Sejarah Olahraga Anggar Beserta Pengertian Lengkap

Sejarah Olahraga Anggar Beserta Pengertian Lengkap - Olahraga secara umum memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis olahraga memiliki sejarah dan teknik dasarnya masing masing. Seperti halnya olahraga anggar. Apa pengertian olahraga anggar itu? Bagaimana sejarah anggar? Anggar sendiri pada dasarnya memiliki sejarah panjang untuk kategori olahraga. Bahkan anggar termasuk dalam salah satu olahraga di Olimpiade modern yang pernah ditampilkan selain lima olahraga lainnya. Olahraga anggar di Inggris telah memiliki reputasi elitis karena berkaitan dengan duel aristokrat meskipun lebih inklusi langkah langkah di dalamnya. 

Pada dasarnya permainan anggar bertujuan untuk menyerang lawan menggunakan senjata sambil menghindari serangan agar tidak mengenai dirinya. Olahraga ini secara sederhana terkenal cukup menyakitkan dan kejam jika dilakukan dengan salah. Permainan ini memang dapat digambarkan dengan kalimat tersebut. Maka dari itu para pemain anggar harus menguasai teknik dasar anggar yang berlaku seperti teknik posisi kuda kuda dan teknik hormat. Kemudian pelaksanaan olahraga anggar ini dapat berlangsung dilapangan khusus yang bernama loper. Selain itu para pemain juga harus mengetahui sejarah anggar dan pengertian anggar. Apa pengertian olahraga anggar itu? Bagaimana sejarah olahraga anggar?

Sejarah Olahraga Anggar Beserta Pengertian Lengkap
Olahraga Anggar

Dalam materi olahraga anggar tersebut terdapat pembahasan mengenai sejarah anggar, nomor nomor anggar dan pengertian anggar. Apa yang dimaksud olahraga anggar? Anggar merupakan seni budaya dalam olahraga beladiri yang menggunakan senjata ketangkasan dengan kemampuan teknik seperti menangkis, memotong atau menusuk lawan. Untuk itu dalam olahraga anggar ini sebenarnya menggunakan keterampilan tangan yang lincah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah olahraga anggar beserta pengertian olahraga anggar lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sejarah Olahraga Anggar Beserta Pengertian Lengkap

Pengertian anggar dalam arti yang spesifik ialah salah satu cabang olahraga yang menggunakan senjata tajam untuk melatih keahlian, dimana di masa lalu olahraga ini telah diajarkan di sekolah sekolah Eropa. Olahraga jenis ini memang termasuk dalam kategori berbahaya. Namun pelaksanaannya tetap aman karena menggunakan perlengkapan dan peralatan yang baik. Kata anggar secara Etimologi dalam Bahasa Indonesia berasal dari kata "en garde" menurut bahasa Perancis dengan makna bersiap. Penggunaan kata en garde tersebut dilakukan sebelum dimulainya permainan anggar. Dengan begitu para pemain diberikan perintah agar bersiap. Istilah anggar dalam bahasa Perancis dapat dinamakan dengan escrime.
Disisi lain adapula pengertian olahraga anggar yaitu seni beladiri yang cenderung memiliki kemampuan teknik menangkis, memarang atau menusuk menggunakan senjata. Ada beberapa jenis senjata olahraga anggar seperti foil (floret), epee (degen) dan sabre (sabel). Kemudian adapula pakaian anggar yang digunakan seperti sarung tangan, masker, baju pemain dari meta (untuk pemain foil atau epee), serta baju jaket berwarna putih dengan bahan yang kuat. Sebelum menjelaskan tentang sejarah olahraga anggar, maka saya akan membahas sedikit mengenai jenis olahraga ini. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai macam macam senjata olahraga anggar yaitu:
  • Foil (Floret) ialah pedang yang memiliki bentuk lentur, ujungnya datar atau bulat, berpegas, langsing, ringan dan tumpul.
  • Sabre (Sabel) ialah pedang yang meiliki bentuk seperti parang kecil, ujungnya ditekuk sampai tidak meruncing, sudutnya tidak tajam dan bentuknya segitiga, serta semakin ke atas semakin pipih.
  • Epee (Degen) ialah pedang yang memiliki bentuk berparit dan segitiga, samping ke ujung kecil, pangkalnya tebal serta sedikit kaku.
Jenis jenis senjata inilah yang menjadi dasar dalam pembuatan nomor nomor olahraga anggar. Untuk itu nama nomor nomor anggar ini didasarkan pada nama senjata yang digunakannya. Selain itu olahraga anggar juga memiliki wasit yang masing masing bertugas untuk memberikan sanksi atau hukuman ketika para atlet melakukan pelanggaran dan memimpin pertandingan. Selain pengertian olahraga anggar dan sejarah anggar di atas, adapula beberapa ketentuan kartu yang diberikan oleh wasit. Berikut penjelasan selengkapnya:
  • Kartu kuning dikeluarkan wasit untuk kategori pelanggaran pertama.
  • Kartu merah dikeluarkan wasit untuk kategori pelanggaran kedua.
  • Kartu hitam dikeluarkan wasit untuk kategori pelanggaran ketiga, dimana atlet tersebut melakukan pelanggaran berat hingga diskor saat tengah berlangsung pertandingan.

Sejarah Olahraga Anggar Singkat

Setelah menjelaskan tentang pengertian olahraga anggar dan nomor olahraga anggar di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang sejarah anggar secara singkat. Olahraga ini pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade pada tahun 1896. Anggar tersebut telah digunakan oleh masing masing bangsa sebelum adanya senjata modern atau lebih tepatnya pada zaman purbakala. Anggar tersebut berguna untuk menyerang atau menangkis serangan sehingga bertujuan untuk membela diri. Kemudian senjata anggar pertama kali ditemukan dalam makam Seragon yang umurnya menurut perkiraan sekitar 5000 tahun, dimana bentuknya sebilah pedang pendek dari bahan tembaga.

Seragon ialah raja Kerajaan Purba pertama yang bertempat di sekitar sungai Euphrat Mesopotamia. Berdasarkan pahatan lama, permainan anggar ini telah mahir dikuasai oleh bangsa Yunani, Tionghoa Kuno dan Mesir menggunakan cara lama sejak 3000 tahun lalu. Setelah itu pada abad pertengahan olahraga ini menggunakan senjata anggar yang berupa degen atau epee untuk melakukan pertandingan atau perang tanding sebagai bentuk mengadu kekuatan antar kaum bangsawan. Anggar tersebut dijadikan sebagai ilmu pengetahuan yang mencakup beberapa hukum umum yang berlaku dalam seni gerak anggar. Inilah sedikit sejarah olahraga anggar yang tersedia.

Kita tahu bahwa sejak tahun 1896 terdapat olahraga ketangkasan bertarung yang diakui oleh Olympic Games pertama kali di Athena dengan nama olahraga Anggar. Olahraga anggar dalam pertandingan Internasional berlangsung dalam waktu 9 - 11 jam. Penentuan waktu tersebut hanya dilakukan 18% saja, namun pertarungan yang paling efektif membutuhkan waktu selama 17 dan 18 menit.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah olahraga anggar beserta pengertian olahraga anggar lengkap. Anggar ialah seni beladiri yang cenderung memiliki kemampuan teknik menangkis, memarang atau menusuk menggunakan senjata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi sejarah anggar di atas.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Olahraga Anggar Beserta Pengertian Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel