Gambar dan Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Keterangannya

Gambar dan Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Keterangannya - Hampir semua siswa menyukai mata pelajaran olahraga di sekolah. Materi ajar yang menyenangkan berbalut kegiatan praktikum menjadi daya tarik utamanya. 

Handball atau yang biasa disebut bola tangan adalah materi dasar yang biasanya mulai diajarkan di jenjang sekolah menengah. Permainan satu ini sudah ada sejak jaman kolonial belanda dan terus berkembang sampai sekarang. Menghafal setiap aspek dan komponen yang meliputi ukuran lapangan handball menjadi salah satu kewajiban kita.



ukuran lapangan bola tangan


Meski secara konsep, bentuk, dan gambar lapangan handball sama dengan sepak bola. Tapi keduanya memiliki perbedaan signifikan pada peraturan permainan. Permainan bola tangan mengharuskan pemainnya untuk saling memasukan bola ke gawang lawan untuk mencetak angka. Sama seperti namanya, handball dimainkan menggunakan tangan bukan memakai kaki layaknya sepakbola. 

Sayangnya, tak semua siswa tau bagaimana cara membuat gambar lapangan handball dan keterangannya. Padahal pengetahuan dasar tersebut sering menjadi butir soal ujian yang menyulitkan. Di lain sisi, sudah menjadi kewajiban kita untuk mempelajari setiap aspek serta komponen yang ada dalam permainan tersebut.

Gambar dan Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Keterangannya

Bola tangan menjadi salah satu materi yang mungkin terdengar asing di telinga kita. Hal ini wajar mengingat olahraga tersebut jarang dimainkan di tengah masyarakat. Terlebih tak pernah ada kejuaraan atau olimpiade yang mengakomodasinya. Dalam konteks pendidikan jenis permainan ini mulai diajarkan pada siswa semenjak di bangku SMP. Pembahasan yang tak terlalu kompleks membuatnya mudah untuk dihafalkan.

Apakah kalian tau berapa ukuran lapangan handball sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam buku LKS? jika kita amati sebenarnya bola tangan dan sepakbola memilki kemiripan. Perbedaan antara keduanya terletak pada cara menggunakan bola sesuai dengan letaknya. Cara menggunakan bola pada permainan handball menggunakan tangan, sedangkan pada permainan sepak bola menggunakan kaki.
Baca juga : Peraturan Permainan Hand Ball (Bola Tangan) Lengkap

Terlepas dari segala peraturan dan teknik dasar yang ada di dalamnya. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari lebih dalam seperti apa gambar dan ukuran lapangan handball itu sendiri. Tentu saja pembahasan akan mencakup seluruh aspek, komponen, dan keterangannya pula.

Gambar Lapangan Handball

Secara garis besar bentuk lapangan handball menyerupai sepak bola yakni persegi panjang yang dibagi menjadi dua kubu. Perbedaannya terletak pada skala yang lebih kecil dan ukuran tiap komponen di dalamnya.

Pembahasan yang menyangkut materi tersebut sebenarnya sudah tertera pada buku LKS penjas. Tapi sayangnya gambar di dalamnya kadang kurang jelas sehingga menimbulkan kesalahan konsep. Inilah alasan mengapa banyak siswa lebih memilih mencari sendiri informasi secara online dari internet.

Jika kebetulan kalian sedang mendapat tugas untuk membuat gambar dan menjelaskan berapa ukuran lapangan handball. Maka simaklah ilustrasi di bawah terlebih dahulu:

Gambar Lapangan Handball
Gambar Lapangan Handball

Berdasarkan gambar lapangan handball di atas kita bisa simpulkan bahwa setiap kubu memiliki tiga zona bertahan mulai dari paling luar sampai terdalam. Jika kita meninjau komponen di dalamnya tentu akan sangat mirip seperti sepakbola.

Berapa ukuran lapangan handball? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Meski mengetahui seperti apa bentuk dan gambar lapangan bola tangan tak serta merta membuat kita paham berapa ukurannya. Oleh karenanya kita akan melanjutkan pembahasan dari setiap komponen pada ilustrasi di atas.

Ukuran Lapangan Handball

Olahraga satu ini menggunakan bola lebih kecil daripada olahraga bola besar lainnya. Mengapa demikian? sudah jelas karena pemain harus menggunakan tangan bukannya kaki. Sehingga ukuran bola pun juga ikut disesuaikan. Game pun dibuat berdurasi lebih pendek yakni berselang 2x30 menit saja. 

Ukuran lapangan handball (bola tangan) adalah 40m x 20m, dimana ditengah lapangan terdapat garis pemisah. Kemudian dibagian gawangnya terdapat garis di antara kedua sisi yang pendek. Didalam area gawang tersebut terdapat garis pembatas yang menandakan bawah hanya penjaga gawanglah yang diperbolehkan masuk pada area tersebut. Secara garis besar lapangan handball memiliki area pinalti berjarak 7 meter.
Gambar Lapangan Handball (Bola Tangan)
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Gambarnya
Gambar diatas merupakan ukuran lapangan handball (bola tangan). Pertandingan handball dapat dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Tetapi pada pertandingan kejuaraan biasanya dilakukan didalam ruangan (indoor). Permainan handball memiliki lapangan yang hampir sama dengan lapangan futsal. Adapun beberapa ketentuan ukuran lapangan handball yaitu:
  • Lapangan Handball memiliki panjang 40 m.
  • Lapangan Handball memiliki lebar 20 m.
  • Tinggi gawang pada permainan Handball 2 m.
  • Lebar gawang pada permainan Handball 3 m.
  • Daerah lemparan bebas (Free Trhrow) berjarak 9 m.
  • Garis/daerah goal (Goal Line) berjarak 6 m.
  • Garis pinalti atau menembak langsung ke gawang berjarak 7 m.
Sekian penjelasan mengenai ukuran lapangan handball (bola tangan) beserta gambarnya. Permainan handball dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Gambar dan Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Keterangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel