Ketentuan Pemberian Poin (Skor) dalam Olahraga Basket Lengkap

Ketentuan Pemberian Poin (Skor) dalam Olahraga Basket Lengkap - Basket merupakan salah satu jenis olahraga yang terdapat di Indonesia. Selain itu permainan basket juga memiliki daya tarik tersendiri didalamnya. Basket dimainkan oleh dua regu, dimana masing masing regu terdiri dari 5 orang. Olahraga ini membutuhkan akurasi lemparan bola yang diandalkan untuk memasukkan bola ke dalam ring. Dengan begitu poin (skor) yang diperoleh lebih banyak hingga membuat tim tersebut menjadi pemenang pertandingan. Lantas bagaimana ketentuan pemberian poin dalam olahraga basket itu? Ketentuan pemberian skor dalam olahraga basket terdapat dalam salah satu peraturan bola basket yang tidak dapat disepelekan.

Tidak banyak orang mengetahui ketentuan pemberian poin (skor) dalam olahraga basket karena orang orang cenderung mempelajari teknik dasar bola basket saja. Ketentuan pemberian poin dalam olahraga basket memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut tempat dimana pemain melakukan lemparan bola. Jika lemparan pemain yang dilakukan semakin jauh, maka poin yang diperoleh juga semaki besar. Akan tetapi ketentuan pemberian skor dalam olahraga basket hanya memiliki 3 poin saja (skor terbesar). Meski begitu skor ini tetap berpengaruh terhadap kemenangan dari masing masing tim.
Pemberian Nilai Dalam Permainan Bola Basket
Pada dasarnya setiap pemain basket harus mengetahui tata cara ketentuan pemberian poin bola basket, selain teknik dasar bola basket. Untuk itu makna permainan bola basket sendiri tidak hanya berupa olahraga menyenangkan dan menyehatkan saja. Tetapi juga ada maksud kemenangan di dalamnya, terlebih lagi jika pertandingan bolas basket dilaksanakan dalam acara resmi. Pengukuran nilai dalam setiap pertandingan basket didasarkan pada bola yang masuk ke dalam ring lawan. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang ketentuan pemberian poin (skor) dalam olahraga basket lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ketentuan Pemberian Poin (Skor) dalam Olahraga Basket Lengkap

Ketentuan pemberian poin dalam olahraga basket merupakan salah satu aturan yang tidak dapat diganggu gugat. Ketentuan pemberian skor dalam olahraga basket tersebut didasarkan bahwa masuknya bola ke dalam ring lawan ketika ditembakkan atau dishooting. Maka dari itu nilai yang dihasilkan pada setiap tembakan juga berbeda beda. Pada umumnya nilai yang paling tinggi terletak pada jenis tembakan dengan jarak paling jauh. Maka dari itu tidak hanya teknik dasar bola basket saja yang perlu dikuasai oleh pemain basket profesional, namun juga teknik shooting bola basket yang benar. Dengan begitu skor yang dihasilkan dapat lebih tinggi. 
Baca juga : Ukuran Papan, Ring, Jaring dan Tiang Bola Basket Lengkap
Apa saja ketentuan pemberian poin dalam olahraga basket itu? Skor yang dihitung dalam permainan basket tersebut memang didasarkan pada beberapa aturan atau ketentuan. Adapun beberapa ketentuan pemberian poin (skor) dalam olahraga basket yaitu sebagai berikut:
  • Tembakan 1 poin. Skor atau nilai dalam permainan basket ini tergolong paling rendah. Pemberian skor ini dapat terjadi apabila shooting atau lemparan pemain berada di titik pinalti. Pemberikan pinalti pada salah satu tim dilakukan sebanyak 2 kali jika tim lawan melakukan pelanggaran.
  • Tembakan 2 poin. Skor 2 poin dalam permainan basket diberikan jika tembakan bola dalam garis pinalti hasil lay up masuk ke dalam ring atau sering dinamakan dengan 2 Point Field goal Area, bola tidak sengaja dimasukkan oleh pemain lawan ke ringnya sendiri, serta dalam lemparan bebas terakhir setelah sentuhan bola ke dalam ring dan pemain bertahan atau pemain penyerang benar benar menyentuh bola tersebut.
  • Tembakan 3 Poin. Skor ini termasuk dalam nilai permainan basket yang paling tinggi. Poin istimewa tersebut dapat diperoleh jika dari luar garis penalti terdapat pelaksanaan lemparan atau tembakan bola oleh pemain.
Hal hal di atas termasuk dalam ketentuan pemberian skor dalam olahraga basket yang perlu anda ketahui. Namun bagaimana jika skor diantara kedua tim berlawanan itu sama? Pada umumnya tidak ada yang namanya seri dalam pertandingan bola basket. Untuk itu apabila poinnya sama saat waktu pertandingan berakhir, maka akan dilakukan overtime (perpanjangan waktu) dalam pertandingan selama 5 menit untuk menentukan pemenangnya.

Cara Membaca Box Score Dalam Olahraga Basket

Setelah menjelaskan tentang ketentuan pemberian poin (skor) dalam olahraga basket. Kemudian saya akan membahas tentang cara membaca box score dalam pertandingan basket. Box score ialah alat yang digunakan untuk menunjukkan secara detail stats pemain dan rangkuman statistik pertandingan. Untuk itulah performa dan pertandingan basket dapat dievaluasi dengan cara melihat box score saja. Selain skor dalam pertandingan bola basket tersebut, adapula beberapa catatan stats stats yang penting dalam basket yaitu meliputi:
  • MIN (Minutes) yaitu satuan menit dalam pemainan yang menandakan waktu permainan.
  • FG (Field Goals) yaitu jumlah tembakan yang dilakukan oleh seorang pemain. Biasanya field goals dapat dibagi menjadi 2 yakni 3P dan FG. Field goals tersebut adalah gabungan dari tembakan 3 poin (3P FG) dan tembakan 2 poin (2P FG). Selain itu adapula pemisahan field goals yang terdiri dari jumlah pelaksanaan field goal (Field Goal Attempts/FGA) dan jumlah masuknya tembakan 3 poin (3 Point Made/3PM-A).
Baca juga : Peraturan Permainan Bola Basket FIBA/Perbasi Resmi
  • 3 Point Field Goal yang terdiri dari jumlah pelaksanaan field goal (Field Goal Attempts/FGA) dan jumlah masuknya tembakan 3 poin (3 Point Made/3PM-A). Inilah salah satu stats yang perlu diketahui selain ketentuan pemberian poin (skor) dalam olahraga basket.
  • FT (Free Throw) yang menunjukkan pelaksanaan jumlah free throw oleh seorang pemain. Pembagian FT sendiri juga terdiri dari jumlah pelaksanaan free throw (Free Throw Attempts) dan jumlah masuknya free throw (Free Throw Made/FTM-A).
  • P/PTS (Points) yang menunjukkan pemerolehan jumlah poin untuk pemain basket.
  • REB (Rebound) yang menunjukkan pemerolehan jumlah rebound bagi pemain. Rebound sendiri terdiri dari rebound yang asalnya dari pelaksanaan tembakan ketika menyerang (Offensive Rebound/OFF) dan rebound yang berasal dari pelaksanaan tembakan musuh (Defensive Rebound/DEF). Stats tersebut juga berkaitan dengan ketentuan pemberian poin dalam olahraga basket.
  • A/AST (Assist) yakni stats yang digunakan untuk menunjukkan pelaksanaan assist oleh setiap pemain untuk diketahui jumlahnya. Assist sendiri merupakan operan paling akhir sebelum Field Goal dilakukan. Apabila pelaksanaan sesuatu untuk menjauhi musuh dengan cara penembakan, maka operan ini tidak dapat dinamakan assist.
  • F/PF (Personal Foul) yakni stats untuk menunjukkan pemerolehan jumlah foul yang dilakukan oleh pemain. Selain itu adapula Team foul yaitu gabungan di sebuah tim yang terdiri dari personal foul total. Free throw akan diperoleh tim lawan jika pelaksanan setiap foul melebihi batas yang biasanya paling banyak dilakukan lima kali saja.
  • S/STL (Steal) yang menunjukkan pemerolehan jumlah steal untuk pemain. Steal ialah usaha perebutan bola dalam posesi musuh ketika sedang dibawa dan berhasil dilakukan.
  • B (Block) yakni stats yang menunjukkan jumlah pengambilan block oleh pemain. Block tersebut juga dapat diartikan sebagai usaha menggunakan tangan untuk membuat tembakan lawan menjadi gagal. Kita akan memperoleh BS (Blocked Shots) apabila kita dapat mengeblok musuh dengan berhasil. Tetapi kita akan memperoleh BA (Blocked Against) apabila musuh dapat mengeblok tembakan kita.
  • TO (Turn Over) ialah stats yang menunjukkan posesi bola pemain sebanyak beberapa kali menuju musuh. Turn Over dapat kita peroleh jika bola milik musuh dapat kita matikan atau steal dilakukan oleh musuh.
Sekian penjelasan mengenai ketentuan pemberian poin (skor) dalam olahraga basket lengkap. Ketentuan pemberian poin dalam olahraga basket dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti tembakan 1 poin, tembakan 2 poin dan tembakan 3 pon. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Ketentuan Pemberian Poin (Skor) dalam Olahraga Basket Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel