Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Handstand

Advertisement

5 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Dalam Handstand - Handstand termasuk dalam salah satu jenis olahraga senam lantai. Handstand ialah jenis olahraga yang berdiri menggunakan kedua tangan. Untuk itu tubuh memiliki tumpuan pada kedua telapak tangan. Dalam olahraga handstand terdapat beberapa jenis gerakan seperti melompat, mendorong, mengayunkan kaki dan mengangkat. Untuk melakukan handstand memang tidak mudah karena menempatkan kedua kaki diatas dan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan. Bahkan gerakan gerakan yang dilakukannya terdapat beberapa kesalahan dalam handstand yang sering terjadi.

Cara Melakukan Handstand
Cara melakukan handstand sangat bergantung pada kekuatan dan keseimbangan kedua tangan. Gerakan handstand memiliki gerakan yang indah sehingga mempunyai nilai gerakan tersendiri. Pelaksanaan handstand tidak mudah karena membutuhkan fokus dan kekuatan yang tinggi. Jika kedua hal ini tidak diperhatikan maka akan menimbulkan beberapa kesalahan dalam handstand. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam handstand. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

5 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Dalam Handstand

Sebelum membahas tentang kesalahan dalam handstand, saya akan menjelaskan secara singkat cara melakukan handstand. Handstand dilakukan dengan cara berdiri dan kaki dibuka selebar bahu. Setelah itu kaki diceraikan ke arah muka dan belakang. Badan dibungkukkan dan secara perlahan berat badan ditumpukan sambil membuka kedua tangan selebar bahu. 
Teknik Gerakan Handstand
Cara melakukan handstand selanjutnya ialah mengangkat bokong setinggi mungkin. Kemudian lengan diluruskan sambil mempertahankan keseimbangan badan saat badan ditopang dengan tangan. Secara teori mungkin terlihat mudah dalam melakukan handstand. Tetapi kenyataannya, handstand sulit dilakukan bahkan gerakan gerakannya banyak sekali kesalahan. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan dalam handstand yang sering terjadi yaitu meliputi:
Baca juga : Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Lompat Harimau

Tangan Kurang Kuat

Kesalahan dalam handstand yang pertama disebabkan karena tangan kurang kuat. Kesalahan ini sering terjadi karena berat badan tidak dapat ditopang atau ditahan menggunakan kedua tangan. Untuk itulah gerakan handstand sangat memperhatikan kekuatan tangan orangnya. Tetapi semakin lemahnya kekuatan tangan sangat jarang disadari oleh para atlet, baik karena tenaganya kurang ataupun latihannya yang kurang.

Kesalahan dalam handstand seperti tangan kurang kuat ini menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu sehingga dapat dengan mudah jatuh. Oleh karena itu, dalam melakukan handstand usahakan untuk memiliki tenaga yang cukup kuat. Pastikan melakukan pemanasan yang cukup terlebih dahulu sehingga tangan tidak kaget ketika melakukan lompatan handstand.

Letak Tangan Salah

Kesalahan dalam handstand selanjutnya disebabkan karena letak tangan salah. Tangan tersebut diletakkan cukup jauh dengan kaki ketika badan dibungkukkan, sehingga menyebabkan kesalahan dalam melakukan handstand berupa ketidakseimbangan tubuh. Maka dari itu sebelum bisa melakukan handstand, tubuh akan terjatuh terlebih dahulu. Usahakan tangan diletakkan lurus sesuai dengan panjang tangannya. Ketika badan naik ke atas posisi lengan harus kuat sehingga pelaksanakan handstand dapat berjalan dengan baik.

Tangan Tidak Lurus

Kesalahan dalam handstand selanjutnya disebabkan karena tangan tidak lurus. Berat badan harus ditopang dengan tangan yang tegak lurus ketika melakukan handstand. Apabila tangan tidak lurus, maka tubuh akan jatuh karena badan sulit untuk diseimbangkan. Usahakan saat badan dalam posisi handstand, kedua tangan tetap dijaga agar lurus sehingga dapat mempertahankan gerakan handstand yang benar.
Baca juga : Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar

Jari Terlalu Rapat

Kesalahan dalam handstand selanjutnya disebabkan karena jari terlalu rapat. Posisi jari jemari merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam handstand selain kekuatan tangan. Di antara jari jemari harus memiliki jarak yang lebar sehingga telapak tangan dapat menopang berat badan keseluruhan secara merata. Berat badan akan sulit ditopang dengan baik jika jari jemari memiliki jarak yang terlalu rapat. Hal ini dapat terjadi karena tumpuan berat badan akan berpindah pada pergelangan tangan saja sehingga badan akan mudah jatuh.

Kepala Kurang Menengadah

Kesalahan dalam handstand selanjutnya disebabkan karena kepala kurang menengadah. Posisi handstand yang sempurna akan sulit diperoleh jika kepala diposisikan kurang menengadah.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa kesalahan yangs sering terjadi dalam handstand. Kesalahan dalam handstand tersebut dapat diatasi dengan cara banyak berlatih secara teratur dan rutin. Handstand merupakan jenis olahraga yang menggunakan kedua tangan untuk berdiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Handstand Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar