Macam Macam Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap

Macam Macam Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap - Pengertian pencak silat ialah permainan tari yang menggunakan gaya yang banyak, ketangkasan dan langkah langkah menyerupai bunga. Kemudian silat sendiri dapat diartikan sebagai perlindungan diri yang pandai dari tidak terkiranya sebuah serangan menurut sikap tangkas dan sigap serta masing masing gerak gerik lawan juga diperhatikan. Pencak silat sekarang ini bahkan dijadikan sebagai salah satu bentuk olahraga di Indonesia. Jenis olahraga ini pada umumnya memiliki teknik dasarnya tersendiri. Teknik dasar pencak silat terdiri dari teknik tangkisan, hindaran, pukulan dan sebagainya. Apakah anda tahu apa saja jenis jenis hindaran dalam pencak silat itu? Jenis hindaran pencak silat digunakan sebagai teknik membela diri dari serangan lawan. Untuk itu pemain tidak akan terkena serangan lawan dari berbagai arah.
Teknik Hindaran Dalam Pencak Silat
Seperti yang telah kita ketahui bahwa di Nusantara terdapat bela diri yang awalnya berkembang dari keterampilan berperang dan berburu pada suku suku di Indonesia asli. Keterampilan yang diperoleh ini menggunakan alat tertentu seperti perisai, tombak ataupun parang. Contohnya saja pada abad ke 20 terdapar suku Nias yang memiliki tradisi untuk tidak menyentuh hal hal yang berpengaruh terhadap masyarakat luar. Kemudian sejak abad ke 7 Masehi menurut perkiraan silat telah menyebar ke pulau Nusantara, namun secara pasti belum bisa menentukan asal mula pencak silat tersebut. Ilmu bela diri ini telah dikuasai oleh para pendekar besar dari kerajaan Majapahit dan Sriwijaya. Keterampilan yang mereka miliki berguna untuk mengumpulkan prajurit dalam membela diri dengan berdasar pada kemahirann dirinya. Bela diri pencak silat terkenal dengan berbagai nama di rumpun Melayu pada sebagian besar masyarakatnya. Meski begitu ada banyak macam macam hindaran dalam pencak silat yang digunakan.

Macam Macam Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap

Pencak silat di Singapura dan semenanjung Malaysia terkenal dengan nama aliran cekak maupun gayong. Kemudian pencak silat di Thailand terkenal dengan nama bersilat dan nama pencak silat di Filipina ialah pasilat. Kisah sejarah silat dijelaskan dalam bentuk legenda di berbagai daerah. Misalnya saja Datuk Suri Diraja pada abad ke 11 yang menciptakan silat melalui legenda Minangkabau. Menurut bahasa Minangkabau, pencak silat dinamakan dengan silek. Datuk Suri Diraja tersebut berasal dari Pariangan, Tanah Datar di kaki Gunung Merapi. Kemudian para perantau mengembangkan silat ini dan membawanya ke seluruh wilayah Asia Tenggara. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam hindaran dalam pencak silat lengkap.

Pencak silat terkenal sebagai bela diri asli dari Indonesia. Pencak silat tidak hanya digunakan sebagai bela diri saja, namun sekarang juga dijadikan sebagai salah satu jenis olahraga. Pengertian pencak silat ialah salah satu cabang olahraga bela diri yang asalnya dari beberapa negara di Asia Tenggara. Teknik dasar pencak silat yang perlu dipahami pada umumnya terdiri dari beberapa jenis seperti teknik serangan, teknik hindaran dan sebagainya. Namun salah satu teknik dasar dalam pencak silat yang perlu dikuasai ialah teknik hindaran. Berbagai jenis hindaran dalam pencak silat ini membantu para pemain untuk menghindari serangan lawan. Dengan begitu atlet tidak akan terkena pukulan atau serangan dari manapun.
Baca juga : Peraturan Pertandingan Pencak Silat Lengkap
Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa teknik hindaran dalam pencak silat memang harus dikuasai agar serangan lawan dapat dihindari, khususnya untuk jenis serangan fatal. Setiap macam teknik hindaran dalam pencak silat memiliki karakteristik dan penjelasan yang berbeda beda. Untuk itu masing masing atlet dapat menggunakan setiap jenis teknik hindaran sesuai dengan situasi yang dihadapinya. Di bawah ini terdapat macam macam hindaran dalam pencak silat beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Hindaran Hadap
Jenis hindaran dalam pencak silat yang pertama ialah hindaran hadap. Cara melakukan teknik hindaran hadap ialah dengan membuat jarak tubuh semakin kecil dengan bagian tubuh lawan. Teknik hindaran hadap dapat dilakukan dengan menggerakkan kaki agar bergeser sampai tubuh kita dan menghadap ke arah lawan langsung. Teknik ini berguna untuk menentukan serangan ke lawan yang paling efektif karena mencari celah pada pertahanan lawan.

Hindaran Runduk
Macam teknik hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran runduk. Cara melakukan teknik hindaran runduk ialah dengan membuat kepala menjadi menunduk seperti halnya namanya. Pelaksanaan hindaran runduk terdapat saat kepala kita ingin diserang oleh lawan. Selain iru hindaran runduk juga digunakan untuk menyerang bagian dada atau perut balik kepada lawan ketika dirinya tidak dalam pertahanan atau terbuka. Maka dari itu lawan akan dibuat shock karena serangan tiba tiba ini.

Hindaran Langkah
Macam macam hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran langkah. Cara melakukan hindaran langkah ialah dengan mengambil langkah ke arah samping kiri, depan, belakang maupun samping kanan. Biasanya hindaran langkah ini digabungkan dengan hindaran condongan ataupun hindaran runduk.
Baca juga : 4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya
Hindaran Condongan
Jenis teknik hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran condongan. Cara melakukan hindaran condongan ialah saat kepala atau bagian atas tubuh kita diserang oleh lawan. Untuk itu kepala atau badan dicondongkan ke arah belakang atau depan menggunakan teknik hindaran condongan tersebut. Teknik hindaran condongan ketika tiba tiba terkena serangan lain memang tergolong sangat rentan. Untuk itu bagian tubuh lain harus dipastikan sudah terlindungi.

Hindaran Angkat Kaki atau Lompat
Macam teknik hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah hindaran angkat kaki atau hindaran lompat. Cara melakukan hindaran lompat ialah dengan menyerang bagian kaki lawan, baik menggunakan pedang maupun kaki itu sendiri. Pelaksanaan teknik hindaran angkat kaki juga menggunakan kaki yang diangkat atau lompat sehingga dapat menghindari serangan.

Hindaran Kaki Silang
Macam macam hindaran dalam pencak silat selanjutnya ialah teknik hindaran kaki silang. Cara melakukan teknik hindaran kaki silang ialah dengan membuat kaki berpindah secara menyilang. Pelaksanaan teknik hindaran tersebut biasanya saat bagian kaki kita akan terkena serangan.

Hindaran Rebah
Jenis teknik hindaran pencak silat selanjutnya ialah hindaran rebah. Biasanya atlet yang menggunakan teknik hindaran ini termasuk dalam atlet atau orang profesional. Hal ini dikarenakan sangat sulit melakukan teknik tersebut. Siapa saja pada umumnya akan kesulitan melakukan teknik kembali berdiri pada posisi awalnya. Cara melakukan teknik hindaran rebah biasanya saat dari berbagai arah dilakukan serangan melalui perebahan atau penjatuhan diri.

Sekian penjelasan mengenai macam macam hindaran dalam pencak silat lengkap. Pencak silat ialah salah satu cabang olahraga bela diri yang asalnya dari beberapa negara di Asia Tenggara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Macam Macam Hindaran Dalam Pencak Silat Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel