Semua Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Semua Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya - Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain menyehatkan, olahraga ini juga sangat menyenangkan terlebih jika dimainkan secara bersama. Berbagai pertandingan bergensi pun turut serta digelar dalam suatu event olahraga. Misalnya liga inggris, liga eropa, maupun pertandingan yang melibatkan antar negara sekalipun.

Dalam konteks pendidikan materi tersebut dapat kita temukan di semua jenjang mulai dari SD sampai SMA. Pembahasan terkait apa saja posisi pemain serta masing-masing tugas pemain pun harusnya familiar untuk siswa. Tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa ada pula siswa yang masih bingung dan kesulitan ketik bertemu model soal tersebut.

Posisi Posisi Dalam Permainan Sepak Bola

Padahal, cara menghafal tugas pemain sepak bola cukup memperhatikan posisinya dalam formasi. Lebih mudahnya lagi kalian bisa mengidentifikasi posisi berdasarkan singkatan yang ada di papan formasi. Misalnya posisi CF dan WF yang notabenya menjadi penyerang atuapun CB/SW sebagia pemain bertahan.

Biasanya, tugas pemain sepak bola ditentukan dari posisinya. Sedangkan posisi disusun berdasarkan formasi serta strategi yang dipakai oleh masing-masing tim. Inilah mengapa kita menjumpai banyak sekali formasi dengan posisi pemain berbeda-beda setiap pertandingan.

Semua Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Bagi sebagian masyarakat awam mungkin memaknai posisi pemain sepak bola hanya terbatas kiper, bek, dan penyerang saja. Namun, jika diuraikan lagi maka kita akan menemukan beberapa posisi penting sebagai bagian dari ketiganya. Mari ambil contoh pemain bertahan yang dapat dibagi berdasarkan posisi tengah, kanan, kiri, dan depan. Adapula gelandang yang juga memiliki pembagian sama seperti defender.

Memahami apa saja tugas dari setiap jenis posisi pemain sepak bola merupakan salah satu kewajiban kita sebagai siswa. Ketika kegiatan praktikum umumnya guru hanya berfokus mengajarkan teknik dasar berupa menendang, menggiring, menangkap, dan lain sebagianya. Meski telah mendapatkan bekal secara teori dan praktek, tapi faktanya masih banyak siswa yang kesulitan untuk menjawab kepanjangan istilah pemain sepak bola.

Apakah kalian tau apa saja kepanjangan dari singkatan pemain dalam formasi? Jika belum maka simaklah artikel di bawah. Karena sedikit banyak saya ingin membahas nama posisi pemain sepak bola dan tugasnya secara lengkap.

Singkatan Posisi Pemain Sepak Bola

Pernahkah kalian bermain game sepak bola di console baik itu PS2, PS3 ataupun PC. Sebagian siswa pasti sangat familiar ketika ditanya apa itu posisi GK, CF, WF, CB, dan lain sebagainya. Tapi ada pula yang tak tau singkatan posisi permain karena memang kurangnya informasi.

Singkatan posisi pemain tersebut memang tak tercantum dalam buku LKS. Umumnya di buku kalian hanya akan menemukan tugas pemain sepak bola berdasar posisinya saja. Oleh karenanya siswa harus mencari sendiri informasi spesifik tersebut dari sumber lain.
  1. GK : Goal keeper
  2. SW : Sweeper
  3. LB : Left back
  4. CB : Center back
  5. RB : Right back
  6. LWB : Left wing back
  7. RWB : Right wing back
  8. DM : Deffensive midfielder
  9. CM : Center midfielder
  10. AM : attacking midfielder
  11. LW : Left wing
  12. RW : Right wing
  13. WF : Wing forward
  14. CF : Center forward
Masing-masing posisi pemain sepak bola di atas tentunya memiliki peranan serta tugas berbeda. Mempelajari serta menghafal apa saja tugas pemain tersebut menjadi kewajiban kita sebagai siswa. Maka dari itu, dalam sesi selanjutnya saya ingin membahasnya lebih dalam dan spesifik.

Goal Keeper (Penjaga Gawang)

Kepanjangan GK adalah goal keeper yang artinya penjaga gawang. Sama seperti namanya, tugas kiper adalah untuk menghalau bola yang mengarah ke gawang. Posisi pemain sepak bola satu ini berada di barisan pertama dalam formasi atau paling belakang ketika permainan. Berdasarkan peraturan, kiper boleh menyentuh bola menggunakan tangan selama masih berada di kotak pertahanan. Inilah privilege yang tak dimiliki oleh semua posisi pemain sepak bola lainnya.

Posisi Pemain Kiper (Penjaga Gawang)

Untuk menjadi kiper yang baik maka diperlukan beberapa kriteria khusus. Selain skill mumpuni serta refleks yang bagus ternyata pemain juga wajib memiliki postur badan tinggi besar. Mengembangkan insting, refleks, serta kemampuan menangkap bola merupakan kunci utama untuk mengantisipasi gol. Tujuannya tak lain agar mudah bergerak dan lebih leluasa menjangkau area gawang.

Tugas pemain sepakbola paling belakang ini tak serta merta hanya menangkap bola saja. Ketika menduduki posisi GK (Goal keeper) maka kalian harus bisa melakukan tendangan secara akurat. Jangan sampai tendangan maju yang dilancarkan oleh kiper dipotong atau justru menuju ke arah lawan. Maka dari itu, meski tak sepenuhnya bermain menggiring bola tapi kita tetap harus melatih teknik dasar.
Baca juga : 4 Macam Teknik Menyundul Bola (Heading) Dalam Sepak Bola

Meski telah dirumuskan dalam buku pedoman penjas tapi saya akan mengulang kembali apa saja tugas kiper dalam permainan sepak bola. Diantaranya adalah:

  1. Menyelamatkan Bola (Saving) yaitu tindakan pencegahan atau usaha menghindari terjadinya gol ke dalam gawang sendiri. Misalnya menangkap, meninju, ataupun menepis bola.
  2. Membersihkan Bola (Clearing) yaitu usaha penjaga gawang atau kiper dalam menjaga daerah dari adanya bola jauh yang berbahaya.
  3. Mengarahkan Bola yaitu mengarahkan bola ke pemain bek yang tidak dijaga oleh pemain lawan.
  4. Mendistribusikan Bola ialah keputusan penjaga gawang setelah melakukan saving sehingga bola dapat dibuang ataupun ditendang.
Istilah GK atau yang merujuk pada kiper adalah salah satu nama posisi pemain sepak bola yang tak boleh kosong. Karena tanpa penjagaan maka gawang akan rentan terhadap serangan dari lawan. Adapun beberapa contoh kiper atau penjaga gawang yang paling baik seperti Oliver Khan, Casillas, Peter Schmeichel, Gordon Banks, Van Der Saar, Lev Yashin, Gianluigi Buffon, Dida, Dino Zoff, dan sebagainya.

Defender (Pemain Bertahan)

Deffender merupakan posisi pemain sepak bola yang memiliki banyak sekali istilah atau singkatan di dalamnya. Mulai dari LB, CB, SW, RWB, dan lain sebagainya yang berada di garis pertahanan tim.

Tugas permain bertahan dalam sepak bola tentu saja untuk menghalau penyerang tim lawan mendekati gawang. Memiliki defender kuat serta formasi yang solid akan sangat membantu kiper mempertahankan gawangnya. Hal ini secara otomatis menggaris bawahi bahwa posisi GK atau kiper sangat penting dan harus dijaga secara ketat.

Posisi Pemain Bertahan

Ada banyak sekali metode yang bisa kalian pakai jika menduduki posisi pemain sepak bola satu ini. Contohnya membayang bayangi lawan, mencegat langsung, memblokir tembakan, melakukan tackle dan lain sebagainya. Semua itu tak luput dari penguasaan teknik dasar, ;latihan rutin, serta kerjasama tim yang baik.

Karena tugas pemain sepak bola bagian belakang adalah untuk melindungi maka ada beberapa kriteria khusus. Diantaranya adalah memiliki postur tubuh tinggi, stamina ekstra, serta fisik yang kuat untuk memblokir pergerakan lawan. Nah, posisi pemain defender sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam untuk mempertahankan daerah sendiri dengan maksimal. Berikut beberapa macam pemain bertahan dalam sepak bola yaitu meliputi:

Center Back (Bek Tengah)

Dalam permainan sepak bola terdapat formasi yang terdiri dari 4 pemain bertahan. Di bagian tengahnya ditempati oleh 2 orang bek tengah atau center back (CB). Bek Tengah juga termasuk dalam nama posisi pemain sepak bola kategori pemain bertahan. Bek Tengah bertugas untuk menjaga daerah pertahanan bagian tengah. Biasanya dalam formasi bersama, center back kedudukannya di bagian belakang bersamaan dengan kiper agar gol dapat dicegah.
Baca juga : Cara Mengumpan Bola Dalam Permainan Sepak Bola Lengkap
Nama posisi pemain dalam sepak bola ini juga memiliki kriterianya sendiri. Adapun kriteria pemain bek tengah harus memiliki kemampuan yang baik, berani dan kuat dalam menghadapi pemain penyerang lawan secara langsung. Kemampuan bek tengah yang tidak kalah penting ialah sundulan bolanya baik sehingga dapat membantu serangan ke depan saat tendangan bebas maupun tendangan sudut dilakukan.

Skill sundulan yang bagus tidak hanya dimiliki oleh pemain bertahan dengan postur tubuh tinggi, misalnya saja bek dari Spanyol yang bernama Carles Puyol. Tubuhnya memiliki tinggi yang kurang dari tinggi rata rata pemain Eropa yakni kurang dari 180 cm.

Nama posisi pemain sepak bola ini juga memiliki keuntungan yang lebih jika memiliki postur tubuh tinggi. Hal ini dikarenakan bola terbang dapat didapatkan dengan mudah di udara. Dimana hal ini dapat menyebabkan tendangan sudut dengan keuntungan tersendiri. Dalam sejarah persepakbolaan terdapat pemain bek sepanjang masa yang terbaik seperti Ronald Koeman, Franco Baresi, dan Fabio Cannavaro.

Wing Back (Bek Sayap)

Nama posisi pemain dalam sepak bola kategori pemain bertahan selanjutnya ialah bek sayap atau wing back (WB). Bek sayap ialah pemain bertahan yang dapat bergerak maju sepenuhnya hingga menuju gawang lawan. Bek sayap sendiri dapat dibagi menjadi dua macam yakni daerah sayap kiri ditempati oleh Left Wing Back (LWB) dan daerah sayap kanan ditempati oleh Right Wing Back (RWB).

Bek sayap merupakan nama posisi pemain sepak bola yang bertugas untuk menjaga daerah pertahanan sayap dan membantu serangan tim dengan sesekali maju serta memberikan umpan atau mendukung serangan dari pemain penyerang. Untuk itulah fisik pemain sayap di lapangan harus paling kuat diantara pemain lainnya. Di dunia sepak bola terdapat pemain bek sayap yang legendaris yaitu Cafu dan Roberto Carlos.

Sweeper (Penyapu)

Nama posisi pemain dalam sepak bola kategori pemain bertahan selanjutnya ialah penyapu atau sweeper (SW). Sweeper letaknya di depan penjaga gawang  atau di bagian belakang garis pertahanan. Dalam formasi sepak bola terdapat lima pemain bek yang terdiri dari seorang penyapu di belakang bek tengah sehingga saat bola berhasil lolos dapat disapu langsung dalam pertahanan timnya.

Jika dibandingkan dengan bek tengah, gerakan yang dilakukan oleh sweeper tergolong lebih banyak dikarenakan setiap lubang dalam pertahanan tim akan ditutupi dengan gerakan sweeper tersebut.

Karena tugas pemain sepak bola ini cukup rumit maka kalian harus mempunyai kemampuan atau skill spesial. Hal ini dikarenakan seorang sweeper bertugas untuk mendeteksi bahaya, mengawasi dan menyapu bahaya tersebut. Untuk itu skill utama yang harus dimiliki oleh sweeper ialah mahir menyapu dan merebut bola dari serangan lawan.

Dalam pertandingan sepak bola pada dasarnya memang cukup jarang dan tidak populer dalam menggunakan posisi ini. Meski begitu dimasa lalu dalam sistem Italia sempat dipopulerkan oleh Catenaccio. Selain itu adapula sweeper legendaris dari sepak bola Jerman yang bernama Franz Beckenbauer.

Midfielder (Gelandang)

Nama posisi pemain dalam permainan sepak bola selanjutnya ialah gelandang atau midfielder. Pemain gelandang ialah pemain yang letaknya di antara penyerang dengan para bek. Gelandang bertugas untuk menghubungkan penyerang dengan pemain bertahan. Selain itu tugas gelandang juga untuk mencegah agar daerah pertahanan tidak dapat dicapai oleh serangan lawan serta memberikan bola ke penyerang tim dengan menggiringnya ke depan dalam formasi penyerangan.
Posisi Pemain Gelandang
Pada dasarnya nama posisi pemain sepak bola ini menggunakan tenaga yang cukup terkuras banyak. Hal ini dikarenakan dalam permainan terdapat jarak tempuh yang cukup jauh ketika menghubungkan striker (lini depan) dengan defender (lini belakang). Pemain gelandang cenderung menjalankan tugasnya sebagai pemain bertahan yang hampir sama dengan kedudukan pemain penyerang. Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa pembagian posisi gelandang yaitu meliputi:

Defending Midfielder (Gelandang Bertahan)

Istilah DM mengacu pada pemain yang bertugas mempertahankan garis tengah lapangan. tugas geladang bertahan cukup fleksibel karena bisa membantu menyerang ataupun pemain bertahan. Gelandang bertahan ialah pemain gelandang yang kedudukannya di depan para bek dan di belakang garis pertahanan.

Gelandang bertahan bertugas untuk melakukan pencegahan agar garis pertahanan tidak dapat dicapai oleh bola lawan. Pemain gelandang cenderung memiliki kemampuan memotong serangan lawan yang bagus, dapat memposisikan dirinya secara strategis dan baik, serta mahir dalam merebut bola lawan. Pemain gelandang bertahan yang pernah populer dimasanya ialah Claude Makelele dan Dunga.

Center Midfielder (Gelandang Tengah)

Nama posisi pemain sepak bola selanjutnya ialah gelandang tengah atau center midfielder (CM). Gelandang tengah ialah pemain gelandang yang letaknya dibagian tengah lapangan. Gelandang tengah memiliki tugas tertentu dalam permainan sepak bola. Adapun tugas tugas gelandang tengah yaitu sebagai berikut:
  1. Menjaga daerah sendiri dibagian tengah lapangan.
  2. Mengatur ritme dalam permainan.
  3. Membantu pertahanan di bagian sayap maupun tengah.
  4. Menciptakan peluang bagi striker tim sendiri.
  5. Memblokir serangan dari lawan.
Kemampuan gelandang tengah harus baik secara teknis, cepat, cerdik, staminanya tinggi, memiliki berbagai taktik, dan kuat. Salah satu legenda hidup Liverpool di masanya terdapat gelandang tengah terbaik yang bernama Steven Gerrard.
Baca juga : Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap

Attacking Midfielder (Gelandang Serang)

Nama posisi pemain dalam permainan sepak bola kategori pemain gelandang selanjutnya ialah gelandang serang atau attacking midfielder (AM). Skill atau kemampuan gelandang serang pada umumnya mahir mengontrol bola dengan baik. Selain itu adapula seorang playmaker yang ditempatkan dalam posisi sepak bola tersebut. Tetapi memiliki perbedaan peran dengan gelandang serang ini.

Gelandang serang merupakan posisi pemain dalam sepak bola yang dianggap sebagai otak dalam tim karena dapat menciptakan pola penyerangan yang terampil dan strategis serta bola dapat didistribusikan dengan baik. Nama posisi pemain sepak bola seperti playmaker biasanya bijak dalam mengambil kepurusan. Dalam dunia persepakbolaan dunia terdapat beberapa playmaker yang cukup terkenal seperti Juan Riquelme, Zinedine Zidane, dan Mesut Ozil.

Winger (Gelandang Sayap)

Posisi pemain dalam permainan sepak bola kategori pemain gelandang selanjutnya ialah gelandang sayap atau winger. Gelandang sayap ialah pemain gelandang yang letaknya di bagian sisi lapangan. Winger sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yakni Left Winger (LW) atau pemain sayap kiri maupun Right Winger (RW) atau pemain sayap kanan. Pada umumnya dalam formasi 4 – 5 – 1 maupun 4 – 3 – 3 menggunakan posisi pemain winger atau gelandang sayap ini.

Kemampuan seorang winger harus dapat menguasai dribbling dengan sangat baik, akurat dalam melewati lawan, dan mempunyai kecepatan tinggi. Biasanya gelandang sayap yang modern memiliki sifat yang fleksibel sehingga di bagian tengah lapangan dapat melakukan penyerangan. Garricha dan Ryan Giggs adalah contoh gelandang sayap yang paling baik di masanya.

Forward (Penyerang)

Tugas pemain sepak bola yang cukup krusial terletak pada posisi penyerang atau forward. Dalam formasi biasanya tim akan menempatkan satu sampai tiga penyerang dengan istilah CF, WF, LWF, atau RWF sesuai kebutuhan. Pemain ini bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan. Seorang pemain forward harus memiliki skill dalam bentuk kecepatan, teknik dasar, kemampuan mengambil keputusan, dan bakat.

Apabila diantara hal hal tersebut ada yang kurang maka pemain penyerang akan sulit dalam menjalankan tugasnya. Padahal posisi pemain sepak bola satu ini menjadi ujung tombak untuk meraih kemenangan. Selain itu pemain penyerang juga membutuhkan konsentrasi dan naluri yang tajam.

Posisi Pemain Penyerang
Nama posisi pemain dalam sepak bola seperti penyerang ini tidak melakukan gerakan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan pemain gelandang atau pemain bek. Namun ketika bola diberikan kepadanya, maka pemain forward harus dapat mengubah umpan menjadi gol. Pemain penyerang dalam permainan sepak bola dapat dibagi menjadi dua jenis yakni penyerang tengah dan penyerang sayap. Berikut penjelasan selengkapnya:

Center Forward (Penyerang Tengah)

Nama posisi pemain sepak bola kategori pemain penyerang yang pertama ialah penyerang tengah atau center forward (CF). Letak penyerang tengah berada di dekat gawang lawan. Pemain ini dapat dinamakan dengan pemain striker dengan tugasnya masing masing. Adapun tugas tugas striker yaitu meliputi:
  1. Memperoleh umpan dari teman dan mengubahnya menjadi gol.
  2. Melakukan pengalihan perhatian dalam pertahanan lawan agar dapat memberikan ruang untuk pemain sayap dan gelandang serang.
Penyerang tengah harus memiliki kemampuan yang kuat, cerdas, dapat mengontrol dan memperoleh bola dengan sangat baik, berani serta saat berduel di udara dapat memenangkan bola. Di sepanjang masa terdapat beberapa contoh striker terbaik di dunia seperti Ronaldo, Batistuta, dan Ruud van Nistelrooy.

Wing Forward (Penyerang Sayap)

Nama posisi pemain dalam sepak bola kategori pemain penyerang selanjutnya ialah penyerang sayap atau wing forward (WF). Pemain ini dapat dinamakan dengan pemain second striker atau withdrawn striker. Penyerang sayap ialah pemain yang menjalankan serangan dan dapat ditarik ke posisi belakang. Penyerang sayap bertugas untuk menghasilkan gol dan membantu serangan di daerah sayap. Selain itu second striker juga bertugas untuk memberikan ruang untuk striker dan memberikan umpan agar dapat menghasilkan gol. Salah satu pemain penyerang sayap legendaris di dunia persepakbolaan yang terkenal dimasanya yaitu bernama Pele.

Sekian penjelasan mengenai macam macam nama posisi pemain sepak bola dan tugasnya. Nama posisi pemain dalam sepak bola pada dasarnya terdiri dari penjaga gawang, bek, gelandang dan penyerang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Semua Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel