Cara Memegang Bet Teknik Penholder Grip Tenis Meja

Cara Memegang Bet Teknik Penholder Grip Tenis Meja - Secara garis besar ada tiga teknik dasar memegang bet dalam permaian ping-pong yang harus kalian kuasai. Penguasaan serta pemilihan teknik inilah yang nantinya mempengaruhi kualitas pukulan seperti melakukan smash atau saat mengembalikan bola.

Tidak semua orang familiar dengan cara memegang bet tenis meja penholding grip karena merasa kurang fleksibel. Padahal teknik dasar satu ini menurut saya pribadi cukup menguntungkan karena mampu memberi tempo serangan cepat ke lawan. Selain itu pegangan yang mantap juga membuat pemainnya memiliki gerakan lebih cepat dan akurat ketika melakukan serangan balasan.

Cara Memegang Bet Penholder Grip Tenis Meja
Teknik Memegang Bet Penholder Grip

Tenis meja sendiri merupakan jenis permainan yang termasuk dalam kategori permainan bola kecil. Pelaksanaan permainan tenis meja ini menggunakan bet yang terlapisi karet di dalamnya sehingga bola pingpong dapat dipukul. Permainan pingpong atau tenis meja ini memang berbeda dengan jenis olahraga lainnya karena di dalamnya menggunakan area lapangan berupa meja khusus.

Keterampilan teknik yang mumpuni merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan oleh para pemain tenis meja untuk bermain pingpong. Teknik wajib permainan tenis meja yang perlu dikuasai ialah teknik memegang bet. Teknik dasar tenis meja tersebut dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah teknik penholder grip.

Cara Memegang Bet Penholder Grip Tenis Meja

Dalam pembahasan mengenai teknik memegang bet ini tentunya terdapat beberapa penjelasan seperti cara memegang bet penholder grip, pengertian teknik penholder grip, kelebihan teknik penholder grip dan kekurangan teknik penholder grip. Penholder grip memang berbeda dengan teknik shakehand grip. Posisi tangan pada shakehand grip menyerupai orang sedang berjabat tangan. Sedangkan posisi tangan penholder grip menyerupai orang memegang bolpoin.

Bagaimana cara melakukan penholder grip itu? Penamaan teknik memegang bet ini berasal dari posisi tangan yang menyerupai saat memegang bolpoin sehingga dinamakanlah penhold grip. Teknik penhold grip ini akan membuat kepala bet dalam posisi ke arah bawah.

Biasanya teknik memegang bet ini lebih populer di negara negara Barat dan bahkan sering digunakan di berbagai negara Asia. Lalu apa pengertian teknik penholder grip itu? Apa saja kelebihan teknik penholder grip? Apa saja kekurangan teknik penholder grip? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memegang bet penholder grip tenis meja.

Teknik Penhold Grip Tenis Meja

Pengertian penhold grip ialah teknik memegang bet tenis meja dengan posisi tangan seolah olah mencengkeram tangkai pena. Dalam teknik penholder grip ini terdapat beberapa jenis pegangan di dalamnya. Jenis-jenis teknik penhold grip tersebut meliputi Korean grip atau Japanese grip dan Chinese grip. Masing masing teknik pegangan penholder grip tersebut memiliki kelebihannya masing masing. 
Sebelum memahami tentang cara memegang bet penholder grip, kelebihan teknik penholder grip dan kekurangan penholder grip ini, anda harus mengetahui beberapa jenis pegangan penhold grip terlebih dahulu. Pengabilan nama dari teknik tersebut biasanya disesuaikan dengan nama negara sebagai ciri khasnya.

Chinese Grip

Pelaksanaan chinese grip dalam tenis meja biasanya dapat membuat kepala bet mengarah ke bawah. Ibu jari dan jari telunjuk dalam teknik memegang bet ini dapat diposisikan melingkar ke arah pegangan bet. Kelebihan teknik chinese grip ialah untuk membuat tangan kemungkinan bergerak secara bebas. Sedangkan kekurangan teknik chinese grip yaitu gerakan lengan atau tangan untuk menggerakkan pergelangan tangan harus lebih kuat.

Korean Grip atau Japanese Grip

Jenis pegangan penholder grip selanjutnya ialah korean grip atau japanese grip. Cara melakukan pegangan ini ialah dengan mengarahkan jari telunjuk dan ibu jari seperti sedang memegang bolpoin. Kemudian jari manis, jari tengah dan jari kelingking direntangkan ke arah pemukul bagian belakang. Keuntungan korean grip ialah dapat membuat daya pemukul bola menjadi bertambah. Sedangkan kekurangan korean grip biasanya dialami oleh para pemula karena sulit untuk dikuasai.

Cara Memegang Bet Penholder Grip

Setelah menjelaskan tentang pengertian teknik penholder grip dan jenis jenis teknik pegangan penholder di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara melakukan teknik penholder grip dalam tenis meja. Berikut langkah langkahnya yaitu meliputi:
  1. Bet dipegang dengan ke arah bawah, namun pegangannya diarahkan ke atas. 
  2. Bet dipegang pada bagian pegangannya dengan tepat sehingga dapat menyatu dengan bidang betnya. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk memegang pegangan tersebut sehingga seolah olah pegangannya dapat sama seperti memegang pena.
  3. Setelah itu tiga jari lainnya (jari kelingking, jari manis, dan jari tengah) ditekuk (menggunakan gaya Chinese grip) atau ketiga jari lainnya diluruskan ke arah bet bagian bawah dengan rapat (menggunakan gaya Korean grip).

Kelebihan Teknik Penholder Grip

Mengapa banyak orang yang menggunakan teknik memegang bet tenis meja satu ini. Penholder grip mendukung terciptanya pukulan forehand dan backhand yang sangat efektif. Ciri khas pemain asia yang cenderung lebih suka melakukan serangan cepat membuatnya cukup banyak dipakai.
Pada sesi kali ini saya akan merangkum beberapa kelebihan teknik penholder grip, diantaranya:
  • Dapat dilakukan dengan pukulan forehand karena sangat baik.
  • Dapat dilakukan dengan pukulan backhand karena sangat cepat.
  • Setiap pukulan dapat dilakukan dengan pergelangan tangan terutama untuk pukulan servis.

Kekurangan Teknik Penholder Grip

Selain penjelasan mengenai pengertian teknik penholder grip, jenis jenis pegangan penholder grip, cara melakukan teknik penholder grip dan kelebihan penholder grip di atas. Adapula beberapa kekurangan penholder grip ketika bermain hanya dapat dilakukan pada satu sisi bet saja.

Sekian penjelasan mengenai cara memegang bet penholder grip tenis meja, pengertian teknik penholder grip, kelebihan teknik penholder grip, kekurangan teknik penholder grip dan jenis jenis pegangan pada teknik penholder grip. Penholder grip pada umumnya lebih populer dengan nama Asian Grip. Namun pemain Asia lebih jarang menggunakan teknik penhold grip tersebut. Hal ini dikarenakan lebih sering menggunakan teknik shakehand grip. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memegang Bet Teknik Penholder Grip Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel