Teknik Passing Atas dan Passing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya

Teknik Passing Atas dan Passing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya - Apakah anda tahu bagaimana cara melakukan latihan passing atas bola voli itu? Bagaimana cara melakukan latihan passing bawah bola voli itu? Dalam permainan bola voli memang terdapat beberapa teknik dasar di dalamnya. Salah satunya ialah teknik passing ini. Selain passing sebenarnya masih ada lagi teknik dasar bola voli yaitu blocking, smash dan servis. Passing sendiri merupakan teknik yang memang perlu dikuasai oleh masing masing pemain voli. Teknik ini terdiri dari dua jenis yaitu passing atas dan passing bawah. Teknik passing tersebut akan memberikan kontribusi kepada tim dengan maksimal apabila penerapannya dilakukan dengan benar. Namun jila pelaksanaan passing tidak benar, maka tangan kita bisa saja dibuat sakit.

Pada dasarnya teknik passing atas bola voli dan teknik passing bawah bola voli tersebut berguna untuk melakukan serangan kepada musuh. Teknik ini dapat dilakukan dengan benar apabila diimbangi dengan latihan passing atas dan latihan passing bawah secara rutin. Pemain pemula memang banyak yang merasa kesulitan saat belajar teknik passing bola voli ini, terlebih lagi untuk teknik passing bawah. Pelaksanaan passing atas dapat dilakukan secara langsung dengan melempar atau mengarahkan bola menuju lawan, namun tidak untuk passing bawah yang pelaksanaannya lebih sulit. Agar teknik ini dapat dipelajari dengan mudah, maka pemain bola voli harus melakukan beberapa latihan teknik passing yang benar, khususnya untuk pemain pemula. 

Dengan latihan latihan yang dilakukan secara rutin diharapkan teknik passing tersebut dapat dikuasai dan dipelajari dengan mudah. Permainan bola voli merupakan jenis olahraga di Indonesia yang termasuk dalam cabang handball. Permainan ini cukup diminati dalam kalangan masyarakat. Bahkan di sekolahpun para siswa juga diajarkan mengenai pembalajaran voli tersebut. Dalam pembelajaran ini terdapat hal hal yang dibahas seperti teknik passing (latihan passing atas bola voli dan latihan passing bawah bola voli), teknik servis, teknik blocking dan teknik smash. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik passing atas bola voli dan teknik passing bawah bola voli beserta latihannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Passing Atas dan Passing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya

Teknik pada passing atas dan passing bawah merupakan salah satu teknik dasar bola voli yang digunakan untuk melakukan penyerangan kepada lawan. Pelaksanaan ini dapat dilakukan dengan benar menggunakan beberapa cara di dalamnya. Bagaimana cara melakukan passing atas itu? Bagaimana cara melakukan passing bawah itu? Pada awalnya para pemula akan kesulitan untuk mempelajari kedua jenis teknik passing tersebut karena pelaksanaannya tidak semudah pengucapannya. Namun jika teknik passing ini dilatih secara rutin, maka bisa saja dapat dikuasai dan dipahami sebagaimana mestinya.
Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa passing bawah lebih sulit dilakukan daripada passing atas. Hal ini dikarenakan tenaga yang dikerahkan untuk melempar bola menuju daerah lawan memang cukup banyak. Disisi lain teknik yang digunakanpun cukup sulit. Namun semua itu akan terasa mudah jika melakukan latihan passing atas bola voli dan passing bawah bola voli secara rutin. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik passing atas bola voli dan teknik passing bawah bola voli. Berikut cara melakukannya yaitu:

Cara Melakukan Passing Atas Bola Voli

Teknik passing bola voli yang pertama yaitu passing atas. Jenis passing ini dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:
  • Langkah pertama yaitu sikap tubuh berdiri dengan tegak dan kekua kaki dibuka selebar bahu.
  • Lalu kedua lutut sedikit ditekuk sehingga badan dapat membungkuk dan merendah ke depan.
  • Berat badan ditumpukan pada ujung kaki depan.
  • Lalu badan ditempatkan di bawah bola secepatnya ketika bola datang.
  • Angkat tangan dan tekuk sedikit lengan, serta jari tangan dibuka selebar lebarnya agar membentuk seperti mangkuk.
  • Pergelangan tangan atau siku ditekuk saat bola telah berada di atas badan dan letakkan tangan diposisi sedikit di atas dagu. Sentuh bola menggunakan jari jari tangan sehingga dapat terkena dengan baik.
  • Tegangkan jari jari saat menyentuh bola sehingga pemantulan bola dapat dilakukan dengan baik. Kemudian pergelangan tangan digerakkan untuk mendorong bola dan diikuti dengan siku yang diluruskan.
  • Dalam teknik ini jari memang paling dominan dalam mendorong bola seperti pada bagian jari tengah, ibu jari dan jari telunjuk.
  • Tumit diangkat sedikit dari lantai/tanah untuk mengakhiri gerakan mendorong, pinggul dinaikkkan dan kedua lengan serta lutut diluruskan. Setelah itu arahkan pandangan mengikuti gerakan bola.
Teknik Passing Atas dan Pasing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya
Cara Melakukan Passing Atas
Cara melakukan teknik passing atas bola voli tersebut memang akan terasa sulit untuk para pemain voli. Bahkan pemain tersebut dapat mengalami kegagalan yang sering dilakukan saat passing. Kegagalan ini dapat disebabkan oleh bola menyentuh bagian tangan lain atau bola tidak menyentuh pergelangan tangan. Untuk itulah tangan terasa sakit saat melakukan passing atas ini. Namun anda tidak perlu khawatir karena jika anda melakukan latihan passing atas bola voli secara rutin, maka teknik ini dapat dikuasai dengan benar dan cepat.

Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Jenis teknik passing bola voli selanjutnya ialah passing bawah. Cara melakukan latihan passing bawah bola voli memang harus dilakukan dengan rutin dan usaha yang kuat dibandingkan passing atas. Hal ini dikarenakan teknik ini memang lebih sulit daripada passing bawah. Adapun cara melakukan teknik passing bawah yaitu:
  • Langkah pertama yaitu melakukan persiapan dengan membuka kaki selebar bahu. Kemudian rendahkan kedua lutut dan berat tumpuan badan diletakkan pada ujung kaki depan. Luruskan dan rapatkan tangan ke arah depan.
  • Setelah itu perhatikan datangnya bola untuk menentukan posisi tangan yang akan mengenai bolanya.
  • Pastikan pergelangan tangan yang terletak di bagian telapak tangan bawah mengenai bola tersebut.
  • Langkah selanjutnya yaitu tangan diayunkan ke atas dan angkat bagian lutut sehingga bola dapat terpantul menggunakan tenaga yang dimiliki.
Teknik Passing Atas dan Pasing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya
Passing Bawah dengan Dua Tangan

Demikianlah penjelasan mengenai teknik passing atas bola voli dan teknik passing bawah bola voli beserta latihannya. Teknik passing bola voli merupakan salah satu jenis teknik dasar bola voli yang dilakukan untuk melakukan serangan kepada lawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Passing Atas dan Passing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel