6 Jenis Senam Irama Beserta Gerakan dan Penjelasannya

6 Jenis Senam Irama Beserta Gerakan dan Penjelasannya - Apa itu senam irama? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Materi senam sebenarnya sudah diajarkan pada kita bahkan ketika masih berada di bangku sekolah dasar. Tak hanya sekedar teori, tanpa kita sadari ternyata setiap minggu kita pun melakukan praktek gerakan senam irama.

Secara garis besar, senam satu ini memadukan gerakan terstruktur dengan musik dan dilakukan secara berkelompok. Ada banyak sekali jenis senam irama yang terangkum dalam buku pedoman penjas. Masing-masing memiliki gerakan berbeda dan diperlombakan di kancah nasional sampai internasional. Cara melakukan senam irama cukup fleksibel karena bisa memakai alat atapun tidak.

Olahraga Senam Irama

Untuk senam irama yang tidak menggunakan alat biasanya mengunggulkan kelentukan dan kelincahan tubuhnya. Senam ini memiliki metode penilaian yang sesuai dengan tingkat kesulitan dari pelaksanaan gerakannya. Jika tingkat kesulitan gerakan senam irama semakin tinggi, maka semakin tinggi pula nilai yang dihasilkan.

6 Jenis Senam Irama Beserta Gerakan dan Penjelasannya

Dalam beberapa kasus, jenis senam irama juga sering disebut sebagai senam ritmik karena mengandung usur rhytm. Pelaksanaanya berada di bawah naungan organisasi internasional bernama Federation International Gymnastique (FIG). Meski ada berbagai macam senam irama yang notabenya memiliki contoh gerakan berbeda tapi konsepnya tetap sama. Yakni sebuah gerakan tertruktur yang berpadu dengan lantunan musik.

Macam macam senam irama terbagi menjadi beberapa jenis. Mari kita bagi contoh senam irama tersebut menjadi dua kategori yakni berdasarkan medianya dan secara umum. Senam irama dapat dilakukan oleh seorang pesenam dengan cara mengembangkan dan melatih kemampuannya agar dapat bertanding dalam olahraga senam irama yang sesungguhnya. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : 8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap
Pembahasan terkait gerakan dan contoh senam irama sebenarnya bisa kita gali di buku pedoman penjas semua jenjang. Guru pun pasti telah membahasnya dalam berbagai kesempatan baik secara teori maupun praktek. Sayangnya, tak semua siswa memperhatikan bahkan cenderung mengabaikan materi tersebut. Oleh karenanya, dalam artikel ini saya ingin membahas berbagai jenis senam irama beserta contoh gerakan dan pembahasannya.

Senam Irama Tanpa Alat

Ketika duduk di bangku SD maupun SMP pasti kita pernah melakukan gerakan senam irama tanpa alat. Bahkan untuk kepentingan menjaga kebugaran jasmani senam irama satu ini dilakukan satu minggu sekali di hari jumat. Contohny adalah senam poco-poco, SKJ, dan lain-lain yang notabenya tak memerlukan media lain.

Peserta hanya perlu mengikuti alur gerakan senam sesuai contoh dari instruktur di depannya. Meski tak menggunakan media, tapi kalian butuh tape atau speaker untuk memutar musik atau irama.

Contoh gerakan senam irama yang pertama ialah kedua lengan diayunkan ke depan belakang dan kesamping. Kemudian lengan digerakan lagi dari arah samping menuju atas. Sedangkan gerakan kedua ialah kaki dilangkahkan sambil lengan diayunkan.

Senam Irama Dengan Alat

Jenis senam irama menggunakan alat sebenarnya bisa kita temukan dengan mudah. Contoh alat atau media bisa berupa tali, gada, bola, simpai ataupun selendang. Senam irama tersebut merupakan kombinasi dari beberapa unsur seperti keluwesan, kontinuitas, kelenturan, ketepatan dan fleksibilitas tubuh dalam mengikuti irama musiknya. Maka dari itu sebuah gerakan dapat dicapai dengan memperhatikan manfaatnya bagi tingkat rohani dan jasmani dalam tubuh.

Jenis senam irama dengan alat ini harus memperhatikan beberapa hal penting seperti kontinuitas gerakan, ketepatan irama atau musik dan kelentukan tubuh. Macam senam irama tersebut memiliki beberapa gerakan dasar yakni gerakan langkah kaki dan gerakan ayunan tangan. Adapun beberapa jenis gerakan langkah kaki seperti gerakan keseimbangan, gerakan biasa dan langkah biasa. Sedangkan untuk jenis gerakan ayunan lengan seperti ayunan satu lengan depan menuju samping, ayunan satu lengan samping disertai berat badan dipindahkan dan ayunan satu lengan depan belakang.
Baca juga : Fasilitas Lempar Cakram Lengkap Dengan Gambarnya
Gambar Senam Irama Menggunakan Gada
Jenis senam irama dengan alat biasanya menggunakan gada. Gaya sendiri merupakan alat yang terdiri dari dasar gada, kepala gada, badan gada dan leher gada. Dengan menggunakan gada tersebut dapat melakukan gerakan senam berupa mengayun, melempar, memutar, menangkap dan memukul. Gada sendiri dapat dipegang dengan cara beberapa teknik yaitu Regular Grip (pegangan biasa) dan Reverse Grip (pegangan berlawanan). 

Jenis jenis senam irama selanjutnya berdasarkan secara umum. Macam macam senam irama ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu senam pembentukan, senam artistik, senam aerobik dan senam si buyung. Berikut penjelasan masing masing kategorinya yaitu meliputi:

Senam Pembentukan

Macam senam irama berdasarkan secara umum yang pertama ialah senam pembentukan. Senam pembentukan merupakan jenis senam irama yang menggunakan gerakan disengaja. Penyusunan senam pembentukan menggunakan metode khusus dan teratur sehingga tubuh dapat membentuk sikap yang bagus dan benar. Contohnya ketika jongkok, keadaan diam, berbaring, berdiri, maupun duduk. Senam ini memadukan gerakan lain seperti berlari, menendang, meloncat, memukul ataupun berguling.

Jenis senam irama seperti senam pembentukan digunakan untuk membuat tubuh berfungsi dengan benar dan baik. Hal ini disebabkan bentuk tubuh manusia terkadang menjadi kurang sempurna karena beberapa faktor. Misalnya kelemahan tulang rangka, bawaan dari lahir, kebiasaan yang salah, kecelakaan, kelemahan otot, kurang gizi, kecelakaan dan sebagainya, Maka dari itulah untuk memperbaiki kondisi tubuh yang kurang sempurna ini dilakukan senam pembentukan tersebut.

Senam Artistik

Jenis senam irama artistik asuk ktaegori umum karena fleksibel. Senam artistik adalah jenis senam irama yang memadukan kekuatan dengan kelenturan tubuh. Kedua hal ini akan menciptakan gerakan indah jika digabungkan. Kalian akan mendapati pesenam melakukan gerakan secara tangkas, apik dan cepat.
Baca juga : 5 Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis
Senam artistik dapat dibagi lagi menjad dua yaitu senam untuk kategori putri dan putra. Perlombaan senam putra menggunakan palang sejajar, kompetiti satu tim, palang horizontal, kuda kudaan, all round perorangan dan gelang gelang. Sedangkan perlombaan senam putri menggunakan palang seimbang, palang tidak sejajar, kompetisi tim, senam lantai dan all round perorangan.

Senam Aerobik

Pernahkah kalian mendegar senam aerobik? jenis senam irama satu ini cukup populer di Indonesia. Senam aerobik banyak diminati oleh masyarakat semua kalangan dari anak muda hingga orang tua. Gerakan dalam senam ini dapat membakar lemak secara efektif dan cukup enerjik dilakukan. Maka dari itu, senam aerobik banyak digunakan untuk membentuk tubuh menjadi ideal dan menurunkan berat badan.

Jenis senam irama ini dapat dilaksanakan dimana saja seperti dipusat kebudaran maupun di rumah. Kepopuleran senam aerobik tersebut dibuktikan dengan adanya acara senam dikalangan masyarakat baik ketika hari kerja biasa maupun hari minggu. Kegiatan senam aerobik tersebut bahkan diikuti oleh banyak orang secara rutin. Adapula orang yang melakukan senam aerobik sendiri dirumah dengan menonton video senamnya.

Macam senam irama seperti senam aerobik ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1970 di Amerika Serikat. Kemudian tahun 1980, jenis senam irama ini mulai masuk ke wilayah Indonesia. Senam aerobik pada awalnya terkenal sebagai senam rekreasi saja. Namun seiring berkembangnya zaman, senam ini mulai diperlombakan dalam tingkat Nasional dan Internasional, baik kategori putri maupun putra.

Pada tahun 1995 pertama kali senam aerobik dipertandingan di Paris, Perancis. Kemudian di Indonesia diberikan binaan dari PERSANI terkait pertandingan senam aerobik tersebut. Di Indonesia juga terdapat pertandingan senam aerobik yang menggunakan perarturan dari Federasi Senam Internasional yakni berupa peraturan Code of Points.

Senam Si Buyung

Macam senam irama berdasarkan secara umum selanjutnya ialah senam si buyung. Senam si buyung adalah jenis senam irama yang memadukan beberapa aspek campuran dan sifatnya sistematis sehingga berbeda dengan jenis senam lainnya. Adapun aspek aspek dalam senam si buyung meliputi senam, bercakap cakap, bernyanyi, bermain, belajar dan bercerita.

Jenis senam ini banyak dimainkan oleh anak anak berusia 6 - 8 tahun. Senam si buyung memiliki gerakan yang menggunakan kekuatan dan khalayan dari masing masing siswa, Hal ini dikarenakan masing masing siswa memiliki kekuatan dan khayalan yang berbeda beda. Maka dari itu jika senamnya memiliki gerakan yang berbeda maka tidak menjadi masalah.

Jenis senam irama seperti senam si buyung menggunakan gerakan permulaan seperti yang dicontohkan oleh guru. Setelah itu gerakan dilanjutkan oleh siswanya. Senam si buyung memiliki bentuk latihan seperti latihan keseimbangan, latihan ketangkasan, latihan tubuh, latihan kekuatan, latihan penenangan, latihan berdiri, dan latihan berjalan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa macam jenis senam irama lengkap. Macam macam senam irama ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan penggunaan alatnya dan secara umum. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Senam Irama Beserta Gerakan dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel