Tujuan Latihan Kayang Adalah Untuk Melatih

Tujuan Latihan Kayang Adalah Untuk Melatih - Dalam pendidikan jasmani dan rohani tentunya kita telah diajarkan mengenai beberapa materi. Salah satunya adalah materi senam lantai. Senam lantai sendiri termasuk olahraga yang fleksibel namun disiplin karena bisa kita praktekkan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Pelaksanaan senam lantai tersebut berada di atas permukaan lantai menggunaan matras atau alas lainnya.

Matras dalam senam lantai biasanya digunakan sebagai alat bantu utama agar resiko kecelakaan ataupun cedera dapat dikurangi. Peletakkan matras tersebut sebenarnya ada di atas permukaan rata rata lantai. Secara umum senam lantai memang berguna untuk membuat komponen fisik pada tubuh menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan gerakan gerakan senam lantai sendiri berhubungan dengan kelentukan, keseimbangan, dan kekuatan tubuh. Senam lantai pertama kali mulai berkembang pada zaman Yunani Kuno. Kemudian olahraga ini terus berkembang hingga dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah olahraga kayang. Lalu tujuan latihan kayang adalah untuk melatih apa?

Tujuan Latihan Kayang Adalah Untuk Melatih
Cara Melakukan Kayang

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang cara melakukan sikap kayang yang benar. Olahraga kayang merupakan satu dari sekian jenis olahraga senam lantai yang dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa teknik dasar di dalamnya. Senam lantai pada awalnya memang hanya digunakan sebagai pemanasan sebelum olahraga berat dilakukan. Kemudian peran senam lantai seiring berjalannya waktu mulai mengalami perubahan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan latihan kayang adalah untuk melatih apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tujuan Latihan Kayang Adalah Untuk Melatih

Seperti yang kita tahu bahwa di kalangan masyarakat terdapat gerakan senam lantai yang cukup poluler. Salah satunya adalah kayang. Apa itu kayang? Pengertian kayang adalah gerakan mengangkat dan meregangkan perut serta panggul sampai posisinya terbalik. Gerakan kayang ini lebih berfokus pada posisi tubuh agar dapat membusur atau melengkung ke atas menggunakan kaki dan telapak tangan sebagai tumpuan.

Gerakan kayang juga memberikan tekanan sedikit pada bagian pinggang dan bahu sehingga kelentukan tubuh pesenam dapat meningkat. Kayang ini termasuk jenis senam lantai yang manfaatnya banyak. Selain kayang, adapula jenis olahraga senam lantai lainnya seperti forward roll atau guling depan, back roll atau guling belakang, headstand, handstand, loncat harimau, sikap lilin, maupun guling lenting. Lantas tujuan latihan kayang adalah untuk melatih apa?

Gerakan kayang dapat dilakukan untuk melatih otot kaki dan otot tangan agar lebih kuat. Hal ini dikarenakan sikap badan atau bentuk tubuh ketika kayang tersebut telentang menggunakan kedua kaki dan tangan sebagai tumpuan agar tubuh dapat membentuk gerakan membusur, dimana posisi lutut dan siku siku lurus. Jika membahas tentang sikap kayang tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Tujuan latihan kayang adalah untuk melatih . . .
A. Otot pinggang
B. Otot perut
C. Otot badan
D. Otot tangan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Otot tangan.

Seperti yang kita tahu bahwa posisi kaki ketika melakukan kayang tersebut bertumpu di empat titik, dimana kondisinya terbalik dengan meregang dan mengangkat panggung serta perut. Posisi kaki ketika melakukan kayang memang harus lebih tinggi sehingga bagian pinggang dan bahu dapat diberikan tekanan. Maka dari itu tujuan latihan kayang adalah untuk melatih otot tangan dan otot kaki menjadi lebih kuat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Latihan Kayang Adalah Untuk Melatih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel