Pengertian Bola Kasti Beserta Peraturannya Lengkap

Pengertian Bola Kasti Beserta Peraturannya Lengkap - Siapa yang tidak kenal dengan olahraga kasti. Apa yang dimaksud bola kasti itu? Apa saja peraturan bola kasti itu? Permainan kasti sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang dimainkan dengan menggunakan bola kecil. Biasanya olahraga ini dimainkan secara beregu. Untuk itu permainan dapat dimenangkan dengan mengandalkan kekompakan dan ketangkasan dari masing masing tim. Selain itu setiap pemain juga diharuskan untuk menguasai teknik dasar bola kasti agar permainan dapat dimenangkan. Permainan bola kasti dapat diartikan sebagai jenis olahraga yang menggunakan bola kecil dan dimainkan secara beregu. Biasanya alat yang digunakan berupa alat pemukul maupun bola kasti itu sendiri.

Bola kasti dapat dimainkan dengan menggunakan lapangan luas, dimana di dalamnya terdapat tanda atau batas tertentu sebagai ruang atau tempat pemberhentian. Untuk itulah di dalamnya terdapat peraturan bola kasti dan pengertian bola kasti yang perlu diketahui dan dipahami oleh masing masing pemain. Selain itu tidak lupa dengan teknik dasar bola kasti yang juga harus dikuasai seperti memukul, melempar, dan menangkap bola. Kemudian setiap pemain juga harus mengetahui apa apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam permainan tersebut. Apa yang dimaksud kasti itu? Meski telah populer dikalangan masyarakat, namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apa permainan kasti tersebut.
Permainan Bola Kasti
Permainan kasti dapat diartikan sebagai salah satu cabang olahraga kategori bola kecil. Dalam olahraga ini memang membutuhkan kekompakan dalam setiap tim karena dimainkan secara beregu. Pelaksanaan permainan kasti memang menggunakan lapangan terbuka sehinga kedisiplinan dalam setiap pemain dapat dijaga dengan mudah serta solidaritas dan kekompakan antar pemain dapat terbentuk. Dengan begitu permainan kasti dapat dimenangkan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bola kasti dan peraturan bola kasti lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Bola Kasti Beserta Peraturannya Lengkap

Hal yang diutamakan dalam permainan bola kasti ialah kekuatan dan ketangkasan tubuh sehingga permainan dapat berlangsung dengan hasil yang memuaskan serta penjaga dan pemukul di satu tim dapat bekerja dengan kompak. Permainan kasti sudah ada sejak tahun 1744 dan memperoleh julukan dari John Newbery dengan nama "Pocket Book. Setelah itu tercipta beberapa arti mengenai bola kasti pada tahun 1828 dan pada akhirnya permainan kasti disahkan oleh Wilam Clarake dengan aturannya yang dikenal dengan nama The Boy. Setelah itu pada tahun 1884, permainan bola kasti tercantum dalam aturan Nasioal oleh Altletic Association Gaelic di Irlandia. Permainan kasti memang sangat diminati oleh banyak orang sampai sekarang, bahkan telah diperlombakan dalam tingkat Nasional dan Internasional.
Pengertian bola kasti ialah salah satu olahraga yang dimainkan oleh dua regu, dimana setiap regu mempunyai 12 anggota pemain. Asal permainan kasti sendiri ialah dari negara Belanda. Pengenalan permainan kasti ini memang cukup lama, namun sering kali anak anaklah yang memainkannya. Bola kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Didalamnya terdapat dua regu yang bertugas sebagai tim penjaga dan tim pemukul. Biasanya pemenang permainan ini ditentukan oleh penjumlahan nilai atau poin masing masing regu. Jika hasil poin yang diperoleh paling banyak, maka akan dianggap sebagai pemenang pentandingan. Definisi kasti menuru Ikman Sulaeman dan Iwan Ridwan ialah salah satu macam permainan menggunakan bola kecil.

Peralatan Permainan Bola Kasti

Setelah memahami tentang pengertian kasti, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang peralatan permainan kasti. Permainan kasti tidak hanya menggunakan lapangan saja, tetapi adapula peralatan lain yang juga sangat diperlukan. Agar permainan bola kasti berjalan dengan baik, maka dibutuhkan beberapa peralatan seperti dibawah ini:
  • Bola kecil yang memiliki berat sekitar 60 - 70 gram dan keliling 20 cm.
  • Tiang hinggap di atas tanah dengan ketinggian 150 cm.
  • Tongkat pemukul dengan panjang sekitar 50 - 60 cm dan bergaris tengah 5 cm.
  • Patok tali.
  • Nomor dada dengan warna putih dan ukuran sekitar 25 x 25 cm.

Peraturan Permainan Bola Kasti

Selain pengertian bola kasti dan peralatan bola kasti di atas. Adapula beberapa peraturan bola kasti yang perlu anda ketahui. Permainan bola kasti memang memiliki beberapa peraturan didalamnya yaitu meliputi:

Ukuran Lapangan Kasti
Lapangan kasti paling besar memiliki ukuran sekitar 30 x 60 meter, namun dapat menjadi 30 x 65 meter jika didalamnya terdapat ukuran ruang bebas dan ruang pemukul sekaligus. Kemudian untuk lapangan kasti paling kecil memiliki ukuran sekitar 30 x 45 meter, namun dapat menjadi 30 x 50 meter jika didalamnya terdapat ukuran ruang bebas dan ruang pemukul sekaligus. Lapangan bola kasti yang besar untuk orang dewasa, sedangkan lapangan kasti kecil untuk anak anak perempuan ataupun anak kecil.

Dalam lapangan bola kasti terdapat garis batas yang dinyatakan menggunakan bilah, kapur maupun tali. Batas garis pada tanah tersebut juga dapat dilakukan dengan menggalinya, namun ukurannya kurang dari 3 cm. Kemudian juga dilengkapi dengan bendera yang dipancangkan pada pertengahan garis samping dan keempat sudut lapangan. Tiang bendera dari tanah memiliki tinggi sekitar 1,50 meter. Kemudian adapula ukuran tanah kosong di luar garis batas sekitar 5 meter dan di sebelah kiri luar garis memiliki ukuran 10 meter. Tanah kosong yang berada di luar garis batas tersebut berisi para penonton yang melihat pertandingan bola kasti.
Lama Permainan
Peraturan bola kasti selanjutnya membahas tentang lama permainannya. Pertandingan bola kasti memiliki waktu permainan sekitar 2 x 20 menit atau 2 x 30 menit. Kemudian untuk istirahat diberikan waktu sekitar 10 menit.

Regu
Peraturan permainan bola kasti selanjutnya membahas tentang regu yang bermain di dalamnya. Masing masing regu kasti memiliki jumlah pemain sebanyak 12 orang. Salah satu pemain dalam setiap tim bertugas sebagai kapten tim. Kemudian untuk seluruh pemainnya juga mengenakan nomor dada yang terlihat dengan jelas. Setelah itu kapten regu memberikan daftar nama beserta nomor urut pemain sebelum dimulainya pertandingan ke wasit. Urutan nomor pada pemain tersebut berguna untuk memperoleh nomor urutan dalam memukul bola. Untuk itulah tidak boleh mengubah urutan nomor tersebut selama petandingan. Namun pergantian pemain dalam masing masing regu diperbolehkan oleh wasit. Hal ini tentunya sudah tercantum dalam pengertian bola kasti di atas.

Wasit
Peraturan permainan kasti selanjutnya membahas tentang wasit. Dalam pertandingan kasti terdapat wasit yang memimpin permainan. Kemudian adapula 3 penjaga garis yang membantu wasit, dimana letaknya berada di belakang, samping kiri dan samping kanan. Lalu wasit juga dibantu oleh satu orang pencatat nilai.

Tempat Pemain
Peraturan bola kasti selanjutnya membahas tentang tempat pemain. Sebelum dimulainya pertandingan, wasit akan mengundi tim manakah yang pertama akan bermain. Tim yang terpilih tersebut akan dijadikan sebagai regu lapangan atau regu pemukul. Untuk mengundi permainan biasanya dapat menggunakan cara suit.

Regu Pemukul
Peraturan permainan bola kasti selanjutnya membahas tentang regu pemukul. Regu pemukul dalam permainan kasti memiliki beberapa ketentuan didalamnya yaitu sebagai berikut:
  • Banyaknya pukulan pada masing masing pemain ialah satu kali, kecuali untuk pemain terakhir yang memiliki tiga kali pukulan.
  • Alat pemukul harus diletakkan setelah memukul di dalam ruang pemukul. Jika alat pemukul tersebut berada di luar ruang pukulan maka tidak akan memperoleh nilai, kecuali jika posisinya kembali dibetulkan.

Pukulan yang Benar
Selain pengertian bola kasti diatas, anda juga harus memahami peraturan dalam permainan kasti. Peraturan permainan kasti selanjutnya membahas tentang pukulan yang benar. Pukulan kasti dinyatakan benar jika memenuhi beberapa ketentuan seperti di bawah ini:
  • Bola yang dipukul melewati atau melampaui garis pukulan.
  • Bola tidak boleh terkena tangan ketika dipukul dan jatuhnya bola tidak boleh berada di ruang bebas.

Regu Penjaga
Peraturan kasti selanjutnya membahas tentang regu penjaga. Regu penjaga dalam permainan kasti memiliki beberapa tugas seperti di bawah ini:
  • Menggunakan bola untuk mematikan lawan dengan cara melambungkannya.
  • Menangkap bola yang dipukul secara langsung.
  • Jika ruang bebasnya kosong maka dapat dimatikan dengan cara menempati ruang tersebut.

Memperoleh Nilai
Peraturan bola kasti selanjutnya membahas tentang cara memperoleh nilai. Nilai 2 dapat diperoleh seorang pemukul jika ia bisa berlari ke tiang bebas dari ruang pemukul dan selamat kembali lagi ke ruang bebas karena pukulannya sendiri. Nilai satu dapat diperoleh jika pelari bisa berlari dengan selamat kembali ke ruang bebas dengan pukulannya sendiri melalui dua atau tiga tahapan. Jika bola dapat ditangkap satu kali setelah dipukul, maka regu penjaga akan memperoleh nilai satu. Regu yang memperoleh nilai paling banyak diakhir pertandingan, maka akan dijadikan pemenang.

Pertukaran Bebas
Peraturan permainan kasti selanjutnya membahas tentang pertukaran bebas. Terjadinya pertukaran bebas disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini yaitu:
  • Belum terjadi pertukaran setelah penangkapan 5 bola.
  • Jika pukulan salah pada akhir bagian dari pembebas, maka akan terjadi pembakaran ruang bebas. Hal ini dikarenakan tidak ada regu pemukul yang tinggal dalam ruang bebas tersebut.
  • Apabila masuknya pelari menuju ruang bebas melalui garis belakang ruang bebas.
Sekian penjelasan mengenai pengertian bola kasti dan peraturan bola kasti lengkap. Permainan bola kasti ialah jenis olahraga yang menggunakan bola kecil dan dimainkan secara beregu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Bola Kasti Beserta Peraturannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel