Teknik Dasar Menggiring Bola Melewati Rintangan Sepak Bola

Teknik Dasar Menggiring Bola Melewati Rintangan Sepak Bola - Bermain bola menjadi salah satu olahraga yang diminati masyarakat. Selain menyehatkan, permainan satu ini pun sangat menyenangkan dilakukan bersama. Selain memerlukan kerjasama tim yang tinggi pemain juga dituntut harus menguasai semua teknik dasarnya.

Teknik Menggiring Bola dengan Melewati Rintangan

Mulai dari mengoper, mengumpan, mengecoh lawan, dribbling, sampai menembak. Bagaimana cara menggiring bola melewati rintangan? inilah yang sering kali ditanyakan oleh siswa. Faktanya, pertanyaan demikian justru sering muncul sebagai butir soal ujian. Akhirnya banyak yang terjebak dan tak bisa menjawabnya dengan baik dan benar.

Dalam konteks pendidikan materi sepak bola biasanya sudah diajarkan pada siswa sejak dini. Pembahasanya pun diberikan secara bertahap dan semakin dalam seiring bertambahnya jenjang. Sekarang pun kalian dapat menjumpainya dalam buku pedoman penjas serta LKS.

Teknik Dasar Menggiring Bola Melewati Rintangan Sepak Bola

Rintangan biasanya dipakai sebagai bentuk latihan teknik dasar menggiring bola. Berkatnya, pemain bisa meningkatkan akurasi serta kemampuan melewati lawan. Semakin ahli seorang pemain dalam hal ini maka semakin baik pula performa yang dapat dia tampilkan pada pertandingan. Di lain sisi, menggiring bola melewati rintangan merupakan suatu keterampilan yang didapatkan dengan berlatih.

Meski terkesan mudah tapi ternyata banyak pemain mengalami kesulitan ketika melakukannya. Terlebih bagi orang yang memang belum tau cara serta teknik dasarnya dengan benar. Oleh karenanya kita harus melakukan berbagai variasi latihan untuk meningkatkan akurasi, kecepatan, dan kelincahan secara rutin.

Baca juga : Macam Macam Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya
Teknik menggiring bola dalam olahraga sepak bola dapat dilatih melalui beberapa bentuk latihan seperti melewati rintangan. Pemain harus menggiring dengan pola berbelok belok dan bola pun tak boleh menyentuh rintangan. Biasanya, batas waktu pun juga ditentukan dan disesuaikan berdasarkan kemampuan sang pemain.

Lantas bagaimana cara menggiring bola melewati rintangan dalam sepak bola itu? Simaklah tutorialnya berikut:
  1. Sepuluh tiang pancang dipasang dengan jarak satu meter dari setiap tiangnya. 
  2. Setelah itu letakkan bola di belakang tiang sejauh 30 cm dari tiang pertamanya.
  3. Badan diposisikan mendekati bola dan arahkan pandangan menuju tiangnya. 
  4. Kemudian bola digiring menggunakan kaki kanan, dimana gerakannya harus melewati tiang tiang pancang yang tersedia.
  5. Usahakan ketika tiang pancang dilewati, gerakan yang dilakukan berbelok belok dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya.
Itulah teknik dasar menggiring bola melewati rintangan dalam sepak bola yang dapat saya bagikan. Mempelajari teori memanglah mudah tapi tidak dengan prakteknya. Banyak siswa yang akhirnya gagal karena terlalu takut serta kurang percaya diri untuk mencoba. Tapi, cara menggiring bola dalam olahraga sepakbola dapat anda kuasai dengan berlatih secara rutin dan terus menerus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Menggiring Bola Melewati Rintangan Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel