Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya

Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya - Lempar cakram merupakan salah satu jenis nomor olahraga dalam cabang perlombaan atletik. Olahraga satu ini dilaksanakan pada lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 2,5 meter. Penguasaan teknik dasar seperti memegang piringan, gerakan awalan, dan cara melempar menjadi kunci sukses utama. Tapi yang tak kalah penting lagi atlet harus memiliki pehamaman lebih lanjut tentang lapangan beserta peraturan di dalamnya.

Menghafal berapa ukuran lapangan lempar cakram menjadi salah satu kewajiban kita. Tak sedikit siswa yang terjebak ketika diminta membuat gambar lapangan lempar cakram dan ukurannya secara benar. Justru banyak yang salah persepsi karena menyamakan olahraga satu ini dengan tolak peluru. Padahal keduanya jelas jauh berbeda baik dari konsep, teknik, maupun bentuk lapangan.

Pada dasarnya, Lempar cakram sudah ada sejak jaman pemerintahan Jepang sekitar tahun 45. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam permainan lempar cakram yaitu kekuatan lempar, daya tahan tubuh dan kekuatan fisik. Ukuran lapangan lempar cakram memiliki standar yang berbeda tiap tingkatnya. Kriteria tersebut biasanya disesuaikan berdasarkan kategori perlombaan tingkat nasional dan internasional.

Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya

Lempar cakram dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutupan. Untuk tahap persiapan diawali dengan posisi tubuh berdiri dengan memegang cakram. Untuk tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengayunkan cakram ke arah belakang kemudian melepaskannya.

Sedangkan untuk tahap penutupan dilakukan dengan menciptakan dorongan agar posisi kaki bisa menumpu tubuh setelah fase lemparan. Jika ingin semua tahap di atas berjalan lancar kita harus menghafal ukuran lapangan lempar cakram secara seksama. Lewat pemahan tersebut kalian akan terhindar dari penalty karena posisi yang melewati zona ataupun melempar ke arah yang salah.
Baca juga : Teknik Dasar Lempar Cakram Lengkap
Dalam olahraga lempar cakram, tahap awalannya dilakukan dengan dua kali putaran. Kemudian dilanjutkan dengan membelakangi arah lemparan. Pegang cakram dan ayunkan ke arah kanan belakang diimbangi dengan gerakan badan yang stabil. Posisi kaki sebelah kanan juga sedikit ditekuk agar berat badan bertumpu pada kaki kanan tersebut.

Ayunkan cakram ke arah kiri dan tumit kaki kanan sedikit diangkat agar lebih rileks. Lemparkan cakram dengan sudut arah 40 derajat. Lalu condongkan badan setelah melepas cakram. Adapula yang berkata bahwa tolak peluru dan lempar cakram merupakan jenis olahraga yang sama. Namun sebenarnya kedua jenis olahraga ini berbeda, termasuk juga ukuran lapangan lempar cakram dan tolak peluru.

Gambar Lapangan Lempar Cakram

Meski guru sudah membahasnya berkali-kali dalam berbagai kesempatan. Tapi masih banyak siswa tak bisa membedakan bentuk lapangan lepar cakram dan tolak peluru. Kita pun tidak bisa menampik fakta bahwa kedua sedikit memiliki kesamaan dari segi bentuknya.

Pada dasarnya, ukuran lapangan lempar cakram dapat kalian temukan pada buku LKS. Bahkan pembahasan di LKS sudah lengkap karena mencakup berbagai materi mulai dari teknik dasar, peraturan, sampai ukuran cakram itu sendiri.

Gambar lapangan lempar cakram standar internasional
Ilustrasi lapangan lempar cakram

Dari gambar di atas kita bisa tarik kesimpulan bahwa lempar cakram dilakukan pada lapangan berbentuk lingkaran. Diameternya adalah 2,5 meter dan memiliki sudut 40 derajat menghadap ke arah tolakan. Selan itu terdapat pula garis bantu sepanjang 0,75 m pada kanan dan kiri lapangan utama sebagai zona aman.

Gambar lapangan lempar cakram di atas sebenarnya masih bisa kita jabarkan lagi menjadi aspek yang lebih luas. Oleh karenanya tetaplah membaca artikel ini sampai akhir karena sesi selanjutnya kita akan membahas ukuran lapangan lebih detail.

Ukuran Lapangan Lempar Cakram

Terlepas dari materi yang mengupas cara melempar cakram, berat piringan, dan teknik dasarnya. Kita wajib pula menghafal berapa ukuran lapangan permainan yang meliputi panjang lebar serta sudut lemparan. Pasalnya ukuran tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian baik pada pilihan ganda maupun uraian.

Meski sudah tau bentuk lapangannya tapi tak serta merta membuat kita bisa menelaahnya secara mentah-mentah. Karena gambar lapangan lempar cakram di atas memiliki aspek-aspek khusus seperti besaran sudut tengah, jarak antar garis aman dan lain sebagainya.

Jika kamu sedang mendapat tugas untuk membuat ilustrasi lapangan maka jangan langsung menggambar tanpa memberi keterangan. Alangkah lebih baiknya perhatikan terlebih dulu ukuran lapangan lempar cakram beserta penjelasan di bawah:
Lapangan Lempar Cakram
Lapangan Lempar Cakram
Baca juga : 28 Peraturan Lempar Cakram Lengkap dan Terperinci
Berdasarkan gambar diatas dapat diperoleh ukuran lapangan lempar cakram sebagai berikut:
  1. Ukuran garis tengan lapangan = 2,50 m
  2. Lingkaran yang digunakan untuk melempar terbuat dari baja atau metal (Perlombaan resmi).
  3. Ukuran perpanjangan dari garis tengah = 0,75 m
  4. Besar sudut untuk melempar = 40º
  5. Ukuran garis batas untuk melempar = 5 cm
Bagi atlet lempar cakram memang diwajibkan untuk mengetahui aturan permainan termasuk ukuran dan gambar lapangan lempar cakram sesuai standar Internasional. Kita tau bahwa setiap cabang olahraga atletik pasti memiliki ukuran lapangannya masing-masing, seperti halnya olahraga lempar cakram. Lapangan harus diperiksa dengan teliti sebelum pelaksanaan pertandingan. Bahkan pihak panitia juga akan memeriksanya secara berkala. 

Belum ada Komentar untuk "Gambar dan Ukuran Lapangan Lempar Cakram Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel