Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Gambar

Advertisement

Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Gambar - Dalam cabang olahraga atletik terdapat beberapa jenis nomor olahraga seperti lempar lembing, lempar cakram, voli, renang, basket dan masih banyak lagi. Setiap jenis olahraga tersebut memiliki teknik dan peraturannya masing masing. Selain itu juga terdapat ukuran lapangan yang harus diketahui karena setiap olahraga berbeda beda lapangannya. Seperti halnya ukuran lapangan lempar cakram ini. Lempar cakram termasuk cabang olahraga atletik kategori nomor lempar. Setiap atlet cakram harus mematuhi peraturan dan menguasi teknik dasar yang berlaku.

Lempar cakram sudah dikenal sejak jaman prasejarah. Jenis olahga ini sudah ada sejak jaman pemerintahan Jepang sekitar tahun 45. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam permainan lempar cakram yaitu kekuatan lempar, daya tahan tubuh dan kekuatan fisik. Hal hal inilah yang mendasari keberhasilan para atlet dalam melempar cakram. Namun setiap atlet juga wajib mengetahui ukuran lapangan lempar cakram yang berlaku dalam standar Internasional. Kali ini saya akan membahas mengenai ukuran lapangan lempar cakram beserta gambarnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Gambar

Lempar cakram dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutupan. Untuk tahap persiapan diawali dengan posisi tubuh berdiri dengan memegang cakram. Untuk tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengayunkan cakram ke arah belakang kemudian melepaskannya. Sedangkan untuk tahap penutupan dilakukan dengan menciptakan dorongan agar tercipta dorongan lemparan serta posisi kaki berada di kanan agar dapat menumpu tubuh setelah melakukan lemparan. Semua tahap ini terdapat dalam teknik lempar cakram. Namun tidak hanya ini saja yang perlu anda pahami. Melainkan ukuran lapangan lempar cakram juga perlu di pahami.
Baca juga : Teknik Dasar Lempar Cakram Lengkap
Dalam olahraga lempar cakram, tahap awalannya dilakukan dengan dua kali putaran. Kemudian dilanjutkan dengan membelakangi arah lemparan. Pegang cakram dan ayunkan ke arah kanan belakang diimbangi dengan gerakan badan yang stabil. Posisi kaki sebelah kanan juga sedikit ditekuk agar berat badan bertumpu pada kaki kanan tersebut. Ayunkan cakram ke arah kiri dan tumit kaki kanan sedikit diangkat agar lebih rileks. Lemparkan cakram dengan sudut arah 40 derajat. Lalu condongkan badan setelah melepas cakram. Adapula yang berkata bahwa tolak peluru dan lempar cakram merupakan jenis olahraga yang sama. Namun sebenarnya kedua jenis olahraga ini berbeda, termasuk juga ukuran lapangan lempar cakram dan tolak peluru.

Selain itu juga terdapat perbedaan antara olahraga lempar cakram dengan tolak peluru yaitu terletak pada bagian teknik yang digunakan. Untuk teknik pada lempar peluru lebih condong pada teknik mendorong, sedangkan untuk lempar cakram lebih condong pada teknik melempar. Berikut ukuran lapangan lempar cakram beserta gambarnya :
Lapangan Lempar Cakram
Baca juga : 28 Peraturan Lempar Cakram Lengkap dan Terperinci
Berdasarkan gambar diatas dapat diperoleh ukuran lapangan lempar cakram sebagai berikut:

  1. Ukuran garis tengan lapangan = 2,50 m
  2. Lingkaran yang digunakan untuk melempar terbuat dari baja atau metal (Perlombaan resmi).
  3. Ukuran perpanjangan dari garis tengah = 0,75 m
  4. Besar sudut untuk melempar = 40º
  5. Ukuran garis batas untuk melempar = 5 cm
Bagi atlet lempar cakram memang diwajibkan untuk mengetahui aturan permainan termasuk ukuran lapangan lempar cakram sesuai standar Internasional. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap cabang olahraga atletik pasti memiliki ukuran lapangannya masing masing, seperti halnya olahraga lempar cakram. Lapangan harus diperiksa dengan teliti sebelum pelaksanaan pertandingan. Bahkan pihak panitia juga akan memeriksanya secara berkala. 

Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Gambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar