Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Kangkang (Straddle Vault)

Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Kangkang (Straddle Vault) - Tak semua siswa familiar ketika diminta menjelaskan cara melakukan lompat kangkang pada senam lantai. Untuk melakukanya kalian memerlukan ketangkasan tubuh serta pengetahuan yang mumpuni. Pasalnya, kesalahan sekecil apapun bisa menimbulkan cidera fatal.

Apa itu lompat kangkang? inilah yang sering ditanyakan siswa ketika sedang ujian. Faktanya, banyak yang tak tau bagaimana teknik dasar lompat kangkang yang baik dan benar. Inilah yang sering membuat kita. Lompat kangkang memiliki nama lain yakni Straddle Vault yang merupakah salah satu gerakan dalam senam ketangkasan.

Senam sendiri dapat diartikan sebuah gerakan yang disusun untuk melatih kebugaran dan kesehatan jasmani secara sistematis. Istilah senam dalam bahasa Yunani berarti Gymnos yang artinya terbuka dan dalam bahasa Inggris berarti Gymnastic.
Gerakan Lompat Kangkang atau Straddle Vault

Pada dasarnya lompat kangkang dipadukan dengan gerakan pada senam ketangkasan lainnya. Misalnya guling depan ataupun teknik loncat jongkok. Untuk itu lompat kangkang sering dinamakan dengan loncat kangkang karena sebelum meloncat menggunakan kaki untuk dijadikan tumpuan.

Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Kangkang (Straddle Vault)

Sebenarnya, teknik dasar lompat kangkang sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku SMP. Pembahasan lengkapnya dapat kita baca di LKS maupun buku pedoman penjas. Selain teori, guru pun pasti mengajarkan cara melakukan lompat kangkang secara praktek.

Meski tak sepopuler jenis senam ketangkasan lainnya tapi kita harus tetap mempelajarinya. Kalian akan menjumpai materi straddle vault menjelma menjadi butir soal ketika ujian berlangsung. Padahal, tak sedikit siswa kesulitan ketika diminta menjelaskan teknik dasar lompat kangkang beserta tahapannya.

Secara konsep gerakan lompat kangkang hampir menyerupai loncat harimau karena menggunakan ancang-ancang dan rintangan. Dari segi awalan serta fase berlari pun sama, perbedaanya terletak pada tahap lompatan dimana kita harus membuka kedua kaki ke kanan dan kiri. Rintangan pun tak sebanyak loncat harimau yang notabenya ada di sepanjang lintasan.

Di artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam teknik dasar lompat kangkang pada senam lantai. Tapi alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertiannya.

Apa Itu Lompat Kangkang

Jelaskan definisi lompat kangkang secara singkat! inilah sepenggal soal yang sering saya temukan. Fakta masih banyaknya siswa gagal paham ataupun kesulitan menjawab soal tersebut memang sangat menggelitik. Maka dari itu, pada sesi ini saya ingin memfokuskan pembahasan pada definisi terlebih dulu.
Pengertian lompat kangkang adalah gerakan melompat melewati peti dengan posisi kedua kaki terbuka lebar. Selain berperan sebagai rintangan, peti atau box tersebut juga berfungsi sebagai tumpuan tangan saat melakukan lompatan. Peti tersebut selanjutnya dinamakan dengan Vaulting Horse.
Nah, teknik dasar lompat kangkang sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis. Pembagian tersebut didasarkan atas sikap serta gerakan saat bertumpu pada peti vaulting horse. Oleh karenanya, simaklah jenis jenis loncat kangkang di bawah:
  • Loncat kangkang dengan meluruskan panggul. Posisi badan lurus ketika sikap kangkang dilakukan.
  • Loncat kangkang dengan menekuk panggul. Panggul diposisikan menekuk ketika sikap kangkang dilakukan.
Kombinasi Gerakan Lompat Kangkang dengan Lompat Jongkok
Baca juga : Cara Melakukan Roll Depan dan Roll Belakang Dengan Benar

Teknik Dasar Lompat Kangkang

Meski terlihat mudah tapi faktanya tak semua orang tau cara melakukan lompat kangkang pada senam lantai. Mayoritas gagal karena tak memenuhi syarat tau melakukan pelanggaran saat tahap lompatan. Inilah pentingnya mengapa kita harus mempelajari teknik dasar lompat kangkang terlebih dulu.

Secara garis besar ada empat tahapan yang harus dilewati oleh siswa mulai dari awalan, sikap bertumpu, tolakan, dan pendaratan. Pembahasannya pun dapat kalian baca secara lengkap di buku pedoman penjas maupun LKS. Tapi saya telah merangkum cara melakukan lompat kangkang di masing masing tahapannya di bawah.

Teknik Awalan Lompat Kangkang

Teknik awalan lompat kangkang menjadi tahapan pertama yang dilakukan sebelum tolakan. Teknik awalan ini hampir sama dengan teknik awalan lompat jauh. Yang membedakan gerakan awalan diantara keduanya ialah gerakan sprint diawal lompat jauh dan gerakan sprint saat dekat dengan titik tolakan pada loncat kangkang. Adapun cara melakukan lompat kangkang pada tahap awalan yaitu:
  1. Sikap badan berdiri dengan jarak 10 - 15 meter dari peti tumpuan.
  2. Setelah itu gunakan ujung jari untuk berlari menuju peti tumpuan setelah anda siap, namun pandangan dan posisi kepala diluruskan ke depan.
  3. Gerakan berlari dilakukan dengan kecepatan yang sedang. Namun usahakan laju lari anda dipercapat saat posisi sudah dekat dengan peti tumpuan. Dengan begitu tenaga lompatan yang diperoleh akan lebih bagus.

Teknik Tolakan Kaki

Teknik dasar lompat kangkang selanjutnya ialah teknik tolakan kaki. Gerakan pada tolakan kangkang tidak hanya memposisikan kaki dengan kangkang, tetapi juga harus dapat menggapai ketinggian di atas peti tumpuan sesuai dengan harapan. Teknik tersebut hampir sama dengan teknik dasar lompat tinggi. Loncat kangkang diawali dengan gerakan berlari dan saat mendekati peti tumpuan gerakan lari tersebut dipercepat lajunya.

Setelah itu posisikan tubuh untuk bersiap meloncat dan gunakan tangan sebagai tumpuan pada balok. Dengan begitu tubuh dapat melewati peti tumpuan tersebut. Adapun cara melakukan lompat kangkang pada tahapan tolakan kaki yaitu:
  1. Usahakan anda hanya berfokus pada peti tumpuan.
  2. Posisikan kaki sedikit jongkok sehingga tenaga pantulan yang diperoleh akan lebih bagus.
  3. Gunakan kaki untuk melompat dan siapkan tangan untuk menopang badan sehingga badan dapat dilecutkan ke depan.
  4. Badan sedikit dicondongkan ke depan saat dalam kondisi melayang (diantara tangan yang akan menumpu pada box tumpuan dan tolakan kaki). Setelah itu tangan dijulurkan ke depan sehingga box tumpuan dapat diraih tangan agar dapat melakukan tolakan.
Baca juga : Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar

Sikap Badan Ketika di Atas Peti Tumpuan

Teknik dasar lompat kangkang selanjutnya ialah sikap badan ketika berada di atas peti tumpuan. Setelah loncatan dilakukan maka tubuh akan terdorong ke atas secara otomatis karena sikap awalannya bertujuan untuk memberikan dorongan kepada tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih maju ke depan dan terjadi loncatan.

Ketika peti tumpuan sudah digapai oleh tangan, maka selanjutnya anda akan melakukan tahapan lompat kangkang. Adapun beberapa cara melakukan lompat kangkang dengan meluruskan panggul atau menekuk panggul yaitu sebagai berikut:

Lompat Kangkang dengan Panggul Lurus
  1. Pastikan badan dalam posisi yang menghasilkan sudut 20 - 30 derajat ke depan saat tangan melakukan tumpuan di atas peti.
  2. Tangan diposisikan dengan kuat agar tubuh terangkat. Lalu panggul diangkat dan kaki dibuka sehingga tubuh dapat ditopang dengan menggunakan tangan. Setelah itu tubuh dilecutkan ke arah depan.
  3. Tangan diangat dari tumpuan setelah kaki melewati peti tumpuan. Setelah itu badan diluruskan ke depan.
Lompat Kangkang dengan Panggul Menekuk
  1. Pinggul diangkat setinggi mungkin ke atas ketika kaki sudah melakukan tolakan.
  2. Lalu panggul ditekuk ketika peti tumpuan sudah disentuh tangan. Kemudian kaki dibuka dan digerakkan mengangkang.
  3. Tangan ditolakkan ke depan dan kepala serta dada diangkat ke atas.
  4. Panggul diluruskan ketika peti tumpuan sudah dilewati oleh kaki. Lalu siapkan tubuh untuk melakukan pendaratan.

Teknik Pendaratan Lompat Kangkang

Teknik dasar lompat kangkang yang terakhir ialah teknik pendaratan. Ketika peti tumpuan berhasil dilewati, maka siapkan tubuh anda untuk mendarat. Teknik pendaratan ini termasuk dalam tahap terakhir loncat kangkang. Adapun cara melakukan lompat kangkang pada tahap pendaratan yaitu sebagai berikut:
  1. Beban pada berat badan dipindahkan ke depan ketika tangan sudah melakukan tolakan di atas peti tumpuan. Caranya dengan mengayunkan tungkai dan pinggul ke arah depan.
  2. Posisikan kedua tungkai tetap lurus ke samping saat kondisi pinggul terdorong ke depan.
  3. Lalu kaki segera dimajukan ke depan setelah melewati peti tumpuan. Kemudian kaki diluruskan dan dirapatkan.
  4. Pastikan kaki dapat mengjangkau area setelah melewati peti tumpuan. Usahakan tangan diberikan tenaga yang kuat sehingga tubuh dapat sampai ke depan.
  5. Tumpuan tangan dilepaskan dari peti tumpuan dan persiapkan tubuh untuk melakukan pendaratan.
  6. Gunakan kedua kaki untuk mendarat. Setelah itu kaki ditekuk setelah menyentuh tempat pendaratan. Hal ini bertujuan agar kaki tidak memperoleh tekanan berlebih dan tidak dapat mengakibatkan cedera.
  7. Untuk pengamannya biasanya tempat pendarapan menggunakan pasir atau matras.
Tahapan tahapan di atas merupakan teknik dasar lompat kangkang. Pada dasarnya cara melakukan lompat kangkang ialah melompatkan kaki dan melakukan sikap kangkang ketika melayang. 
Baca juga : 6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau

Kesalahan Lompat Kangkang

Selain penjelasan tentang pengertian lompat kangkang, teknik dasar lompat kangkang dan cara melakukan lompat kangkang (Straddle Vault). Selanjutnya saya akan membahas tentang beberapa kesalahan dalam lompat kangkang. Pada dasarnya lompat kangkang membutuhkan kekuatan tangan dan kaki. Maka dari itu untuk memperoleh hasil lompatan yang maksimal, maka anda harus melakukan latikan kekuatan otot tangan maupun kaki.

Penilaian dalam loncat kangkang sendiri didasarkan pada seberapa tinggi lompatan yang dapat anda lakukan di atas peti tumpuan. Jika lompatan tidak dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan beberapa kesalahan seperti di bawah ini:
  • Kurang mengangkat pinggul ketika berada di atas peti tumpuan. Maka dari itu lompatan untuk melewati peti tidak dapat dilakukan atau gagal.
  • Terlalu mencondongkan kepala ke arah depan ketika kaki ditolakan untuk melompat. Maka dari itu lengan tidak dapat diposisikan lurus dengan tubuh.
  • Kurang mengangkat tungkai atau badan kurang diposisikan dengan lurus ketika kaki ditolakkan untuk melompat.
  • Terlalu membengkokkan lutut.
  • Saat tangan telah berada di peti tumpuan, dada dan kepala tidak diarahkan menuju ke atas.
  • Saat tumpuan dilakukan, kondisi lengan tidak kuat. Maka dari itu tubuh dapat tersangkut di atas balok tumpuan.
Sekian penjelasan mengenai pengertian Straddle Vault beserta teknik dasar lompat kangkang yang dapat saya sampaikan. Definisi lompat kangkang ialah gerakan lompatan yang dilakukan diatas peti agar dapat dilewati dengan posisi kaki terbuka lebar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Kangkang (Straddle Vault)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel