4 Teknik Menendang Bola Futsal Beserta Cara Melakukannya

4 Teknik Menendang Bola Futsal Beserta Cara Melakukannya - Apabila membahas tentang permainan bola tentunya tidak lepas dari adanya teknik dasar di dalamnya. Permainan bola tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu bola besar dan bola kecil. Futsal menjadi salah satu kategori permainan bola besar yang cukup populer. Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai pemain ialah teknik shooting futsal.

Apakah anda tahu bagaimana cara melakukan teknik menendang bola futsal itu? Teknik dasar shooting atau menendang bola memang harus dikuasai oleh setiap pemain futsal karena letaknya ada di bagian depan untuk menendang secara langsung ketika pertandingan berlangsung. Untuk itu teknik dasar futsal tersebut harus dikuasai karena digunakan untuk memenangkan pertandingan.

Teknik Shooting Bola Futsal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian shooting ialah teknik dasar permainan futsal yang dilakukan dengan menendang atau menembak bola ke arah gawang lawan secara keras agar sebuah gol dapat tercetak. Teknik menendang futsal memperhatikan beberapa hal penting di dalamnya. Hal penting dalam teknik shooting futsal tersebut ialah akurasi dan kekuatan tendangannya.

Teknik menendang bola futsal dengan keras dapat dilakukan dengan tepat dan terarah sasarannya jika diimbangi dengan latihan teratur sehingga kaki untuk menendang bolanya dapat diperkuat. Apabila seorang pemain melakukan latihan dengan sering, maka kemampuannya dapat lebih tajam dan bagus lagi ketika menendang bola ke arah gawang lawan. Dengan begitu tembakan dari pemain ini pasti sulit diantisipasi oleh pemain lawan lainnya.

4 Teknik Menendang Bola Futsal Beserta Cara Melakukannya

Futsal sendiri merupakan salah satu materi dasar yang sudah mulai diajarkan pada siswa saat menginjak bangku sekolah menengah. Biasanya guru akan memfokuskan pembelajaran pada kegiatan praktikum di lapangan karena lebih efektif. Berbagai teknik dasar pun menjadi tajuk utama seperti cara mengoper, mengumpan, dan hal paling dasar yakni menendang bola.

Pada dasarnya teknik shooting dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan teknik passing. Akan tetapi teknik shooting futsal ini membutuhkan power tenaga atau kekuatan yang lebih besar sehingga bola dapat melaju lebih cepat. Teknik menendang bola futsal dengan keras dapat dilakukan menggunakan sisi kaki bagian luar, punggung kaki, maupun kaki bagian dalam yang dekat bagian ujung.

Kita juga dapat menggunakan ujung kaki pada sepatu untuk menembak bola ke arah gawang sehingga laju bola yang dihasilkan dapat lebih kencang, cepat dan arah gerakan bola tetap lurus ke depan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik menendang futsal beserta cara melakukannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Tendangan Futsal

Futsal kini menjadi olahraga yang sedang naik daun di kalangan anak muda. Ukuran lapangan futsal yang tak terlalu besar membuatnya banyak dijumpai meski di kota besar sekalipun. Bahkan setiap hari peminatnya juga semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Meski terlihat mudah tapi setiap pemain juga wajib menguasai berbagai gerakan seperti teknik menendang bola futsal dan lain-lain.

Permainan futsal memang akan lebih seru jika dimainkan dengan sungguh sungguh dan tentunya menggunakan kemampuan yang baik dalam penguasaan tekniknya. Salah satu jenis teknik dasar futsal yang perlu dipahami dan dikuasai ialah teknik shooting futsal. 
Baca juga : Peraturan Permainan Futsal Beserta Penjelasannya Terlengkap
Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa teknik menendang bola futsal dengan keras dapat dilakukan menggunakan kaki bagian ujung, kaki bagian dalam, kaki bagian luar maupun punggung kaki. Jenis kaki yang digunakan akan mempengaruhi kecepatan dan akurasi pada laju bola. Bisa kita simpulkan bahwa pemain dapat memilih posisi sesuai kebutuhan serta tujuan yang spesifik.

Selain itu cara melakukan teknik dasar menendang bola futsal menggunakan punggung kaki berbeda dengan kaki bagian dalam, ujung kaki dan kaki bagian luar. Di bawah ini terdapat beberapa teknik menendang futsal beserta cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

Shooting Dengan Ujung Kaki

Teknik menendang bola futsal yang pertama menggunakan ujung kaki. Kegunaan teknik tersebut ialah saat posisi kita berada dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Hasil tendangan dengan teknik ini memang dapat tepat sasaran dan sangat keras. Tidak banyak keahlian khusus yang kalian perlukan ketika memilih tendangan ujung kaki. Hanya saja refleks serta akurasi ketika mengarahkan bola benar-benar akan diuji.

Masalahnya, tak semua pemain tau cara menedang bola futsal dengan ujung kaki dengan benar. Apakah kamu salah satunya? jika iya maka simaklah langkah-langkah berikut:
  1. Badan diposisikan di depan bola dengan tepat.
  2. Kemudian kaki tumpuan diposisikan di bagian belakang, dimana jari dihadapkan menuju gawang.
  3. Kemudian ayunkan kaki yang satunya ke arah belakang untuk bersiap melakukan tendangan.
  4. Tendang bola menggunakan ujung kaki sekeras mungkin di bagian tengahnya dengan tepat.
  5. Kaki dibiarkan tetap mengayun ke arah depan.

Shooting Dengan Punggung Kaki

Teknik menendang futsal selanjutnya dapat menggunakan punggung kaki. Cara melakukan tendangan ini memang membutuhkan latihan yang lebih supaya hasil tendangannya dapat lebih keras. Cara menendang bola futsal dengan pun banyak dipakai karena memberi segudang keuntungan. Selain laju lebih keras akurasi serta stabilitas pun juga menjadi pertimbangan utamanya.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Di bawah ini akan saya sampaikan seperti apa teknik shooting bola futsal menggunakan punggung kaki yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berada di depan bola.
  2. Kemudian kaki tumpuan diposisikan di samping bolanya, dimana jari dihadapkan menuju arah gawang.
  3. Lalu kaki lainnya diayunkan ke arah belakang.
  4. Bola ditendang sekuat mungkin menggunakan bagian punggung. 
Baca juga : Istilah Dalam Permainan Bola Besar Beserta Arti Terlengkap

Shooting Dengan Kaki Bagian Luar

Teknik shooting futsal selanjutnya menggunakan kaki bagian luar. Teknik ini digunakan untuk menembak bola di depan gawang secara langsung. Menurut saya, posisi kaki luar lebih menguntungkan dari segi akurasi dan kontrol sehingga dapat on poin ke gawang. Adapun cara melakukan teknik tendangan bola futsal menggunakan kaki bagian luar yaitu sebagai berikut:
  1. Badan diposisikan berada di samping bola.
  2. Kemudian kaki tumpuan diposisikan di samping bolanya, dimana jari dihadapkan menuju arah gawang.
  3. Lalu kaki lainnya diayunkan dan bola ditendang menggunakan bagian luar kaki. 
  4. Teknik menendang bola ini dapat digunakan untuk membingungkan kiper terhadap arah tembakan kita.

Shooting Dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik menendang futsal selanjutnya menggunakan kaki bagian dalam. Teknik ini berguna untuk menendang bola dengan jarak yang jauh. Bagaimana cara melakukannya? Di bawah ini terdapat cara menendang bola futsal dengan keras menggunakan kaki bagian dalam yaitu sebagai berikut:
  1. Bola diposisikan di depan badan.
  2. Kemudian kaki tumpuan diposisikan di samping badan.
  3. Lalu kaki lainnya diayunkan ke arah belakang dan bola ditendang menggunakan kaki bagian dalam dengan kuat.
  4. Badan sedikit dicondongkan ke arah depan agar badan dapat diseimbangkan.
Demikianlah penjelasan mengenai teknik menendang futsal beserta cara melakukannya. Teknik shooting futsal ini dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, ujung kaki, punggung kaki dan kaki bagian luar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "4 Teknik Menendang Bola Futsal Beserta Cara Melakukannya"