Permainan Rounders Berasal Dari Negara

Permainan Rounders Berasal Dari Negara - Seperti yang kita tahu bahwa permainan bola dalam olahraga dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu permainan bola besar dan permainan bola kecil. Salah satu contoh olahraga yang menggunakan prinsip permainan bola kecil adalah permainan rounders. Meskipun sebenarnya masih banyak jenis permainan bola kecil lainnya seperti softball, bisbol, kasti, dan sebagainya. Rounders sendiri tergolong dalam permainan dasar dari olahraga softball dan bisbol. Hal ini dikarenakan keduanya dimainkan dengan menggunakan kayu pemukul dan bola kecil.

Lalu permainan rounders berasal dari negara mana? Asal dari olahraga rounders memang dari negara Inggris. Di negara Inggris, permainan rounders ini memang sangat populer sehingga anak anak di jenjang sekolah banyak yang memainkannya. Pada tahun 1889, terdapat asosiasi olahraga rounders yang didirikan pertama kali dengan nama Rounders Skotlandia dan Asosiasi Nasional Rounders Liverpool. Setelah itu pada tahun 1884 terdapat peraturan formal yang dibuat dan diresmikan untuk permainan rounders oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia.

Permainan Rounders Berasal Dari Negara
Permainan Rounders

Negara Indonesia mulai diperkenalkan permainan rounders oleh Inggris ketika masa penjajahan. Kemudian pada tahun 1950an, permainan ini semakin populer di Indonesia. Setelah itu secara Nasional, permainan rouders mulai dipertandingkan di Indonesia pada tahun 1951 pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON). Akan tetapi sampai sekarang permainan rounders masih belum memiliki induk organisasi sendiri sehingga masih tergolong dalam organisasi Perserikatan Bisbol (Perbasasi) dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang permainan rounders berasal dari negara mana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Permainan Rounders Berasal Dari Negara

Permainan rounders tentunya memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya. Teknik dasar permainan rounders tersebut telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Permainan rounders ini memiliki peraturan yang terdiri dari dua wasit di dalamnya serta didukung dengan seorang pencatat skor dan pembantu wasit. Kedua wasit dalam rounders tersebut memiliki tugas untuk mengawasi dan menilai lambungan atau arah bola. Kemudian untuk bentuk lapangan rounders sendiri adalah segi lima beraturan, dimana setiap ukuran sisinya 15 meter.

Masing masing sudut dalam lapangan rounders terdapat tempat hinggap yang namanya base. Maka dari itu lapangan rounders memiliki lima base atau tempat hinggap yaitu I, II, III, IV, dan V. Base V tersebut dinamakan dengan home base, sedangkan tempat pelambungan bola disebut dengan pitcher base. Lantas permainan rounders berasal dari negara mana?

Permainan rounders adalah permainan bola kecil yang sudah ada sejak zaman dahulu. Permainan ini ditemukan pada tahun 1744 pada zaman Tudor  di negara Inggris. Jika membahas lebih lanjut mengenai permainan rounders tersebut, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Permainan rounders berasal dari negara . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah dari negara Inggris.

Permainan rounders memang termasuk permainan bola kecil yang dimainkan secara kelompok atau beregu. Permainan rounders berasal dari negara Inggris pada tahun 1744, lebih tepatnya pada zaman Tudor. Permainan rounders ini bertujuan untuk memukul bola dengan tenaga sekuat mungkin, lalu berlari mengelilingi lapangan agar pertandingan tersebut dapat dimenangkan. Permainan ini tentunya memilki beberapa teknik dasar di dalamnya. Adapun teknik dasar permainan rounders tersebut meliputi:

  • Teknik melempar bola
  • Teknik berlari
  • Teknik menangkap bola
  • Teknik memukul bola

Belum ada Komentar untuk "Permainan Rounders Berasal Dari Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel