Cara Memegang Bet Teknik Shakehand Grip Dalam Tenis Meja

Cara Memegang Bet Teknik Shakehand Grip Dalam Tenis Meja - Ping-pong termasuk kategori olahraga bola kecil yang cukup digemari oleh masyarakat. Teknik dasar serta peraturan yang sederhana membuatnya merakyat dan mudah untuk dipahami. Sebagai pemain, kalian wajib menguasai beberapa teknik dasar pukulan yang melibatkan service sampai smash. Nah, untuk menciptakan pukulan serta irama permainan ternyata diperlukan pemahaman cara memegang bet tenis meja.

Apakah kalian apa pengertian teknik shakehand grip itu? Apa saja kelebihan teknik shakehand grip? Apa saja kelemahan teknik shakehand grip dalam tenis meja? Apa saja kesalahan teknik shakehand grip yang perlu dihindari? Dalam tenis meja tentunya terdapat beberapa teknik memegang bet yang perlu dikuasai oleh seorang petenis. Teknik memegang bet ini merupakan satu dari sekian hal yang perlu dikuasai dalam olahraga tenis meja seperti trik khusus untuk mengalahkan lawan main, posisi tubuh yang benar dan sebagainya. 

Cara Melakukan Teknik Shakehand Grip Dalam Tenis Meja
Teknik Shakehand Grip Dalam Tenis Meja

Seperti yang telah kita ketahui bahwa memegang bet dalam tenis meja tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini disebabkan karena Teknik grip ping pong sangat menentukan tempo permainan serta hasil akhir dari pertandingan itu sendiri. Secara garis besar cara pegang raket tenis meja dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu teknik shakehand grip, seemiller grip dan teknik penhold grip. Salah satu teknik memegang bet yang sering dicari oleh para petenis ialah shakehand grip.

Cara Memegang Bet Teknik Shakehand Grip Dalam Tenis Meja

Bagaimana cara melakukan teknik shakehand grip itu? Dalam pembahasan mengenai teknik grip tersebut terdapat penjelasan mengenai pengertian teknik shakehand grip, kelebihan teknik shakehand grip, kelemahan teknik shakehand grip dan kesalahan teknik shakehand grip yang perlu dihindari.

Seiring berkembangnya zaman membuat teknik memegang bet dalam tenis meja menjadi lebih bervariasi. Namun semua variasi teknik grip ini tidak semuanya digunakan oleh pemain. Oleh karenanya penting sekali menguasai salah satu teknik grip yang dianggap mudah. Jika teknik memegang bet yang dilakukan tidak sempurna, maka tidak sempurna pula pukulan yang dilakukannya. Misalnya saja teknik shakehand grip.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan teknik shakehand grip dalam tenis meja. Selain itu saya juga akan membahas tentang pengertian teknik shakehand grip, kelebihan teknik shakehand grip, kelemahan teknik shakehand grip dan kesalahan teknik shakehand grip yang perlu dihindari.

Cara Memegang Bet Snakehand Grip

Pengertian teknik shakehand grip ialah teknik memegang bet yang paling direkomendasikan, paling multiguna dan paling populer dalam tenis meja. Teknik memegang bet ini dapat dilakukan dengan mudah. Adapun cara melakukan shakehand grip tersebut yaitu:
  1. Pegang bet seperti sedang bersalaman dengan orang lain, bidang bet tersebut harus tegak lurus dengan lantainya. 
  2. Lalu jari jari tangan diluruskan pada bidang permukaan bet bagian bawah serta luruskan pula ibu jari di bagian permukaan bet yang lain.
  3. Tekuk ibu jari sedikit dan lemaskan sehingga permukaan betnya dapat tegak lurus dengan kuku pada ibu jari saat akan melakukan pukulan. Sekitar 3 cm dari sisi jari telunjuk harus ada sandaran bidang bet diantara lekukan telunjuk dan ibu jari.
  4. Jari telunjuk tidak diperbolehkan melintang ke atas bet dan harus berada di bagian bawah bet dengan dekat. Usahakan ibu jari tidak terlalu merapat dengan betnya.
Cara melakukan teknik shakehand grip di atas memiliki tiga jari yang terdapat di sekeliling pegangan bet serta dua penahan yang berupa jari telunjuk dan ibu jari. Agar bet bisa lebih ditahan, maka bidang bet harus bersandar pada jari tengah. Dengan begitu akan terbentuk kestabilan dalam bidang betnya. 

Kelebihan Teknik Shakehand Grip

Selain cara melakukan dan pengertian teknik shakehand grip di atas. Adapula beberapa kelebihan pada teknik shakehand grip yang perlu diketahui. Adapun beberapa kelebihannya yaitu:
  • Pegangan dapat dilakukan secara backhand maupun forehand (multiguna).
  • Satu satunya pegangan yang dapat digunakan untuk jenis pukulan backhand memutar.
  • Untuk kategori pukulan bakchand maka dianggap paling baik.
  • Untuk kategori bermain tenis dari meja yang jauh maka dianggap paling baik.
  • Untuk kategori pegangan bertahan maka dianggap paling baik.
  • Pukulan dapat dilakukan ke arah sudut meja dengan kekuatan maksimal.

Kelemahan Teknik Shakehand Grip

Setelah menjelaskan tentang pengertian teknik shakehand grip, cara melakukan teknik shakehand grip dan kelebihan teknik shakehand grip di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang kelemahan pada teknik shakehand grip. Adapun beberapa kelemahan pada teknik memegang bet ini yaitu:
  • Jika digunakan untuk menghadapi pukulan ke tengah meja maka cukup lemah.
  • Pergelangan tangan sulit digunakan untuk beberapa pukulan.

Kesalahan Teknik Shakehand Grip

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam teknik shakehand grip terdapat beberapa hal yang perlu dihindari. Cara melakukan teknik yang tepat dapat menjadi solusi untuk memenangkan pertandingan tenis meja dengan mencari poin sebanyak banyaknya. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan dalam melakukan teknik shakehand grip tenis meja yaitu meliputi:
  • Pegangan backhand/forehand tidak stabil atau tidak menentu. Cara mengatasinya yaitu bet bagian atas diputar ke arah dalam jika bet dipegang di depan tubuh sehingga pukulan bachandnya lebih stabil. Akan tetapi anda juga dapat memutar bet bagian atas ke belakang untuk pukulan forehand yang kurang stabil. 
  • Ibu jari menyentuh bagian bet nya.
  • Jari telunjuk melintang pada backhand bet dibagian permukaan sisinya. 
  • Pegangan terlalu kuat. Cara mengatasinya yaitu pegangan lebih dilonggarkan sehingga bet tidak terlalu kuat dipegang agar kontrol dan tenaga yang digunakan menjadi tidak hilang.
Demikianlah penjelasan mengenai cara melakukan teknik shakehand grip dalam tenis meja. Saya juga telah membahas tentang pengertian teknik shakehand grip, kelebihan teknik shakehand grip, kelemahan teknik shakehand grip dan kesalahan teknik shakehand grip yang perlu dihindari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memegang Bet Teknik Shakehand Grip Dalam Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel