Pengertian Dribbling Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya

Pengertian Dribbling Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya - Pertandingan bola basket pertama kali dilangsungkan pada tahun 1936 di Olimpiade Jerman. Sebanyak 21 negara yang mengikuti olimpiade ini di waktu itu. Seorang perantau Cina membawa masuk permainan bola basket ke Indonesia. Kemudian permainan basket di Indonesia mengalami perkembangan. Bola basket ialah permainan bola yang terdiri oleh dua tim, dimana masing masing tim memiliki anggota sebanyak 5 orang. Di dalamnya terdapat teknik dasar bola basket yang perlu di kuasai oleh masing masing atletnya. Salah satunya ialah teknik dribbling. Apa pengertian dribble itu? Bagaimana cara melakukan dribbling dalam bola basket?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pelaksanaan pertandingan bola basket terdiri dari 2 babak. Setiap pemain memang harus menguasai teknik dasar bola basket untuk memenangkan pertandingan. Pertandingan bola basket dapat dilakukan di dalam ataupun luar ruangan. Untuk itulah pelaksanaannya membutuhkan teknik dasar yang baik. Kunci pertandingan bola basekt sendiri ialah memasukkan bola ke dalam ring lawan sebanyak mungkin. Dalam hal ini tentunya perlu teknik bola basket yang baik. Seperti halnya teknik dribbling. Sebelum mengetahui cara melakukan dribbling dalam bola basket, tentunya anda harus mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dribbling dalam bola basket terlebih dahulu.
Teknik Dasar Dribbling Bola Basket
Pengertian bola basket berdasarkan ahmad ialah permainan yang mudah dipelajari, sederhana dan sempurna untuk dikuasai karena membutuhkan latihan yang disiplin dan baik. Dengan begitu kerjasama tim dapat berlangsung dengan sempurna. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dribbling dalam bola basket dan cara melakukan dribbling bola basket. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Dribbling Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya

Definisi dribbling dalam bola basket berhubungan dengan cara melakukan dribbling dalam bola basket yang benar. Pengertian dribble ialah sebuah cara dengan satu tangan dalam memantul mantulkan bola agar dapat dibawa ke depan dengan berlari atau berjalan. Dribble sendiri merupakan salah satu teknik dasar bola basket yang perlu dikuasai oleh masing masing pemain. Dengan begitu pertandingan dapat dimenangkan. Penguasaan teknik bola basket sendiri dapat membantu pemain untuk menangkis sergapan lawan. Maka dari itulah kemahiran dalam teknik dribbling sangat dibutuhkan oleh masing masing pemain.
Baca juga : Ketentuan Pemberian Poin (Skor) dalam Olahraga Basket Lengkap
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian dribbling ialah pembawaan bola dengan memantul mantulkannya pada lantai menggunakan satu tangan atau bergantian sehingga dapat maju ke depan, baik dengan cara berlari ataupun berjalan. Dalam hal ini pelaksanan dribbling bola basket hanya dapat menggunakan satu tangan saja, baik tangan kanan ataupun kiri. Dribble tersebut digunakan untuk menjaga bola agar lawan tidak dapat merebutnya. Cara melakukan dribbling dalam bola basket tersebut menggunakan badan yang diposisikan antara lawan dengan bola. Maka dari itu bola dapat dilindungi dari lawan menggunakan badan pemain. Maka dari itu lawan yang ingin merebut bola dapat kita halangi.

Kegunaan dribbling dalam bola basket memang untuk menggiring bola. Dribbling tersebut memiliki beberapa tujuan seperti di bawah ini:
  • Bola di bawa ke daerah lawan lebih cepat sehingga dapat dimasukkan ke dalam keranjang lawan.
  • Mempermudah penerobosan dan penyusupan daerah pertahanan lawan serta mengacaukan pertahanan di daerah lawan tersebut.
  • Memperlambat permainan lawan sehingga tidak dapat berkembang.
Baik tidaknya pelaksanaan dribbling tersebut disesuaikan dengan penguasaan teknik dasar bola basket yang baik dan benar. Untuk itu teknik dribble harus dikuasai dan dipahami oleh masing masing pemain. Setelah memahami tentang pengertian dribbling dalam bola basket. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara melakukan dribbling dalam bola basket. Teknik dribble bola basket dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Ukuran Papan, Ring, Jaring dan Tiang Bola Basket Lengkap
  1. Posisikan tubuh berdiri rileks dan letakkan kaki kiri di depan kaki kanan sedikit.
  2. Kemudian gunakan kedua tangan untuk memegang bola. Di atas bola diletakkan tangan kanan dan di bawah bola diletakkan tangan kiri.
  3. Setelah itu badan dicondongkan ke depan.
  4. Gunakan tangan kanan untuk memantulkan bola dan perhatikan serta lihat bola sebagai permulaan.
  5. Lengan hampir semuanya digerakkan.
  6. Usahakan tidak menggunakan telapak tangan untuk memukul bola dalam proses pemantulan. Hal ini dikarenakan anda cukup menggunakan jari jari untuk menekan gerakan pergelangan tangan sehingga dalan membantu pelaksanaan pemantulan bola basket.
  7. Bola dapat dikontrol dengan menggunakan pergelangan tangan dan jari jari yang mengikuti gerakan bola ke arah atas. Lalu dapat kembali dipantulkan lagi.
  8. Langkah berikutnya ialah bergerak maju setelah rahasia irama, watak dan gerak pantulan yang dirasakan dapat diikuti dengan sikap berdiri ditempat.
  9. Lakukan gerakan dribble dengan tidak melihat ke arah bolanya.
  10. Bola basket di dribbling sedikit rendah, rendah, mundur, maju dan secepat mungkin. Anda juga dapat menjiwai bola dengan sebenar benarnya melalui latihan dribbling secara berliku liku.
Dribbling dalam permainan bola basket memang sangat penting. Dribbling memang memberikan manfaat dalam memasukkan bola ke ring lawan lebih cepat, mengendalikan permainan dan membantu menerobos pertahanan di daerah lawan. Akan tetapi jika terlalu banyak mendribble secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi tim sendiri. Hal ini dikarenakan lawan dapat merebut atau menghadang bola dengan mudah. Sekian penjelasan mengenai pengertian dribbling dalam bola basket dan cara melakukan dribbling bola basket. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dribbling Dalam Bola Basket Beserta Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel