Fasilitas Lempar Cakram Lengkap Dengan Gambarnya

Fasilitas Lempar Cakram Lengkap Dengan Gambarnya - Dalam olahraga lempar cakram terdapat beberapa fasilitas yang terdapat didalamnya. Fasilitas lempar cakram tersebut dapat berupa cakram dan lapangan. Lalu berapa ukuran cakram yang sesuai dengan peraturan? Berapaka ukuran lapangan lempar cakram yang sesuai dengan peraturan? Kedua fasilitas ini digunakan untuk penunjang kualitas dalam pertandingan lempar cakram yang diselenggarakan.

Alat dan fasilitas dalam olahraga lempar cakram juga bertujuan untuk mengetahui kesiapan dari penyelenggara pertandingan itu sendiri. Apalagi jika pertandingan lempar cakram dalam tingkat Olimpiade, maka kesiapan alat dan fasilitasnya sangat diperhatikan. Dengan begitu saat pertandingan para atlet dapat melakukannya dengan nyaman dan aman.

Fasilitas Lempar Cakram

Ukuran cakram dan ukuran lapangan lempar cakram telah ditentukan oleh peraturan pertandingan yang ada. Cakram dan lapangan tersebut termasuk fasilitas dalam lempar cakram yang telah disediakan oleh penyelenggara pertandingan. Dengan kualitas fasilitas yang baik akan membuat para atlet lempar cakram menjadi bersemangat dan menampilkan permainan yang maksimal dan berkualitas.

Namun jika fasilitas yang disediakan memiliki kualitas yang buruk, maka pertandingan akan menjadi kacau dan tidak sesuai dengan apa yang direncanakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa fasilitas lempar cakram lengkap dengan gambarnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Fasilitas Lempar Cakram Lengkap Dengan Gambarnya

Pengertian lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga Atletik nomor Lempar. Lempar cakram pernah menjadi bagian Pancalomba pada pertandingan Olimpiade tahun 708 SM. Pembuatan cakram pada awalnya berasal dari batu terupam halus dengan ukuran tertentu. Kemudian pembuatan cakram berkembang dan berasal dari perunggu yang di tempa dan di cord.

Sebenarnya untuk melaksanakan olahraga ini tidak dibutuhkan peralatan yang canggih ataupun banyak. Cukup sediakan lapangan, piringan cakram, serta pengawas (pelatih) saja maka olahraga dapat terlaksana. Tapi fasilitas lempar cakram tersebut harus memenuhi kriteria dan standar yang sudah ditetapkan oleh federasi internasional.

Baca juga : 16 Tahap Tingkatan Sabuk Taekwondo di Indonesia
Ukuran cakram dan ukuran lapangan lempar cakram memang tidak boleh sembarangan karena telah ditentukan sebelumnya. Lempar cakram dilakukan dengan meniru gerakan nelayan kerika melempar jaring secara berulang. Setelah itu gerakan lempar ditemukan dengan sikap badan menyiku dan badan diposisikan sedikit bersandar ke arah depan. Dibawah ini terdapat beberapa fasilitas lempar cakram lengkap dengan gambarnya.

Lapangan Lempar Cakram

Fasilitas lempar cakram yang pertama ialah berbentuk lapangan. Lapangan lempar cakram tersebut memiliki ukuran yang berbeda dengan jenis olahraga lainnya. Adapun bentuk dan ukuran lapangan lempar cakram yaitu meliputi:
Gambar Lapangan Lempar Cakram
Gambar Lapangan Lempar Cakram
Berdasaran gambar fasilitas lempar cakram di atas, kita dapat memperoleh ukuran lapangan lempar cakram seperti berikut:
  1. Lapangan cakram memiliki diameter 2,50 meter.
  2. Lantai tempat melempar cakram memiliki permukaan yang terbuat dari aspal, semen dan bahan sejenis sehingga bentuknya datar dan tidak licin.
  3. Sekeliling lingkaran lemparan terdapat pagar kawat atau sangkar yang menjamin keselamatan peserta, penonton dan petugas.
  4. Lapangan lempar cakram memiliki bentuk seperti huruf C, dimana ukuran mulut 3,3 m dan diameter 7 meter. Lemparannya memiliki sektor yang dibatasi dengan garis ke pusat lingkaran yang membentuk sudut 40 derajat.
Baca juga : Gaya Lempar Cakram Beserta Cara Melakukannya

Cakram

Akan sangat lucu apabila ingin melaksanakan olahraga lempar cakram tapi kita tidak memiliki piringan sebagai media. Maka kita semua harus setuju jika fasilitas lempar cakram selanjutnya ialah cakram sesuai standar. Cakram tersebut memiliki ukuran, bahan, dan berat yang sudah ditentukan.

Jadi, baik atlet putra maupun putri akan memperoleh fasilitas lempar cakram yang berbeda dari segi piringan. Adapun bentuk dan ukuran cakram yaitu meliputi:
Gambar Cakram Untuk Putri dan Putra
Gambar Cakram Untuk Putri dan Putra
Berdasaran gambar fasilitas lempar cakram di atas, kita dapat memperoleh ukuran cakram seperti berikut:
  • Cakram putri memiliki berat 1 kg dengan garis tengah sekitar 180 - 182 mm.
  • Cakram putra memiliki berat 2 kg dengan garis tengah sekitar 219 - 221 mm.
Sekian penjelasan mengenai fasilitas lempar cakram lengkap dengan gambarnya. Lempar cakram tersebut memiliki fasilitas yang berbentuk lapangan dan cakram. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Posting Komentar untuk "Fasilitas Lempar Cakram Lengkap Dengan Gambarnya"