Teknik Dasar Renang Gaya Punggung dan Penjelasannya

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung dan Penjelasannya - Berenang merupakan salah satu olahraga air yang banyak digemari masyarakat. Gerakan renang memiliki banyak sekali manfaat yang bisa menyehatkan badan. Meski demikian tak semua orang bisa berenang dengan baik dan benar karena berbagai alasan.

Renang Gaya Punggung

Secara garis besar ada 4 teknik dan gaya renang yang wajib kalian ketahui yakni gaya punggung, dada, dan kupu-kupu. Setiap gaya tentunya memiliki gerakan berbeda. Gaya punggung pada olahraga renang terkenal sebagai gaya atau teknik renang tertua seperti halnya renang gaya bebas. Olimpiade Paris tahun 1900 menjadi pertandingan renang pertama untuk gaya punggung.

Cara melakukan renang gaya punggung sebenarnya sudah diajarkan secara teori pada siswa. Pembahasan teknik dasar dan gerakannya pun bisa kalian baca sendiri di buku LKS penjas. Masalahnya, masih banyak siswa yang kesulitan ketika diminta menjelaskan teknik dasar renang gaya punggung dengan baik dan benar. Padahal materi tersebut justru sering muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung.

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung dan Penjelasannya

Pada dasarnya gerakan renang gaya punggung memiliki perbedaan sangat kontras dengan gaya lainnya. Mengapa demikian? karena posisi punggung yang harusnya di atas justru menghadap ke permukaan air. Dalam konteks perlombaan, teknik awalan pun dilaksanakan bukan di darat/papan loncat melainkan di dalam air. Cara renang gaya punggung yang elegan pun sangat cocok dilakukan ketika sedang bersantai.
Baca juga : Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas
Dalam sebuah pertandingan renang diperlukan penggunaan gaya yang sesuai dengan tekniknya. Untuk itu penguasaan teknik renang gaya punggung yang benar diperlukan untuk masing masing atlet renang gaya punggung. Maka dari itu saya akan memberikan beberapa teknik gaya punggung yang digunakan yaitu meliputi:
 

Teknik Meluncur (Awalan)

Teknik awalan renang gaya punggung ditandai dengan gerakan meluncur terlebih dahulu. Pada saat meluncur atlet harus memposisikan punggungnya mengapung pada permukaan air. Caranya melontarkan tubuh dengan bertumpu pada dinding kolam. Semakin kuat kita meluncur maka semakin menguntungkan pula karena kita bisa mendapatkan awalan yang lebih cepat.

Teknik Meluncur Renang Gaya Punggung

Teknik renang gaya punggung pada saat meluncur memang sulit dan terkesan kurang ramah untuk pemula. Pasalnya tubuh perenang harus diposisikan telentang agar tidak tenggelam dan tetap mengambang sehingga tubuh bagian depan menghadap ke atas. Keuntungan menggunakan gaya punggung dalam renang ialah selama melakukan gerakan kita dapat bebas bernapas. Berikut cara melakukan teknik meluncur pada renang gaya punggung yaitu meliputi:
  1. Posisi kedua tangan ketika ingin melakukan peluncuran ialah memegang tepi kolam terlebih dahulu.
  2. Usahakan tangan kanan dengan tangan kiri memiliki jarak selebar bahu. Untuk itu kedua tangan jaraknya jangan terlalu rapat.
  3. Kedua kaki dilipat atau ditekuk ke atas. Hal ini bertujuan untuk tumpuan kedua kaki agar dapat lebih kuat berada di dinding kolam. Kemudian posisikan kedua lutut diantara kedua lengan.
  4. Setelah itu letakan kedua tangan di pegangan tepi kolam. Lalu kepala diluruskan ke belakang untuk persiapan tubuh dalam posisi telentang. Di waktu yang bersamaan, kaki digerakan dengan kuat agar tubuh dapat terdorong ke belakang sehingga posisi tubuh dapat telentang.
  5. Wajah diposisikan menghadap ke atas permukaan air. Sedangkan kedua lengan berada di samping badan.
Untuk menguasai teknik dasar renang gaya punggung kalian harus berlatih meluncur secara rutin dan berulang kali. Dengan begitu pelaksanaan teknik meluncur renang gaya punggung dapat dilakukan dengan sempurna dan baik tanpa adanya kesalahan. Selain itu, teknik meluncur juga memiliki beberapa tahapan penting yang perlu diperhatikan. Adapun beberapa tahapan teknik meluncur pada teknik gaya punggung yaitu meliputi:

Tahap Persiapan

Tahap pertama teknik meluncur pada teknik renang gaya punggung ialah tahap persiapan. Adapun cara melakukan tahap persiapan pada teknik meluncur yaitu sebagai berikut:
  1. Usahakan tubuh dapat terapung dalam posisi telentang sambil letak kedua tangan di samping tubuh.
  2. Tarik ibu jari ke atas agar dapat menyusuri bagian samping tubuh.
  3. Setelah itu ibu jari disentuhkan ke bagian atas pundak.
  4. Lalu pergelangan tangan diputar dengan arah ke luar.

Tahap Pelaksanaan

Setelah yakin persiapan dan awalan kalian sudah matang maka saatnya mengeksekusinya. Posisi lengan pada tahap pelaksanaan ialah direntangkan agar arahnya menuju ke luar dan ke atas di waktu yang bersamaan. Setelah itu lengan diluruskan, namun pelurusan tangannya harus memiliki tinggi yang sama dengan pundak.
Apakah teknik awalan sudah selesai begitu saja? tentu tidak. Setelah berhasil maka ada fase lajutan sebagai bentuk follow up agar cara berenang kalian bisa maksimal nantinya.

Tahap Lanjutan

Gerakan meluncur pada teknik dasar renang gaya punggung selanjutnya ialah tahap lanjutan. Adapun cara melakukan tahap lanjutan pada teknik meluncur yaitu sebagai berikut:
  1. Kedua tangan ditempelkan di samping tubuh.
  2. Kemudian tubuh dirilekskan agar efek luncurannya terasa.
  3. Ketika meluncur, akan lebih baik jika menggunakan pelampung. Gunakan kedua tangan untuk memegang pelampung lurus di atas kepala.
  4. Kemudian cobalah meluncur tanpa menggunakan pelampung dengan cara posisikan tubuh berdiri di pinggir kolam. Kemudian lakukan teknik meluncur namun posisinya menghadap ke arah dinding kolam.
  5. Dorong kedua kaki pada lantai agar mengarah ke belakang. Hal ini berlaku untuk kedua lengan juga.

Teknik Gerakan Kaki

Teknik Gerakan Kaki Renang Gaya Punggung
Teknik renang gaya punggung selanjutnya ialah teknik gerakan kaki. Teknik ini juga harus dilatih selain teknik meluncur di atas. Teknik gaya punggung pada renang memerlukan gerakan kaki yang baik karena posisi tubuh dalam keadaan telentang. Pada saat posisi telentang, letak kedua lengan berada di atas kepala. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik gerakan kaki pada renang gaya punggung yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama masuk ke dalam kolam dan berdiri di tepi kolam. Setelah itu rapatkan punggung dengan dinding kolamnya.
  • Kedua tangan ditekuk ke atas agar tepi kolam dapat dipegang oleh tangan dengan baik.
  • Angkat kedua kaki ke atas setelah aba aba siap dibunyikan. Di waktu bersamaan tubuh juga di agkat ke atas permukaan air. Maka dari itu kaki dan tubuh dapat sejajar/lurus dengan permukaan air (posisi tubuh dalam keadaan telentang).
  • Gerakkan kedua kaki secara bergantian dari atas ke bawah setelah aba aba siap selanjutnya.
  • Kemudian dari pangkal paha menuju kaki digerakkan, dimana lutut sedikit ditekuk dan ujung kaki dikibaskan sebagai gerakan akhir.
  • Usahakan kaki tidak digerakkan terlalu kaku. Maka dari itu, usahakan kaki rileks agar gerakan yang dihasilkan sempurna dan maksimal. Kaki lebih baik digerakkan ke atas daripada kebawah.
Teknik gerakan kaki pada teknik renang gaya punggung dapat dilatih dengan menggunakan papan seluncur. Selain itu gerakan kaki ini juga dapat dilatih dengan cara berpengangan pada tepi kolam sehingga teknik tersebut dapat anda kuasai dengan baik.

Teknik Mengambil Nafas

Bagaimana cara mengambil nafas renang gaya punggung? sebenarnya cukup mudah. Karena kita berenang secara telentang maka posisi muka pun menghadap ke atas. Sehingga atlet bisa mengambil nafas lebih leluasa tak seperti tiga gaya renang lainnya.

Teknik Mengambil Napas Renang Gaya Punggung

Teknik pengambilan napas renang gaya punggung dapat kalian kuasai dengan cepat. Maka dari itu teknik mengambil napas pada teknik gaya punggung tersebut dapat dilakukan ketika satu lengan beristirahat. Dengan kata lain saat lengan lain beristirahat maka diwaktu bersamaan napas dikeluarkan.

Teknik Gerakan Lengan

Mengatur kordinasi gerakan renang menjadi salah satu teknik dasar renang gaya punggung yang harus kalian kuasai. Gerakan lengan pada teknik gaya punggung juga harus dilakukan dengan benar dan tepat. Gerakan lengan ini dapat dilakukan dengan menggunakan tiga fase yakni mendorong, istirahat dan menarik. Berikut penjelasan selengkapnya:
  1. Fase Menarik yaitu gerakan perenang ketika telapak tangan dimasukkan ke permukaan air, mulai dari beberapa inci sampai ke titik yang maksimal. Selain itu tekuk sikut dengan tepat di samping luar bahu.
  2. Fase Mendorong ialah gerakan perenang yang dimulai ketika gerakan tarikan terakhir. Lalu dorong tangan menuju arah belakang dan gerakan ke bawah sekitar 1/4 lingkaran.
  3. Fase Istirahat ialah gerakan perenang yang dimulai dengan tangan dikeluarkan dari permukaan air sehingga ibu jari dapat keluar dari air pertama kali.
  4. Setelah itu posisikan tangan ke atas bahu agar posisinya lurus dan tegak.
  5. Kemudian tangan diputar keluar dilanjutkan dengan memasukkan tangan menuju permukaan air lagi, dimana yang masuk lebih dulu adalah jari kelingking.
Pelaksanaan fase ini dilakukan secara seirama dengan lengan dan rileks ketika menarik dan mendorong. Gerakan lengan dapat dilatih ketika berada di daratan. Bahkan latihan gerakan ini dapat dilakukan ketika sedang berdiri di dalam air, namun menggunakan pelampung di bagian perut. Adapun cara melakukan gerakan lengan yang benar pada teknik renang gaya punggung yaitu meliputi:
  • Kaitkan salah satu ujung kaki pada setang di tepi kolam. Kemudian kaki lainnya diposisikan sedikit kebawah agar dapat bertumpu pada dinding kolam. Posisi ini bertujuan untuk menyangga dan memberi kekuatan pada tubuh.
  • Usahakan posisi badan telentang dan menghadapkan wajah menuju keatas serta menarik sedikit dagunya. Lalu letakkan kedua tangan di samping badan.
  • Gerakan selanjutnya ialah mengayunkan lengan secara bergantian.
  • Ayunan lengan secara bergantian dilakukan hingga lengan lurus melewati kepala di permukaan air. Kemudian lengan kembali masuk ke dalam air melewati sisi kepala.
  • Lalu tarik dan dorong lengan sekuat kuatnya di dalam air agar posisinya dapat lurus di samping badan.
  • Usahakan jari jari tangan merapat sehingga gerakannya dapat dilakukan dengan sempurna.

Teknik Start

Teknik Start Renang Gaya Punggung
Teknik renang gaya punggung selanjutnya ialah teknik start. Gerakan start gaya punggung diikuti dengan teknik salto dan gerakan lengan yang baik. Gerakan start ini memiliki posisi sejajar dengan air, tetapi tubuh dihadapkan pada dinding kolam sambil tangan berpegangan pada tepi kolam. Adapun cara melakukan teknik start pada renang gaya punggung yaitu sebagai berikut:
  • Tangan dan kaki diposisikan menggantung pada dinding kolam sebelum dimulainya start.
  • Tarik kedua lengan agar lebih dekat dengan dinding kolam sebelum menengadahkan kepala dan melakukan gerakan tolakan.
  • Tolakkan kedua kaki secara bersamaan disertai dengan ayunan kedua tangan. Namun posisi kepala masih dalam keadaan menengadah.
  • Lengan digerakkan mengayun ke arah samping.
  • Setelah kaki ditolakan, kemudian posisi kedua lengan diluruskan.
  • Lentingkan tubuh secepatnya ketika sudah berada dipermukaan air agar peluncuran tubuh di bawah permukaan air dapat berjalan dengan mulus.
Baca juga : Teknik Renang Gaya Kupu Kupu yang Benar

Teknik Koordinasi Gerakan 

Teknik Koordinasi Gerakan Renang Gaya Punggung
Teknik renang gaya punggung selanjutnya ialah teknik koordinasi gerakan. Koordinasi gerakan tersebut memadukan dan menyeimbangkan gerakan meluncur, gerakan pernapasan, gerakan kaki dan gerakan tangan dengan seksama. Semua teknik yang dikoordinasi tersebut dilakukan dengan benar sehingga gaya punggung dapat dikuasai dengan sempurna.

Teknik Membalik

Untuk mengakhri seluruh gerakan renang di atas kita harus melakukan gerakan membalik layaknya sedang melakukan start. Teknik ini dilakukan dengan setengah salto. Adapun cara melakukan teknik membalik pada renang gaya punggung yaitu sebagai berikut:
Teknik Membalik Renang Gaya Punggung

  • Gunakan tangan kiri untuk menyentuh dinding.
  • Di waktu bersamaan, lutut di tekuk dan di tarik.
  • Lutut diarahkan dengan bantuan tarikan dari tangan menuju lengan ketika berada di dinding kolam.
  • Lutut ditarik disertai ayunan tangan yang menyerupai setengah salto, sehingga posisi kedua lengan berada di bawah dinding kolam.
  • Kepala diluruskan ke atas setelah kedua lengan berada di dinding kolam.
  • Kaki harus siap melakukan gerakan tolakan secara bersamaan dengan pelurusan kedua tangan terlebih dahulu.
  • Kaki dan tangan secara bersamaan di tolakkan sehingga dapat meluncur dan lurus dari dinding kolam.
Sekian penjelasan mengenai teknik renang gaya punggung yang benar. Untuk memperoleh hasil gerakan teknik gaya punggung yang baik, usahakan latihan dilakukan secara rutin dan di dampingi oleh pelatih renang profesional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Renang Gaya Punggung dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel