Cara Melakukan Lempar Lembing Langkah Jingkat (Hop Step)

Advertisement

Cara Melakukan Lempar Lembing Langkah Jingkat (Hop Step) - Pengertian lempar lembing secara sederhana ialah salah satu cabang atletik nomor lempar yang dilakukan dengan melemparkan tongkat panjang yang ujungnya runcing. Tongkat ini sering dinamakan dengan tombak atau tongkat lembing. Olahraga lempar lembing sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa gaya. Salah satunya ialah gaya langkah jingkat atau Hop Step. Bagaimana cara melakukan lempar lembing langkah jingkat? Cara melakukan lemparan tersebut dinamakan dengan teknik dasar lempar lembing gaya jingkat (Hop Step). Pada dasarnya para atlet lembing harus memiliki kekuatan tubuh yang bagus karena ketika melakukan lemparan, teknik dan kemampuannya sangat di uji.

Teknik Dasar Lempar Lembing Langkah Jingkat
Untuk pelaksanaan teknik dasar lempar lembing gaya jingkat tersebut, anda juga harus memperhatikan peraturan dalam pertandingan itu. Dengan begitu lemparan yang dihasilkan lebih jauh jaraknya. Lantas bagaimana cara melakukan lempar lembing gaya hop step? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan lempar lembing langkah jingkat atau hop step. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Lempar Lembing Langkah Jingkat (Hop Step)

Sebelum membahas tentang cara melakukan lempar lembing langkah jingkat atau teknik dasar lempar lembing gaya jingkat. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai olahraga lempar lembing terlebih dahulu. Pengertian lempar lembing sendiri ialah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan melemparkan benda terbuat dari alumunium menyerupai tombak dengan sektor lapangan yang sudut lemparannya sebesar 30 derajat. Kemudian lempar lembing juga memiliki sarana dan parasara pendukung seperti lembing, meteran dan bendera kecil. Apa itu lembing? Lembing ialah benda yang terbuat dari alumunium, kayu ataupun bambu dengan ukuran tertentu menyerupai sebuah tombak. Di bawah ini terdapat beberapa ukuran lembing yang digunakan dalam pertandingan nasional ataupun Internasional yaitu:
  • Lembing putra memiliki berat 800 gram dengan panjang 260 - 280 cm. Kemudian panjang lilitan lembingnya ialah 14 - 16 cm.
  • Lembing putri memiliki berat 600 gram dengan panjang 220 - 230 cm. Kemudian panjang lilitan lembingnya ialah 14 - 16 cm.
Baca juga : Sejarah Lempar Lembing Terlengkap

Teknik Dasar Lempar Lembing Gaya Jingkat

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melakukan lempar lembing langkah jingkat. Cara melakukan lempar lembing gaya hop step tersebut terdiri dari teknik awalan, teknik melempar lembing, dan gerakan lanjutan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Teknik Awalan
Teknik dasar lempar lembing gaya jingkat yang pertama ialah teknik awalan. Teknik awalan ini termasuk cara melakukan lempar lembing langkah jingkat yang pertama. Berikut cara melakukan teknik awalan lempar lembing gaya hop step yaitu:
  • Posisikan tubuh berdiri tegak. Pegang dan angkat lembing setingi telinga. Kemudian tekuk bagian sikut dan arahkan mata lembing menuju ke serong atas.
  • Lakukan awalan menuju arah lemparan dengan lari secepat mungkin.
  • Luruskan tangan ke belakang ketika kaki kanan sampai pada tanda yang telah ditentukan.
  • Lakukan langkah pendaratan jingkat ketika gerakan kaki kanan berakhir. Lanjutkan dengan melangkahkan kaki kiri sejauh mungkin.
  • Berat badan dipindahkan ke kaki kanan ketika kaki kiri telah mendarat. Kemudian rendahkan lutut dan tangan diluruskan ke arah bawah belakang.
  • Tekuk sikut terlebih dahulu dan bawa lembing ke arah depan melewati atas bahu. Di waktu yang bersamaan luruskan kaki kanan.

Teknik Melempar Lembing
Teknik dasar lempar lembing gaya jingkat selanjutnya ialah teknik melempar lembing. Teknik melempar ini termasuk cara melakukan lempar lembing langkah jingkat yang kedua. Berikut cara melempar lembing langkah jingkat atau hop step yaitu:
  • Awali lemparan dengan sikap membawa lembing. Kemudian lakukan awalan dengan lari secepat mungkin.
  • Luruskan tangan kanan ke arah belakang bawah ketika kaki kanan telah menyentuh tanda yang ditentukan.
  • Gunakan kaki kanan untuk melakukan gerakan jingkat ketika kaki kiri telah dilangkahkan ke depan dan telah mendarat.
  • Kemudian kaki kiri dilangkahkan sejauh dan selebar mungkin setelah pendaratan kaki kanan.
  • Berat badan dipindahkan ke kaki kanan ketika kaki kiri telah mendarat serta rendahkan lutut pada kaki kanan. Di waktu yang bersamaan pegang lembing dengan tangan kanan dan posisikan lurus ke arah bawah dimana mata lembingnya mengarah pada sudut lemparannya.
Baca juga : Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis
  • Bawa lembing ke depan dengan mendahulukan kekuatan pada siku kanan. Lalu serongkan lembing sampai melewati bagian atas bahu.
  • Di waktu bersamaan kaki kanan diluruskan.
  • Kemudian kaki kiri menyusul maju dan ayunkan tangan kanan sampai lurus ke arah sudut lemparan.
  • Kemudian lepaskan lembing dari tangan.

Gerak Lanjutan atau Follow Through
Teknik dasar lempar lembing gaya jingkat selanjutnya ialah gerak lanjutan atau follow through. Follow Through ialah gerakan yang dilakukan setelah lembing dilempar. Gerakan ini digunakan untuk menjaga agar badan tetap seimbang sehingga tidak jatuh ke depan dan membuat kekuatan melempar menjadi bertambah. Gerakan lanjutan ini termasuk dalam cara melakukan lempar lembing langkah jingkat yang ketiga. Berikut cara melakukan gerak lanjutan lempar lembing gaya hop step yaitu:
  • Kaki kanan dilangkahkan ke depan setelah melempar lembing. Kemudian tarik kaki kiri ke arah belakang tubuh.
  • Rilekskan kaki kiri yang bergantung di belakang badan.
  • Kemudian badan diposisikan menyamping ke arah lemparannya.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan lempar lembing langkah jingkat atau hop step. Teknik dasar lempar lembing gaya jingkat tersebut terdiri dari teknik awalan, teknik melempar dan gerakan lanjutan (follow through). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi lempar lembing gaya hop step di atas.

Cara Melakukan Lempar Lembing Langkah Jingkat (Hop Step) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar