Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Penjelasannya

Advertisement

Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Penjelasannya - Permainan bola voli merupakan cabang olahraga atletik yang mengandalkan permainan beregu atau tim. Pertandingan bola voli dimainkan oleh dua tim yang masing masing tim memiliki 10 anggota pemain, 6 pemain diantaranya adalam pemain inti dan 4 pemain lainnya merupakan pemain cadangan. Masing masing tim dalam pertandingan voli memiliki luas lapangan tertentu dan terpisahkan oleh jaring atau net. Selain itu adapula macam macam posisi pemain bola voli yang mempunyai tugasnya masing masing. Setiap tim dalam permaian voli diharuskan untuk mendapatkan poin atau angka yang banyak untuk memenangkan pertandingan. Setiap tim akan kehilangan poin/angka jika bola keluar dari lapangan.

Mungkin kita telah mendengar istilah pemain smasher atau tosser dalam permainan bola voli. Namun pada dasarkan masih banyak lagi istilah lainnya yang terkait posisi permain dalam permainan bola voli. Jika anda ingin mendalami olahraga voli ini, maka anda harus mengenal dan mengetahui masing masing tugas dari setiap posisi pemain permainan bola voli. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang macam macam posisi pemain bola voli lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Penjelasannya

Permainan bola voli cukup populer dilingkungan masyarakat, mulai dari anak anak, dewasa, perempuan hingga laki laki. Permainan ini memiliki sejarah yang cukup panjang hingga banyak digemari dan populer dikalangan anak muda. Selain itu permainan ini juga memiliki macam macam posisi pemain bola voli dengan tugasnya masing masing. Posisi pemain dalam permainan bola boli dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu tosser atau set upper, smasher atau spiker, defender atau libero dan server.  
Baca juga : Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap
Berdasarkan gambar diatas, kita dapat mengetahui beberapa macam posisi pemain bola voli secara singkat. Untuk nomor 1 ditempati oleh pemain server. Kemudian untuk nomor dua dan emapt merupakan letak pemain smasher atau spiker. Nomor tiga merupakan letak pemain tosser atau set upper. Lalu untuk nomor lima dan enam merupakan letak pemain defender atau libero. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai macam macam posisi pemain bola boli lengkap:

Tosser atau Sep Upper
Posisi pemain bola voli yang pertama ialah tosser atau set upper. Tosser atau set upper ialah posisi pemain dalam permainan bola voli yang bertugas untuk mengatur serangan dalam tim. Serangan yang akan digunakan untuk menyerang tim lawan dapat ditentukan oleh tosser atau set upper. Maka dari itu pemain tosser biasanya memiliki kecerdasan dan kualitas dalam memberikan beberapa variasi umpan. Hal inilah yang menjadi penentu seorang tosser dalam memberikan umpan dengan maksud menyerang lawan. Seorang tosser juga harus dapat memberikan umpan yang tepat dan cantik agar serangan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu tosser atau set upper dapat dikatakan sebagai pengatur dan penentu serangan dalam pertandingan bola voli. Pemain tosser juga dituntut untuk menguasai teknik umpan, blocking maupun teknik smash yang baik. Posisi pemain tosser biasanya berada ditengah tengah ataupun didepan net.

Smasher atau Spiker
Posisi pemain bola voli selanjutnya ialah smasher atau spiker. Posisi pemain smasher berada didepan net seperti tosser atau dapat berada disamping tosser. Smasher atau spiker memiliki tugas yaitu memblock bola dari lawan agar serangannya dapat dibendung. Adapula tugas utama seorang smasher yaitu melakukan serangan smash agar dapat menghasilkan angka untuk timnya. Dapat dikatakan bahwa pemain smasher atau spiker memiliki tugas ganda yaitu sebagai pemain pertahanan sekaligus penyerang. Disisi lain seorang spiker harus dapat memblok serangan lawan agar kesalahan timnya dapat terhindari. Kemudian disisi satunya seorang spiker harus dapat melakukan eksekusi serangan agar dapat memperoleh angka untuk memenangkan pertandingan.
Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional
Defender atau Libero
Posisi pemain bola voli selanjutnya ialah defender atau libero. Letak pemain defender atau libero berada dibelakang pemain depan. Pemain defender bertugas untuk menahan dan menerima serangan dari tim lawan dengan cara passing. Teknik passing yang digunakan dapat berupa passing bawah ataupun passing atas. Maka dari itu seorang pemain defender harus memiliki skill passing yang baik agar dapat menahan serangan lawan.

Server
Posisi pemain bola voli yang terakhir ialah server. Server ialah pemain bola voli yang bertugas untuk melakukan servis. Setelah pemain server melakukan servis maka dapat berubah menjadi pemain defender atau libero.

Sekian penjelasan mengenai macam macam posisi pemain bola voli lengkap. Setiap pemain dalam permainan bola voli memiliki tugasnya masing masing. Maka dari itu setiap pemain harus memiliki skill pendukungnya masing masing agar dapat mencetak angka/poin dan menghindarkan timnya dari berbagai kesalahan permainan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar