Teknik Overhead Pass Dalam Bola Basket

Teknik Overhead Pass Dalam Bola Basket - Para pemain basket pada umumnya harus menguasai banyak sekali teknik dasar. Salah satu teknik dasar basket yang perlu dikuasai yaitu overhead pass. Bagaimana cara melakukan overhead pass dalam bola basket? Teknik basket ini bertujuan untuk memudahkan pemain untuk mengoper bola ke pemain lain selama di dalam lapangan sehingga dapat mencetak skor. Kita juga dapat menggunakan teknik tersebut untuk mempersulit lawan dalam merebut bola di udara. Kecuali lawan ikut mengejar bola atau melombat.

Teknik overhead pass dalam bola basket tersebut pada dasarnya harus dikuasai dengan maksimal agar pelaksanaanya dapat dilakukan dengan benar. Apa yang dimaksud overhead pass? Overhead pass adalah teknik basket yang dilakukan untuk melempar bola ke atas kepala. Penaikkan bola tersebut harus sampai atas kepala hingga kedua tangan melempar bola menuju pemain satu tim agar dapat menceak skor. 

Teknik Overhead Pass Dalam Bola Basket
Overhead Pass dalam Bola Basket

Cara melakukan overhead pass sebenarnya memang cukup sulit walaupun banyak orang menganggap teknik ini mudah. Namun pemain yang melakukan teknik ini harus melakukan perhitungan gerak bola di udara maupun kekuatan tekanan yang diberikan untuk meluncurkan bola dengan sempurna. Jika pelaksanaanya tidak sempurna, maka peluncuran bola tidak akan baik. Bahkan bisa saja ketinggiannya menurun langsung dan lawan dapat meraih operan atau tembakan bola. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik overhead pass dalam bola basket. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Overhead Pass Dalam Bola Basket

Overhead pass dapat dilakukan dengan memperhitungkan beberapa hal. Salah satunya adalah pertimbangan kemiringan atau kelengkungan tembakan. Selain itu juga dipengaruhi oleh kecepatan tekanan dan berat bola basket. Hal seperti ini secara matematis dapat diperhitungkan secara maksimal. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan dalam pertandingan karena kecepatan yang tinggi diperlukan dan kebiasaan sehingga kecepatan yang diperhitungkan harus sebesar apa untuk digunakan dalam menekan bola.

Teknik overhead pass dilakukan dengan tujuan tertentu. Adapun beberapa tujuan melakukan overhead pass dalam bola basket yaitu sebagai berikut:

  • Membuang bola yang berasal dari lokasi padat pemain.
  • Membuat bola bergerak dengan cepat.
  • Mencetak nilai atau skor.
  • Membentuk permainan secara bertahan.
  • Melakukan operan bola agar dapat mencetak skor.

Tahapan Melakukan Overhead Pass Bola Basket

Teknik overhead pass dalam bola basket dapat dilakukan dengan beberapa tahap seperti di bawah ini:
  • Kaki dibuka selebar bahu, kemudian tekuk kaki agar badan diposisikan turun sedikit. Setelah itu pelemparan bola dapat dilakukan dengan cepat di atas kepala.
  • Tekan bola sekuat mungkin ketika melakukan lemparan sehingga dapat melewati kepala atau terhindar dari lawan.
  • Letakkan salah satu kaki didepan dan luruskan posisi tangan. Arahkan ibu jari ke lantai ketika gerakan peluncuran dilakukan.

Cara Menguasai Overhead Pass

Setelah menjelaskan tentang cara melakukan overhead pass di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara menguasai teknik tersebut. Teknik bola basket ini dapat dikuasai dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut:

Stimulasi dan Latihan

Jika stimulasi tidak dilakukan dengan sering, maka para pemain tidak akan terbiasa. Maka dari itu latihan harus dilakukan setiap hari agar kesalahan yang tidak perlu dapat dihindari. Yang paling penting kita harus melakukan teknik tersebut dengan baik dan sempurna sehingga kemudian hari dapat memikirkan modifikasi lainnya.

Memperhatikan Gerakan Kaki dan Tangan

Gerakan kaki dan tangan ketika melakukan teknik overhead pass memang harus sempurna agar bola yang tidak dapat dilempar sempurna atau bola jatuh bisa dihindari.

Mengatur Tenaga

Pengaturan tenaga harus dilakukan terlebih dahulu agar lemparan ke arah jauh atau arah tertentu menjadi lebih mudah dan presisi.

Kesalahan Melakukan Overhead Pass

Ketika melaksanakan overhead pass tentunya para pemain pernah melakukan beberapa kesalahan. Adapun kesalahan kesalahan yang sering terjadi dalam overhead pass yaitu meliputi:
  • Saat melakukan lemparan awal, posisi kaki tidak dibuka selebar bahu.
  • Saat melakukan lemparan di tempat yang diinginkan, posisi tangan tidak terletak di atas kepala.
  • Kurang bertenaga ketika melakukan lemparan sehingga bola tidak diberikan kekuatan saat tim menerima bola tersebut.
  • Ketika melempar posisi tangan tidak lurus sehingga ketepatan dan kekuatan melempar menjadi tidak sempurna.
Pada dasarnya tidak semua orang dapat melakukan teknik overhead pass secara langsung. Pelaksanaan teknik ini biasanya harus disertai dengan bagaimana momentum pelemparan dan penguasan bola yang baik sehingga semuanya berjalan dengan presisi dan baik. Sekian penjelasan mengenai cara melakukan overhead pass dalam bola basket. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Overhead Pass Dalam Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel