12 Alat Senam Artistik Putra Putri dan Penjelasannya

12 Alat Senam Artistik Putra Putri dan Penjelasannya - Senam merupakan salah satu materi dasar yang sudah mulai diajarkan pada siswa semenjak berada di bangku SD. Cakupan pembahasan tentang jenis serta gerakanya pun dapat dengan mudah kita temukan dalam buku LKS. Sebut saja senam artistik yang notabenya sering diperlombakan dalam kejuaraan olimpiade.

Jenis senam satu ini memerlukan suatu media sebagai alat bantu bagi sang atlet. Alat yang harus kalian gunakan pun berbeda untuk kategor putra maupun putri. Sebutkan alat yang digunakan dalam senam artistik kategori putra dan putri. Ketika mendapat pertanyaan tersebut sebagian siswa pasti akan tertegun karena tak tau jawabannya.

Ilustrasi Senam Artistik Putra

Keindahan gerakan pada senam artistik memang tak lepas dari berbagai penggunaan alat yang ada. Selain alat, adapula musik yang mengiringi senam untuk menyelaraskan setiap gerakan. Untuk mencapai keselarasan maka atlet pun dituntut harus mengukuti irama dan tak boleh sembarangan ketika bergerak.

12 Alat Senam Artistik Putra Putri dan Penjelasannya

Pernahkah kalian melihat atlet melakukan gerakan senam yang indah? inilah setidaknya gambaran dasar apa itu senam artistik. Selain menyehatkan, jenis olahraga satu ini juga berfokus menghadirkan keindahan secara visual. Tujuan tersebut dapat tercapai lewat perpaduan teknik dasar akrobatik dan tubling berbalut irama musik.

Metode penjurian ketika olimpiade pun tak lepas dari semua aspek yang telah saya sebutkan sebelumnya. Semua gerakan harus didukung dengan adanya alat alat senam artistik. Setiap alat dalam senam artistik mempunyai fungsi yang berbeda beda. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa daftar alat yang digunakan dalam senam artistik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Itu Senam Artistik

Senam artistik dapat dikategorikan sebagai cabang olahraga senam lantai maupun biasa. Beberapa pakar menyebutnya pul sebagai rangkaian gerakan senam yang mengandung beberapa unsur atau elemen gerak lantai. Selanjutnya dikombinasikan menjadi satu sampai membentuk serangkaian gerak yang tidak terputus.

Lantas apa saja alat yang digunakan dalam senam artistik? Alat dalam senam artistik antara putra dan putri tersebut tentunya berbeda. Kategori alat senam artistik putra lebih banyak di bandingkan alat pada senam artistik putri.
Baca juga : 6 Contoh Senam Irama Beserta Penjelasan Lengkap
Pengertian senam artistik berdasarkan Federation International de Gymnastique (FIG) adalah jenis senam yang mengkombinasikan akrobatik dengan unsur tumbling agar memperoleh efek artistiknya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa alat yang digunakan dalam senam artistik memiliki kegunaan dan fungsi masing masing. Untuk itulah alat dalam senam artistik putra dan putri cukup berbeda.

Bagaimana jika guru menyuruh sebutkan alat senam artistik? kalian tak perlu panik. Karena dalam artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam apa saja alat yang digunakan dalam senam artistik. Karena setiap kategori memiliki media berbeda maka simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Alat Senam Artistik Putra

Meski terdengar aneh tapi faktanya senam artistik putra justru memiliki pilihan media yang lebih banyak daripada putri. Gerakan yang tak terlalu kompleks membuatnya mudah untuk dikuasai secara perlahan. Sedangkan dalam konteks pendidikan kita memang tak akan menjumpai materi satu ini diajarkan secara praktek.

Tapi siswa bisa mempelajarinya sendiri secara mandiri dengan membaca buku pedoman penjas. Jika kebetulan kalian mendapat tugas untuk sebutkan alat senam artistik putra maka simaklah penjelasan di bawah. Berikut beberapa media yang bisa menunjang tiap gerakan:
  1. Floor Exercises atau Lantai.
  2. Pommel Horse atau Kuda Pelana.
  3. Rings atau Gelang Gelang.
  4. Vaulting Horse atau Kuda Lompat.
  5. Horizontal Bar atau Palang Tunggal.
  6. Parallel Bars atau Palang Sejajar.
Baca juga : 8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap

Alat Senam Artistik Putri

Selanjutnya saya akan membagikan beberapa macam alat yang digunakan dalam senam artistik putri. Alat dalam senam artistik putri memang tergolong lebih sedikit dibandingkan alat pada senam artistik putra. Meski begitu, ada beberapa alat yang sama maupun berbeda dengan artistik putra. Adapun beberapa jenis alat senam artistik putri yaitu meliputi:
  1. Vaulting Horse atau Kuda Lompat.
  2. Floor Exercises atau Lantai.
  3. Uneven Bars atau Palang Bertingkat.
  4. Balance Beam atau Balok Keseimbangan.
Daftar alat di atas merupakan jenis alat yang digunakan dalam senam artistik. Seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa alat dalam senam artistik putra sedikit berbeda dengan artistik putri. Untuk itu penggunaan alat senam artistiknya juga berbeda. Hasil dari unsur artistik dalam senam berupa gerakan dengan amplitudo (besaran) beserta gerakan untuk menguasai tubuh dengan sempurna saat melakukan gerakan di berbagai posisi.

Penggabungan antara gerakan akrobatik dengan gerakan tumbling sendiri harus dilakukan dengan terkontrol. Maka dari itu akan menghasilkan gerakan yang menciptakan kesan keindahan dan mengejutkan para penontonnya. Demikianlah penjelasan mengenai daftar alat yang digunakan dalam senam artistik. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi mengenai alat senam artistik di atas.

Belum ada Komentar untuk "12 Alat Senam Artistik Putra Putri dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel