Senam Lantai Disebut Juga Senam

Senam Lantai Disebut Juga Senam - Apa itu senam lantai? Pengertian senam lantai adalah senam yang pelaksanaannya berada di atas lantai. Senam lantai tersebut juga menggunakan alat sebagai alas seperti matras. Matras dalam senam lantai digunakan untuk mengurangi terjadinya cedera ketika melakukan senam tersebut. Olahraga senam lantai tersebut termasuk jenis gerakan yang bersentuhan langsung dengan lantai. 

Pada umumnya senam lantai mempunyai gerakan seperti melompat, bertumpu dengan kaki atau tangan, berguling, bertumpu dengan punggung, berputar, dan bertahan agar badan dapat diseimbangkan meskipun tumpuan badan berada di kepala saja. Senam lantai dilakukan dengan gerakan yang ada dimana saja. Gerakan senam lantai pada umumnya dilakukan dalam pertandingan resmi apabila letaknya di ruangan yang ukurannya 12 x 12 meter. Lalu senam lantai disebut juga senam apa? Jenis jenis senam lantai sendiri telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

senam lantai disebut juga senam
Senam Lantai

Berdasarkan bahasa Inggris, istilah senam lantai disebut juga dengan "Gymnastic" dimana pelaksanaan senam berada di ruangan khusus serta melaksanakan performa dari kecepaan, kekuatan, gerakan, dan keserasian tubuh. Senam lantai ini membutuhkan performa yang berupa kombinasi gerakan sehingga manfaat fisik dan mentalnya bisa dirasakan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang senam lantai disebut juga senam apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Senam Lantai Disebut Juga Senam

Gerakan senam lantai memang cukup beragam karena dilakukan di atas matras. Dalam olahraga senam lantai biasanya lebih menekankan pada kombinasi performa tubuh dengan gerakannya. Senam lantai memang merupakan cabang olahraga senam yang memiliki gerakan di atas matras/lantai. Salah satu contoh olahraga senam lantai sendiri adalah guling depan, guling belakang, sikap lilin, dan sebagainya.

Senam lantai memang digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh, daya tahan otot, fleksibilitas tubuh, dan melatih koordinasi tubuh. Jenis olahraga ini memiliki induk organisasi dunia yang namanya FIG (Federation International de Gymnastique). Untuk nama induk organisasi senam lantai di Indonesia adalah Persatuan Senam Indonesia atau PERSANI. Permainan senam lantai ini dilakukan di lantai atau lapangan yang ukurannya 12 x 12 meter. Lantas senam lantai disebut juga senam apa?

Materi senam lantai ini tentunya telah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini bahkan tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi salah satu bahan soal juga. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Senam lantai disebut juga senam . . .
A. Artistik
B. Aerobik
C. Kebugaran jasmani
D. Irama

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Artistik.

Seperti yang kita tahu bahwa senam lantai disebut juga senam artistik yang tidak menggunakan alat bantu. Senam artistik secara umum memang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu senam artistik tanpa menggunakan alat dan senam artistik menggunakan alat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Senam Lantai Disebut Juga Senam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel