Peraturan Permainan Bola Basket FIBA/Perbasi Resmi

Advertisement

Peraturan Permainan Bola Basket FIBA/Perbasi Resmi - Permainan bola basket adalah jenis olahraga yang cukup populer dikalangan anak anak hingga dewasa. Jenis olahara ini cukup bagus untuk masa pertumbuhan anak. Seperti halnya olahraga lainnya, basket memiliki beberapa peraturan permainan bola basket resmi. Adapun peraturan bola basket dapat sesuai dengan ketentuan FIBA ataupun Perbasi. Namun pada pada dasarnya peraturan permainan basket menurut FIBA dan Perbasi hampir sama. Dengan adanya peraturan ini diharapkan pertandingan basket dapat berjalan dengan baik dan adil.

Peraturan Bola Basket FIBA/Perbasi Resmi
Peraturan permainan basket menurut Perbasi yaitu pertandingan bola basket dimainkan oleh dua tim yang masing masing tim terdiri dari 5 pemain. Masing masing tim akan melakukan pencegahan lawan dalam mencetak angka, mengoper bola, memasukkan bola ke tim lawan, memantulkan dan menggelindingkan bola ke segala arah sesuai dengan aturan. Peraturan basket resmi tersebut masih tergolong peraturan basket dasar. Hal ini dikarenakan masih ada peraturan peraturan lainnya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang peraturan permainan bola basket FIBA/Perbasi resmi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Permainan Bola Basket FIBA/Perbasi Resmi

Peraturan permainan bola basket resmi dapat terbagi menjadi beberapa peraturan seperti peraturan 3 detik, peraturan 8 detik, jumlah pemain dan masih banyak lagi. Adapun beberapa peaturan permainan basket menurut FIBA/Perbasi yaitu meliputi:

Peraturan 3 Detik
Peraturan permainan basket yang pertama adalah peraturan 3 detik atau three second rule. Peraturan basket 3 detik ialah peraturan bola basket dimana pemain penyerang dilarang berdiri selama 3 detik dalam daerah bersyarat. Gugurnya peraturan 3 detik dapat terjadi jika melakukan shooting atau tembakan.
Baca juga : 10 Teknik Shooting (Menembak) dalam Bola Basket Beserta Gambar
Peraturan 8 Detik
Peraturan permainan bola basket selanjutnya adalah peraturan 8 detik. Peraturan basket 8 detik ialah peraturan bola basket dimana bola yang dikuasai oleh pemain tidak boleh dimainkan dalam lapangan bertahan bagian belakang melebihi 8 detik.

Peraturan 24 Detik
Peraturan permainan basket selanjutnya adalah peraturan 24 detik. Peraturan basket 24 detik ialah peraturan bola basket dimana pemain akan dianggap melanggar jika serangan bola sebelum menyentuh papan ring atau ring terjadi selama 24 deetik (NBA) atau 30 detik (peraturan FIBA).

Jump Ball
Peraturan permainan bola basket selanjutnya adalah jump ball. Peraturan basket jump ball adalah peraturan pelemparan bola oleh wasit ke udara dan direbutkan oleh dua orang pemain agar bola tersebut didapatkannya. Peraturan permainan basket terkait jump ball ini biasanya digunakan untuk memulai sebuah pertandingan basket. Jika dalam pelaksanaan jump ball terdapat salah satu pemain melakukan pelanggaran maka wasit akan memberikan bola ke tim lawan.

Free Throw
Peraturan permainan bola basket selanjutnya adalah free throw atau tembakan bebas. Jika dalam permainan basket terdapat sebuah pelanggaran maka akan dilakukan free throw atau tembakan bebas. Jika tembakan tersebut membuat bola masuk, maka akan memperoleh nilai 1 untuk timnya.

Side Ball
Peraturan permainan basket selanjutnya adalah side ball. Side ball adalah peraturan bola basket dimana terjadi bola mati atau bola berada di samping lapangan.

Tecnical Foul
Peraturan permainan bola basket selanjutnya membahas tentang tecnical foul atau kesalahan teknik. Tecnical foul adalah tindakan pemain yang tidak sopan seperti menggunakan taktik tidak sportif maupun mengabaikan teguran dari para wasit.

Time Out
Peraturan permainan basket selanjutnya membahas tentang time out. Time out adalah peraturan bola basket dimana permainan dapat diberhentikan oleh kedua tim dalam waktu apapun. Time out atau waktu jeda dapat diperoleh kedua tim dalam waktu 30 detik untuk 3 kali maksimal.

Double
Peraturan permainan bola basket selanjutnya membahas tentang double. Double adalah sebutan pelanggaran dalam permainan basket dimana bola didrible kembali oleh pemain setelah sebelumnya berhenti melakukannya.
Baca juga : Gambar dan Ukuran Lapangan Basket Beserta Keterangan
Back Ball
Peraturan permainan basket selanjutnya membahas tentang back ball. Back ball ini merupakan peraturan bola basket dimana pemain yang menguasai atau menerima bola tidak diperbolehkan untuk mengoper bola lagi ke arah belakang pada lapangan sendiri. Jika hal ini terjadi maka akan dilakukan lemparan ke dalam oleh tim lawan.

Rebound
Peraturan permainan bola basket selanjutnya membahas tentang rebound. Peraturan bola basket mengenai rebound tersebut dilakukan jika bola gagal masuk dan dimasukkan kembali ke dalam keranjang.

Travelling
Peraturan permainan basket selanjutnya membahas tentang travelling. Peraturan basket ini ditujukan untuk pemain yang melanggar aturan karena bola tidak didrible dalam 3 langkah ketika berjalan atau berlari.

Pushing
Peraturan permainan bola basket selanjutnya membahas tentang pushing. Pushing adalah peraturan bola basket dimana pemain telah melanggar aturan untuk tidak berperilaku keras atau mendorong pemain lain dengan sengaja hingga menyebabkan cedera yang serius.

Jumping
Peraturan permainan basket selanjutnya membahas tentang jumping. Pelanggaran jumping terjadi jika pemain bersiap melakukan lompatan untuk menembak bola namun tidak jadi shooting bola,

Ilegal Guarding
Peraturan permainan bola basket selanjutnya membahas tentang ilegal guarding. Ilegal guarding adalah jenis pelanggaran dimana bola direbut pemain defensif dari belakang tubuh pemain ofensif.

Ilegal Screening
Peraturan permainan basket selanjutnya membahas tentang ilegal screening. Ilegal screening adalah jenis pelanggaran dimana pemain defensif menghalang pemain ofensif yang tidak membawa bola secara terus menerus dengan badannya.

Selain peraturan permainan bola basket di atas. Masih ada beberapa peraturan basket yang berkaitan dengan sistem pertandingannya. Adapun beberapa peraturan pertandingan basket resmi yaitu meliputi:

Jumlah Pemain
Peraturan permainan basket selanjutnya membahas tentang jumlah pemain dalam pertandingan basket. Dalam permainan basket terdapat dua tim, dimana masing masing terdapat 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan. 

Pergantingan Pemain
Peraturan permainan bola basket selanjutnya membahas tentang pergantian pemain dalam pertandingan. Pemain yang akan melakukan pergantian harus melapor kepada pengawas meja terlebih dahulu. Setelah itu akan dilaporkan lagi kepada wasit tiga. Peraturan permainan basket resmi terkait pergantian pemain dapat dilakukan jika wasit memberikan tanda aba aba berupa tangan menyilang. Pemain tersebut harus menunggu di luar atau pinggir lapangan untuk menunggu pemain yang akan digantikannya. Setelah itu pemain pengganti dapat masuk ke arena lapangan pertandingan. Pergantingan pemain dalam permainan bola basket tidak memiliki batasan pelaksanaan. 

Sekian penjelasan mengenai beberapa peraturan permainan bola basket FIBA/Perbasi resmi. Peraturan bola basket ini pada dasarnya bertujuan agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar dan adil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Peraturan Permainan Bola Basket FIBA/Perbasi Resmi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar