8 Peraturan Permainan Bola Voli Nasional dan Internasional Terlengkap

Advertisement

8 Peraturan Permainan Bola Voli Nasional dan Internasional Terlengkap - Olahraga adalah salah satu kegiatan yang digunakan untuk melatih tubuh, baik secara jasmani ataupun rohani. Tubuh kita akan terjaga kesehatannya dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin. Adapun salah satu jenis olahraga yang banyak populer dikalangan remaja hingga dewasa adalah olahraga bola voli. Permainan bola voli adalah salah satu jenis permainan bola besar yang sudah ada sejak zaman dulu sampai sekarang. Bahkan bola voli sering dipertandingkan dalam tingkat nasional dan Internasional. Untuk itu terdapat beberapa peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional yang harus dipahami oleh setiap pemainnya.

Peraturan Permainan Voli
Peraturan permainan voli pada dasarnya sudah ditetapkan sesuai dengan standar Nasional dan Internasional. Peraturan tersebut dibuat dengan tujuan agar pertandingan tidak disertai dengan kecurangan sehingga pemain lebih aman, nyaman dan mudah dalam bertanding secara adil. Dalam tingkat Internasional, peraturan bola voli dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan ketetapan Federation International De Volleyball (FIVB). Sedangkan dalam lingkup Nasional sesuai dengan ketetapan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

8 Peraturan Permainan Bola Voli Nasional dan Internasional Terlengkap

Sebenarnya peraturan voli dapet dengan mudah kita pahami, bahkan dalam beberapa perlombaan panitia sering membacakan tata tertib dan peraturan voli tersebut. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional terlengkap.

Peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional memang harus dipahami oleh setiap pemainnya. Peraturan bola voli sekarang ini memang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Maka dari itu terkadang terdapat beberapa kesalahpahaman ketika wasit pertandingan menyatakan sebuah pelanggaran tertentu. Adapun beberapa peraturan permainan voli yaitu meliputi:
Baca juga : Cara Melatih Lompatan Jumping Smash Dalam Permainan Voli

Formasi Permainan

Peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional yang pertama membahas tentang formasi permainan. Dalam formasi permainan bola voli terdapat pemain pemain yang memiliki tugas berbeda beda. Adapula pemain server sebutan untuk pemain nomor satu, Spiker sebutan untuk pemain kedua, Tosser atau Set Upper sebutan untuk pemain ketiga, Blocker sebutan untuk pemain keempat, serta Libero dan Defender sebutan untuk pemain kelima dan keenam. Berikut penjelasan selengkapnya:
  • Tosser (Pengumpan) adalah pemain yang bertugas untuk mengatur jalannya permainan dan memberikan umpan kepada teman setimnya. Maka dari itu tidak heran jika permainan bola voli membutuhkan kemampuan otak yang prima, khususnya untuk pemain tosser. Pemain tosser harus dapat mengatur jalannya permainan serta memutuskan tindakan terhadap bola yang ia peroleh. Keputusan tosser harus dipikirkan sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sendiri dalam permainan.
  • Spiker adalah pemain yang tugasnya memukul (smash/spike) bola menuju pertahanan lawan. 
  • Libero adalah pemain yang tugasnya menahan bola agar tidak melewati net dengan memukulnya ke seberang net melalui smash. Untuk itu pemain libero dapat bebas masuk dan keluar dari lapangan.
  • Defender adalah pemain yang tugassnya menerima serangan lawan. Pemain defender juga masih termasuk sebagai pemain bertahan, namun hanya menerima bola dari serangan lawan agar tidak mencetak angka/nilai.

Lamanya Permainan

Peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional selanjutnya membahas tentang lamanya permainan. Setiap regu dalam pertandingan bola voli resmi harus mendapatkan nilai disetiap set berjumlah 25 angka. Adapun sistem yang digunakan untuk menentukan regu pemenangnya yaitu dengan:
  • Two Winning Set adalah sistem pertandingan bola voli yang diakhiri dengan kemenangan langsung salah satu regu dalam dua set berturut turut.
  • Three Winning Set adalah sistem pertandingan bola voli yang diakhiri dengan kemenangan salah satu regu dalam tiga set.
Baca juga : Cara Melatih Timing Smash Voli Agar Tepat dan Pas

Jenis Pelanggaran

Peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional selanjutnya membahas tentang jenis pelanggarannya. Adapun beberapa jenis pelanggaran dalam pertandingan bola voli yaitu meliputi:
  • Memberikan pengaruh kepada wasit.
  • Berbicara tidak sopan kepada waasit ataupun pemain lain.
  • Sering melakukan teguran kepada wasit.
  • Saat pertandingan sedang berlangsung, pemain menerima petunjuk dari luar lapangan.
  • Meninggalkan lapangan dengan tidak meminta izin kepada wasit.

Perhitungan Nilai/Angka

Peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional selanjutnya membahas tentang perhitungan nilai atau angka. Adapun beberapa peraturan dalam menghitung nilai/angka untuk setiap tim yaitu sebagai berikut:
  • Apabila lawan dapat memasukkan bola ke daerah sendiri dan bola tidak dapat dijangkau atau dihalangi, maka nilai atau poinnya akan diberikan kepada lawan.
  • Pelaksanaan serve harus dilakukan dengan benar yaitu meletawi net dan masuk ke area lawan. Jika serve gagal dilakukan maka lalwan akan memperoleh nilai.

Sistem Pertandingan

Peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional selanjutnya membahas tentang sistem pertandingannya. Adapun beberapa sistem pertandingan bola voli yaitu sebagai berikut:
  • Pertandingan bola voli menggunakan sistem setengah kompetisi, dimana 8 tim akan didistribusikan menjadi dua grup. Maka dari itu setiap grup akan terdiri dari 4 tim, dimana masing masing tim tersusun oleh 10 pemain (6 pemain inti + 4 pemain cadangan).
  • Sistem pergantian pemain cadangan dengan pemain inti tidak dibatasi ketika berlangsungnya pertandingan bola voli.
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai
  • Jika salah satu anggota tim atau lebih mengikuti pertandingan cabang olahraga lainnya, maka pertandingan bola voli akan tetap berlangsung dan tidak ditunda.
  • Pemain yang dapat bertanding dilapangan memiliki jumlah minimun sebanyak 4 orang.
  • Jika dalam tim terdapat jumlah pemain kurang 4 pemain, maka tim tersebut akan dianggap kalah. Berlangsungnya pertandingan bola voli dilakukan dengan 3 babak atau best of three. Namun jika dalam 2 babak telah diketahui pemenangnya, maka tidak perlu melaksanakan babak ke tiga. Perhitungan nilainya menggunakan sistem 25 rally point. Jika setiap tim memperoleh nilai sama (24 - 24), maka pertandingannya akan bertambah menjadi 2 poin. Tim yang nilainya unggul 2 poin maka akan dijadikan pemenang.
  • Dalam pertandingan penyisihan, tim yang menang akan memperoleh nilai 1. Jika terdapat dua atau lebih tim dengan nilai yang sama, maka disetiap set permainannya akan dilihat kualitas angkanya. Dengan begitu akan dapat menentukan juara grup maupun runner up nya.

Kesalahan

Peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional selanjutnya membahas tentang kesalahan pemain pemainnya. Adapun beberapa tindakan pemain yang dianggap sebagai kesalahan yaitu meliputi:
  • Pemain melewati garis tengah batas lapangan lawan dan menyentuh net.
  • Bola tidak boleh ditangkap ataupun dilempar. Bola pada permainan voli harus dipantulkan namun tidak menyentuh dasar lapangannya.
  • Jika bola memantul keluar lapangan dan belum menyentuh permukaan lapangan maka tidak dapat dihitung sebagai out.
  • Lawan akan memperoleh nilai jika servis bola yang dilakukan malah melewati lapangan dan sebaliknya. Selain itu jika bola keluar dikarenakan pemain penerima servis maka tim lawan akan memperoleh nilai.
  • Ketika serve dilakukan maka seluruh pemain harus berada di dalam lapangan bola voli.
  • Pelaksanaan spike harus dilakukan di atas lapangan lawan.
  • Bola dapat dipantulkan menggunakan seluruh bagian tubuh, namun tidak boleh ditendang.
  • Ketika memainkan bola, namun mengenai 2 set maka penghitungan nilainya menjadi double faults.
  • Setiap akhir babak pertandingan, setiap tim wajib melakukan pergantingan lapangan. Namun pemain yang memiliki nili rendah dapat meminta pergantian lapangan ketika mencapai angka 13 dalam babak penentuan atau set ke tiga.
  • Di setiap babak hanya akan dilakukan time out sekali dalam waktu 1 menit.
Sekian penjelasan mengenai beberapa peraturan permainan bola voli Nasional dan Internasional. Dalam tingkat Internasional, peraturan bola voli dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan ketetapan Federation International De Volleyball (FIVB). Sedangkan dalam lingkup Nasional sesuai dengan ketetapan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

8 Peraturan Permainan Bola Voli Nasional dan Internasional Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar