Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Gambar

Advertisement

Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Gambar - Apakah anda pernah mendengar jenis permainan handball atau bola tangan? Jenis permainan ini mungkin cukup familiar ditelinga kita. Permainan tersebut masuk dan diperkenalkan di Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Pertama kali permainan handball ditemukan oleh Konrad Koch dan berkembang sampai sekarang. Permainan ini memiliki ukuran lapangan handball (bola tangan) dengan beberapa ketentuan seperti halnya jenis permainan lainnya. Pada tahun 1890, Konrad Kock memperkenalkan permainan handball disekolah sekolah di negara Jerman, karena pada saat itu ia berperan sebagai pelopor sepak bola sekaligus guru di Jerman.

ukuran lapangan bola tangan
Permainan handball (bola tangan) yang diperkenalkan oleh Konrad Koch masih sederhana. Kemudian berkembang menjadi lebih modern pada tahun 1900, dimana saat itu diperkenalkan oleh Kristof Antonin dan Vaclav Karas. Kedua orang tersebut merupakan guru yang berasal dari Praha. Mereka bahkan menerapkan beberapa aturan terkait permainan handball. Cara bermainan permainan bola tangan sama seperti permainan sepak bola yaitu memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ukuran lapangan handball (bola tangan) beserta gambarnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Gambar

Permainan handball (bola tangan) ialah salah satu jenis olahraga yang medianya menggunakan bola. Ukuran lapangan handball (bola tangan) memiliki beberapa ketentuan, meskipun bentuk lapangannya hampir sama dengan lapangan sepak bola. Yang membedakan diantara kedua permainan ini adalah cara menggunakan bola sesuai dengan letaknya. Cara menggunakan bola pada permainan handball menggunakan tangan, sedangkan pada permainan sepak bola menggunakan kaki.
Baca juga : Peraturan Permainan Hand Ball (Bola Tangan) Lengkap
Ukuran lapangan handball (bola tangan) adalah 40m x 20m, dimana ditengah lapangan terdapat garis pemisah. Kemudian dibagian gawangnya terdapat garis di antara kedua sisi yang pendek. Didalam area gawang tersebut terdapat garis pembatas yang menandakan bawah hanya penjaga gawanglah yang diperbolehkan masuk pada area tersebut. Didalam lapangan handball terdapat daerah pinalti yang jaraknya 7m. Permainan handball menggunakan bola yang ukurannya lebih kecil dibandingkan bola sepak. Waktu permainan bola tangan tersebut ialah 2 x 30 menit.
Gambar Lapangan Handball (Bola Tangan)
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Lempar Lembing Beserta Gambarnya
Gambar diatas merupakan ukuran lapangan handball (bola tangan). Pertandingan handball dapat dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Tetapi pada pertandingan kejuaraan biasanya dilakukan didalam ruangan (indoor). Permainan handball memiliki lapangan yang hampir sama dengan lapangan futsal. Adapun beberapa ketentuan ukuran lapangan handball yaitu:
  • Lapangan Handball memiliki panjang 40 m.
  • Lapangan Handball memiliki lebar 20 m.
  • Tinggi gawang pada permainan Handball 2 m.
  • Lebar gawang pada permainan Handball 3 m.
  • Daerah lemparan bebas (Free Trhrow) memiliki jarak 9 m.
  • Garis/daerah goal (Goal Line) memiliki jarak 6 m.
  • Garis pinalti atau menembak langsung ke gawang memiliki jarak 7 m.
Sekian penjelasan mengenai ukuran lapangan handball (bola tangan) beserta gambarnya. Permainan handball dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Ukuran Lapangan Handball (Bola Tangan) Beserta Gambar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar