4 Posisi Pemain Bola Voli, Tugas, dan Penjelasannya

4 Posisi Pemain Bola Voli, Tugas, dan Penjelasannya - Volly merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sangat diminati masyarakat. Permainan yang dilakukan secara beregu ini mengharuskan setiap tim memiliki 6 pemain inti dan 4 cadangan. Pertandingan voli dilaksanakan di lapangan berbentuk persegi yang dipisahkan oleh jaring net di tengahnya.

Memahami posisi pemain merupakan salah satu syarat mutlak dalam menyusun strategi dan formasi. Tanpanya tim tak akan bisa mengatur pola penyerangan dan pertahanan dengan baik. Nah, setiap pemain bola volly memiliki tugas dan perannya masing-masing yang akan terus berganti/rolling. Posisi sebagai server, libero, smasher, maupun tosser pastinya sudah tak asing lagi bagi telinga kita.


Mungkin kita telah mendengar istilah pemain spiker atau set upper dalam permainan bola voli. Namun pada dasarkan masih banyak lagi istilah lainnya yang terkait posisi permain dalam permainan bola voli. Apa tugas libero? apa tugas spiker dan tosser? rasanya pertanyaa tersebut sudah sering diajukan. Jika anda kalian ingin mendalami olahraga voli, maka anda harus mengenal dan mengetahui setiap tugas dan posisi pemain volly terlebih dahulu.

4 Posisi Pemain Bola Voli, Tugas, dan Penjelasannya

Permainan bola voli cukup populer dilingkungan masyarakat, mulai dari anak anak, dewasa, perempuan hingga laki laki. Permainan ini memiliki sejarah yang cukup panjang hingga banyak digemari dan populer dikalangan anak muda. Meski banyak dimiati, tapi tak semua orang paham ada berapa posisi pemain voli.

Sebagai siswa sudah menjadi kewajiban kita untuk menghafalkan setiap tugas pemain bola voli. Pasalnya, materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian baik PAT maupun PAS. Tak sedikit yang salah menyebutkan perannya karena kurang paham posisi pemain bola voli yang benar. Padahal, pembahasan tersebut sebenarnya bisa kita temukan dalam buku pedoman penjas serta LKS.
Baca juga : Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap
Gambar Posisi Pemain Bola Voli
Gambar Posisi Pemain Voli

Kita bisa memperhatikan berbagai macam posisi voli dari ilustrasi gambar di atas beserta dengan pola rollingnya. Meski demikin, posisi tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada strategi maupun formasi yang dipakai oleh tim. Posisi nomor 1 biasanya diisi oleh pemain server yang bertugas melakukan service. Kemudian untuk nomor dua dan emapt merupakan letak pemain smasher atau spiker. Nomor tiga merupakan letak pemain tosser atau set upper. Lalu untuk nomor lima dan enam merupakan letak pemain defender atau libero.

Tosser atau Sep Upper

Tosser atau bisa disebut sebagai set upper adalah posisi pemain bola voli yang memegang peran penting untuk mengatur serangan dalam sebuah tim. Tugas tosser utamanya adalah untuk memberikan umpan kepada pemain spiker agar mampu melancarkan pukulan smash melewati zona pertahanan musuh. Namun, tugas set upper lebih mengarah pada mengatur strategi serta tempo serangan.

Oleh karenanya, posisi pemain bola voli satu ini harus diisi oleh orang yang memiliki kecerdasan dan kualitas dalam memberikan variasi umpan. Di lain sisi, bukan perkara mudah menjadi seorang set upper karena kita dituntut harus memiliki komunikasi yang bagus dengan smasher. Sekali saja seorang tosser melakukan kesalahan maka tim akan menjadi blunder secara keseluruhan.

Seorang tosser juga harus dapat memberikan umpan yang tepat dan cantik agar serangan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu tosser atau set upper dapat dikatakan sebagai pengatur dan penentu serangan dalam pertandingan bola voli. Pemain tosser juga dituntut untuk menguasai teknik umpan, blocking maupun teknik smash yang baik. Posisi pemain tosser biasanya berada ditengah tengah ataupun didepan net.

Smasher atau Spiker

Posisi pemain bola voli yang tak kalah penting adalah smasher atau spiker. Tugas smasher adalah menciptakan spike keras atau pukulan smash dari umpan yang diberikan oleh tosser. Selain itu, pemain spiker juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan blokade jika ada serangan musuh. Mengapa demikian? bukankah blocking adalah tugas deffender? tidak juga.

Karena smasher ada di lini depan formasi secara otomatis pemain pun dituntut harus menjadi pertahanan pertama bagi tim. Inilah alasan mengapa orang yang mengisi posisi pemain volly spiker harus memiliki postur tubuh tinggi. Tujuannya agar efektif untuk menyerang maupun bertahan.
Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional
Dapat dikatakan bahwa posisi smasher atau spiker memiliki tugas ganda yaitu sebagai pemain bertahan sekaligus penyerang. Di sisi lain seorang spiker harus dapat memblok smash lawan agar kesalahan timnya dapat terhindari. Kemudian disisi satunya seorang spiker harus pintar mengeksekusi setiap umpan dari tosser agar dapat memperoleh angka.
 

Defender atau Libero

Apa tugas libero? inilah yang sering ditanyakan oleh sebagian siswa. Pasalnya, posisi pemain bola voli satu ini sering dilupakan. Padahal, tugas defender atau libero tak kalah penting dari dua posisi sebelumnya.

Secara garis besar, tugas pemain libero adalah menahan serta menerima serangan dari tim lawan yang tak bisa diantisipasi oleh lini pertahanan terdepan. Biasanya, defender akan menerima serangan dengan cara passing atas maupun bawah tergantung bagaimana datangnya bola. Oleh karenanya, pemain libero harus menguasai skill dan teknik dasar passing yang baik dan benar.

Apakah tugas libero hanya sebatas melakuka pertahanan? tentu saja tidak. Setelahnya, orang yang ada di posisi pemain bola voli defender harus memberikan bola ke pemain tosser/server secara terstruktur. Sekali lagi, kalian membutuhkan kerjasama tim serta komunikasi yang baik agar bisa mengatur tempo serangan balasan.

Server

Pada dasarnya, tugas server cukup sederhana yakni melakukan service tanda dimulainya pertandingan. Kalian bisa memukul bola dengan teknik pukulan atas maupun bawah sesuai pola permainan dan strategi yang dibuat oleh tim. Oleh karenanya setelah melancarkan pukulan service posisi pemain akan langsung berubah menjadi libero atau defender.

Sekian penjelasan mengenai 4 macam posisi pemain bola voli beserta penjelasannya yang dapat saya sampaikan. Memahami setiap tugas pemain mulai dari spiker, libero, sampai tosser pada dasarnya sangatlah mudah. Maka dari itu setiap pemain harus memiliki skill pendukungnya masing masing agar dapat mencetak angka/poin dan menghindarkan timnya dari berbagai kesalahan permainan, Semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "4 Posisi Pemain Bola Voli, Tugas, dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel