Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Advertisement

Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis - Permainan bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak sekali peminatnya. Dalam permainan ini menggunakan alat raket dan shuttlecock sebagi penunjang dalam pertandingannya. Bulu tangkis dapat dimainkan secara tunggal maupun bertim atau ganda. Dalam permainan bulu tangkis terdapat 5 tipe pelombaan yaitu tunggal putri, tunggal putra, ganda putri, ganda putra, maupun ganda campuran. Sama seperti permainan lainnya, setiap pemain diharuskan untuk memahami setiap teknik dasar dan ukuran lapangan permainan bulu tangkis. Teknik dasar permainan bulu tangkis harus dikuasai untuk memenangkan pertandingan

Kata bulu tangkis memiliki dua kata yaitu bulu dan tangkis secara harfiah. Kata "bulu" digunakan untuk menggambarkan shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa. Sedangkan untuk "tangkis" memiliki makna menangkis gerakan bulu tadi. Masih banyak sekali pendapat yang menjelaskan dimana bulu tangkis berkembang. Ada yang menyebutkan permainan bulu tangkis berasal dari Mesir pada tahun 2000 lalu. Adapula yang menyebutkan bahwa permainan bulu tangkis berasal dari Tiongkok, India. Namun dimanapun asal permainan ini, sampai sekarang masih berkembang dan masih berlaku sampai sekarang. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis dan ukuran lapangan permainan bulu tangkis. Berikut ulasan selengkapnya.

Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis ialah sebuah permainan bola yang menggunakan kok dan rakete dengan cara memukulnya sampai melewati net yang telah direntangkan ditengah lapangan. Permainan bulu tangkis dapat dilakukan secara tunggal (dua orang) ataupun ganda (empat orang). Dalam permainan ini terdapat peraturan yang telah diresmikan oleh IBF atau International Badminton Federation. Pada tahun 1951, Indonesia membentuk organisasi induk permainan bulu tangkis yang dinamai PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia. Kemudian pada tahun 1953, Indonesia resmi menjadi anggota organisasi IBF. Pada tahun inilah teknik dasar permainan bulu tangkis dan ukuran lapangan permainan bulu tangkis juga terbentuk.

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis 

Dalam permainan bulu tangkis terdapat teknik dasar yang harus anda pahami dan kuasai. Dibawah ini terdapat beberapa teknik dasar permainan bulu tangkis beserta penjelasannya.

Teknik Memegang Raket
Teknik dasar permainan bulu tangkis yang pertama ialah teknik memegang raket dengan benar. Dalam teknik ini dapat dibagi menadi beberapa jenis yaitu :

Forehand Grip
Teknik dasar permainan bulu tangkis dalam memegang raket yang pertama dapat dilakukan dengan cara forehand grip. Berikut cara melakukan teknik forehand grip :
  • Raket dipegang menggunakan tangan kiri dengan posisi tegak lurus.
  • Setelah itu tangan kanan digunakan untuk memegang senar. Lalu arahan tangan kanan menuju pegangan raket.
  • Posisikan telapak tangan berada diujung pegangan. Letakkan ibu jari sedikit menjauh dengan jari jari lain.
  • Lingkarkan ibu jari secara wajar dan posisikan jari sedikit renggang.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Galah Beserta Ukuran Lapangannya
Backhand Grip
Teknik dasar permainan bulu tangkis dalam memegang raket selanjutnya dapat dilakukan dengan cara backhand grip. Berikut cara melakukan teknik backhand grip :
  • Posisikan ibu jari berada pada pegangan raket secara tegak lurus.
  • Letakkan ibu jari tersebut diarah dalam sehingga dapat memiliki fungsi sebagai pengungkit.
  • Ketika raket berputar 1/4 putaran maka posisi pegangan raket berubah.
Frying Pen
Teknik dasar permainan bulu tangkis dalam memegang raket yang terakhir dapat dilakukan dengan cara frying pen. Berikut cara melakukan teknik frying pen :
  • Taruhlah raket dilantai kemudian pegang dan angkat.
  • Posisikan bidang pada raket sejajar dengan tubuh anda.
  • Pada teknik ini hampir sama dengan memegang palu maupun penggorengan.

Teknik Pukulan atau Stroke
Teknik dasar permainan bulu tangkis selanjutnya ialah teknik pukulan atau stroke. Teknik pukulan juga dapat dibagi menjadi teknik servis, teknik forehand dan teknik backhand. Berikut jenis jenis teknik pukulan beserta penjelasannya :

Servis 
Teknik pukulan yang pertama ialah servis. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini terdapat beberapa gerakan yang dapat anda lakukan. Berikut cara melakukannya :

1. Servis panjang atau deep singles service. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan sikap badan berdiri dengan kaki kangkang. Tumpukan berat badan anda pada kaki bagian belakang. Pegang bola menggunakan kaki kiri dan jatuhkan didepan badan. Lalu putar badan anda dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang menuju kaki bagian depan. Lakukan pemutaran lengan dan tangan anda. Pukul bola dengan tinggi dan sejauh mungkin. Geser kedua kaki ketika melakukan pemukulan. Lakukan gerakan lanjutan dengan mengarahkan tangan sampai jauh dengan bahu bagian kiri.
Baca juga : 6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)
2. Servis pendek atau short double service. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan memegang bola manggunakan tangan kiri. Taruh kock tersebut didepan dada dengan raket yag mengadap kearah bawah. Kemudian ayunkan raket dari arah bawah kedepan dengan pemukulan yang pelan. Usahakan tidak menggeser kaki ketika melakukan pukulan.

3. Variasi servis pendek. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan memegang bola dengan menggunakan tangan kiri. Poisikan bola dibawah pinggang. Setelah itu pegang raket dengan tangan kanan dan posisikan secara menyilang. Pukul bola yang berada dibawah pinggang tadi dengan pelan. Dalam pemukulan ini usahakan tidak menggeser maupun mengangkat kaki.

Forehand
Teknik pukulan selanjutnya ialah forehand. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini terdapat beberapa gerakan yang dapat anda lakukan. Berikut cara melakukannya :

1. Forehand clear. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan merentangkan kedua tangan  ke atas. Kemudian luruskan bidang raketnya. Lakukan pemukulan kock setinggi tingginya. Pemukulan ini dilakukan dengan  menuju arah belakang lapangan lawan.

2. Forehand overhead atau pukulan atas kepala. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan kaki lurus. Lalu pukul kock sampai ke atas kepala degan cara memutar tubuh. Setelah itu pindahkan berat badan anda dari kaki kanan menuju kaki kiri. Arahkan bidang raket sampai menuju sasaran kemudian ayunkan raket kearah bawah.

3. Forehand drop. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini bertujuan untuk memukul bola dengan cara lambat dan pelan agar dapat jatuh didepan net lawan. Lakukan pemukulan bola dengan memposisikan bidang raket datar dengan sasaran didepan net lawan. Dorong bola secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut sampai bola mengarah pada depan net lawan.

4. Forehand smash. Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini bertujuan untuk memukul bola sekeras mungkin. Teknik forehand dilakukan dengan tangan telentang didepan muka untuk memukul bola. Lalu putar pergelangan tangan dan pukul bola sekeras mungkin. Posisikan bola tersebut sampai area yang tidak dapat dicapai oleh lawan.

Backhand
Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini diawali dengan teknik memegang raket secara back hand. Teknik ini memindahkan kaki kanan ke arah samping. Setelah itu lengan bagian atas membentuk sudut tertentu dan lengan bagian bawah berada dibagian dalam. Arahkan kepala raket ke bawah. 

Pukulan Net
Teknik dasar permainan bulu tangkis yang terakhir ialah pukulan net. Pukulan tesebut bertujuan untuk meletakkan bola kembali didepan net. Pukulan net dapat dilakukan dengan cara forehand net clear, forehand net drop, backhand net clear dan backhand net drop.

Dalam teknik dasar permainan bulu tangkis ini juga dijelaskan beberapa kesalahan yang sering muncul dalam pertandingan. Kesalahan tersebut meliputi pemukulan bola tidak dilakukan dengan bergantian, melakukan gerakan servis yang salah atau servis fault, penerimaan servis dan pemukulan servis tidai dilakukan pada daerah petak, bola terkena net, pemain yang memiliki skor unggul sengaja memperlambat permainan, dan melakukan peninggalan lapangan tanpa meminta ijin kepada wasit. Wasit dalam permainan bulu tangkis memiliki fungsi yaitu melakukan diskualifikasi apabila terdapat pelanggrana yang mencolok dan memberikan peringatan atau fault.
Baca juga : Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta Gambarnya

Ukuran Lapangan Permainan Bulu Tangkis

Selanjutnya terdapat ukuran lapangan permainan bulu tangkis yang harus anda pahami. Lapangan bulu tangkis ini memiliki ukuran yang berbeda beda sesuai standar internasional yang berlaku. Lapangan tersebut dapat dibagi menjadi dua menurut pertandingan partai ganda maupun partai tunggal. Berikut penjelasannya :
Partai Tunggal atau Single atau 1 on 1
Dalam pertandingan partai tunggal diperoleh ukuran lapangan permainan bulu tangkis yaitu
Panjang lapangan = 11,88 m
Lebar lapangan = 5,18 m
Luas Lapangan = 61,5384 m²
Tinggi Net = 1,55 m
Tinggi Bagian Atas Net = 1,52 m
Jarak Net dengan Garis Servis = 1,98 m
Jarak Garis Servis dengan Sisi Luar Lapangan = 3,96 m

Partai Ganda atau Dobel atau 2 on 2
Dalam pertandingan partai ganda diperoleh ukuran lapangan permainan bulu tangkis yaitu :
Panjang lapangan = 13,40 m
Lebar lapangan = 6,10 m
Luas Lapangan = 81,74 m²
Tinggi Net = 1,55 m
Tinggi Bagian Atas Net = 1,52 m
Jarak Net dengan Garis Servis = 1,98 m
Jarak Garis Servis dengan Sisi Luar Lapangan = 4,72 m


Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis dan ukuran lapangan permainan bulu tangkis yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

2 komentar: