Sikap Kayang: Pengertian, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya

Sikap Kayang: Pengertian, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya - Ada banyak sekali bentuk serta jenis senam lantai yang harus kita kuasai. Salah satunya adalah gerakan kayang yang notabenya sudah diajarkan sejak berada di jenjang sekolah dasar. Kita tak bisa menampik fakta bahwa tidak semua siswa bisa melakukan gerakan kayang. Banyak yang mengalami kegagalan karena berbagai alasan seperti kurang persiapan sampai tak mengetahui teknik dasar dengan baik.

Sebenarnya, teknik dasar kayang bisa kita pelajari secara mandiri dari buku pedoman penjas maupun LKS. Di lain sisi, guru pun pasti juga mengajarkan cara melakukan sikap kayang secara praktikum. Lantas apa yang membuatnya susah untuk dikuasai siswa? Meski terlihat mudah tapi ternyata tak sedikit siswa gagal menyebutkan teknik dasar sikap kayang ketika ujian tertuli berlangsung.


Gerakan kayang

Cara melakukan sikap kayang membutuhkan unsur kelenturan yang baik. Dengan teknik yang benar diharapkan tidak dapat menimbulkan cedera yang berbahaya. Tapi ternyata jenis senam lantai satu ini sangat bermanfaat untuk melatih kelenturan otot kaki, pinggang, sampai perut. Jika anda belum mahir dalam melakukan gerakan kayang maka akan lebih baik untuk meminta bantuan kepada orang yang sudah profesional.

Sikap Kayang: Pengertian, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya

Pada dasarnya materi sikap kayang sudah banyak sekali di bahas dalam berbagai kesempatan. Selain menguasainya, kalian juga harus mempelajari setiap teori yang berkaitan dengan teknik kayang. Mengapa demikian? pasalnya materi senam lantai satu ini sering muncul sebagai butir soal ujian. Tak sedikit siswa yang kesulitan menjelaskan bagaimana cara melakukan sikap kayang yang baik dan benar.

Pada dasarnya sikap kayang terbagi menjadi dua jenis berdasarkan gerakan awalannya. Pertama adalah cara berdiri dimana kita memposisikan tubuh tegak sebelum mulai bertumpu. Sedangkan yang kedua adalah posisi awalan dengan berbaring terlebih dahulu lalu mengangkat bagian pinggang ke atas secara perlahan.

Beberapa pemula sangat disarankan melakukan sikap kayang dengan awal berdiri karena lebih mudah. Namun ada beberapa orang yang lebih mudah melakukan teknik dasar sikap kayang dengan cara berbaring terlebih dahulu. Gerakan kayang ini termasuk serangkaian gerakan dalam senam lantai. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian sikap kayang dan cara melakukan sikap kayang lengkap.

Apa Itu Sikap Kayang

Pengertian sikap kayang adalah gerakan senam lantai yang mengandalkan kedua tangan dan kaki sebagai tumpuan diatas matras. Dengan menggunakan posisi terbalik dimana panggul meregang dan perut diangkat ke atas. Sikap kayang memiliki manfaat yang baik dalam melatih kelenturan tubuh, khususnya bagian bahu serta pinggang.

Tetapi untuk pemula yang ingin melakukan sikap kayang harus berlatih secara bertahap. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengalami patah tulang ataupun cedera yang berlebih. Tentunya kalian tak ingin mengalami kejadian buruk tersebut kan? oleh karenanya, pelajari terlebih dulu teknik dasar sikap kayang yang baik dan benar.
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani
Berdasarkan pengertian sikap kayang di atas, dapat kita simpulkan bahwa gerakan ini digunakan untuk melatih otot pinggang, kaki, bahu, perut maupun otot tangan. Untuk melakukan sikap kayang biasanya membutuhkan tingkat kelenturan tubuh yang baik serta kondisi tubuh yang prima. Sikap kayang hampir sama dengan sikap lilin yaitu untuk melatih kelenturan tubuh. Namun kedua gerakan ini berbeda dalam hal tumpuan dan arah kaki yang digunakan.

Cara Melakukan Sikap kayang

Bagaimana teknik dasar gerakan kayang yang baik? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa ketika ujian. Walaupun menguasainya secara praktek belum tentu kita bisa menyebutkan tahapan sikap kayang dengan benar.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa senam lantai satu ini bisa dilakukan dengan dua jenis awalan. Masing-masing tentunya memiliki gerakan berbeda pada saat pelaksanaan. Jika kebetulan kalian mendapat tugas membuat rangkuman materi sikap kayang maka simaklah penjeasan di bawah.

Teknik Dasar Sikap Kayang Posisi Berbaring

Meski resiko cidera lebih sedikit tapi kalian tak boleh mengabaikan tingkatan atau levelnya. Posisi awalan berbaring biasanya dilakukan oleh atlet yang sudah profesional. Butuh kekuatan serta kelenturan otot bagian perut, bahu, serta pinggang agar pelaksanaan gerakan kayang berjalan lancar.

Teknik dasar gerakan kayang yang pertama dapat dilakukan dengan posisi berbaring. Berikut teknik sikap kayang dengan posisi berbaring:
  • Posisikan tubuh berbaring dengan terlentang.
  • Posisikan kedua lutut ditekuk dan rapatkan kedua tumit sampai ke pinggul.
  • Posisikan kedua tangan ditekuk, gunakan telapak tangan sebagai tumpuan diatas matras dan letakkan ibu jari disamping telinga.
  • Angkat badan ke atas dengan pelan pelan disertai dengan dorongan kedua tangan sampai posisi kaki lurus.
  • Setelah itu masukkan kepala diantara kedua tangan.
Baca juga : Pengertian dan Macam Macam Cabang Atletik

Sikap Kayang Dengan Posisi Berdiri

Pelaksanaan gerakan kayang dari posis awal berdiri memberi banyak keuntungan khususnya untuk pemula. Secar teori cara ini memang lebih mudah untuk dilakukan karena kita hanya perlu menahan beban tubuh saja. Tapi masih banyak siswa yang gagal melakukanya karena kurang merasa percaya diri dan takut akan cidera.

Maka dari itu sangat saya sarankan untuk meminta bantuan teman maupun guru yang notabenya sudah ahli. Bantuan tersebut berupa pegangan pada posisi perut melingkar ke punggung. Tujuannya untuk menahan tubuh agar tak jatuh ketika tumpuan dirasa kurang kuat.
Gambar sikap kayang

Teknik dasar sikap kayang posisi berdiri adalah:
  1. Posisikan tubuh berdiri tegak dan posisikan kedua kaki terbuka sedikit.
  2. Letakkan kedua tangan lurus ke atas dengan telapak tangan terbuka.
  3. Ayunkan salah satu tangan atau kedua tangan secara bersamaan ke belakang. Posisikan kepala menengadah dan lentingkan badan kebelakang.
  4. Usahakan telapak tangan mendarat atau menyentuh matras dengan posisi yang baik.
Cara melakukan sikap kayang dengan berdiri dapat dilakukan dengan bantuan tembok. Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya cedera dan membantu pemula agar tidak mudah lelah dalam berlatih sikap kayang.

Kesalahan Pada Gerakan Kayang

Gagal dalam pelaksanaan gerakan kayang? hal ini sudah biasa terjadi. Secara garis besar ada berbagai faktor umum yang bisa menjadi penyebab kalian mengalami kegagalan. Mempelajari serta mengevaluasi faktor tersebut menjadi kunci utama untuk memperbaiki teknik dasar sikap kayang di kemudian hari. Oleh karenanya, simaklah beberapa kesalahan di bawah:
  1. Kurang keseimbangan.
  2. Posisi kepala yang terlalu menengadah dan kurang pas.
  3. Tidak melakukan peregangan atau pemanasan yang cukup. Maka dari itu mengakibatkan cedera otot atau rasa sakit akibat sikap kayang.
  4. Letak tubuh yang kurang membusur. Maka dari itu otot perut kaku dan punggung kurang lentur.
  5. Sikap tangan yang terlalu bengkok akibat sendi dan bahu yang kaku,
Sekian materi yang membahas teknik dasar sikap kayang beserta pengertian dan tiap unsurnya.  Jika anda pemula dalam pelaksanaan gerakan kayang, usahakan didampingi oleh orang yang sudah mahir dengan gerakan tersebut. Tetap jaga keamanan karena sedikit saja kesalahan bisa berakibat fatal untuk diri kalian.

Belum ada Komentar untuk "Sikap Kayang: Pengertian, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel