Gerakan Mengguling ke Depan Memerlukan Unsur

Gerakan Mengguling ke Depan Memerlukan Unsur - Dalam senam lantai tentunya kita mengenal adanya gerakan mengguling. Gerakan ini terdiri dari guling lenting, guling depan, dan guling belakang. Senam lantai sendiri pada dasarnya dapat disebut juga dengan senam artistik. Adapula pengertian senam lantai adalah bentuk latihan fisik yang berhubungan dengan gerakan terencana dan terpilih dengan tujuan tertentu serta disusun secara sistematis. Secara umum gerakan senam lantai dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu senam lantai dengan alat dan senam lantai tanpa alat. Lalu bagaimana cara melakukan senam lantai tanpa alat dan dengan alat?

Kita dapat melakukan senam lantai tanpa alat menggunakan matras di atas lantai tanpa alat bantuan apapun. Sedangkan senam lantai menggunakan alat biasanya berisi beberapa unsur gerak yang digabungkan menjadi rangkaian gerak tidak terputus. Salah satu gerakan senam lantai tersebut adalah gerakan berguling. Gerakan berguling dalam senam lantai dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti guling depan, guling belakang, dan guling lenting. Lalu gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur apa saja?

Gerakan Mengguling ke Depan Memerlukan Unsur
Gerakan Guling Depan Awalan Berdiri

Gerakan menggelinding atau mengguling membulat kebelakang dapat disebut juga dengan forward roll atau guling depan. Guling depan memiliki gerakan anggota badan seperti tengkuk yang menyentuh matras terlebih dahulu daripada tangan. Gerakan guling depan tergolong gerak putaran atau gerak dominan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat aanda simak di bawah ini.

Gerakan Mengguling ke Depan Memerlukan Unsur

Gerakan mengguling ke depan memang membutuhkan unsur keseimbangan badan sehingga tidak bergoyang ke samping ketika berguling. Selain itu adapula unsur kelentukan dan kekuatan yang juga diperlukan pada gerakan guling depan agar beban badan dapat diangkat ketika berbalik. Gerakan guling depan ini tentunya berbeda dengan gerakan guling lenting.

Apa itu gerakan guling depan (roll depan)? Pengertian gerakan guling depan adalah aktivitas untuk membulatkan badan tubuh dengan cara yang sedemikian ruma agar dapat berguling ke arah sisi lain menggunakan posisi badan menggelinding atau mengguling ke depan seperti membulat bola. Posisi badan awal saat melakukan roll depan adalah jongkok menghadap matras.

Cara melakukan sikap awal dan akhir gerakan guling depan tersebut telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Materi roll depan ini sering kali muncul dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur . . .
A. Kecepatan
B. Kekuatan otot
C. Kelenturan
D. Kelincahan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Kelenturan.

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur kelenturan karena tubuh harus benar benar lentur ketika menggulingkan dan membungkukkan badan ke depan sehingga dapat menghindarkan kita dari adanya cidera.

Senam lantai memang merupakan salah satu jenis olahraga senam yang memiliki induk organisasi berupa Persatuan Senam Indonesia atau PERSANI. Latihan senam ini menggunakan tempat yang berupa lantai tempat latihan dengan ukuran 12 x 12 meter atau matras. Alat bantu ini digunakan untuk mengurangi risiko cedera yang mungkin dapat terjadi nantinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Gerakan Mengguling ke Depan Memerlukan Unsur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel