8 Macam Teknik Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap

8 Macam Teknik Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap - Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang banyak diminati oleh masyarakat. Pencaksilat juga dapat diartiakan sebagai ilmu bela diri. Seiring berjalannya waktu, seni bela diri tersebut menjelma menjadi olahraga populer. Kita bisa menjumpainya dalam olimpiade serta perlombaan resmi di tingkat nasional sampai internasional.

Teknik dasar pencak silat terdiri dari teknik tangkisan, hindaran, pukulan dan sebagainya. Apakah anda tahu apa saja jenis hindaran dalam pencak silat? Jenis hindaran pencaksilat digunakan sebagai teknik pertahanan dari serangan lawan. Dengan menguasai gerakan menghindar inilah atlet bisa mengantisipasi pukulan tanpa membuat kontak langsung.
Teknik Hindaran Dalam Pencak Silat

Ketika memutuskan untuk meminimalisir kontak fisik maka atlet dipaksa harus menganalisa lalu memprediksi gerakan lawan. Keuntungan menghindari serangan sangatlah banyak mulai dari menghemat stamina sampai mengurangi resiko cidera. Tapi, kalian tak boleh serta merta melakukan hidaran secara terus menerus. Karena dalam pertandingan resmi hal tersebut akan berakibat kehilangan poin.

8 Macam Teknik Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap

Secara garis besar ada banyak sekali teknik dasar pencak silat yang harus atlet kuasai sebelum memperoleh sabuk tertinggi. Mulai dari pukulan, tendangan, tangkisan, sampai pertahanan diri paling dasar yakni hindaran. Gerakan menghindar sendiri terbagi menjadi beberapa jenis sesuai fungsi dan situasi yang terjadi.

Dalam konteks pendidikan berbagai jenis dan macam hindaran pencak silat bisa kita jumpai di buku LKS. Meski tak diajarkan secara praktek, tapi guru pasti memberikan penjelasan setiap gerakan menghindari serangan lawan secara teori. Materi satu ini pun juga sering muncul sebagai butir soal ujian yang sering menyulitkan siswa.

Pencak silat terkenal sebagai bela diri asli dari Indonesia yang terus diturunkan dari generasi ke generasi. Pencaksilat tidak hanya digunakan sebagai bela diri saja, namun sekarang juga dijadikan sebagai salah satu jenis olahraga. Pengertian pencak silat ialah salah satu cabang olahraga bela diri yang asalnya dari beberapa negara di Asia Tenggara. 

Apa Itu Teknik Hindaran

Hindaran adalah bentuk pertahanan dasar yang mengandalkan ketepatan dan analisa mendalam terhadap gerakan musuh. Lewat pergitungan pola serangan maka atlet bisa melakukan elakan dan meminimalisir kontak fisik dengan lawan. Pada dasarnya mengatur pola pertahanan memberi banyak keuntungan baik secara langsung maupun tak langsung.

Contohnya melakukan hindaran hadap bermanfaat untuk mengantisipasi serangan dari jarak dekat dan melancarkan serangan balasan. Kita juga dapat memakai variasi gerakan menghindari serangan menggunakan teknik kombinasi.
Baca juga : Peraturan Pertandingan Pencak Silat Lengkap
Seperti yang telah saya katakan di atas, bahwa teknik hindaran dalam pencak silat memang harus dikuasai untuk meminimalisir serangan fatal. Setiap macam teknik hindaran dalam pencak silat memiliki karakteristik dan penjelasan yang berbeda beda. Untuk itu masing-masing atlet dapat menggunakan jenis teknik hindaran berbeda sesuai situasi yang dihadapinya. Di bawah ini terdapat macam macam hindaran dalam pencak silat beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Hindaran Hadap

Jenis hindaran dalam pencak silat yang pertama ialah teknik hindaran hadap. Cara melakukan hindaran hadap ialah dengan membuat jarak tubuh semakin kecil dengan bagian tubuh lawan. Teknik hindaran hadap dapat dilakukan dengan menggerakkan kaki agar bergeser sampai tubuh kita dan menghadap ke arah lawan langsung.

Teknik bertahan ini berguna untuk menentukan serangan ke lawan yang paling efektif karena mencari celah pada pertahanan lawan. Maknanya, kalian bisa lebih leluasa melakukan serangan balasan ketika ada celah terbuka.

Hindaran Runduk

Macam teknik hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran runduk. Gerakaan menghindar runduk ialah dengan memposisikan kepala menjadi menunduk seperti halnya namanya. Cara melakukan hindaran runduk saat kepala kita ingin diserang oleh lawan. Selain itu, hindaran runduk juga digunakan untuk menyerang balik bagian dada atau perut kepada lawan.

Dalam beberapa kasus, kalian bahkan bisa membuat shock lawan karena serangan tiba-tiba. Kuncinya adalah manfaatkan celah terbuka pada bagian perut maupun dada saat musuh menyerang bagian atas tubuh kita. Meski tak membutuhkan gerakan kompleks tapi kita butuh refleks super tajam. Jika perhitungan tak matang maka kalian harus bersiap menerima serangan telak di kepala.

Hindaran Langkah

Macam hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran langkah. Cara melakukan hindaran langkah ialah dengan mengambil langkah ke arah samping kiri, depan, belakang maupun samping kanan. Biasanya hindaran langkah ini digabungkan dengan hindaran condongan ataupun hindaran runduk.
Baca juga : 4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya

Secara garis besar gerakan menghidar dengan memindahkan pijakan merupakan teknik umum yang biasa digunakan oleh atlet. Kalian bisa mempelajari teknik hindaran satu ini sendiri baik secara teori maupun praktek.

Hindaran Condongan

Jenis teknik hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran condongan. Cara melakukan hindaran condongan ialah saat kepala atau bagian atas tubuh kita diserang oleh lawan. Untuk itu kepala atau badan dicondongkan ke arah belakang atau depan menggunakan teknik hindaran condongan tersebut.

Meski demikian, tapi teknik hindaran condongan sangat rentan terhadap serangan lain yang dilancarkan secara tiba-tiba. Kalian harus mengombinasikan gerakan menghindar condong dengan pola pertahanan lain agar lebih efektif. Pastika pula setiap bagian tubuh sudah terlindungi.

Hindaran Angkat Kaki atau Lompat

Macam teknik hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran angkat kaki atau hindaran lompat. Cara melakukan hindaran lompat ialah dengan menyerang bagian kaki lawan, baik menggunakan pedang maupun kaki itu sendiri. Pelaksanaan teknik hindaran angkat kaki juga menggunakan kaki yang diangkat atau lompat sehingga dapat menghindari serangan.

Hindaran Kaki Silang

Macam macam hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah teknik hindaran kaki silang. Cara melakukan teknik hindaran kaki silang ialah dengan membuat kaki berpindah secara menyilang. Biasanya atlet menggunakan teknik hindara tersebut ketika ada serangan bawah yang menyasar ke arah kaki.

Meski terdengar mudah tapi faktanya gerakan menghindar pencak silat satu ini cukup kompleks. Karena jika salah dalam berpindah pijakan maka akan menjadi blunder bagi diri sediri. Akibat fatalnya kalian akan terjatuh dan malah rentan terhadap serangan.

Hindaran Rebah

Jenis teknik hindaran pencak silat selanjutnya ialah hindaran rebah. Biasanya atlet yang menggunakan teknik hindaran ini termasuk dalam atlet atau orang profesional. Hal ini dikarenakan sangat sulit melakukan teknik tersebut. Siapa saja pada umumnya akan kesulitan melakukan teknik kembali berdiri pada posisi awalnya. Cara melakukan teknik hindaran rebah biasanya saat dari berbagai arah dilakukan serangan melalui perebahan atau penjatuhan diri.

Sekian penjelasan mengenai macam macam hindaran dalam pencak silat lengkap. Pencak silat ialah salah satu cabang olahraga bela diri yang asalnya dari beberapa negara di Asia Tenggara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "8 Macam Teknik Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel