Kegagalan Servis Dalam Pertandingan Bola Voli Sangat Merugikan Karena

Kegagalan Servis Dalam Pertandingan Bola Voli Sangat Merugikan Karena - Seperti yang kita tahu bahwa olahraga bola besar terdiri dari beberapa jenis. Salah satunya adalah olahraga bola voli. Jenis olahraga ini terdiri dari dua tim yang saling bertanding untuk memperebutkan kemenangan. Bola voli ini dapat dimainkan dengan cara memukul bola sehingga bagian atas net di tengah lapangan dapat dilewati bola tersebut. Bola ini harus diarahkan pemain ke daerah lawan untuk memperoleh skor saat bola jatuh di daerah pertahanan lawan tersebut.

Olahraga bola voli sendiri memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya. Teknik dasar bola voli tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Salah satu tekniknya yaitu servis. Teknik servis ini dapat dilakukan dengan baik agar tidak mengalami kegagalan. Lantas kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena apa? Olahraga bola voli pertama kali dicetuskan oleh guru pendidikan jasmani bernama William G. Morgan dari Amerikan Serikat.

Kegagalan Servis Dalam Pertandingan Bola Voli Sangat Merugikan Karena
Kegagalan Servis Bola Voli

William G. Morgan dikala itu memperoleh inspirasi dari permainan basket. Inspirasi ini diperoleh setelah William G. Morgan bertemu dengan pencetus olahraga basket yaitu James Naismith. Permainan ini pada awalnya diperuntukkan untuk orang tua. Tetapi Morgan ingin menyesuaikan olahraga ini dengan kekuatan fisik yang dimiliki oleh pemain dalam waktu lama. Contohnya saja berlari. Kemudian olahraga bola voli ini ditemukan setelah empat tahun kemudian. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kegagalan Servis Dalam Pertandingan Bola Voli Sangat Merugikan Karena

Permainan bola voli memang berasal dari kombinasi baseball, basket, dan bulutangkis. Permainan ini dikenal oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Pada tahun 1896, olahraga ini berganti nama menjadi Volleyball atau Bola Voli. Di kala itu juga sedang terjadi penyelenggaraan pertandingan bola voli pertama di acara internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School.

Lalu kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena apa? Seperti yang kita tahu bahwa olahraga bola voli dalam skala Internasional dinaungi oleh organisasi FIVB (Federasi Internationale de Volleyball). Lembaga tersebut dulunya berdiri di Perancis hingga kemudian berpusat di Swiss sekarang ini. Kemudian untuk skala Nasional, bola voli tersebut dinaungi oleh organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) dengan pusat di Jakarta. Olahraga bola voli ini pernah dilakukan dalam ajang kompetisi Nasional setiap tahun bernama Kompetisi Proliga.

Seperti yang kita tahu bahwa pertandingan bola voli dapat dilakukan dengan beberapa teknik dasar di dalamnya. Salah satunya adalah teknik servis. Teknik ini dapat dilakukan dengan baik agar tidak mengalami kegagalan. Jika teknik tersebut mengalami kegagalan maka akan menguntungkan pihak lawan. Jika membahas tentang kegagalan servis tersebut, maka kita akan menemukan salah satu soal seperti berikut:

Kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena dapat menambah satu poin untuk lawan sehingga mereka dapat melakukan servis berikutnya. 

Kegagalan servis dalam pertandingan voli yang dilakukan oleh pemain akan sangat merugikan. Kerugian yang dimaksud yaitu:

  • Pihak lawan akan memperoleh poin secara otomatis ketika servis gagal dilakukan.
  • Tim lawan memperoleh kesempatan bermain sebanyak 3 kali sentuhan.
  • Tim lawan diberikan kesempatan untuk melakukan servis.
Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena dapat menambah poin untuk lawan dan memberikan kesempatan untuk melakukan servis berikutnya. 

Servis sendiri adalah teknik dasar bola voli yang digunakan untuk mengawali permainan dengan menggunakan pukulan bola pertama di garis lapangan paling belakang. Servis ini dilakukan untuk memukul bola ke arah lapangan lawan. Apa saja jenis jenis servis itu? Teknik servis tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti:
  • Servis atas dapat dilakukan dengan mengangkat bola menggunakan tangan kiri sampai ke atas kepala dan pukul bola menggunakan telapak tangan kanan.
  • Servis bawah dapat dilakukan dengan memegang bola menggunakan tangan kiri, dimana tangan sejajar dengan pinggang. Kemudian arahkan tangan kiri ke depan dan tangan kanan diayunkan untuk memukul bola dari bawah, tetapi posisi tangan dalam keadaan mengepal.

Belum ada Komentar untuk "Kegagalan Servis Dalam Pertandingan Bola Voli Sangat Merugikan Karena"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel