Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar

Advertisement

Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar - Loncat harimau termasuk ke dalam cabang olahraga senam lantai. Variasi dari olahraga senam lantai dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu roll depan, sikap kayang, sikap lilin, loncat harimau, roll belakang dan sebagainya. Olahraga senam lantai memiliki salah satu gerakan lompat menyerupai gerakan Harimau saat melompat. Gerakan tersebut diberi nama dengan olahraga loncat harimau. Jenis olahraga ini memiliki teknik dasar loncat harimau yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan cedera saat melakukannya. Teknik dasar tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar.

Ketika dibangku sekolah, kita juga telah diperkenalkan tentang berbagai serangkaian gerakan terkait olahraga loncat harimau tersebut. Jenis olahraga ini disertai dengan matras sebagai pengaman agar tingkat keamanannya dapat terpenuhi. Matras yang tersedia haruslah sesuai standar yang ada yaitu lumayan tebal sehingga resiko cedera sendi dan otot dapat terhindari dan tentunya melindugi anda ketika ingin melakukan gerakan tersebut. Nah pada pembahasan kali ini penjasorkes akan menjelaskan tentang teknik dasar loncat harimau yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar

Loncat harimau memiliki gerakan yang hampir sama dengan gerakan guling depan atau roll depan. Namun olahraga loncat harimau diawali dengan gerakan melompat jauh kedepan dan diakhiri dengan pendaratan kedua tangan yang dilanjutkan dengan gerakan menyerupai roll depan. Teknik dasar loncat harimau dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu teknik awalan, teknik loncatan, teknik gulingan dan teknik akhiran. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Lempar Lembing (Pengertian, Gaya dan Teknik Dasar) Lengkap
Gerakan Loncat Harimau
Teknik Awalan Loncat Harimau
Teknik dasar loncat harimau yang pertama ialah teknik awalan. Teknik ini dilakukan untuk mengawali gerakan dalam loncat harimau. Adapun cara melakukan teknik awalan loncat harimau yaitu:
  • Posisikan badan tegap dengan arah pandangan ke depan.
  • Posisikan badan pada 3 - 5 langkah sebelum daerah tolakan.
  • Lakukan gerakan awal dengan ancang ancang menggunakan kecepatan yang sesuai.
  • Selanjutnya persiapkan langkah untuk melakukan tolakan.
Teknik Tolakan dan Loncatan
Teknik dasar loncat harimau selanjutnya ialah teknik tolakan dan loncatan. Teknik ini dilakukan setelah teknik awalan dalam loncat harimau. Adapun cara melakukan teknik tolakan dan loncatan pada loncat harimau yaitu:
  • Gunakan kedua kaki untuk melakukan tolakan.
  • Bengkokkan tungkai kaki dan pergelangan kaki, setelah itu dilanjutkan dengan melakukan loncatan ke atas depan.
  • Luruskan tungkai kaki saat badan melayang di udara.
  • Ayunkan kedua lengan ke arah depan.
  • Masukkan kepala diantara kedua lengan ketika lengan menyentuh matras.
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani
Teknik Gulingan dalam Loncat Harimau
Teknik dasar loncat harimau selanjutnya ialah teknik gulingan. Cara melakukan teknik gulingan loncat harimau hampir serupa dengan teknik roll depan. Adapun cara melakukan teknik gulingan loncat harimau yaitu:
  • Masukkan kepala diantara kedua lengan dengan posisi menunduk hingga dagu menyentuh dada setelah lengan menyentuh matras.
  • Usahakan pundak menyentuh matras pertama kali.
  • Selanjutnya diikuti dengan membulatkan bagian punggung agar badan dapat berguling ke depan dengan sendirinya.
  • Selanjutnya lakukan gerakan roll depan.
Teknik Akhiran Loncat Harimau
Teknik dasar loncat harimau yang terakhir ialah teknik akhuran. Teknik akhiran dalam loncat harimau dilakukan dengan posisi badan jongkok. Kemudian luruskan kedua tangan ke depan. Adapula yang melakukan teknik akhiran loncat harimau dengan cara berdiri (untuk orang yang sudah mahir).

Sekian penjelasan mengenai teknik dasar loncat harimau yang baik dan benar. Dalam melakukan gerakan ini akan lebih baik jika didampingi dengan orang yang sudah mahir melakukan loncat harimau. Dengan begitu hal hal yang tidak diinginkan dapat terhindari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar