Gerakan Loncat Harimau Bertumpu Pada

Gerakan Loncat Harimau Bertumpu Pada - Apa itu loncat harimau? Loncat harimau atau tiger sprong termasuk dalam salah satu gerakan senam lantai. Loncat harimau dapat dilakukan dengan berhasil asalkan memenuhi beberapa faktor. Misalnya saja cara menumpu yang benar. Loncat harimau tersebut memiliki gerakan yang berasal dari pengembangan gerakan salto depan. Tetapi dalam lompat harimau terdapat proses lompatan di udara yang menggunakan jarak lebih jauh daripada sallto depan.

Ada beberapa pendapat terkait gerakan lompat harimau tersebut. Yang pertama adalah loncat harimau berasal dari pengembangan gerakan guling depan. Maka dari itu olahraga guling depan dan lompat harimau memiliki gerakan yang hampir sama, tetapi yang membedakan hanyalah gerakan menolak ke arah depan atas sebelum berguling. Lantas gerakan loncat harimau bertumpu pada apa?

Gerakan Loncat Harimau Bertumpu Pada
Gerakan Loncat Harimau

Loncat harimau sendiri juga termasuk dalam gerakan meloncat menyerupai gerakan harimau saat menerkam mangsanya dan diikuti dengan gerakan roll depan. Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa pengertian loncat harimau adalah gerakan melompat ke arah depan menggunakan proses melayang serta menggunakan kedua tangan untuk mendarat dan dilanjutkan dengan gerakan guling depan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gerakan loncat harimau bertumpu pada apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gerakan Loncat Harimau Bertumpu Pada

Gerakan loncat harimau pada dasarnya dapat dilakukan dengan baik dan benar asalkan banyak berlatih menggunakan rintangan seperti teman yang membungkuk atau kotak. Namun sebelum melakukan gerakan tersebut, anda harus memahami beberapa teknik dasar lompat harimau yang tersedia. Teknik dasar loncat harimau tersebut dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya.

Selain memahami teknik dasar di atas, anda juga dapat memahami beberapa kesalahan dalam loncat harimau yang harus dihindari. Lalu gerakan loncat harimau bertumpu pada apa? Seperti yang kita tahu bahwa asal dari gerakan loncat harimau adalah dari sikap kedua lengan saat meloncat dan berguling seperti gerakan harimau. Bahkan gerakan loncat harimau ini menyerupai gerakan dasar guling depan yang dibedakan dengan teknik awalan dan sikap mendaratnya saja.

Dalam melakukan gerakan loncat harimau, usahakan menggunakan alas seperti matras agar resiko cedera ketika melakukan gerakan tersebut dapat dikurangi. Olahraga loncat harimau biasanya menggunakan beberapa sarana dan prasarana yang dibutuhan yaitu diantaranya:

  1. Penanda adalah alat yang digunakan untuk menandai hasil ketinggian melompat yang bisa dicapai pelompat.
  2. Matras adalah alat yang digunakan sebagai alas dengan ketebalan tinggi sehingga dapat digunakan untuk membuat resiko cedera dapat diminimalisir ketika sedang mendarat.
Setelah memahami apa itu loncat harimau, kemudian coba kerjakan salah satu soal seperti berikut:

Gerakan loncat harimau bertumpu pada . . .
A. Dua kaki, dua tangan, dan lutut
B. Satu kaki, tengkuk, dan tangan
C. Dua kaki, tengkuk, dan tangan
D. Dua kaki, dua tangan, dan kepala

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Dua kaki, dua tangan dan lutut.

Dari jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa gerakan loncat harimau bertumpu pada dua kaki, dua tangan, dan tengkuk. Loncat harimau tersebut merupakan gerakan senam lantai yang asalnya dari gerakan salto depan yang dikembangkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Gerakan Loncat Harimau Bertumpu Pada"