Apa Itu Dribbling Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya

Apa Itu Dribbling Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya - Hampir semua orang pernah menonton pertandingan basket meskipun secara tidak langsung. Setiap pemain profesional diharuskan menguasi beberapa teknik yang akan membantunya memenangkan pertandingan. Demikian juga siswa yang harus memahami aspek-aspek yang ada dalam materi bola basket ketika berada di bangku sekolah.

Bagimana cara membawa bola mendekati ring agar bisa mencetak poin? inilah yang sering ditanyakan siswa. Meski hanya memantul mantulkannya ke lantai tak serta merta membuat teknik dasar dribbling menjadi mudah. Faktanya, banyak yang gagal ketika kegiatan praktikum karena berbagai alasan. Kurang memahami peraturan serta istilah permainan menjadi penyebab utama hal tersebut.

Teknik Dasar Dribbling Bola Basket

Misalnya membawa bola lebih dari tiga langkah tanpa memantulkannya akan menjadi pelanggaran. Sehingga pemain lawan pun akan memperoleh lemparan bebas yang notabenya sangat merugikan tim kita. Di lain sisi, melatih kemampuan dribble bola basket sangatlah penting karena dengan skill ini mampu membantu kalian melewati pemain lawan.

Apa Itu Dribbling Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya

Materi basket pada dasarnya bisa kita jumpai hampir di semua jenjang pendidikan mulai dari SD sampai sekolah menengah. Tentunya masing-masing memiliki pembahasan dengan tingkat kesulitan berbeda satu sama lain. Tapi, teknik dasar basket biasanya sudah mulai diajarkan semenjak dini sebagai pembekalan untuk siswa.

Setidaknya ada beberapa teknik yang harus dikuasai siswa baik secara teori maupun praktek. Diantarnaya adalah shooting, passing, dan yang paling mendasar yakni dribbling. Sebagai siswa sudah menjadi kewajiban kita menghafal semua materi tersebut sebagai modal untuk menjawab soal ujian.

Sayangnya masih banyak yang kebingungan ketika ditanya tentang teknik dribble bola basket yang baik dan benar. Hal ini dibuktikan dengan kebingungan mereka saat ditanya bagaimana cara membawa bola ke ring. Oleh karenanya, pada artikel singkat kali ini saya ingin membahasnya lebih dalam.

Apa itu Dribbling

Apa yang dimaksud dribbling dalam permainan bola basket? inilah pertanyaan yang sering muncul ketika ujian. Meski materinya sudah mulai diajarkan bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Tapi ternyata masih banyak siswa yang kurang familiar dengan apa saja teknik dasar bola basket. hal ini dibuktikan dengan kebingungan siswa saat diminta menjelaskan teknik dasar dribbling yang baik dan benar.

Pengertian dribble bola basket adalah usaha atau cara membawa bola menuju ke garis pertahanan lawan dengan tujuan untuk mencetak poin. Teknik dasar dribbling tidaklah semudah kedengarannya karena ada aturan ketat yang tak boleh kalian langgar. Contohnya mendrible dengan memantul mantulkan bola agar dapat dibawa atau berlari ke depan. Kalian tak boleh memegangnya lebih dari tiga langkah, jadi setiap tiga atau amannya dua langkah bola harus memantul ke lantai.
Baca juga : Ketentuan Pemberian Poin (Skor) dalam Olahraga Basket Lengkap
Secara garis besar cara melakukan dribbling hampir sama layaknya kita menggiring pada sepakbola. Dimana setiap pemain harus bekerjasama saling oper membawa bola ke depan untuk mencetak angka. Tapi ada perbedaan signifikan pada peraturan yang berlaku antara keduanya. Sementara itu, penguasaan teknik bola basket sendiri dapat membantu pemain untuk menangkis sergapan lawan. Maka dari itulah kemahiran dalam teknik dribbling sangat dibutuhkan oleh masing masing pemain.
 

Tujuan Dribbling

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian dribbling adalah cara membawa bola dengan memantul mantulkannya ke lantai. Menggunakan satu tangan atau bergantian sehingga dapat maju ke depan, baik dengan cara berlari ataupun berjalan. Dalam hal ini pelaksanan dribbling bola basket hanya dapat menggunakan satu tangan saja, baik tangan kanan ataupun kiri.

Dribble tersebut digunakan untuk menjaga bola agar lawan tidak dapat merebutnya. Cara melakukan dribbling dalam bola basket tersebut menggunakan badan yang diposisikan antara lawan dengan bola. Maka dari itu bola dapat dilindungi dari lawan menggunakan badan pemain. Maka dari itu lawan yang ingin merebut bola dapat kita halangi.

Apa kegunaan dribbling dalam bola basket? lucunya pertanyaan ini juga sering diajukan siswa. Sudah jelas dribling bertujuan untuk menggiring bola ke zona pertahanan musuh. Dribbling tersebut memiliki beberapa tujuan seperti di bawah ini:
  • Bola di bawa ke daerah lawan lebih cepat sehingga dapat dimasukkan ke dalam keranjang lawan.
  • Mempermudah penerobosan dan penyusupan daerah pertahanan lawan serta mengacaukan pertahanan di daerah lawan tersebut.
  • Memperlambat permainan lawan sehingga tidak dapat berkembang.

Teknik Dasar Dribbling

Bagaimana cara melakukan dribbling bola basket yang baik dan benar? sebenarnya cukup sederhana. Saya yakin di sekolah pun guru memberikan penjelasan intens terkait teknik dasar dribble pada kegiatan praktikum. Di lain sisi, siswa bisa membaca materi tersebut langsung dari buku LKS sebagai pengetahuan secara teori.
Baca juga : Ukuran Papan, Ring, Jaring dan Tiang Bola Basket Lengkap
Tapi, untuk menyingkat waktu saya telah merangkumnya menjadi satu pembahasan. Nah, bagaimana cara membawa bola ke ring untuk mencetak angka? simaklah tutorial di bawah: 
  1. Posisikan tubuh berdiri rileks dan letakkan kaki kiri di depan kaki kanan sedikit.
  2. Kemudian gunakan kedua tangan untuk memegang bola. Di atas bola diletakkan tangan kanan dan di bawah bola diletakkan tangan kiri.
  3. Setelah itu badan dicondongkan ke depan.
  4. Gunakan tangan kanan untuk memantulkan bola dan perhatikan serta lihat bola sebagai permulaan.
  5. Lengan hampir semuanya digerakkan.
  6. Usahakan tidak menggunakan telapak tangan untuk memukul bola dalam proses pemantulan. Hal ini dikarenakan anda cukup menggunakan jari jari untuk menekan gerakan pergelangan tangan sehingga dalan membantu pelaksanaan pemantulan bola basket.
  7. Bola dapat dikontrol dengan menggunakan pergelangan tangan dan jari jari yang mengikuti gerakan bola ke arah atas. Lalu dapat kembali dipantulkan lagi.
  8. Langkah berikutnya ialah bergerak maju setelah rahasia irama, watak dan gerak pantulan yang dirasakan dapat diikuti dengan sikap berdiri ditempat.
  9. Lakukan gerakan dribble dengan tidak melihat ke arah bolanya.
  10. Bola basket di dribbling sedikit rendah, rendah, mundur, maju dan secepat mungkin. Anda juga dapat menjiwai bola dengan sebenar benarnya melalui latihan dribbling secara berliku liku.
Dribbling dalam permainan bola basket memang sangat penting. Dribbling memang memberikan manfaat dalam memasukkan bola ke ring lawan lebih cepat, mengendalikan permainan dan membantu menerobos pertahanan di daerah lawan. Akan tetapi jika terlalu banyak mendribble secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi tim sendiri. Hal ini dikarenakan lawan dapat merebut atau menghadang bola dengan mudah. Sekian penjelasan mengenai pengertian dribbling dalam bola basket dan cara melakukan dribbling bola basket. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Dribbling Bola Basket, Teknik Dasar, dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel