Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pesilat Adalah

Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pesilat Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa olahraga pencak silat mempunyai beberapa aspek di dalamnya seperti aspek olahraga, aspek seni, aspek bela diri, dan aspek mental spiritual. Maka dari itu dalam pencak silat tidak hanya terdapat cara belajar membela diri saja, namun juga bagaimana bersikap dalam kehidupan setiap harinya. Pencak silat ini memang dikenal sebagai seni bela diri tradisional yang asalnya dari budaya Indonesia. Di kala itu kebudayaan Indonesia memang dilestarikan dengan cara menanamkan nilai karakter pada generasi bangsa dan menyelenggarakan olahraga pencak silat ini.

Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah apa? Dalam olahraga pencak silat sebenarnya banyak sekali ilmu yang dapat kita peroleh. Salah satunya adalah filosofi ilmu padi, dimana semakin berisi maka semakin merunduk. Maka dari itu semakin tinggi ilmu yang dimiliki oleh seorang pesilat, semakin tunduk pula ia dengan peraturan. Selain itu kita juga harus memiliki sikap kesatria sebagai seorang pesilat. Untuk memulai latihan sebagai pesilat, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai teknik dasar pencak silat.

sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah
Etika dalam Pencak Silat

Pencak silat memiliki teknik dasar yang terdiri dari teknik tangkisan, belaan, tendangan, dan masih banyak lagi. Dalam dunia persilatan tentunya kita lebih mementingkan adanya etika. Hal ini dikarenakan dalam mempelajari pencak silat, kita tentunya akan memahami lebih lanjut mengenai adanya kehidupan. Pencak silat ini juga dapat memberikan pelajaran terkait tanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, negara, keluarga, ataupun masyarakat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah sikap apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pesilat Adalah

Apa itu pencak silat? Pencak silat adalah seni bela diri sebagai warisan budaya tak benda yang asalnya dari Indonesia sesuai dengan ketetapan UNESCO. Penetapan ini dilakukan pada tanggal 9 - 14 Desember 2019 di Bogota dalam sidang ke 14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage. Pencak silat tersebut dikenal sebagai bela diri yang mulai berkembang di negara Asia Tenggara seperti Brunei, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura. Pencak silat memiliki beberapa gerakan di dalamnya seperti gerakan tendangan, pukulan, dan pengetahuan mengenai bagian tubuh manusia yang paling lemah. 

Seorang pesilat harus menguasai teknik dasar pencak silat agar mahir dalam melakukan olahraga ini. Olahraga pencak silat memang lebih mengutamakan etika dalam menaati peraturan, baik setelah bertanding, saat berlatih, ataupun sebelum bertanding. Ketundukan akan peraturan ini dilihat dari kemantapan etika dan gerakan kepada lawan bertanding ataupun wasit. Lalu sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah apa?

Pencak silat tidak hanya berisi gerakan teknik dasar saja, tetapi juga teknik pertahanan yang digunakan, baik menggunakan kaki, siku, kepala, tangan, tumit, maupun jari jari. Secara umum gerakan pertahanan ini biasanya dikenal dengan nama lepasan, tendangan, kuncian, sikutan, dan serangan menggunakan lutut. Jika membahas lebih anjut mengenai materi pencak silat ini, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah . . .
A. Bersikap kesatria dan bersikap seperti ilmu padi
B. Menunjukkan kemampuannya di depan umum
C. Bersikap masa bodoh dengan orang lain
D. Bersikap mengalah meskipun dipukul

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Bersikap kesatria dan bersikap seperti ilmu padi.

Dari jawaban di atas dapat kita ketahui bahwa sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah bersikap kesatria dan seperti ilmu padi, dimana semakin berisi semakin merunduk. Hal ini sudah saya perjelas dalam pembahasan di atas, dimana semakin banyak ilmu para pesilat maka semakin merunduk juga sikapnya.

Belum ada Komentar untuk "Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pesilat Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel