Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya

Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya - Lempar cakram merupakan salah satu jenis nomor olahraga dalam cabang perlombaan atletik. Olahraga satu ini dilaksanakan pada lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 2,5 meter. Penguasaan teknik dasar seperti memegang piringan, gerakan awalan, dan cara melempar menjadi kunci sukses utama. Tapi yang tak kalah penting lagi atlet harus memiliki pehamaman lebih lanjut tentang lapangan beserta peraturan di dalamnya.

Menghafal berapa ukuran lapangan lempar cakram menjadi salah satu kewajiban kita. Tak sedikit siswa yang terjebak ketika diminta membuat gambar lapangan lempar cakram dan ukurannya secara benar. Justru banyak yang salah persepsi karena menyamakan olahraga satu ini dengan tolak peluru. Padahal keduanya jelas jauh berbeda baik dari konsep, teknik, maupun bentuk lapangan.

Pada dasarnya, gambar lapangan lempar cakram sudah ada sejak jaman pemerintahan Jepang sekitar tahun 45. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam permainan lempar cakram yaitu kekuatan lempar, daya tahan tubuh dan kekuatan fisik. Ukuran lapangan lempar cakram memiliki standar yang berbeda tiap tingkatnya.

Kriteria tersebut biasanya disesuaikan berdasarkan kategori perlombaan tingkat nasional dan internasional. Masalahnya apakah kalian sudah benar-benar menguasai materi? karena ternyata masih banyak siswa yang merasa bingung.

Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya

Lempar cakram dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutupan. Untuk tahap persiapan diawali dengan posisi tubuh berdiri dengan memegang cakram. Untuk tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengayunkan cakram ke arah belakang kemudian melepaskannya.

Sedangkan untuk tahap penutupan dilakukan dengan menciptakan dorongan agar posisi kaki bisa menumpu tubuh setelah fase lemparan. Jika ingin semua tahap di atas berjalan lancar kita harus menghafal ukuran lapangan lempar cakram secara seksama. Lewat pemahan tersebut kalian akan terhindar dari penalty karena posisi yang melewati zona ataupun melempar ke arah yang salah.
Baca juga : Teknik Dasar Lempar Cakram Lengkap
Dalam olahraga lempar cakram, tahap awalannya dilakukan dengan dua kali putaran. Kemudian dilanjutkan dengan membelakangi arah lemparan. Pegang cakram dan ayunkan ke arah kanan belakang diimbangi dengan gerakan badan yang stabil. Posisi kaki sebelah kanan juga sedikit ditekuk agar berat badan bertumpu pada kaki kanan tersebut.

Ayunkan cakram ke arah kiri dan tumit kaki kanan sedikit diangkat agar lebih rileks. Lemparkan cakram dengan sudut arah 40 derajat. Lalu condongkan badan setelah melepas cakram. Adapula yang berkata bahwa tolak peluru dan lempar cakram merupakan jenis olahraga yang sama. Namun sebenarnya kedua jenis olahraga ini berbeda, termasuk juga ukuran lapangan lempar cakram dan tolak peluru.

Gambar Lapangan Lempar Cakram

Mampu menghafal gambar lapangan lempar cakram dengan benar menjadi nilai tambah tersendiri untuk siswa. Pasalnya, materi satu ini sering kali muncul sebagai butir soal ujian yang cukup menjebak. Meski guru sudah membahasnya berkali-kali dalam berbagai kesempatan. Tapi masih banyak siswa tak bisa membedakan bentuk lapangan lempar cakram dan tolak peluru. Kita pun tidak bisa menampik fakta bahwa keduanya memang sedikit memiliki kesamaan dari segi bentuknya.

Pada dasarnya, ukuran lapangan lempar cakram dapat kalian temukan pada buku LKS. Bahkan pembahasan di LKS sudah lengkap karena mencakup berbagai aspek materi mulai dari teknik dasar, peraturan, sampai berat dan ukuran cakram itu sendiri. Di lain sisi, guru pun pasti akan menyampaikan materi tersebut tak hanya secara teori melainkan juga diikuti oleh kegiatan praktikum.

Lantas seperti apa gambar lapangan lempar cakram? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Secara garis besar kita memang tak akan menjumpai bentuk asli lapangan tersebut di sekolah tapi kalian masih bisa mencari referensi dari internet. Untuk menambah wawasan maka simaklah ilustrasi gambar dan keterangan di bawah:

Gambar lapangan lempar cakram standar internasional
Gambar lapangan lempar cakram

Dari gambar di atas kita bisa tarik kesimpulan bahwa lempar cakram dilakukan pada lapangan berbentuk lingkaran. Diameternya adalah 2,5 meter dan memiliki sudut 40 derajat menghadap ke arah yang telah ditentukan. Selain itu terdapat pula garis bantu sepanjang 0,75 m pada kanan dan kiri lapangan utama sebagai zona aman.

Gambar lapangan lempar cakram di atas sebenarnya masih bisa kita jabarkan lagi menjadi aspek yang lebih luas. Oleh karenanya tetaplah membaca artikel ini sampai akhir karena sesi selanjutnya kita akan membahas ukuran lapangan lebih detail.

Ukuran Lapangan Lempar Cakram

Terlepas dari materi yang mengupas cara melempar cakram, berat piringan, dan teknik dasarnya. Kita wajib pula menghafal berapa ukuran lapangan permainan yang meliputi panjang lebar serta sudut lemparan. Pasalnya ukuran tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian baik pada pilihan ganda maupun uraian.

Meski sudah tau bentuk lapangannya tapi tak serta merta membuat kita bisa menelaahnya secara mentah-mentah. Karena gambar lapangan lempar cakram di atas memiliki aspek-aspek khusus seperti besaran sudut tengah, jarak antar garis aman dan lain sebagainya. Inilah unsur penting yang tak boleh kalian lewatkan karena materi tersebut sudah pasti muncul ketika ujian tertulis berlangsung.

Jika kamu sedang mendapat tugas untuk membuat ilustrasi lapangan maka jangan langsung menggambar tanpa memberi keterangan. Alangkah lebih baiknya perhatikan terlebih dulu ukuran lapangan lempar cakram beserta penjelasan di bawah:

Lapangan Lempar Cakram
Gambar Lapangan Lempar Cakram
Baca juga : 28 Peraturan Lempar Cakram Lengkap dan Terperinci
Berdasarkan gambar di atas dapat diperoleh ukuran lapangan lempar cakram sebagai berikut:
  1. Ukuran garis tengan lapangan = 2,50 m
  2. Lingkaran yang digunakan untuk melempar terbuat dari baja atau metal (Perlombaan resmi).
  3. Ukuran perpanjangan dari garis tengah = 0,75 m
  4. Besar sudut untuk melempar = 40º
  5. Ukuran garis batas untuk melempar = 5 cm
Bagi atlet lempar cakram memang diwajibkan untuk mengetahui aturan permainan termasuk ukuran dan gambar lapangan lempar cakram sesuai standar Internasional. Kita tau bahwa setiap cabang olahraga atletik pasti memiliki ukuran lapangannya masing-masing, seperti halnya olahraga lempar cakram. Lapangan harus diperiksa dengan teliti sebelum pelaksanaan pertandingan. Bahkan pihak panitia juga akan memeriksanya secara berkala. 

Posting Komentar untuk "Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya"