Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar

Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar - Loncat harimau masuk ke dalam cabang olahraga senam lantai. Gerakannya menyerupai seekor harimau yang sedang melompat dan hendak menerkam mangsa. Secara garis besar ada empat fase yang harus kita ketahui agar bisa meraih nilai sempurna. Diantaranya adalah teknik awalan lalu diikuti teknik tolakan atau gerakan loncat. Dilanjutkan dengan teknik gulingan dan mendarat menggunakan teknik akhiran.

Menurut saya pribadi gerakan loncat harimau cukup berbahaya jika kalian tak menguasai teknik dasarnya. Alih-alih mendapatkan nilai sempurna, persiapan serta serta latihan yang kurang matang justru bisa membuat kita cidera. Oleh karenanya, praktikum harus dilakukan di atas matras yang memenuhi standar sebagai pengaman. Sehingga siswa bisa meminimalisir terjadinya benturan, terkilir, cidera sendi maupun otot pada saat melakukan loncat harimau.

Cara melakukan loncat harimau yang baik dan benar sebenarnya sudah diajarkan pada kita bahkan semenjak di jenjang SMP. Berbagai penjelasan tentang salah satu jenis senam lantai ini pun bisa kalian jumpai dalam buku pedoman penjas. Di lain sisi, guru pun pasti telah memberikan pembelajaran dalam bentuk praktek sehingga siswa mampu menguasai teknik dasar loncat harimau.

Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar

Materi yang membahas setiap gerakan loncat harimau sebenarnya bisa kita temukan pada buku LKS penjas. Meski demikian, siswa cenderung mengabaikannya dan tak pernah membaca setiap aspek di dalam buku tersebut. Padahal kita akan disuguhkan berbagai pertanyaan terkait materi tersebut ketika sedang menghadapi ujian. Akhirnya banyak yang gagal ketika diminta menyebutkan gerakan dasarnya.

Tak semua siswa tau cara melakukan loncat harimau dengan baik dan benar. Mayoritas justru memiliki persepsi bahwa jenis senam lantai satu ini cukup berbahaya untuk dilakukan. Padahal, dengan tekun berlatih dan bantuan guru kita bisa menguasai tiap gerakan mulai dari awalan, tolakan, gulingan, sampai pendaratan sebagai akhiran.
Baca juga : Lempar Lembing (Pengertian, Gaya dan Teknik Dasar) Lengkap
Gerakan Loncat Harimau

Sekilas dari ilustrasi gambar di atas kita bisa menyimpulkan bahwa teknik dasar loncat harimau hampir sama seperti roll depan. Perbedaanya ada gerakan melompat ke udara terlebih dulu sebelum berguling ke depan. Dari sini saya anggap kalian sudah punya gambaran dan tau seperti apa gerakannya. Nah, untuk menambah wawasan kalian maka simaklah artikel yang menjelaskan cara melakukan loncat harimau dengan benar.

Teknik Awalan Loncat Harimau

Persiapan menjadi salah satu aspek penting yang akan menentukan keberhasilan pada fase-fase selanjutnya. Sebelum memulai, kita harus memposisikan badan terlebih dulu dengan kesiapan mental tentunya. Mengapa demikian? karena teknik dasar loncat harimau cukup berbahaya dan membutuhkan keberanian.

Gerakan awalan mengatur segala persiapan fisik mulai dari posisi serta sikap tubuh serta jarak ancang-ancang. Jika kalian masih belum tau atau asal-asalan dalam melakukannya maka simaklah teknik awalan loncat harimau di bawah:
  1. Posisikan badan tegap dengan arah pandangan ke depan.
  2. Posisikan badan pada 3 - 5 langkah sebelum daerah tolakan.
  3. Lakukan gerakan awal dengan ancang ancang menggunakan kecepatan yang sesuai.
  4. Selanjutnya persiapkan langkah untuk melakukan tolakan.

Teknik Tolakan dan Loncatan

Kunci utama sekaligus ciri khas yang membedakan teknik dasar loncat harimau dengan roll depan terletak pada cara melakukan tolakan. Biasanya, teknik tolakan dilakukan menggunakan dua kaki dengan tungkai membengkok agar memperoleh jarak loncatan maksimal.

Ketika melakukan loncatan maka perhitungkanlah jaraknya jangan terlalu jauh maupun sebaliknya. Jika kalian membuat tolakan yang terlalu kuat maka badan akan melayang terlalu cepat dan melewati matras. Namun jika sebaliknya maka kalian akan jatuh menghantam tembok atau rintangan di bawah.

Maka dari itu, kalian butuh aspek akurasi serta perhitungan yang matang ketika melakukan teknik tolakan loncat harimau. Misalkan belum memiliki gambaran, silahkan perhatikan langkah-langkah di bawah:
  1. Gunakan kedua kaki untuk melakukan tolakan.
  2. Bengkokkan tungkai kaki dan pergelangan kaki, setelah itu dilanjutkan dengan melakukan loncatan ke atas depan.
  3. Luruskan tungkai kaki saat badan melayang di udara.
  4. Ayunkan kedua lengan ke arah depan.
  5. Masukkan kepala diantara kedua lengan ketika lengan menyentuh matras.
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani

Teknik Gulingan

Secara garis besar teknik loncat harimau ketika masuk fase gulingan hampir sama seperti roll depan. Hanya saja kalian melakukannya secara cepat begitu medarat ke matras tanpa awalan terlebih dulu. Dalam konteks pendidikan, guru biasanya memberikan nilai lebih pada siswa yang mampu berguling secara sempurna setelah melakukan pendaratan.

Apakah kalian memiliki masalah pada fase ini? Adapun cara melakukan teknik gulingan loncat harimau yaitu:
  1. Masukkan kepala diantara kedua lengan dengan posisi menunduk hingga dagu menyentuh dada setelah lengan menyentuh matras.
  2. Usahakan pundak menyentuh matras pertama kali.
  3. Selanjutnya diikuti dengan membulatkan bagian punggung agar badan dapat berguling ke depan dengan sendirinya.
  4. Selanjutnya lakukan gerakan roll depan.

Teknik Akhiran Loncat Harimau

Gerakan akhiran merupakan teknik dasar loncat hariamu yang harus kalian perhatikan. Walaupun terdegar sepele tapi senam lantai satu ini harus ditutup dengan gerakan yang sesuai. Teknik akhiran dalam loncat harimau dilakukan dengan posisi badan jongkok. Kemudian luruskan kedua tangan ke depan. Adapula yang melakukan teknik akhiran loncat harimau dengan cara berdiri (untuk orang yang sudah mahir).

Sekian penjelasan mengenai teknik dasar loncat harimau yang baik dan benar. Dalam melakukan gerakan ini akan lebih baik jika didampingi dengan orang yang sudah mahir melakukan loncat harimau. Dengan begitu hal hal yang tidak diinginkan dapat terhindari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel