Teknik Dasar Hop Step Lempar Lembing (Langkah Jingkat)

Teknik Dasar Hop Step Lempar Lembing (Langkah Jingkat) - Lempar lembing adalah salah satu cabang atletik nomor lempar yang sering diperlombakan. Olahraga satu ini menggunakan media berupa tongkat panjang yang ujungnya runcing layaknya tombak. Ada berapa gaya lempar lembing? kalain akan menjumpai berbagai variasi gaya ketika seorang atlet melakukan lemparan.

Banyak atlet menggunakan gaya hop step ketika hendak melempar tongkat lembing untuk memperoleh hasil maksimal. Teknik langkah jingkat sangat mengandalkan kekuatan tubuh serta kemampuan dari sang atlet. Fisik benar-benar akan diuji karena kita harus melakukan lemparan sembari bertumpu pada salah satu kaki terkuat.

Teknik Dasar Lempar Lembing Langkah Jingkat

Selain itu, kalian harus memperhatikn pula peraturan pelaksanaan teknik dasar lempar lembing gaya jingkat agar tak didiskualifikasi. Lewat pemahaman gerakan serta praktek yang mantap kamu akan memperoleh hasil lemparan yang maksimal. Lantas bagaimana cara melakukan lempar lembing gaya hop step? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan lempar lembing langkah jingkat.

Teknik Dasar Hop Step Lempar Lembing (Langkah Jingkat)

Materi yang mencakup jenis gaya lempar lembing sebenarnya sudah diajarkan pada siswa ketika berada di bangku SMP. Umumnya, guru tak akan memberikan pembelajaran secara praktek ketika mendekati olahraga satu ini. Mengapa demikian? karena mayoritas sekolah tak didukung oleh sarana yang memadai untuk melakukan nomor cabang atletik tersebut.

Meski demikian kalian tetap bisa mempelajari teknik dasar lempar lembing gaya hop step langsung dari buku pedoman penjas. Teknik dasar langkah jingkat sendiri terbagi menjadi 3 tahapan utama. Yakni teknik awalan, lalu diikuti oleh teknik melempar lembing, dan diakhiri oleh gerak lanjutan (follow up). Apakah kalian sudah hafal cara melakukan gaya hop step tersebut?

Meski terdengar sepele tapi faktanya teknik dasar hop step lempar lembing sering muncul sebagai soal ujian. Tak sedikit siswa terkecoh ketika diminta menjelaskan gerakan awalan sampai akhiran. Tapi, pada dasarnya salah satu gaya jingkat ini tidak terlalu kompleks dan mudah untuk dipahami. Dalam artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam seperti apa gaya hopstep atau langkah jingkat.

Apa Itu Gaya Hop Step

Hopstep adalah sebuah gaya resmi yang dipakai seorang atlet untuk melempar sebuah tongkat lembing. Ciri-ciri gaya lempar lembing satu ini terletak pada langkah ketika atlet hendak melakukan lemparan dengan berjingkat. Gaya hop step bukan sekedar menambah nilai estetika saja karena secara mekanik manfaatnya pun sangat banyak.

Dengan berjingkat atlet bisa mendapatkan ancang-ancang lebih baik yang mampu memaksimalkan lemparan. Selain itu, pada fase ini pula kalian dapat memfokuskan konsentrasi sebelum melakukan eksekusi.

Lembing biasanya terbuat dari alumunium, kayu ataupun bambu dengan ukuran tertentu menyerupai sebuah tombak. Di bawah ini terdapat beberapa ukuran lembing yang digunakan dalam pertandingan nasional ataupun Internasional yaitu:
  • Lembing putra memiliki berat 800 gram dengan panjang 260 - 280 cm. Kemudian panjang lilitan lembingnya ialah 14 - 16 cm.
  • Lembing putri memiliki berat 600 gram dengan panjang 220 - 230 cm. Kemudian panjang lilitan lembingnya ialah 14 - 16 cm.
Baca juga : Sejarah Lempar Lembing Terlengkap
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa ada tiga tahap yang harus kalian pelajari. Diantara adalah teknik awalan, gerakan melempar lembing, dan yang terakhir adalah lanjutan. Meski tak diajarkan secara praktek kita tetap harus menghafal materi satu ini. Karena tak jarang cara melakukan lempar lembing gaya hop step muncul sebagai butir soal ujian.

Teknik Awalan Hop Step

Teknik dasar hop step yang pertama adalah melakukan gerakan awalan. Sebagai seorang atlet kalain wajib memposisikan diri dengan baik dan benar sebelum memulai lemparan. Teknik awalan meliputi cara memegang lembing, posisi awal ketika peluit di tiup, sampai lari ancang-ancang.

Apakah sampai disini kamu sudah memiliki gambaran? jika belum simaklah cara melakukan teknik awalan lempar lembing gaya hop step berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri tegak. Pegang dan angkat lembing setingi telinga. Kemudian tekuk bagian sikut dan arahkan mata lembing menuju ke serong atas.
  2. Lakukan awalan menuju arah lemparan dengan lari secepat mungkin.
  3. Luruskan tangan ke belakang ketika kaki kanan sampai pada tanda yang telah ditentukan.
  4. Lakukan langkah pendaratan jingkat ketika gerakan kaki kanan berakhir. Lanjutkan dengan melangkahkan kaki kiri sejauh mungkin.
  5. Berat badan dipindahkan ke kaki kanan ketika kaki kiri telah mendarat. Kemudian rendahkan lutut dan tangan diluruskan ke arah bawah belakang.
  6. Tekuk sikut terlebih dahulu dan bawa lembing ke arah depan melewati atas bahu. Di waktu yang bersamaan luruskan kaki kanan.

Teknik Melempar Lembing

Teknik dasar hop step lempar lembing bisa kalian identifiksi pada saat atlet hendak melakukan lemparan. Gaya jingkat yang khas akan terlihat pada langkah sesaat sebelum atlet melakukan eksekusi. Meski terlihat mudah, tapi faktanya masih banyak siswa gagal ketika guru meminta mempraktekannya.

Gerakan melempar sembari berjingkat membuat gaya hop step seolah begitu kompleks. Kunci utama adalah memakai kaki terkuat untuk berjingkat dan bertumpu. Jika kalian masih bingung, perhatikan cara melempar lembing menggunakan gaya langkah jingkat di bawah:
  1. Awali lemparan dengan sikap membawa lembing. Kemudian lakukan awalan dengan lari secepat mungkin.
  2. Luruskan tangan kanan ke arah belakang bawah ketika kaki kanan telah menyentuh tanda yang ditentukan.
  3. Gunakan kaki kanan untuk melakukan gerakan jingkat ketika kaki kiri telah dilangkahkan ke depan dan telah mendarat.
  4. Kemudian kaki kiri dilangkahkan sejauh dan selebar mungkin setelah pendaratan kaki kanan.
  5. Berat badan dipindahkan ke kaki kanan ketika kaki kiri telah mendarat serta rendahkan lutut pada kaki kanan.
  6. Di waktu yang bersamaan pegang lembing dengan tangan kanan dan posisikan lurus ke arah bawah dimana mata lembingnya mengarah pada sudut lemparannya.
  7. Bawa lembing ke depan dengan mendahulukan kekuatan pada siku kanan. Lalu serongkan lembing sampai melewati bagian atas bahu.
  8. Di waktu bersamaan kaki kanan diluruskan.
  9. Kemudian kaki kiri menyusul maju dan ayunkan tangan kanan sampai lurus ke arah sudut lemparan.
  10. Kemudian lepaskan lembing dari tangan.

Gerak Lanjutan (Follow Through)

Sudah berhasil melakukan lemparan? atlet harus melanjutkannya dengan gerak lanjutan. Teknik dasar hop step lempar lembing memang mengharuskan kita melakukan follow up. Gerakan ini digunakan untuk menjaga agar badan tetap seimbang sehingga tidak jatuh ke depan. Selain itu, teknik akhiran gaya hop step satu ini juga mampu membuat menambah kekuatan lemparan.

Kenapa follow through begitu penting? karena jika tubuh terjatuh artinya adalah diskualifikasi. Berikut cara melakukan gerak lanjutan lempar lembing gaya hop step yaitu:
  1. Kaki kanan dilangkahkan ke depan setelah melempar lembing.
  2. Kemudian tarik kaki kiri ke arah belakang tubuh.
  3. Rilekskan kaki kiri yang bergantung di belakang badan.
  4. Kemudian badan diposisikan menyamping ke arah lemparannya.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan lempar lembing langkah jingkat atau hop step. Teknik dasar lempar lembing gaya jingkat tersebut terdiri dari teknik awalan, teknik melempar dan gerakan lanjutan (follow through). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi lempar lembing gaya hop step di atas.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Hop Step Lempar Lembing (Langkah Jingkat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel