Nomor renang gaya ganti perorangan terdiri dari 200 m dan 400 m.
  • Nomor renang gaya bebas estafet terdiri dari 4 x 200 m dan 4 x 100 m.
  • Nomor renang marathon terdiri dari 10 km.
  • Nomor renang gaya dada terdiri dari 100 m dan 200 m.
  • Nomor renang gaya kupu kupu terdiri dari 100 m dan 200 m.
  • Nomor renang gaya ganti estafet terdiri dari 4 x 100 m.
Baca juga : 16 Peraturan Dasar Dalam Permainan Polo Air
Adapula nomor perlombaan renang putra/putri yang diakui Federasi Renang Internasional dalam rekor dunia yaitu sebagai berikut:
  • Gaya bebas memiliki nomor perlombaan yang terdiri dari 50 m, 200 m, 800 m, 100 m, dan 1500 m.
  • Gaya punggung memiliki nomor perlombaan yang terdiri dari 100 m, 50 m dan 200 m.
  • Gaya ganti perorangan memiliki nomor perlombaan yang terdiri dari 200 m, 100 m (lintasan pendek saja) dan 400 m.
  • Gaya bebas estafet memiliki nomor perlombaan yang terdiri dari 4 x 200 m dan 4 x 100 m.
  • Gaya dada memiliki nomor perlombaan yang terdiri dari 100 m, 50 m dan 200 m.
  • Gaya kupu kupu memiliki nomor perlombaan yang terdiri dari 100 m, 50 m dan 200 m.
  • Gaya ganti estafet memiliki nomor perlombaan yang terdiri dari 4 x 100 m.
Dalam satu putaran dalam nomor perlombaan renang gaya ganti perorangan diharuskan menggunakan keempat gaya bagi setiap perenang secara bergantian. Adapun urutan gaya yang digunakan dalam nomor yang diperlombakan dalam renang gaya ganti perorangan yaitu gaya kupu kupu, dilanjutkan dengan gaya punggung, gaya dada dan yang terakhir gaya bebas. Pertandingan pada nomor renang gaya ganti perorangan 100 meter diselenggarakan dalam lintasan kolam renang yang pendek yaitu 25 meter.

Untuk nomor perlombaan renang gaya ganti estafet 4 x 100 m dilakukan oleh 4 orang dalam satu regu. Setiap orang akan berenang dengan jarak lintasan 100 meter. Untuk memulai pertandingan, atlet pertama berenang dengan gaya punggung, setelah itu perenang kedua menggunakan gaya dada, perenang ketiga menggunakan gaya kupu kupu dan perenang terakhir menggunakan gaya bebas. Sekian penjelasan mengenai nomor nomor yang diperlombakan dalam renang lengkap. Nomor renang tersebut berlaku untuk perenang putra dan putri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Renang Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar