Strategi Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Strategi Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya - Bagus tidaknya hasil suatu pertandingan sepak bola pada dasarnya tidak hanya ditentukan oleh kualitas masing masing pemainnya saja. Tetapi penggunakan strategi sepak bola yang dirancang dengan baik juga mendukung keberhasilan dari pertandingan tersebut, baik dirancang secara kelompok, perorangan ataupun tim. Strategi yang dibuat ini bertujuan untuk menggapai kemenangan dalam pertandingan sepak bola tersebut.

Dalam strategi permainan sepak bola biasanya mengandung formasi di dalamnya. Strategi yang dibuat ini tidak keluar dari peraturan sepak bola yang ada sehingga membutuhkan kreativitas, kemampuan berpikir dan improvisasi yang baik bagi para pemainnya. Dengan strategi ini diharapkan para pemain menemukan alternatif terbaik dari masalah masalah yang terdapat dalam pertandingan.

Strategi Dalam Permainan Sepak Bola
Strategi Dalam Permainan Sepak Bola

Lancar tidaknya strategi sepak bola yang berlangsung tersebut ditentukan oleh teknik dasar sepak bola yang dimiliki pemain dan posisi dari pemain itu sendiri. Lantas bagaimana bentuk strategi yang digunakan dalam permainan sepak bola itu? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang strategi permainan sepak bola beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Strategi Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Seperti yang kita tahu bahwa pembuatan strategi sepak bola dilakukan sebelum pertandingan berlangsung. Dalam hal ini pelatih berperan sangat besar agar sebuah tim dapat memenangkan pertandingan secara sportif dan sehat. Strategi dalam permainan sepak bola tersebut berisi gerakan gerakan penting yang dibutuhkan selama berlangsungnya pertandingan.

Secara umum strategi dapat diartikan sebagai sebuah akal atau siasat yang dirancang sebelum berlangsungnya pertandingan dan digunakan pelatih serta pemain untuk memenangkan pertandingan secara sehat maupun sportif. 

Strategi permainan sepak bola pada umumnya mengarah pada beberapa gerakan yang diperlukan dalam pertandingan. Dalam olahraga ini, kedudukan strategi mempunyai makna sebagai pendukung dari aspek taktik sepak bola itu sendiri. Maka dari itu dalam pertandingan sepak bola terdapat perbedaan antara taktik dan strategi yang digunakan. Walaupun sebenarnya keduanya saling mendukung dan berhubungan untuk menggapai tujuan yang sama yakni memenangkan pertandingan. Di bawah ini terdapat beberapa jenis strategi dalam permainan sepak bola yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Cara Mengoper Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Strategi Pertahanan

Strategi sepak bola ini diapliksikan oleh perseorangan ataupun kelompok yang bertujuan unuk menahan serangan lawan agar tidak kebobolan. Pemain yang bertugas untuk menahan serangan dinamakan dengan barisan pertahanan atau pemain belakang atau pemain bek. Strategi pertahanan dalam permainan ini memang cukup beragam, tetapi menggunakan pola penerapan yang terkoordinir dan baik.

Pemain bek bertugas untuk menahan serangan dari lawan. Tetapi keberhasilan untuk memenangkan pertandingan tidak hanya membutuhkan strategi saja, namun juga kerja sama antar anggota tim yang baik juga berperan penting di dalamnya. Dengan kerja sama dan pemahaman yang baik antar pemain satu tim tersebut. maka daerah sendiri dapat dijaga dengan baik dan tetap aman. Di bawah ini terdapat beberapa jenis strategi permainan sepak bola untuk bertahan yaitu meliputi:

Penjagaan Daerah (Zone Defence)

Bentuk strategi ini berisi ketentuan untuk menjaga wilayah pertahanan sesuai dengan penentuan pelatihnya. Jika pemin lawan mencoba menerobos masuk ke daerah ini, maka pemain bertahan ini menghalau dan menghalangi pemain lawan. Jenis strategi ini bertujuan untuk memperkecil kemungkinan operan yang diperoleh lawan dan menghalau serangan lawan sehingga lawan tidak dapat mencetak gol.

Penjagaan Satu Lawan Satu (Man to Man Marking)

Jenis strategi sepak bola selanjutnya adalah penjagaan satu lawan satu. Strategi ini berisi ketentuan yakni satu pemain akan menjaga satu pemain dari tim lawan. Tipe penjagaan ini tergolong lebih fleksibel. Maksudnya adalah kita dapat meninggalkan penjagaan jika pemain lawan dirasa tidak membutuhkan penjagaan ketat dan aman. Dengan strategi ini, gerakan pemain bertahan dapat lebih leluasa di dalam lapangan.

Penjagaan Gabungan (Kombinasi)

Jenis strategi ini merupakan gabungan dari strategi penjagaan daerah dengan penjagaan satu lawan satu. Dengan pertahanan ini, pemain bek tidak harus mengikuti pemain lawan namun dapat dialihkan kepada pemain sebaris yang lain.

Strategi Penyerangan

Jenis strategi permainan sepak bola selanjutnya adalah strategi penyerangan. Setiap pemain pada dasarnya telah disusun gerakannya oleh pelatih. Dengan begitu pemain seharusnya tidak mencoba keluar dari posisi yang telah menjadi tugas masing masing. Misalnya pemain gelandang yang ditetapkan menempati wilayah lingkaran lapangan bagian tengah. Maka dari itu pemain tersebut tidak dapat pindah ke depan, samping, ataupun mundur ke belakang. Ketentuan ini berlaku untuk posisi pemain lain seperti striker, sayap kiri dan kanan maupun pemain bek.
Penerapan strategi penyerangan harus dilakukan dengan matang dan disertai dengan latihan ekstra agar pertahanan lawan dapat diterobos serta gol dapat dicetak. Kita harus melakukan pola gerakan tendangan bebas, tendangan pertama, lemparan ke dalam dan tendangan penjuru yang baik dan benar. Hasilnya akan lebih maksimal jika latihan pemain disesuaikan dengan tugas masing masing. Strategi penyerangan ini dapat disusun dengan memperhatikan beberapa hal seperti:
  • Pemain yang bertugas mengatur serangan.
  • Pemain yang bertugas membantu atau asisten serangan.
  • Pemain yang bertugas mencetak gol atau disebut juga dengan penembak utama (goal getter).
  • Pemain yang bertugas memancing pemain pertahanan lawan agar pertahanan lawan kacau dan dapat diterobos.
  • Memperhatikan situasi dan kondisi lapangan pertandingan.
  • Mengetahui strategi yang digunakan lawan.
  • Pelatih mengetahui kemampuan setiap pemain tim sendiri dan pemain lawan. 
  • Rencana harus direncanakan dan dibuat sematang mungkin agar lawan mendapatkan tekanan. Dengan begitu area lawan dapat dimasuki dengan mudah menggunakan sisi lemah pemainnya.

Strategi Kelompok

Jenis strategi permainan sepak bola selanjutnya adalah strategi kelompok. Strategi ini merupakan taktik yang memerlukan dua atau lebih pemain yang saling bekerja sama. Pemain pemain tersebut harus melakukan pertahanan dan penyerangan sekaligus agar kemenangan pertandingan dapat diperoleh dengan sportif dan sehat.

Strategi Perorangan

Strategi sepak bola ini merupakan jenis strategi yang dilakukan oleh satu pemain saja. Pemain yang dimaksud adalah pemain terpilih untuk melakukan perannya dalam bertahan dan memperoleh kemenangan. Biasanya pemain akan dilatih kemampuannya secara maksimal, baik secara fisik ataupun mental. Pelaksanaan strategi perorangan biasanya cepat terjadi, khususnya dalam menghadapi masalah yang dialami selama pertandingan berlangsung.

Strategi Kolektif

Strategi kolektif merupakan jenis strategi yang cukup esensial untuk bertahan dan memenangkan pertandingan secara sportif. Strategi ini hanya perlu membutuhkan kerja sama antar pemain selama pertandingan berlangsung.

Sekian penjelasan mengenai strategi permainan sepak bola yang baik dan benar. Masing masing strategi biasanya harus direncanakan dengan matang dan dilengkapi dengan kemampuan pemain dalam menjalankan tugasnya dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Strategi Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel