6 Kesalahan Saat Melakukan Handstand Dalam Senam Lantai

6 Kesalahan Saat Melakukan Handstand Dalam Senam Lantai - Berdiri secara terbalik dengan kedua tangan sebagai tumpuan bukanlah hal yang mudah. Kalian memerlukan penguasaan teknik dasar serta keberanian untuk melakukan gerakan demikian. Sedikit saja kesalahan maka sikap yang harusnya selaras bisa berujung pada kegagalan bahkan cidera fatal.

Cara Melakukan Handstand

Apa saja kesalahan saat melakukan handstand yang sering terjadi? Saya terkadang mendengar pertanyaan demikian terlontar dari siswa. Teknik dasar handstand yang baik dan benar sebenarnya sudah diajarkan pada kita bahkan semenjak berada di bangku SD. Selain menyampaikan teori guru pun pasti memberikan penjelasan secara praktikum.

Senam lantai memiliki tujuan utama untuk melatih kelenturan, keseimbangan, kekuatan, dan ketahanan tubuh. Gerakan serta jenisnya pun bervariasi dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Salah satunya adalah cara melakukan handstand seperti yang sedang kita bahas saat ini. Alih-alih menjabarkan teknik dasarnya, mari kita fokuskan pembahasan pada kesalahan saat melakukan handstand.


6 Kesalahan Saat Melakukan Handstand Dalam Senam Lantai

Pernahkah kalian mengalami kegagalan pada saat melakukan gerakan senam lantai? masalah ini sering dialami oleh siswa. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan tidak bisa melakukan handstand atau jenis sikap lainnya. Mulai dari pemanasan yang kurang serius sehingga kinerja tubuh tidak maksimal sampai kesalahan pada saat melakukan gerakannya.

Cara melakukan handstand sangat bergantung pada kekuatan dan keseimbangan kedua tangan. Gerakan handstand memiliki gerakan yang indah sehingga mempunyai nilai gerakan tersendiri. Pelaksanaan handstand tidak mudah karena membutuhkan fokus dan kekuatan yang tinggi. Jika kedua hal ini tidak diperhatikan maka akan menimbulkan beberapa kesalahan dalam handstand. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam handstand.

Teknik Dasar Handstand

Sebelum membahas tentang kesalahan dalam handstand, saya akan menjelaskan secara singkat cara melakukan handstand. Handstand dilakukan dengan cara berdiri dan kaki dibuka selebar bahu. Setelah itu kaki diceraikan ke arah muka dan belakang. Badan dibungkukkan dan secara perlahan berat badan ditumpukan sambil membuka kedua tangan selebar bahu. 
Teknik Gerakan Handstand

Cara melakukan handstand selanjutnya ialah mengangkat bokong setinggi mungkin. Kemudian lengan diluruskan sambil mempertahankan keseimbangan badan saat badan ditopang dengan tangan. Jika kalian masih tidak memiliki bayangan maka simaklah ilustrasi pada gambar di atas.
Baca juga : Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Lompat Harimau

Secara teori mungkin terlihat mudah dalam melakukan handstand. Tetapi kenyataannya, handstand sulit dilakukan bahkan gerakan gerakannya banyak sekali kesalahan. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan saat melakukan handstand yang sering terjadi. Tujuanya tak lain sebagai bahan koreksi dan pembelajaran untuk kita semua.

Tidak Bisa Menjaga Keseimbangan

Pernahkah kalian terjatuh ketika melakukan gerakan handstand? padahal sudah yakin bahwa kekuatan tangan sudah mumpuni. Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki tangan yang kokoh dan kuat merupakan salah satu faktor utama agar bisa melakukan sikap tersebut. Tapi kita tak boleh melupakan pula beberapa aspek penting lainya.

Keseimbangan menjadi faktor penyumbang kesalahan yang sering terjadi saat melakukan handstand. Tak terhitung berapa banyak siswa mengalami kegagalan karena alasan tersebut. Ketika tak bisa menjaga keseimbangan maka tubuh tidak akan bisa berdiri tegak dan akan condong ke depan belakang.

Salah satu unsur kebugaran jasmani ini bisa didapatkan lewat serangkaian latihan secara teratur.  Sebelum kalian melakukan gerakan berdiri dengan dua tangan alangkah baiknya berlatih kesembangan terlebih dulu.

Tangan Kurang Kuat

Kekuatan tangan yang kurang bisa menjadi kesalahan saat melakukan handstand dalam senam lantai. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya mulai dari berat badan tidak proporsional sampai kurangnya pemanasan. Sehingga terjadilah kontraksi atau tegang otot yang menyebabkan kekuatan menurun drastis.

Ketika kalian tak sanggup lagi menopang berat tubuh lantas apa yang terjadi? tentu saja teknik dasar handstand gagal dan kalian akan jatuh. Kurangnya kekuatan tengan menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu sehingga dapat dengan mudah jatuh. Oleh karena itu, dalam melakukan handstand usahakan untuk memiliki tenaga yang cukup kuat.

Pastikan melakukan pemanasan yang cukup terlebih dahulu sehingga tangan tidak kaget ketika melakukan sikap handstand. Sebelum mulai mengangkat tubuh ada baiknya kalian perhitungkan dulu kekuatan otot kalian. Tunggulah sampai otot selaras dan beradaptasi dengan beban yang diberikan.

Posisi dan Letak Tangan Salah

Kesalahan saat melakukan handstand selanjutnya disebabkan karena letak tangan salah. Tangan tersebut diletakkan cukup jauh dengan kaki ketika badan dibungkukkan, sehingga menyebabkan kesalahan dalam melakukan handstand berupa ketidakseimbangan tubuh.

Maka dari itu sebelum bisa melakukan handstand, tubuh akan terjatuh terlebih dahulu. Usahakan tangan diletakkan lurus sesuai dengan panjang tangannya. Ketika badan naik ke atas posisi lengan harus kuat sehingga pelaksanakan handstand dapat berjalan dengan baik.

Tangan Tidak Lurus

Kesalahan dalam handstand selanjutnya disebabkan karena tangan tidak lurus. Berat badan harus ditopang dengan tangan yang tegak lurus pada tahap berdiri. Apabila tangan tidak lurus, maka tubuh akan jatuh karena badan sulit untuk diseimbangkan. Usahakan saat badan dalam posisi handstand, kedua tangan tetap dijaga agar lurus sehingga dapat mempertahankan gerakan handstand yang benar.
Baca juga : Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar 

Jari Terlalu Rapat

Kesalahan dalam handstand selanjutnya disebabkan karena jari terlalu rapat. Posisi jari jemari merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam handstand selain kekuatan tangan. Di antara jari jemari harus memiliki jarak yang lebar sehingga telapak tangan dapat menopang berat badan keseluruhan secara merata.

Berat badan akan sulit ditopang dengan baik jika jari jemari memiliki jarak yang terlalu rapat. Hal ini dapat terjadi karena tumpuan berat badan akan berpindah pada pergelangan tangan saja sehingga badan akan mudah jatuh.

Kalian bisa mempraktekan sendiri berdiri dengan dua tangan posisi jari terbuka dan rapat. Jika kalian amati secara seksama maka semakin merapatkan jari maka tumpuan akan semakin lemah. Sebaliknya, membuka jari secara proporsional bisa memperlebar tumpuan kita.

Posisi Kepala Kurang Menengadah

Kesalahan saat melakukan handstand selanjutnya disebabkan karena kepala kurang menengadah. Posisi handstand yang sempurna akan sulit diperoleh jika kepala diposisikan kurang menengadah. Sayangnya, sedikit siswa yang menyadari pentingnya memposisikan kepala tersebut. Padahal posisi menengadah memberikan dampak besar pada keseimbangan tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam handstand. Kesalahan dalam handstand tersebut dapat diatasi dengan cara banyak berlatih secara teratur dan rutin. Handstand merupakan jenis olahraga yang menggunakan kedua tangan untuk berdiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Belum ada Komentar untuk "6 Kesalahan Saat Melakukan Handstand Dalam Senam Lantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel