Perbedaan Antara Lari Estafet 4 x 100 Dengan 4 x 400 Lengkap

Advertisement

Perbedaan Antara Lari Estafet 4 x 100 Dengan 4 x 400 Lengkap - Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik. Lari sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu lari estafet, lari jarak menengah, dan sebagainya. Lari estafet merupakan jenis olahraga nomor lari yang terdapat dalam cabang olahraga atletik. Olahraga lari estafet tersebut memiliki teknik dasarnya sendiri. Selain itu adapula nomor perlombaan lari estafet yaitu 4 x 100 m dan 4 x 400 m. Lalu apa perbedaan lari estafet 4 x 100 dengan 4 x 400 m itu? Lari estafet menggunakan alat yang berupa tongkat untuk dioperkan ke pemain selanjutnya.

Perbedaan Lari Estafet 4 x 100 m dan 4 x 400 m
Lari estafet memiliki jumlah pemain sebanyak 4 orang. Olahraga lari estafet memiliki tujuan dasar yaitu tongkat harus diserahkan oleh setiap pelari pada zona tertentu ke pelari berikutnya. Zona pemberian tongkat sendiri ditandai dengan trek yang berbentuk segitiga. Untuk itu setiap pemain memiliki daerah treknya masing masing untuk memberikan tongkat estafet, baik dalam nomor perlombaan 4 x 100 meter maupun 4 x 400 meter. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara lari estafet 4 x 100 dengan 4 x 400 lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Antara Lari Estafet 4 x 100 Dengan 4 x 400 Lengkap

Sebelum menjelaskan tentang perbedaan lari estafet 4 x 100 dengan 4 x 400 meter. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai lari estafet terlebih dahulu. Pelari pertama dalam lari estafet akan berlari pendek dengan menggunakan blind handoff. Dalam hal ini pelari kedua sudah berada di tempat yang sebelumnya telah ditentukan dan ketika pelari pertama dalam trek menyentuh tanda visualnya maka ia akan mulai berjalan. Setelah pelari pertama mencapai beberapa langkah, maka tangan pelari kedua akan di buka dan diarahkan ke belakang. Kemudian tongkat estafet akan diangkat dan dilepaskan ke tangan pelari kedua. Namun pemberian tongkat pada pelari pertama ditandai dengan teriakan "Yak" ataupun "Tongkat". Teriakan ini dilakukan beberapa kali sampai tangan pelari kedua diulurkan untuk menerima tongkat estafetnya. Begitupun seterusnya sampai pelari terakhir.
Baca juga : Cara Memegang Tongkat Dalam Lari Estafet Lengkap
Seperti yang telah kita ketahui bahwa nomor perlombaan lari estafet terdiri dari lari 4 x 100 meter maupun 4 x 400 meter. Kedua nomor lari estafet ini pada dasarnya menggunakan teknik yang sama secara garis besar. Namun adapula beberapa perbedaan antara lari estafet 4 x 100 dengan 4 x 400 tersebut. Letak perbedaan antara lari estafet 4 x 100 m dan 4 x 400 m adalah cara melakukan pergantian tongkat estafetnya. Teknik yang digunakan dalam lari estafet jarak 4 x 100 meter dalam pergantian tongkat ialah teknik non visual. Teknik non visual pada pergantian tongkat lari 4 x 100 meter ini dilakukan dengan tidak melihat ke belakang ketika menerima tongkatnya.

Tongkat yang diterima oleh pelari estafet jarak 4 x 100 meter berada di dalam area pergantian dengan berlari pelan. Selain itu tangan pelari juga harus mengarah ke depan dan tetap fokus. Setelah itu tangan bersiap diulurkan ke belakang untuk menerima tongkat dari pelari sebelumnya. Pandangan pelari tetap ke depan dengan fokus ketika tangan sudah menyentuh tongkat estafet dan sekuat mungkin berlari ke pelari berikutnya. Inilah yang menjadi letak perbedaan lari estafet 4 x 100 dengan 4 x 400 meter. Lari estafet 4 x 100 meter menggunakan teknik non visual dalam pergantian tongkat karena jarak tempuh yang harus dicapai pelari cukup pendek. Dengan begitu saat tongkat diterima, pelari tidak harus berkonsentrasi ke arah belakang.
Baca juga : Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap
Kemudian untuk teknik pergantian dalam lari estafet 4 x 400 meter menggunakan cara visual. Perbedaan antara lari estafet 4 x 100 dengan 4 x 400 tersebut berada pada teknik yang digunakan pada saat pergantian tongkatnya. Pelaksanaan teknik visual dalam lari estafet jarak 4 x 400 meter ialah dengan melihat ke arah belakang. Di dalam area pergantian tongkat, pelari akan berlari pelan untuk memberikan tongkat. Penerima tongkat akan bersiap dengan menjulurkan tangannya ke arah belakang. Kemudian pelari akan mengalihkan fokusnya dengan segera ke arah depan setelah menerima tongkat dan sekuat mungkin berlari ke arah pelari berikutnya. Lari estafet 4 x 400 meter menggunakan teknik visual dalam pergantian tongkat karena jarak tempuh yang harus dicapai pelari lebih jauh. Dengan begitu saat tongkat diterima, pelari harus berkonsentrasi ke arah belakang.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan antara lari estafet 4 x 100 m dan 4 x 400 m lengkap. Kedua jenis nomor perlobaan lari estafet tersebut memang berbeda dalam hal teknik yang digunakan dalam pergantian tongkat. Namun secara garis besar cara melakukan lari estafet jarak 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter ini sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Perbedaan Antara Lari Estafet 4 x 100 Dengan 4 x 400 Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar