Taktik dan Strategi Permainan Bulutangkis Lengkap

Taktik dan Strategi Permainan Bulutangkis Lengkap - Bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Kalian tak membutuhkan lapangan besar serta banyak peralatan untuk memainkannya. Secara garis besar ada beberapa aspek serta unsur yang harus kalian penuhi untuk memenangkan sebuah pertandingan.

Apakah itu? jawabannya tentu saja taktik dan strategi bulutangkis yang notabenya memberi pengaruh besar pada jalannya pertandingan. Pemain yang mempersiapkan strategi serta mengatur pola permainan berpotensi menguasai lapangan dan menjadi pemenang. Hal ini terjadi karena mereka memiliki kemampuan untuk menutupi kelemahan diri sendiri dan mengidentifikasi kelemahan lawannya. 

Taktik dan Strategi Permainan Bulutangkis Lengkap
Taktik dan Strategi Dalam Permainan Bulutangkis

Misalnya membuat stamina lawan terkuras dengan cara memukul bola ke kanan/kiri secara terus menerus. Setelah musuh kelelahan barulah kita bisa melancarkan strategi pola serangan yang efektif seperti smash atau pukulan beruntun. Taktik semacam ini dinamanakan dengan press atau memberikan tekanan semaksimal mungkin dengan gerak minimal.

Secara umum strategi dapat diartikan sebagai konsep atau rancangan sebelum berlangsungnya pertandingan atau permainan yang bersifat metodis. Sedangkan taktik merupakan pelaksanaan atau penerapan dari strategi itu sendiri. Implementasi taktik dan strategi bulutangkis yang tepat bisa mengantarkan pemain pada kemenangan. Hal ini terjadi jika kita memiliki kemampuan untuk menganalisa segala situasi serta kemampuan baik diri sendiri maupun lawan.

Taktik dan Strategi Permainan Bulutangkis Lengkap

Pengertian olahraga bulutangkis secara harfiah ialah permainan yang pelasanaannya menggunakan raket untuk menangkis bola bulu. Bola yang digunakan dalam bulutangkis ini dapat disebut dengan kok yang berasal dari bulu bulu unggas. Permainan ini paling sedikit dimainkan oleh dua orang saja. Selain itu permainan bulutangkis bertujuan untuk melayangkan kok melewati net dengan cara memukulnya hingga dapat jatuh di area lawan. Dengan begitu pemain tersebut dapat menambah poin/nilai untuk diriya sendiri.
Ketika kita menonton pertandingan bulutangkis di televisi pasti terbayang gerakan serta teknik dasar yang mudah. Namun sebenarnya pelaksanaan olahraga ini membutuhkan kerja keras dan latihan yang tinggi. Terlebih lagi dalam permainan bulutangkis terdapat beberapa peraturan ketat yang wajib dipatuhi. Selain itu adapula taktik dan strategi bulutangkis untuk menunjang permainan menjadi lebih baik. Taktik dan strategi permainan bulutangkis memuat pola penyerangan dan pola pertahanan.

Apa saja taktik dan strategi permainan bulutangkis itu? Taktik dan strategi ini memuat pola permainan bulutangkis untuk memenangkan pertandingan. Para pemain harus memahami dan menguasai pola permainan ini dengan baik, baik yang masih pemula ataupun yang telah profesional sekalipun. Pola permainan dalam bulutangkis ini memang memuat taktik dan strategi yang merupakan komponen penting di dalamnya. Secara umum taktik dapat diartikan sebagai salah satu bagian dalam melakukan strategi. Taktik yang tepat ini dapat digunakan oleh seorang pemain untuk mengalahkan lawan. Lawan yang dikalahkan ini merupakan tujuan utama dari permainan bulutangkis tersebut.

Pola Penyerangan Bulutangkis

Menyusun rencana untuk menyerang lawan merupakan sebuah kewajiban untuk setiap pemain. Tanpa strategi bulutangkis yang baik dan benar maka kalian tak akan mampu mencetak skor. Sayangnya kebanyakan orang tak menyadari hal ini bahkan terkesan acuh hanya bermodal teknik dasar saja.

Pola penyerangan dapat kita katakan efektif apabila memakai porsi tenaga sekecil mungkin tapi bisa menghasilkan poin. Untuk mewujudkannya siswa perlu mempelajari beberapa teknik dasar pulukan seperti drive, netting, lob, service, dropshot hingga smash. Di lain sisi kalian juga wajib mempertimbangkan taktik permainan sesuai cabangnya. Karena sejatinya sistem permainan tunggal, ganda, dan ganda campuran memiliki pola penyerangan berbeda.

Strategi Permainan Tunggal

Bulutangkis tunggal merujuk pada sistem pertandingan satu lawan satu baik itu putra maupun putri. Umumnya permainan tunggal ini membutuhkan kesabaran, keuletan, serta kontrol stamina yang baik. Partisipan benar-benar harus menyesuaikan teknik dan strategi secara penuh untuk mencetak nilai.

Oleh karenanya baik buruk pukulan yang dilakukan memang menjadi tanggung jawab pemain tunggal secara penuh dalam proses mengalahkan lawan. Tujuan pola penyerangan tunggal ialah untuk menghadapi lawan dengan taktik bulutangkis yang dikuasai secara penuh. Pola penyerangan ini memiliki beberapa strategi seperti di bawah ini:
  1. Permainan didasarkan pada kecepatan dan kekuatan. Dalam hal ini shuttlecock dipukul dengan cepat dan keras menuju arah bawah sehingga jatuhnya menjadi lebih curam. Pukulan yang dikuasai oleh pemain ini dapat berbentuk smash yang cepat dan keras.
  2. Permainan didasarkan pada keuletan dan daya tahan. Pukulan yang diutamakan dalam bentuk permainan ini ialah rally atau panjang karena membutuhkan keuletan dan daya tahan di dalamnya. Akan tetapi kurang mengutamakan daya serangan agar dapat bertahan selalu secara defendif dari serangan lawan.
  3. Permainan didasarkan tipuan dan teknik. Cara melakukan tipuan dan menguasai teknik pukulan memang dipentingkan dalam permainan ini.

Strategi Permainan Ganda

Taktik dan strategi permainan bulutangkis selanjutnya ditujukan untuk permainan ganda. Permainan ganda adalah pertandingan yang dilaksanakan antar tim dengan masing-masing terdiri dari dua pemain. Dalam sistem permainan ini harus ada kerjasama yang baik antar pemain satu tim.

Sebenarnya strategi bulutangkis antara ganda maupun tunggal memiliki berbagai kesamaan. Adapun beberapa pola penyerangan bulutangkis yaitu meliputi:
  1. Pukulan servis ialah pukulan untuk menyajikan bola pertama atau awalan dalam memulai permainan. Servis ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti short service (servis pendek), service drive, service flick (servis cambuk), dan lob service (servis tinggi).
  2. Pukulan lob (tinggi). Pelaksanaan pukulan ini dapat menggunakan cara underhand lob maupun overhead lob.
  3. Pukulan drive (mendatar) ialah pukulan yang berguna untuk memperoleh bola lambung dan menekan lawan sehingga penyerangan tidak sempat dilakukan. Pelaksanaan pukulan ini dapat dilakukan dengan cara backhand maupun forehand.
  4. Pukulan dropshot ialah pukulan yang jatuh ke sisi lapangan lawan secara langsung sehingga dapat melampaui net dengan tepat. 
  5. Pukulan smash ialah pukulan yang dilaksanakan menuju arah lapangan lawan bagian bawah dengan sekerang kerasnya dan cepat. 
  6. Return smash ialah pukulan untuk serangan balik dalam mengembalikan smash lawan yang mematikan.
  7. Netting ialah pukulan yang dilaksanakan menggunakan sentuhan halus di dekat net tetapi tetap akurat.

Pola Pertahanan Permainan Bulutangkis

Taktik dan strategi bulutangkis selanjutnya ialah pola pertahanan dalam permainan bulutangkis. Bertahan ialah cara untuk membuat shuttlecock kembali ke daerah lawan melalui atas net dan dapat mempertahankan daerahnya sendiri. Pola pertahanan ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti front and back (sistem depan belakang), circulate (sistem bergantian), dan side by side (sistem berdampingan). Berikut penjelasan selengkapnya:

Taktik Side by Side (Sistem Berdampingan)

Taktik dan strategi permainan bulutangkis yang pertama yaitu sistem berdampingan. Dalam sistem ini terdapat pembagian lapangan yang besarnya sama. Masing masing tugas memiliki tugas untuk mempertahankan daerahnya sendiri sendiri. Apabila terdapat kelemahan pada satu pemain, maka pemain tersebut akan diserang dan diberikan shuttlecock terus menerus. Sistem berdampingan ini memiliki beberapa keuntungan seperti di bawah ini:
  1. Tipe pemain pada daerah kekuasaan dapat terlihat dan secara jelas terdapat garis garis yang membatasinya. Dengan begitu kesalahpahaman terkait patahnya raket dan salah pukul dalam permainan dapat dihindari.
  2. Sistem ini memiliki pertahanan yang kuat dan formasi yang baik sehingga smash lawan lebih sukar untuk menembus pertahanan sendiri.

Taktik Front and Back (Sistem Depan Belakang)

Pola pertahanan permainan bulutangkis selanjutnya ialah sistem depan belakang. Sistem ini merupakan sistem yang membuat lapangan dapat dibagi menjadi separuh belakang dan separuh depan. Pemain yang melakukan servis dibagian depan memiliki tugas untuk membuat shuttlecock kembali jatuh pada net dengan lebih dekat.

Sedangkan pemain belakang bertugas untuk membuat lapangan dibagian belakang dapat dikuasai. Sistem depan belakang ini memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya ialah membuat penyerangan dapat dilakukan dengan formasi yang baik.

Circulatie (Sistem Bergantian)

Taktik dan strategi permainan bulutangkis selanjutnya ialah sistem bergantingan. Sistem bergantian ialah pola pertahanan bulutangkis yang menggabungkan sistem depan belakang dengan sistem berdampingan. Pelaksanaan sistem ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan dan menutupi kelemahan pada sistem depan belakang dan sistem berdampingan.

Sistem depan dan belakang digunakan untuk melakukan serangan, sedangkan sistem formasi berdampingan digunakan untuk melakukan pertahanan dari serangan lawan. Ketika pemain depan diserang, maka lebih baik pemain tersebut mundur dibagian kanan dan kiri hingga setengah lapangan. Namun pemain belakangnya mengambil posisi maju ke arah samping.

Demikianlah penjelasan mengenai taktik dan strategi permainan bulutangkis lengkap. Taktik dan strategi bulutangkis ini dapat memuat pola penyerangan permainan bulutangkis dan pola pertahanan permainan bulutangkis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Taktik dan Strategi Permainan Bulutangkis Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel