Teknik Passing Atas dan Bawah Bola Voli Beserta Bentuk Latihannya

Teknik Passing Atas dan Bawah Bola Voli Beserta Bentuk Latihannya - Volly menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Selain menyenangkan, volly juga dianggap menyehatkan karena semua anggota tubuh akan bergerak mengikuti jalannya permainan. Dalam berbagai kesempatan kita pun bisa menyaksikan ajang perlombaan bola voli baik di kancah lokal maupun internasional.

Pada dasarnya, bola voli sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Meski cakupan pembahasannya cukup banyak tapi mayoritas siswa justru antusias mempelajarinya karena termasuk kegiatan yang menyenangkan. Di dalamnya kita akan disuguhkan berbagai teknik dasar seperti pukulan smash, passing, blocking, formasi, pola penyerangan pertahanan, dan lain sebagainya.

Menguasai teknik dasar passing atas dan bawah sendiri merupakan kewajiban setiap pemain. Ada banyak sekali manfaat passing mula dari memberi operan, umpan, hingga melakukan serangan pada lawan. Tanpa kemampuan tersebut maka pola permainan pun akan menjadi kacau dan tidak terarah. Sehingga kemungkinan mencetak angka pun akan menipis. Dengan demikian bisa kita simpulkan bahwa teknik passing bola voli memberikan kontribusi besar pada saat jalannya pertandingan.

Meski terkesan mudah tapi faktanya masih banyak siswa yang mengeluh tak bisa melakukan teknik dasar tersebut. Bahkan beberapa sampai mengalami cidera seperti jari sakit hingga terkilir pada saat latihan. Biasanya, masalah tersebut disebabkan karena miskonsepsi atau kurang memahami konsep gerakannya.

Teknik Passing Atas dan Bawah Bola Voli Beserta Bentuk Latihannya

Passing mengacu pada teknik menerima bola sekaligus memberikannya sebagia operan kepada kawan satu regu. Berdasarkan cara mengambilnya kita bisa membagi teknik passing bola voli menjadi dua jenis yakni atas dan bawah. Keduanya sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan sejak dini lewat serangkaian praktek mapun teori.

Sayangnya masih ada beberapa siswa yang kesulitan saat diminta menjelaskan seperti apa teknik dasar passing atas dan passing bawah bola voli. Untuk mengasai teknik tersebut kita perlu menjalani serangkaian latihan dan memahami konsep gerakannya.

Bagaimana cara melakukan passing bawah dan atas bola voli? Pada awalnya para pemula akan kesulitan untuk mempelajari kedua jenis teknik dasar passing tersebut karena pelaksanaan tidak semudah pengucapannya. Namun jika teknik passing ini dilatih secara rutin, maka bisa saja dapat dikuasai dan dipahami sebagaimana mestinya.
Namun latihan passing tersebut akan terasa lebih mudah jika kita menjalaninya secara rutin. Jika kalian sedang mempelajari teknik dasar bola voli untuk menyempurnakan skill maupun menambah wawasan. Maka kalian berkunjung ke situs yang tepat karena dalam artikel ini saya ingin membahas lebih dalam teknik dasar passing atas dan passing bawah bola voli.

Cara Melakukan Passing Atas Bola Voli

Teknik dasar passing bola voli yang pertama adalah menerima atau melakukan operan dari atas. Sebenarnya teori terkait cara melakukan passing atas sudah tertulis rapi di buku pedoman penjas semua jenjang. Tak hanya membekali siswa dengan teori tapi guru biasanya juga akan memberikan pendalaman materi lewat kegiatan praktikum.

Faktanya, masih ada beberapa siswa yang gagal melakukan passing karena berbagai alasan sederhana. Misalnya tak mampu mengontrol power serta arah datangnya bola. Padahal menguasai teknik passing atas bola voli menjadi kunci utama agar kita bisa mengerjakan soal ketika ujian. Pasalnya tak jarang materi yang berkaitan dengan cara passing muncul sebagai butir soal ujian.

Teknik passing bola voli yang pertama yaitu passing atas. Jenis passing ini dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:
  1. Langkah pertama yaitu sikap tubuh berdiri dengan tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  2. Lalu kedua lutut sedikit ditekuk sehingga badan dapat membungkuk dan merendah ke depan.
  3. Berat badan ditumpukan pada ujung kaki depan.
  4. Lalu badan ditempatkan di bawah bola secepatnya ketika bola datang.
  5. Angkat tangan dan tekuk sedikit lengan, serta jari tangan dibuka selebar lebarnya agar membentuk seperti mangkuk.
  6. Pergelangan tangan atau siku ditekuk saat bola telah berada di atas badan dan letakkan tangan diposisi sedikit di atas dagu. Sentuh bola menggunakan jari jari tangan sehingga dapat terkena dengan baik.
  7. Tegangkan jari jari saat menyentuh bola sehingga pemantulan bola dapat dilakukan dengan baik. Kemudian pergelangan tangan digerakkan untuk mendorong bola dan diikuti dengan siku yang diluruskan.
  8. Dalam teknik ini jari memang paling dominan dalam mendorong bola seperti pada bagian jari tengah, ibu jari dan jari telunjuk.
  9. Tumit diangkat sedikit dari lantai/tanah untuk mengakhiri gerakan mendorong, pinggul dinaikkkan dan kedua lengan serta lutut diluruskan.
  10. Setelah itu arahkan pandangan mengikuti gerakan bola.
Teknik Passing Atas dan Pasing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya
Cara Melakukan Passing Atas
Teknik dasar passing atas bola voli tersebut memang akan terasa sulit untuk pemain yang masih berstatus pemula. Butuh penyesuaian serta latihan secara rutin agar kita bisa menguasai setiap gerakan dan terhindar dari kegagalan. Tapi biasanya gagal melakukan passing disebabkan oleh beberapa faktor teknis.

Misalnya bola menyentuh bagian tangan lain sehingga menimbulkan rasa sakit pada saat menerima datangnya bola. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena jika anda melakukan latihan passing atas bola voli secara rutin, maka teknik ini dapat dikuasai dengan benar dan cepat.

Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli

Teknik passing bawah bola voli menurut saya jauh lebih mudah dan ramah untuk pemula. Hampir semua siswa setuju dengan pernyataan tersebut karena berbagai alasan. Misalnya pemain tak perlu mendangak ke atas dan memposisikan tangan maupun jari untuk menerima bola. Melainkan cukup memasang kuda-kuda lalu menyatukan kedua lengan dengan posisi tangan mengepal.

Teknik dasar passing bola voli satu ini seharusnya sudah tak asing lagi bagi kalian. Bentuk latihan passing bawah secara kasat mata memang terlihat mudah. Tapi sebenarnya kalian tetap memerlukan usaha serta ketekunan untuk berlatih secara rutin. Adapun cara melakukan teknik passing bawah yaitu:
  1. Langkah pertama yaitu melakukan persiapan dengan membuka kaki selebar bahu. Kemudian rendahkan kedua lutut dan berat tumpuan badan diletakkan pada ujung kaki depan. Luruskan dan rapatkan tangan ke arah depan.
  2. Setelah itu perhatikan datangnya bola untuk menentukan posisi tangan yang akan mengenai bolanya.
  3. Pastikan pergelangan tangan yang terletak di bagian telapak tangan bawah mengenai bola tersebut.
  4. Langkah selanjutnya yaitu tangan diayunkan ke atas dan angkat bagian lutut sehingga bola dapat terpantul menggunakan tenaga yang dimiliki.
Teknik Passing Atas dan Pasing Bawah Bola Voli Beserta Latihannya
Passing Bawah dengan Dua Tangan

Dengan latihan latihan yang dilakukan secara rutin diharapkan teknik passing tersebut dapat dikuasai dan dipelajari dengan mudah. Permainan bola voli merupakan jenis olahraga di Indonesia yang termasuk dalam cabang handball. Permainan ini cukup diminati dalam kalangan masyarakat. Bahkan di sekolahpun para siswa juga diajarkan mengenai pembalajaran voli tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik passing atas bola voli dan teknik passing bawah bola voli beserta latihannya. Teknik passing bola voli merupakan salah satu jenis teknik dasar bola voli yang dilakukan untuk melakukan serangan kepada lawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Passing Atas dan Bawah Bola Voli Beserta Bentuk Latihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel