Cara Memegang Bet Teknik Seemiller Grip Tenis Meja

Cara Memegang Bet Teknik Seemiller Grip Tenis Meja - Tenis meja merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati masyarakat. Meski berbasis kompetisi, tapi faktanya ping pong sangat menyenangkan ketika dimainkan bersama teman. Permainan yang dilakukan di atas meja tersebut memerlukan raket kecil bernama "bet" serta bola yang terbuat dari bahan plastik.

Cara Memegang Bet Seemiller Grip Tenis Meja
Teknik Seemiller Grip Dalam Tenis Meja

Ada banyak sekali teknik dasar yang perlu kalian kuasai agar bisa memenangkan pertandingan. Contohnya cara memukul bola, melakukan service, memblokade serangan lawan, dan lain sebagainya. Terlepas dari beragam gerakan tersebut kita pun harus mempelajari cara memegang bet tenis meja yang baik dan benar.

Salah satu teknik yang perlu dikuasai tersebut ialah cara memegang bet seemiller grip. Mayoritas siswa biasanya sangat asing ketika mendegar istilah tersebut. Tapi sebenarnya, materi terkait teknik dasar tenis meja bisa kita jumpai dengan mudah di LKS maupun buku pedoman penjas. Bahkan, tak jarang siswa menjumpai model soal yang meminta menjelaskan teknik dasar memegang bet ketika sedang ujian.

Cara Memegang Bet Teknik Seemiller Grip Tenis Meja

Pada dasarnya, masing-masing pemain memang memiliki gaya berbeda ketika bertanding. Biasanya pola penyerangan dan pertahanan akan sesuai dengan irama permainan yang sudah tercipta. Jadi wajar saja ketika kalian menjumpai pemain mengganti cara memegang bet secara terus menerus. Pasalnya, setiap jenis teknik memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Teknik seemiller grip biasanya disebut juga dengan American grip. Pengertian teknik seemiller grip ialah cara memegang bet yang diperoleh dari teknik shakehand grip. Teknik pegangan bet tenis meja tersebut memang tidak jauh berbeda dengan teknik shakehand grip. Namun adapula perbedaannya yaitu dalam teknik seemiller grip dilakukan dengan memegang seluruh bagian bet dengan jari telunjuk. Kemudian bagian bet atasnya diputar menuju arah tubuh sejauh 20 - 90 derajat.

Petenis yang melakukan teknik seemiller grip akan mengalami perubahan sisi bet saat sedang berlangsung permainannya. Lalu akan mudah melakukan gerakan pergelangan tangan saat pukulan forehand dilakukan. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara memegang bet seemiller grip, kelebihan teknik seemiller grip dan kekurangan teknik seemiller grip. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kelebihan Seemiller Grip

Apa kelebihan teknik seemiller grip daripada cara memegang bet tenis meja lainnya? sebagai pemain kita memang harus memahami setiap teknik dasar yang ada. Masing-masing grip memang memiliki kelebihan maupun kekuranganya masing-masing. Buku LKS penjas menjelaskan seemiller grip sangat baik dipakai untuk pertahanan.

Kalian bisa melakukan blok lebih efektif ketika musuh menyerang secara bertubi-tubi. Teknik dasar memegang bet satu ini sangat cocok digabungkan dengan pola serangan balasan. Tapi tak serta merta kalian harus menggunakan teknik tersebut karena hanya dengan bertahaan tak akan memenangkan pertandingan.

Kekurangan Seemiller Grip

Teknik seemiller grip tidak hanya memiliki kelebihan saja, namun juga mempunyai kekurangan di dalamnya. Adapun beberapa kekurangan teknik seemiller grip yaitu diantaranya:
  • Serangan sudut lebih sulit dilakukan.
  • Ketika pola bertahan dilakukan akan menyebabkan kurangnya efisiensi saat menyerang.
  • Serangan sulit dilakukan dengan pukulan backhand, dimana jarak dari mejanya cukup jauh.

Cara Memegang Bet Seemiller Grip

Selain pengertian teknik seemiller grip, kelebihan teknik seemiller grip dan kekuraangan teknik seemiller grip di atas. Adapula cara melakukan teknik seemiller grip yang baik dan benar yaitu meliputi:
  • Bet dipegang menggunakan cara shakehand grip.
  • Bagian atas bet diputar ke arah tubuh sejauh 20 - 90 derajat.
  • Jari telunjuk ditekuk di sepanjang sisi betnya.
Pada umumnya pegangan seemiller grip memang pertama kali ditemukan pada tahun 1970an oleh Danny Seemiller (USA). Di kala itu seemiller grip memiliki gerakan jari telunjuk dan ibu jari untuk diletakkan pada raket bagian belakang sehingga hanya menggunakan sisi forehandnya saja. Sekian penjelasan mengenai cara memegang bet seemiller grip tenis meja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memegang Bet Teknik Seemiller Grip Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel