Cara Melakukan Lemparan Ke Dalam (Throw In) Sepak Bola

Advertisement

Cara Melakukan Lemparan Ke Dalam (Throw In) Sepak Bola - Sepak Bola ialah salah satu cabang olahraga bola besar yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat di dunia. Jenis olahraga ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat populer dikalangan anak anak hingga dewasa. Olahraga sepak bola juga dipertandingkan dalam tingkat nasional hingga internasional. Namun setiap pemain harus menguasai teknik sepak bola yang ada. Salah satunya ialah cara melakukan lemparan ke dalam (throw in) yang benar. Teknik throw in pada permainan sepak bola tersebut dapat menambah angka atau nilai jika dimanfaatkan dan dilakukan dengan benar.

Lemparan ke Dalam Pada Permainan Sepak Bola
Dalam permainan sepak bola sering kali para pemainnya masih salah dalam melakukan throw in atau lemparan ke dalam. Lemparan ke dalam yang salah tersebut dapat menyebabkan pelanggaran bagi tim. Akibatnya pemain lawanlah yang akan mengambil alih pelaksanaan lemparan ke dalam tersebut. Jika pelaksanaan throw in terjadi disekitar gawang, maka kesempatan kita untuk menyerang dan mencetak gol akan hilang karena lemparan ke dalam di alihkan ke tim lawan. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan lemparan ke dalam (throw in) dalam permainan sepak bola. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Lemparan Ke Dalam (Throw In) Sepak Bola

Pelaksanaan lemparan ke dalam pada permainan sepak bola terjadi jika bola keluar lapangan, baik disengaja ataupun tidak. Jika bola menyentuh pemain kemudian keluar lapangan maka tim lawan akan melakukan throw in, begitu pula sebaliknya. Lantas bagimana cara melakukan lemparan ke dalam (throw in)?
Baca juga : Peraturan Permainan Softball Terlengkap
Lemparan ke dalam ialah salah satu teknik permainan sepak bola yang dimanfaatkan untuk memberikan peluang agar kepemilikan bola tetap terjaga, untuk mengambil kepemilikan bola maupun melakukan serangan balik. Untuk itu cara melakukan lemparan ke dalam ini membutuhkan keterampilan yang baik dan benar bagi pemainnya. Namun kenyataannya keterampilan throw in ini sering diabaikan oleh banyak pemain sehingga menyebabkan peluang yang ada terbuang sia sia. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melakukan throw in pada permainan sepak bola. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Melakukan Lemparan ke Dalam Biasa
  • Cara melakukan lemparan ke dalam yang pertama ialah menggunakan kedua tangan untuk mengambil bola. Pegang bola persis di antara tangan kanan dan kiri. Usahakan ibu jari memegang bola bagian belakang. 
  • Setelah itu letakkan ujung jari kaki di pinggir garis lapangan dan diarahkan menuju lapangan. Pelemparan bola ke dalam akan dianggap sah jika kedua kaki menyentuh tanah dan diletakkan di belakang garis lapangan. Usahakan badan dalam kondisi kuda kuda yang nyaman. Adapula cara melakukan lemparan ke dalam dengan berlari. Posisikan badan 1 meter di belakang garis lapangan. Dengan begitu anda dapat melakukan awalan berlari sebelum melakukan throw in. Selain itu cara melakukan throw in pada permainan sepak bola dapat dilakukan dengan merapatkan kedua kaki maupun memajukan salah satu kaki. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan lemparan ke dalam ialah posisi kaki tidak diperbolehkan untuk melebihi garis lapangan. Sehingga kaki harus berada di belakang garis agar throw in tidak dialihkan kepada pemain lawan.
  • Cara melakukan lemparan ke dalam selanjutnya ialah melengkungkan punggung. Banyak sekali pemain yang melakukan throw in hanya berfokus pada kekuatan dan posisi tangan saja. Namun sebenarnya throw in yang benar harus disertai dengan kekuatan punggung dan bahu beserta pelaksanaan start awalannya. Jadi melengkungkan punggung dalam pelaksanaan lemparan ke dalam dapat menambah kekuatan saat melempar bola.
Baca juga : Jenis Jenis Sepakan Dalam Sepak Takraw Lengkap
  • Cara melakukan lemparan ke dalam selanjutnya ialah membawa bola sampai atas melewati kepala. Pelemparan bola ke dalam yang sah diawali dengan peletakan bola di belakang kepala. Jika pada awalnya bola berada di atas dahi atau di depannya maka akan menyebabkan pelanggaran.
  • Cara melakukan lemparan ke dalam selanjutnya ialah menjentikan pergelangan tangan dan melepaskan bola ke arah depan. Di waktu yang bersamaan, punggung dilentikkan hingga melengkung ke depan seperti halnya pegas (untuk awalan berlari). Setelah itu jari kaki diseret dan lengan diluruskan sepenuhnya hingga bola terlepas. Titik pelepasan bola akan mempengaruhi jarak jatuhnya lemparan bola. Usahakan anda tidak melakukan puntiran bola menggunakan satu tangan. Maka dari itu kedua tangan harus melepaskan bola secara bersama sama.
  • Setelah bola terlempar ke dalam, kemudian kembali menuju lapangan dengan berlari untuk bermain lagi. Usahakan bola tidak tersentuh sebelum pemain lain menyentuh bolanya. Hal ini dikarenakan bola tidak dapat disentuh pelempar sebelum pemain lain menyentuhnya, baik pemain dari tim sendiri ataupun tim lawan. 
Cara melakukan lemparan ke dalam yang sah harus memperhatikan beberapa aturan yang ada. Adapun beberapa aturan cara melakukan throw in yang benar yaitu seperti pelempar harus menghadap ke arah lapangan, kedua kaki harus menyentuh tanah dan berada di belakang garis lapangan, kedua tangan digunakan untuk melempar bola sehingga tekanan bolanya merata (dilarang melakukan puntiran bola), awal datangnya bola harus berasal dari atas belakang kepala, serta lemparan bola tidak diperbolehkan untuk digunakan langsung dalam mencetak angka. Secara sederhananya cara melakukan throw in pada permainan sepak bola dapat dilakukan dengan dua metode/cara.
Baca juga : Istilah Istilah Dalam Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan
Cara Melakukan Lemparan ke Dalam Secara Sederhana
  • Cara yang pertama yaitu posisikan tubuh berdiri dan letakkan kedua kaki sejajar. Kemudian pegang bola menggunakan kedua tangan. Badan ditarik dari pangkal paha hingga ke atas, sambil menekuk kedua lutut. Setelah itu bola dilemparkan dari arah belakang.
  • Cara yang kedua ialah posisikan badan berdiri dan letakkan salah satu kaki di depan. Kemudian pegang bola menggunakan kedua tangan. Bola berada dibelakang kepala. Lalu badan ditarik dari arah belakang dan melenting ke depan sambil bola dilemparkan ke depan dengan jauhnya.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan lemparan ke dalam (throw in) pada permainan sepak bola. Cara melakukan throw in ini merupakan salah satu teknik yang penting pada permainan sepak bola. Untuk itu setiap pemain harus dapat menguasainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Melakukan Lemparan Ke Dalam (Throw In) Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar