Pengertian Footwork Bulu Tangkis Beserta Cara Melakukan

Pengertian Footwork Bulu Tangkis Beserta Cara Melakukan - Seperti yang kita tahu bahwa jenis jenis olahraga tersebut cukup beragam. Salah satunya adalah olahraga bulu tangkis. Apa itu bulu tangkis? Bulu tangkis adalah sebuah olahraga yang menggunakan alat pemukul dengan rongga rongga didalamnya dan menggunakan alat berbentuk bola. Olahraga bulu tangkis ini memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya, Salah satu teknik dasar bulu tangkis tersebut dalah footwork.

Apa yang dimaksud footwork? Bagaimana cara melakukan footwork bulu tangkis? Secara umum bulu tangkis lebih sering dikenal dengan nama badminton. Meski penjelasan lengkapnya sudah tertulis rapi di buku pedoman penjas. Tapi faktanya masih banyak siswa tak mengetahui teknik mengkahkan kaki footwork dalam permainan bulu tangkis. Hal ini menurut saya cukup lumrah karena di sekolah kita hanya disuguhkan teknik dasarnya saja.

Pengertian Footwork Bulu Tangkis Beserta Cara Melakukan
Gerakan Footwork

Popularitas badminton tidak kalah dengan olahraga sepak bola. Maka dari itu peminatnya cukup banyak. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian footwork bulu tangkis dan cara melakukan footwork bulu tangkis. Selain itu saya juga akan membahas tentang teknik dasar footwork bulu tangkis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Footwork Bulu Tangkis Beserta Cara Melakukan

Seorang pemain bulu tangkis biasanya mulai merintis karir dari bawah ke atas lewat serangkaian pembinaan. Setelah itu pemain akan diterjunkan ke lapangan apabila kemampuannya sudah diakui oleh pelatih dan instansi yang membinanya. Menguasai seluruh teknik menjadi modal awal dalam melakukan permainan bulu tangkis secara profesional. 

Salah satu jenis teknik dasar yang akan saya bahas adalah teknik footwork yang notabenya kurang diekspose. Dalam konteks pendidikan, mateir yang sedikit banyak membahas teknik melangkahkan kaki footwork dalam bulu tangkis bisa kita jumpai di jenjang SMA. Footwork berfungsi untuk menopang tubuh ketika melakukan gerakan cepat ke segala arah, sehingga tubuh dapat diposisikan sedemikian rupa dan pukulan yang dilakukan lebih efektif.
Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai pengertian footwork bulu tangkis bulu tangkis, teknik dasar footwork bulu tangkis dan cara melakukan footwork bulu tangkis. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:

Apa Itu Footwork

Footwork adalah teknik langkah kaki yang dilakukan dengan posisi yang benar sehingga pukulan yang dihasilkan lebih berkualitas. Dengan footwork ini, stamina tubuh juga lebih terjaga dan efisien. Gerakan footwork ini tidak akan membuang tenaga sia sia jika dilakukan dengan gerakan langkah yang benar.

Posisi pemain harus diatur dengan cepat dan shuttlecock harus dikembalikan dengan segera agar pukulannya lebih berkualitas. Maka dari itu footwork memiliki beberapa unsur penting yang harus dimiliki yaitu kelincahan dan kecepatan tubuh.

Footwork secara umum memiliki beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu sikap posisi tubuh ketika berdiri dan ketepatan posisi tubuh ketika di lapangan. Gerakan melangkah harus dilakukan ke arah belakang, depan, samping kiri dan kanan sambil memukul kok serta tubuh harus dijaga keseimbangannya.
Baca juga : Taktik dan Strategi Permainan Bulutangkis Lengkap
Posisi tubuh harus diusahakan tetapi jinjit kakinya atau tumit kaki dengan lantai tidak saling menempel. Hal ini bertujuan untuk membuat gerakan melangkah menjadi lebih cepat.

Cara Melakukan Footwork Bulu Tangkis

Setelah menjelaskan tentang pengertian footwork bulu tangkis di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara melakukan teknik dasar footwork. Teknik melangkahkan kaki footwork dalam permainan bulu tangkis antara lain adalah:
  • Posisi tubuh berada di tengah lapangan, kaki dilangkahkan menuju pojok kanan didepan. Kemudian langkahkan kaki menuju tengah kembali dilanjutkan ke arah kiri depan dan ke tengah lagi. Gerakan ini dilakukan secara berulang.
  • Dari posisi tubuh yang ditengah tersebut, kemudian langkahkan kaki ke samping kanan dan ke tengah kembali. Lalu menuju samping kanan dan ke tengah kembali. Gerakan ini dilakukan secara berulang.
  • Posisikan tubuh di tengah lapangan dan langkahkan kaki mundur ke belakang kanan. Lalu ke tengah kembali dan langkahkan kaki mundur ke belakang samping dan ke tengah kembali. Gerakan ini dilakukan secara berulang.
Sekian penjelasan mengenai pengertian footwork bulu tangkis dan cara melakukan footwork bulu tangkis. Footwork merupakan gerakan langkah kaki yang digunakan untuk mengatur gerakan pemukulan kok sesuai dengan posisinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Footwork Bulu Tangkis Beserta Cara Melakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel